SEM Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Contoh

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
sem adalah
SEM Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Contoh

SEM adalah salah satu strategi digital marketing yang bisa digunakan untuk membantu bisnis meningkatkan visibilitas website-nya di mesin pencari seperti Google serta mendatangkan konsumen potensial ke website mereka.

Teknik ini sering digunakan untuk meningkatkan penjualan. Lantas bagaimana cara melakukan strategi SEM? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu SEM?

SEM adalah singkatan dari search engine marketing yang merupakan strategi pemasaran digital dengan tujuan untuk meningkatkan pengunjung website melalui iklan yang ditampilkan di mesin pencari seperti Google.

Sederhananya, search engine marketing adalah teknik membeli traffic dari mesin pencari dengan melakukan iklan.

Ketika Anda membeli traffic dari mesin pencari seperti Google, Anda bisa menempatkan website Anda di halaman depan hasil pencarian Google. Selain itu, Anda juga dapat melakukan personalisasi audiens yang sesuai dengan target marketing Anda.

Melalui teknik ini, Anda bisa mendapatkan peluang yang lebih efektif ketika konsumen melakukan pencarian terkait dengan produk Anda di internet.

Dalam implementasinya, Anda akan menggunakan trik mengiklankan website dengan menggunakan beberapa metode, seperti Pay Per Click (PPC), SEO, dan lainnya.

Praktik SEM ini melibatkan optimasi website dengan segala aspek di dalamnya. Mulai dari konten, navigasi, dan sebagainya. Sehingga saat audiens mengklik iklan website Anda di Google, mereka bisa masuk dan mengunjungi website dengan nyaman.

Perbedaan SEO dan SEM

Di dalam trik mengoptimasi website agar mendapatkan trafik, ada beberapa cara yang paling umum digunakan, yaitu dengan cara SEO dan SEM. Keduanya memiliki perbedaan sebagai berikut.

SEO

Di dalam SEO, Anda akan melakukan optimasi website dengan cara membuat konten artikel menggunakan keyword yang banyak dicari oleh audiens.

Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain mengoptimalkan elemen di dalamnya, seperti judul, deskripsi, struktur link, sehingga sesuai dengan standar mesin pencari.

Optimasi website menggunakan SEO membutuhkan waktu yang lama dan diperlukannya konsistensi. Hal ini karena dalam SEO Anda perlu membangun otoritas website secara organik dengan fokus pada kualitas konten dan pengalaman dari pengguna.

Kemudian perlu dipahami bahwa ketika Anda menggunakan SEO, peringkat di mesin pencari didapatkan dengan cara organik tanpa berbayar. Organik di sini maksudnya adalah dilakukan dengan melakukan optimasi website dan konten. 

SEM

SEM adalah teknik pengiklanan dengan memanfaatkan mesin pencari. Ketika perusahaan ingin meningkatkan visibilitas dan trafik di website, mereka perlu mengeluarkan biaya tertentu.

Berbeda dari SEO, proses SEM lebih cepat untuk membantu website mendapatkan visibilitas di hasil mesin pencari. Dengan menggunakan iklan berbayar, website dapat segera muncul di bagian atas hasil pencarian.

Baca Juga: 11 Tips Jitu Membuat Marketing Campaign yang Efektif

Kelebihan SEM

Penerapan SEM di dalam strategi pemasaran digital tentu saja memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Visibilitas Cepat

Dengan SEM, situs web Anda dapat segera muncul di bagian atas hasil pencarian mesin pencari setelah mengaktifkan campaign iklan berbayar. Ini memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan trafik dan eksposur lebih cepat.

2. Targeting yang Dapat Disesuaikan

SEM memungkinkan Anda untuk mengatur iklan berbayar Anda berdasarkan faktor-faktor tertentu seperti kata kunci, geografi, demografi, minat, dan perilaku pengguna.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang relevan dengan produk atau layanan bisnis Anda.

3. Pengukuran dan Analisis yang Mendalam

Dalam SEM, Anda dapat melacak dan menganalisis kinerja iklan Anda dengan detail.

Anda dapat melihat berapa banyak klik yang Anda terima, tingkat konversi, biaya per klik, dan metrik lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan kampanye dan mengalokasikan anggaran dengan lebih efisien.

