Mengenal Sistem Pre-Order: Cara Kerja, Keuntungan, Tipsnya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Pre-order adalah sistem pembelian produk yang kini banyak digunakan dalam bisnis online. Pre-order atau PO mengharuskan pembeli membayar di awal sebelum barang tersedia atau diproduksi. PO cukup menguntungkan baik dari sisi pembeli maupun penjual.

Pasalnya, penjual hanya perlu memproduksi barang yang dipesan oleh pembeli. Sementara pembeli tak akan khawatir barang yang diinginkannya tidak tersedia.

Lantas seperti apa cara kerja pre-order ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut!

Apa itu Pre-order?

Jika Anda suka berbelanja online, Anda mungkin sudah sering mendengar istilah open PO atau open pre-order.

Sistem pre-order adalah metode pembelian barang sebelum barangnya tersedia. Secara umum, cara kerja pre order atau PO adalah konsumen memesan dan membayar atas suatu produk di awal, dengan perkiraan waktu yang disepakati sampai stok produk tersedia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pre-order adalah pemesanan produk atau barang melalui kesepakatan antara pembeli dan penjual, serta kondisi pasar dan jenis produk yang ditawarkan oleh penjual. Jumlah pembayaran dan waktu pengiriman yang diharapkan termasuk dari kesepakatan dalam transaksi jual beli ini.

Kelebihan Pre-order

Kelebihan Pre-order

Bagi Anda yang menjadi seller atau produsen, teknik PO adalah pilihan yang tepat untuk menjual produk Anda. Mengapa? Karena sistem menawarkan berbagai keuntungan seperti berikut.

1. Penjual Dapat Menyediakan Beragam Produk

Keuntungan pre-order adalah penjual dapat menawarkan berbagai pilihan produk kepada calon pelanggan. Ini akan membuat calon pembeli punya banyak opsi terhadap produk yang ingin mereka miliki.

Keuntungan sistem pre-order adalah berbeda dengan sistem stok yang selalu tersedia. Meski ada banyak versi produk yang mungkin ditawarkan, penjual tidak akan dihantui rasa cemas lantaran barangnya tidak habis terjual.

2. Jaminan Terjual Habis

Mereka yang memanfaatkan mekanisme penjualan PO tidak perlu khawatir tentang produk yang masih belum laku. Pasalnya, pre-order adalah Anda hanya akan memproduksi produk sesuai pesanan konsumen. Jadi, tak ada produk sisa.

3. Tidak Ada Penumpukan Stok

Selain itu, keuntungan pre-order adalah tidak ada penimbunan atau penumpukan stok barang. Seperti yang dijelaskan di atas, sistem PO akan memastikan bahwa semua produk Anda terjual habis.

4. Tidak Perlu Modal Besar

Keuntungan lain yaitu Anda tidak membutuhkan modal besar untuk berbisnis dengan sistem PO. Bahkan, Anda bisa mulai tanpa modal awal. Pasalnya pembeli akan melakukan pembayaran uang muka atas barang yang mereka beli.

Jadi tentu saja ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin memulai bisnis namun memiliki dana terbatas. Syarat pertama untuk mengembangkan sistem pre-order adalah keinginan dan tekad yang kuat untuk membangun bisnis.

Baca Juga: Purchase Order: Pengertian, Fungsi, Format, dan Contohnya

5. Hampir Tidak Ada Risiko Kerugian

Pre-order menguntungkan karena tidak membutuhkan modal yang besar dan semua produk akan habis terjual. Hal ini akan memperkecil kemungkinan kerugian pada bisnis yang Anda rintis.

6. Pelanggan Dapat Memesan Barang Khusus

Keuntungan lain dari sistem PO adalah konsumen dapat menyesuaikan produk dengan kebutuhan mereka. Berbeda dengan metode penjualan biasa yang mengandalkan persediaan.

Kekurangan Pre-oder

Selain keuntungan, sistem pre order juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan sistem dari pre-order untuk bisnis:

1. Pelanggan Harus Menunggu Lama

Pelanggan yang memesan produk pre-order kemungkinan tidak tertarik lagi untuk membeli item tersebut karena pengalaman menunggu terlalu lama. Ada saat-saat ketika pembeli lebih memilih barang yang tersedia daripada yang harus dipesan terlebih dahulu.

2. Produsen Telat Menyediakan Barang

Jika Anda memproduksi sendiri, hal ini tak terlalu menjadi masalah. Namun, jika barang diproduksi oleh pihak ketiga dan dipasok oleh mereka, tentu itu  menjadi masalah serius. Pastikan bahwa produsen dapat menyelesaikan pesanan pelanggan sesuai jadwal, sehingga pelanggan juga dapat mempercayai bisnis Anda.

