Teknik Analisis Data: Pengertian, Jenis, Metode, Prosedur dan Cara

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

hrd
Isi Artikel

Analisis data adalah salah satu tahapan yang perlu kita lalui untuk mendapatkan informasi dari data yang telah diperoleh. Kegiatan ini sendiri umum sekali dilakukan dalam proses penelitian.

Pada dasarnya, Anda bisa melakukan hal ini dengan beberapa jenis analisis, metode, prosedur, serta cara.. Mari pahami selengkapnya dalam artikel KitaLulus berikut!

Pengertian Analisis Data

Analisis data adalah sebuah prosedur dalam mengolah data dengan tujuan untuk mendapatkan informasi penting yang dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Kegiatan analisis data umum dilakukan dalam penelitian dengan cara melakukan pengelompokkan data sesuai dengan karakteristiknya, menyaring data, transformasi data, pembuatan model, sampai mencari informasi penting dari data tersebut.

Setelah berhasil mendapatkan informasi yang diharapkan, agar mampu dipahami banyak orang, maka data perlu disajikan dalam bentuk grafik atau plot.

Pengertian Analisis Data Menurut Para Ahli

Setelah memahami pengertian analisis data secara umum, mari pahami juga beberapa pengertian dari para ahli,

1. Stainback

Teknik analisis data adalah suatu hal yang bersifat kritis dalam proses penelitian kualitatif. Dengan pengkajian dan pemahaman hubungan dan konsep di dalamnya, sehingga mampu membuat hipotesis yang dapat dikembangkan lebih dalam.

2. Andy Field

Analisis data adalah proses mengubah data dari mentah menjadi suatu informasi yang berharga dengan menggunakan suatu teknik statistika.

Di mana di dalam prosesnya melibatkan eksplorasi data, pengujian hipotesis, dan membuat kesimpulan berdasarkan bukti yang ditemukan dalam data.

3. George Argyrous

Analisis data adalah serangkaian langkah sistematis untuk menyusun, menyajikan, dan menginterpretasikan data. Hal ini melibatkan berbagai teknik yang berbeda dan dapat dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan tujuan.

Baca Juga: Mengenal UU  Persaingan Usaha, Jenis, dan Cara Menghadapinya

Jenis-jenis Analisis Data

Ada beberapa jenis analisis data yang digunakan untuk menggali informasi. Di mana beberapa jenis ini melibatkan metode statistik, matematika, atau juga teknik komputasi. Berikut ini beberapa jenis dari analisis data yang umum.

1. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif adalah jenis pengolahan data yang tujuannya untuk mengetahui kondisi di lapangan atau kondisi saat ini.

Di dalam dunia data analyst, metode ini digunakan untuk mencari tahu perilaku konsumen sampai mengetahui berapa banyak transaksi yang terjadi.

Biasanya, analisis deskriptif dilakukan dengan metode statistik, seperti mean, media, modus, dan menggunakan visualisasi data dengan grafik atau tabel.

2. Analisis Naratif

Jenis ini memiliki fungsi sebagai teknik membuat interpretasi dari suatu cerita atau ide. Umumnya jenis ini digunakan untuk membuat interpretasi dari penilaian pelanggan, atau perasaan karyawan terhadap pekerjaan.

Dengan menggunakan analisis naratif kita bisa memahami dan mengembangkan strategi lebih lanjut yang berfokus pada apa yang dirasakan objek.

3. Analisis Prediktif

Sesuai dengan namanya, analisis ini berfokus pada peramalan terhadap apa yang akan terjadi. Tujuan dari analisis data ini adalah untuk mengetahui tren  di masa mendatang, serta peluang yang ada. 

4. Analisis Eksploratif

Analisis eksploratif memiliki tujuan untuk dapat mencari hubungan antara suatu variabel data yang belum diketahui. Dengan jenis ini, Anda juga bisa mendapatkan pandangan secara umum dari data yang dimiliki.

Namun, walau dari analisis ini Anda dapat mengetahui setiap variabel data, tapi Anda tidak bisa membentuk hubungan sebab akibat.

5. Analisis Regresi

Jenis analisis data ini akan membantu Anda mengetahui variabel data yang dependen dan independen. Umumnya analisis regresi digunakan untuk memprediksi nilai dalam suatu data set.

Sebagai contoh, Anda bisa memprediksi harga dari suatu produk ketika mempertimbangkan variabel lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Data Science? Ini Pengertian, Cara Menjadi Data Scientist, dan Info Kariernya

Metode Analisis Data

Terdapat dua metode dalam analisis data, yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua metode ini memiliki cara pengumpulan dan pengolahan data yang berbeda. Berikut ini penjelasannya.

1. Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif adalah metode pengolahan data yang bersifat numerik dan statistik. Ada beberapa cara yang umum dilakukan dalam kuantitatif yaitu statistik inferensial dan statistik deskriptif.

2. Metode Kualitatif

Kualitatif adalah metode dalam analisis data yang didapatkan dari proses pengumpulan data melalui kajian pustaka, partisipasi, dan wawancara.

Beberapa teknik dari analisis kualitatif yang umum digunakan adalah analisis konten, analisis wacana, serta analisis naratif.

Prosedur Analisis Data

Agar dapat yang Anda dapatkan bisa menghasilkan sebuah informasi berharga, maka data perlu melalui beberapa prosedur analisis. Adapun prosedur tersebut antara lain:

1. Pengolahan Data

Prosedur ini dilakukan dengan mengumpulkan semua data dan dilakukan pemilihan data yang sesuai dengan informasi yang ingin didapatkan. Di dalam proses pengolahan terdapat beberapa proses antara lain:

  • Melakukan penyuntingan: Tahap awal untuk melakukan verifikasi data untuk bahan penelitian.
  • Pengkodean: Memberikan label pada data dengan suatu simbol atau tanda tertentu untuk bahan analitik.
  • Tabulasi: Kompilasi atau penyajian informasi sesuai dengan masalah penelitian.

2. Penganalisaan Data

Ini adalah prosedur kedua, di mana akan dilakukan penyederhanaan data, klasifikasi dan interpretasi.

Data yang sudah terkumpul akan disusun dengan angka statistik untuk penelitian kuantitatif dan untuk data kualitatif menggunakan simbol atau kata-kata.

3. Menafsirkan Hasil Analisis

Terakhir data akan ditafsirkan dengan tujuan untuk menginterpretasikan informasi yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan menjadi sebuah kesimpulan.

Untuk dapat menarik kesimpulan, maka perlu dilakukan perbandingan hipotesis dengan penelitian yang ditemukan.

Cara Membuat Analisis Data

Melakukan analisis data yang tepat akan membantu dalam menyajikan informasi yang akurat dari data yang telah terkumpul. Berikut ini cara membuat analisis data yang bisa Anda ikuti.

1. Kumpulkan Data

Cara pertama adalah mengumpulkan data. Di sini Anda bisa menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti melakukan survei, FGD, dan wawancara.

Sesuaikan teknik pengumpulan data dengan informasi yang ingin didapatkan.

2. Siapkan Data

Setelah data didapatkan berikutnya adalah menyiapkan data. Hilangkan atau hapus data yang tidak konsisten, maupun kurang lengkap, ini dilakukan untuk memastikan data tetap konsensus.

3. Masukkan Data

Data yang sudah disaring kemudian dituliskan ke dalam format yang mudah dibaca. Saat melakukan hal ini, pastikan Anda memperhatikan kebijakan organisasi, kebutuhan penelitian, atau hal lainnya.

4. Memproses Data

Setelah memasukkan data ke dalam format yang diperlukan, Anda pun perlu memproses data tersebut dan memahaminya. Pemrosesan data ini akan menghasilkan output berupa informasi yang Anda butuhkan.

5. Simpan Data

Setelah memproses data dan mendapatkan informasi yang diharapkan, tidak lupa untuk menyimpan analisis data tersebut. Pastikan Anda menyimpan data ke dalam format yang mudah dibaca, tidak lupa tambahkan indeks ke dalamnya agar mudah ditemukan.

Nah, itulah dia secara lengkap analisis data yang juga umum ditemukan untuk keperluan bisnis. Misalnya menganalisis manpower.

Jika Anda kekurangan manpower dan ingin mendapatkan kandidat terbaik secepatnya, pasang loker di KitaLulus adalah jawabannya!

Pasang loker di KitaLulus memberikan kesempatan pada Anda untuk menemukan kandidat yang tepat dengan cepat.

Anda juga bisa mendapatkan kesempatan pasang loker secara gratis. Yuk, daftarkan perusahaan Anda sekarang!

cari karyawancari karyawan