4. Kontrol Anggaran

Kelebihan lainnya yaitu Anda memiliki kendali penuh atas berapa banyak yang Anda ingin belanjakan dalam iklan.

Anda dapat menentukan anggaran harian atau total anggaran kampanye dan Anda hanya akan dikenakan biaya ketika pengguna mengklik iklan Anda (pay-per-click).

Kekurangan SEM

Selain memiliki kelebihan, SEM juga memiliki beberapa kekurangan, seperti berikut ini:

1. Biaya yang Tinggi

Salah satu kelemahan utama SEM adalah dari segi biayanya. Biaya iklan berbayar dapat dengan cepat meningkat jika persaingan di pasar tinggi atau kata kunci yang ditargetkan memiliki harga tinggi.

Ini dapat menjadi faktor penghalang bagi bisnis yang anggaran pemasarannya terbatas.

2. Tidak Berkelanjutan

Ketika Anda menghentikan campaign iklan berbayar atau menghabiskan anggaran Anda, visibilitas dan lalu lintas situs web Anda juga akan berkurang.

Itulah mengapa Anda harus terus membelanjakan untuk mempertahankan posisi dan visibilitas di mesin pencari.

3. Kompleksitas

SEM adalah teknik yang melibatkan pemahaman dan penggunaan alat serta platform iklan berbayar yang kompleks seperti Google Ads atau Bing Ads.

Untuk mengoptimalkan kampanye dan mencapai hasil yang baik, dibutuhkan pemahaman yang mendalam tentang strategi penawaran kata kunci, penargetan, dan pengukuran.

4. Keterbatasan Ruang

Kekurangan SEM yang terakhir adalah iklan Anda terbatas pada ruang yang tersedia di mesin pencari.

Jika persaingan tinggi, Anda mungkin harus bersaing dengan iklan kompetitor untuk mendapatkan perhatian pengguna, dan iklan Anda mungkin tidak selalu terlihat oleh semua pengguna.

Baca Juga: A/B Testing: Pengertian & Fungsinya dalam Digital Marketing

Jenis Keyword dalam SEM

jenis keyword sem

Ada beberapa jenis keyword yang bisa Anda gunakan sebagai target di dalam SEM, yaitu sebagai berikut:

1. Broad Match Keyword

Ini adalah jenis pencocokan kata kunci yang paling umum dan luas. Iklan Anda akan ditampilkan ketika ada kesamaan arti atau kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang Anda tentukan.

Ini mencakup berbagai variasi kata, mulai dari sinonim, typo yang cukup umum, dan lainnya.

Contohnya saat Anda menggunakan keyword “baju wanita”, iklan Anda mungkin juga akan muncul ketika ada orang yang mencari “baju tidur” atau “baju gamis.”

2. Phrase Match Keyword

Jenis keyword ini akan menargetkan kata-kata yang lebih spesifik dibanding broad match keyword. Iklan Anda akan ditayangkan saat kata kunci yang Anda tentukan muncul dalam urutan tertentu, tapi bisa diikuti oleh kata lain.

Misal Anda menggunakan keyword “job portal”. Iklan Anda akan muncul jika seseorang mencari “job portal gratis” atau “job portal terbaik”. Namun, iklan Anda tidak akan ditampilkan apabila kata kunci dalam urutan berbeda, seperti “portal job yang bagus”.

3. Exact Match Keyword

Exact match keyword adalah setting pencocokan kata kunci yang paling spesifik. Artinya, iklan Anda hanya akan muncul jika pengguna memasukkan query yang sama persis dengan keyword yang Anda tawarkan.

Contoh jika Anda menggunakan kata kunci “baju wanita”, maka iklan Anda hanya akan tampil saat pengguna mencari “baju wanita” dan tidak akan muncul pada pencarian “beli baju wanita online.”

Contoh SEM

SEM memiliki berbagai format, baik itu berbentuk teks dan juga PLAs (Product Listing Ads/Shopping Ads) berbentuk produk, harga, ulasan serta rating yang bersifat visual.

Adapun contoh search engine marketing adalah:

  • Google Adwords
  • Bing
  • Yahoo Gemini
  • Ask

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing? Ini Arti, Manfaat, Tugas, Contoh, dan Proyeksi Gajinya

Analisis dalam SEM

Ketika Anda menggunakan teknik SEM, Anda akan berfokus pada bagaimana mendorong lebih banyak traffic ke website. Untuk melakukan hal ini Anda perlu melakukan analisis SEM.

Di dalam praktiknya, ada beberapa hal yang menjadi dasar strategi dalam SEM, yaitu riset keyword dan pengelompokkan keyword.

Riset keyword adalah hal yang penting sebelum menjalankan SEM. Berikut ini langkah dalam riset keyword.

  • Identifikasi dan buatlah daftar kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Pikirkan keyword apa yang mungkin digunakan pelanggan ketika mencari produk Anda.
  • Tambahkan kata kunci yang dirasa punya potensi untuk mendatangkan pembelian.
  • Buat struktur campaign dengan mengelompokkan kata kunci ke dalam beberapa kategori.

Cara Melakukan SEM

Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan search engine marketing, berikut penjelasannya.

1. Tentukan Tujuan dan Target Audiens

Pertama, coba tentukan dulu tujuan apa yang ingin Anda capai, misalnya meningkatkan trafik website, meningkatkan penjualan, serta brand awareness.

Setelah tujuan ditetapkan, Anda juga perlu menentukan target audiens mulai dari lokasi, usia, dan minat mereka.

2. Pilih Mesin Pencari yang Tepat

Anda dapat menjalankan SEM di berbagai mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Pilihlah mesin pencari yang memang paling banyak digunakan oleh konsumen Anda.

3. Riset dan Pilih Kata Kunci

Identifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis dan dicari oleh target audiens Anda.

Gunakan alat riset kata kunci seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian tinggi.

4. Buat Campaign Iklan

Daftar dan konfigurasi akun di platform iklan berbayar, seperti Google Ads atau Bing Ads.

Buat campaign baru dan atur pengaturan seperti jangkauan geografis, bahasa, dan jadwal iklan. Pilih jenis iklan yang sesuai, seperti iklan teks, iklan display, atau iklan video.

5. Tulis Iklan yang Menarik

Tulis judul dan deskripsi iklan yang menarik, jelas, serta relevan dengan keyword yang ditargetkan. Gunakan pilihan kata yang baik dan sampaikan keuntungan unik yang ditawarkan oleh produk atau layanan Anda.

Baca Juga: 9 Contoh Iklan Penawaran Paling Kreatif dan Cara Membuatnya

6. Penargetan dan Penjadwalan Iklan

Tentukan penargetan iklan berdasarkan faktor seperti keyword, geografi, demografi, minat, dan perilaku pengguna. Atur jadwal iklan Anda agar sesuai dengan waktu yang paling efektif untuk menjangkau audiens.

7. Penawaran dan Anggaran

Tetapkan penawaran untuk keyword yang ditargetkan dan anggaran harian atau total anggaran campaign Anda. Perhatikan bahwa penawaran yang lebih tinggi cenderung memberikan peringkat yang lebih baik, tetapi biaya per klik juga akan lebih tinggi.

8. Memonitor dan Mengoptimalkan

Pantau kinerja campaign Anda secara teratur. Analisis dan pantau metrik seperti jumlah klik, tingkat konversi, biaya per klik, dan ROI.

Jika diperlukan, lakukan penyesuaian terhadap kata kunci, iklan, penawaran, atau penargetan untuk meningkatkan kinerja campaign Anda.

Itu dia penjelasan mengenai SEM sebagai salah satu strategi pemasaran digital. Mengingat hampir setiap hari kita mengakses internet, penerapan SEM menjadi salah satu strategi penting untuk meningkatkan kemajuan bisnis Anda.

Maka dari itu, memiliki tim digital marketing yang andal saat ini sudah menjadi keharusan.

Beruntungnya, Anda bisa menemukan kandidat digital marketing lebih mudah dengan pasang loker di KitaLulus.

Pasang loker di KitaLulus gratis, Anda juga akan mendapatkan dukungan penuh dari tim KitaLulus sehingga dapat menghemat waktu Anda dalam memasang loker.

Setelah loker terpasang, dalam hitungan hari Anda sudah bisa mendapatkan kandidat yang sesuai. Ayo pasang loker di KitaLulus sekarang!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top