3. Citra Bisnis Rusak Karena Salah Strategi

Selain pengiriman yang cepat, sistem pre-order harus bisa meningkatkan citra perusahaan Anda di mata pelanggan. Anda sebagai penjual mengirimkan produk berdasarkan kualitas barang yang telah ditetapkan. Dengan begitu, kepercayaan pelanggan terhadap produk yang Anda jual akan semakin tinggi.

Baca juga: 10 Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula, Gampang Banget Kok!

Cara Memaksimalkan Sistem Pre-order dalam Berjualan

Cara Memaksimalkan Sistem Pre-order dalam Berjualan

Jika Anda ingin memaksimalkan pre-order dalam bisnis online Anda, pertimbangkan strategi berikut.

1. Fokus Pada Kualitas Produk

Memulai bisnis online sangat berbeda dengan menjual produk di pasar terbuka. Jelas, jika Anda menjual produk melalui internet, konsumen atau pembeli tidak dapat melihat produk atau barang yang Anda jual secara langsung. Mereka hanya dapat melihat produk melalui gambar atau video yang diposting di akun penjual.

Dengan sistem pre-order, konsumen harus bersabar menunggu produk yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa barang yang Anda jual berkualitas tinggi agar tidak mengecewakan mereka.

Dengan menyediakan produk berkualitas tinggi, tentunya Anda akan memiliki kepercayaan diri untuk menjualnya kepada konsumen. Konsumen pun akan merasa puas dan akan melakukan repurchase.

2. Memilih Vendor Terbaik

Anda harus bekerjasama dengan vendor yang kredibel, memiliki reputasi yang baik, dan telah lulus uji kualitas. Oleh karena itu, sebelum memilih vendor, lakukan pengamatan dan bandingkan dengan vendor lain.

Pertimbangkan keuntungan dan kerugian dari setiap alternatif. Dari situ, Anda bisa menilai vendor mana yang menawarkan harga terendah dengan kualitas yang baik.

3. Tetapkan Target Penjualan

Menetapkan target penjualan sangat penting untuk mengatur dan menyesuaikan rencana penjualan Anda. Semakin realistis target Anda, semakin baik untuk bisnis online Anda nantinya.

Jangan membuat target yang terlalu tinggi. Sebaliknya, mulailah dengan tujuan sederhana dan naikkan secara perlahan. Dengan cara ini, Anda akan mencapai target yang telah Anda tetapkan. Dan seiring berjalannya waktu, Anda dapat meningkatkannya berdasarkan kapasitas Anda saat ini.

4. Memaksimalkan Jadwal PO

Cara untuk memaksimalkan sistem penjualan PO bisa dengan membuat jadwal PO pada setiap akhir bulan. Teknik ini cukup efisien saat memulai usaha.

Di akhir bulan, banyak orang telah menerima gaji dan mulai mencari barang yang mereka inginkan. Tidak heran jika banyak marketplace yang juga menawarkan promosi gajian. Oleh karena itu, manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya.

5. Pertimbangkan Jumlah Pesanan

Ini adalah salah satu aspek yang harus Anda pertimbangkan dalam bisnis online. Jika klien memesan produk Anda dalam jumlah besar, jangan langsung terobsesi. Jadikan itu sebagai tanggung jawab yang perlu dipenuhi, dan perhatikan baik-baik jumlah barang yang diinginkan pelanggan Anda.

Jangan sampai jumlah pesanan kurang dari jumlah yang disepakati karena Anda tidak memiliki kapasitas untuk menyelesaikan pesanan tepat waktu. Jika ini terjadi, pelanggan Anda akan merasa tidak puas dan enggan berbisnis dengan Anda lagi.

6. Catat Semua Pesanan

Catat pesanan pembeli dengan detail, mulai dari nama konsumen, alamat, nomor telepon, detail pesanan, jenis, ukuran, warna, dll. Jika ada yang tak sesuai, nantinya pelanggan akan mengajukan keluhan dan tidak puas dengan barang yang Anda berikan.

7. Perhatikan Sumber Daya Manusia

Saat meluncurkan bisnis online, Anda pasti akan membutuhkan tim yang kompeten untuk membantu Anda. Sumber daya manusia di sini terdiri dari beberapa tim, seperti tim produksi, tim media sosial, dan tim layanan pelanggan. Untuk memaksimalkan hasil yang diinginkan, Anda juga harus mampu membentuk tim yang kuat.

Apakah Anda sudah memiliki sumber daya manusia yang ahli untuk menempati berbagai posisi tersebut? Kalau belum, segera rekrut karyawan terbaik melalui KitaLulus.

Hingga saat ini, platform KitaLulus telah dipercaya oleh lebih dari 1 juta pelamar dan 50 ribu perusahaan. Caranya mudah, cukup isi formulir untuk memposting iklan lowongan kerja, selanjutnya Anda tinggal menunggu hingga iklan ditayangkan.

Yuk segera pasang loker Anda secara gratis di KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd