Apa Itu Data Science? Ini Pengertian, Cara Menjadi Data Scientist, dan Info Kariernya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Data science adalah– Data science adalah ilmu yang kolaboratif. Bidang ilmu ini tidak bisa berdiri sendiri, melainkan kombinasi antara bisnis, teknologi, matematika, bahkan statistika. Perusahaan tentu saja membutuhkan sosok yang menguasai bidang keilmuan ini karena pengolahan data adalah hal yang krusial dalam berbisnis.

Meskipun demikian, banyak yang belum mengenal data science secara mendalam loh. Apakah kamu salah satunya?

Jika ya, tenang! Dalam bahasan kali ini, KitaLulus akan mengupas lebih dalam tentang apa itu data science berikut cara menjadi data scientist unggul dengan proyeksi karier menjanjikan. Buat kamu yang tertarik jadi data scientist, simak artikel ini sampai habis ya.

BACA JUGA: 9 Prospek Kerja Sistem Informasi Terbaik dan Nominal Gajinya 2022

Apa Itu Data Science?

Apa itu data science

Data science adalah bidang keilmuan yang membutuhkan kemampuan pemrograman, teknologi, ilmu hitung, serta pemahaman bisnis yang baik. Ada tiga proses data science paling utama, yaitu:

1. Data Organising

Komponen pertama ini merupakan suatu proses penyimpanan data yang kemudian digunakan untuk menggabungkan seluruh data dalam suatu manajemen tertentu.

2. Data Packaging

Data packaging akan memproses langkah manipulasi hingga penggabungan data awal atau mentah untuk dianalisis.

3. Data Delivery

Yang terakhir adalah data delivery. Komponen ini akan memastikan bahwa data yang sudah diolah telah diakses dengan baik oleh masing-masing divisi yang membutuhkannya.

Tugas Data Scientist

Tugas dan tanggung jawab data scientist

Setelah tahu apa itu data science, kali ini kamu perlu mengetahui tugas yang akan kamu lakukan saat menjadi data scientist. Secara garis besar, berikut beberapa tugas data scientist yang perlu kamu ketahui:

  • Melakukan riset tentang data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan
  • Mengidentifikasi sumber data dan pengumpulannya.
  • Memproses, menganalisis, hingga menyaring data yang sudah terkumpul.
  • Menggabungkan seluruh data yang sudah dianalisis ke dalam manajemen data.
  • Membagi data yang terkumpul untuk kemudian direkomendasikan kepada setiap divisi yang membutuhkan.
  • Berkolaborasi bersama tim bisnis, teknik, dan produk.
  • Melakukan update serta pengawasan database.
  • Memastikan data yang sudah diproses oleh setiap divisi sesuai dengan pola dan tren.

BACA JUGA: Daftar Situs Kursus Online Gratis dari Google hingga Microsoft, Yakin Gak Mau?

Skill untuk Menjadi Data Scientist

Skill untuk menjadi data scientist unggul dan berkualitas

Kemampuan yang harus dimiliki dalam data science memang banyak. Namun, seorang data scientist tidak perlu menguasai semuanya loh. Sebab, data scientist nantinya akan bekerja dalam sebuah tim dengan anggota yang akan saling melakukan back up.

Akan tetapi, kamu tetap harus tahu kemampuan tersebut sebagai pengetahuan dasar. Nah, berikut adalah beberapa skill data scientist yang harus kamu kuasai.

  • Bahasa pemrograman untuk pengelolaan database, seperti R, Python, dan SQL.
  • Mampu menganalisis data
  • Mengerti kemampuan statistik lanjutan
  • Mengetahui pengelolaan database
  • Memahami konsep bisnis
  • Keterampilan organisasi yang baik
  • Komunikasi yang jelas
  • Memahami konsep dan teknik baru dengan cepat

Cara Menjadi Data Scientist Unggul

Cara menjadi data scientist unggul

Untuk menjadi data scientist, kamu bisa melanjutkan pendidikan di Jurusan Matematika, Statistika, Teknologi, hingga Teknik. Namun, jika kamu memang tertarik dengan bidang ini, kamu bisa kok mengambil kursus data science secara mandiri tanpa melalui pendidikan formal.

Selengkapnya tentang cara menjadi data scientist adalah sebagai berikut:

1. Menguasai Skill yang Dibutuhkan 

Untuk bisa menjadi data scientist profesional, tentu saja kamu harus menguasai skill yang dibutuhkan dalam data science. Kamu bisa belajar tentang bahasa pemrograman, memahami dunia bisnis, menguasai teknik statistik, hingga kemampuan berkomunikasi dengan baik.

2. Memahami Tugas Data Science

Dengan bisa memahami tugas dalam data science, tentu saja kamu sudah bisa mulai memproyeksikan apa saja yang harus dipelajari untuk bisa mengerjakannya. Kamu juga bisa mulai praktik sendiri untuk membuktikan apakah kamu bisa mengerjakan tugas dengan benar atau belum.

3. Up to Date dengan Tren

Mengetahui tren tentu menjadi salah satu hal yang harus selalu dikuasai oleh data scientist. Sebab, data yang diperlukan untuk dianalisis biasanya sesuai dengan tren yang ada.

4. Memahami Tools Data Science

Cara menjadi data scientist berikutnya adalah memahami tools yang perlu kamu gunakan. Saat ini, ada cukup banyak tools data science, akan tetapi, kamu bisa berangkat dari daftar tools berikut ini:

  • Big data
  • Machine learning
  • Data mining
  • Deep learning
  • Artificial intelligence 

BACA JUGA: Ini Dia 8 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi untuk Wanita di 2022 & Jurusan Kuliahnya

Algoritma Data Science yang Harus Kamu Pahami

Algoritma data science

Algoritma data science adalah metode untuk melakukan proses pengelolaan data. Dengan algoritma ini, proses analisis bisa dilakukan dengan mudah.

Supaya bisa menjadi data scientist yang unggul, kamu perlu memahami bagaimana algoritma data science ini bekerja. Algoritma-algoritma tersebut diantaranya:

1. Clustering Analysis (Unsupervised Learning)

Algoritma ini hanya akan menganalisis data yang memiliki kesamaan. Data-data tersebut kemudian akan dikumpulkan dan menjadi cluster atau yang disebut dengan clustering.

2. Classification Models (Supervised Learning)

Untuk menggunakan algoritma ini, kamu harus melakukan pelabelan data terlebih dahulu. Jadi, algoritma akan berjalan sesuai dengan label yang ada.

3. Classification Models (Supervised Learning)

Algoritma ini digunakan untuk menganalisis suatu data yang memiliki hambatan, seperti variabel yang hilang.

Jenjang Karir dan Standar Gaji Data Scientist di Indonesia

Ketika sebuah perusahaan ingin menggunakan data dalam proses kerjanya, tentu kemampuan analisis data sangat diperlukan. Jika hanya berupa data kecil, proses analisis dapat dilakukan dengan mudah, tetapi pada umumnya, data yang digunakan bisa sampai ribuan dan terus bertambah seiring dengan perkembangan kondisi kebutuhan.

Kondisi tersebutlah yang membuat data science akan selalu memiliki karir menjanjikan di masa depan. Secara umum, terdapat 3 jenjang karir data scientist, yaitu:

  • Entry level data scientist
  • Mid level data scientist
  • Senior level data scientist

Rentang gaji seorang data scientist di Indonesia adalah Rp5.000.000 – Rp20.000.000. Jumlah tersebut tentu saja disesuaikan dengan kondisi perusahaan masing-masing ya.

BACA JUGA: Job Desk Digital Marketing, Prospek Karir, Jenis Tugas, dan Kisaran Gajinya 2022

Itulah berbagai informasi tentang apa itu data science dan cara menjadi data scientist dengan karier cemerlang. Data science adalah ilmu yang selalu dibutuhkan, terlebih dalam suatu penelitian sehingga banyak perusahaan yang mencarinya. Jadi, kamu tentu saja tidak perlu khawatir dengan masa depan karier data scientist ya.

Nah, jika kamu mencari lowongan kerja yang berkaitan dengan data science, kamu bisa nih mencarinya di aplikasi KitaLulus. Kamu bisa mengundul aplikasi KitaLulus di Playstore dengan mudah. Lakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google, jadi tanpa ribet.

Dengan aplikasi KitaLulus, kamu juga akan mendapatkan fasilitas berguna lainnya, seperti bergabung dengan komunitas hingga soal-soal psikotes untuk latihan seleksi kerja. Bermanfaat banget, kan?

Yuk segera instal KitaLulus sekarang juga dan gapai karier impianmu dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!