Seluk Beluk Wirausaha yang Harus Anda Pahami | Ada Apa Saja?

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Kewirausahaan
Isi Artikel

Banyak yang bilang bahwa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah jiwa pengusaha dan modal nekat. Jika tidak memiliki jiwa pengusaha dan modal nekat, maka belum pantas disebut sebagai wirausaha. Apa betul seperti itu?

Saat ini sudah banyak usaha-usaha kecil menengah milik masyarakat atau UMKM yang mulai terkenal dan bisa membuka cabang. Awal mula terjun menjadi seorang wirausaha pun beragam. Ada yang terpaksa berteman dengan keadaan, ada yang memang sudah memiliki jiwa pengusaha, ada yang untuk menambah pundi-pundi dompet, dan lainnya.

Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kewirausahaan itu sendiri? Kewirausahaan merupakan sebuah ilmu, seni, keterampilan untuk mengelola semua keterbatasan sumber daya, informasi, dan dana yang dipakai untuk bertahan hidup. Bahkan hasil dan keuntungan dari bisnis ini pun membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Apa Itu Kewirausahaan dan Wirausaha?

Pada dasarnya, kewirausahaan merupakan jiwa dari seseorang yang diekspresikan dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang kreatif dan inovatif untuk melakukan suatu kegiatan. Lalu, orang yang memiliki jiwa tersebut dikenal dengan seorang wirausaha. Sementara mereka yang tidak memiliki jiwa tersebut tapi melakukan kegiatan bisnis, belum bisa dikatakan sebagai seorang wirausaha.

Seorang wirausaha merupakan salah satu profesi yang dibutuhkan untuk memajukan perekonomian, baik dari segi individu atau pun negara. Mereka diklaim mampu untuk meningkatkan stabilitas ekonomi sebuah negara. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah berpikir kreatif.

Kemampuan berpikir kreatif inilah yang bisa menciptakan banyak ide dan bisa menjadi peluang ekonomi. Tanpa disadari, hadirnya profesi wirausaha ini membantu menambahkan jumlah lowongan pekerjaan, lo! Hal ini karena mereka yang menekuni kewirausahaan pasti membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk membantu bisnisnya terus beroperasi dan maju.

Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah DNA/sifat bawaan. Mereka percaya bahwa orang yang sudah memiliki darah dan jiwa wirausaha, maka akan menjadi pengusaha yang sukses dan berhasil.

Seorang wirausaha bisa disebut dengan seorang pengusaha. Namun, belum tentu seorang pengusaha disebut sebagai seorang wirausaha. Hal ini karena mereka harus memiliki beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Apa saja itu?

Kemampuan yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Wirausaha

Seorang wirausaha harus bisa dan mampu untuk mencari peluang yang tepat untuk bisnis dan mengembangkannya dengan baik, Nah, untuk mencapai ke titik tersebut, ada beberapa kemampuan dasar yang harus Anda miliki sebelum memulai karir sebagai seorang wirausaha.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah mau belajar dan rasa ingin tahu. Sebagai seorang wirausaha, sudah seharusnya Anda memiliki rasa dorongan untuk mengobservasi, meneliti, dan mencari tahu tentang tren terkini. Melihat masalah dan mencari peluang atau solusi solutif juga merupakan kunci keberhasilan seorang wirausaha.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah networking dan mentor. Ketika Anda ingin mengembangkan bisnis, ilmu bisa didapatkan dari mana saja. Bisa dari sekitar kita, pengalaman bisnis wirausaha lainnya, kelas online, dan berbagai sumber. Maka dari itu, terkadang sebelum terjun ke dunia kewirausahaan, Anda membutuhkan seorang mentor yang bisa membimbing sampai berhasil.

Kemudian kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah manajemen waktu. Sebagai seorang wirasuaha, sudah seharusnya Anda bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dalam hal menentukan deadline, merancang prioritas, dan mengatur waktu dengan cermat.

Selain manajemen waktu, sebagai wirausaha Anda juga harus pintar dalam manajemen keuangan. Anda harus paham betul bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik sebelum terjun ke dunia ini. Hal ini dikarenakan uang terus diputar untuk kepentingan-kepentingan lain. Oleh karena itu, kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah manajemen keuangan.

Seorang wirausaha harus pandai dalam berkomunikasi. Kemampuan ini bisa Anda gunakan dalam hal mempromosikan bisnis ke banyak orang, terutama kepada investor dan stakeholder jika bisnis Anda membutuhkan modal yang besar. Maka dari itu, kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah kemampuan dalam berkomunikasi.

Dalam dunia bisnis, strategi adalah kunci utama untuk menghidupkan dan mencari peluang. Sebagai seorang wirausaha, Anda harus bisa mengatur strategi bisnis disetiap prosesnya. Strategi pemasaran, promosi, target marketing, lokasi yang cocok, inovasi, dan hal-hal lainnya. Kali ini, kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah berpikir strategis.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha selanjutnya adalah kemampuan dalam pengambilan keputusan. Hal ini nantinya akan sangat bermanfaat seiring dengan berkembangnya bisnis yang Anda jalani. Terutama dalam memilih investor dan hal-hal penting lainnya.

Keberhasilan dan kegagalan yang terjadi dalam tiap bisnis seseorang bukanlah penentu bahwa mereka gagal menjadi seorang wirausaha. Di sisi lain, banyak orang yang beranggapan bahwa kewirausahaan memberikan jalan keluar bagi mereka untuk mendapatkan kesusksesan. Namun, hal ini juga tergantung pada diri Anda sendiri dalam mengelola bisnis.

Diperlukan kerja keras, ketekunan, dan strategi dalam mencapai kesuksesan. Tidak terkecuali bagi seorang wirausaha. Jika Anda ingin terjun ke dunia kewirausahaan, pastikan Anda sudah memahami kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, ya!

Cari Kandidat Berpengalaman di KitaLulus

Usaha bisnis Anda membutuhkan banyak pekerja? Apakah Anda mencari yang berpengalaman? Sudah buka lowongan di aplikasi KitaLulus, belum? Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan kandidat berpengalaman untuk usaha bisnis Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari kandidat, Anda bisa menaruh lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus. KitaLulus beroperasi di beberapa kota besar seperti, Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya. Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik mulai dari sekarang!

Pasang Lowongan Kerja di Kitalulus
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok