Kisaran Biaya ke Labuan Bajo 2023 Lengkap dengan Destinasi Wisatanya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
biaya ke labuan bajo
Kisaran Biaya ke Labuan Bajo 2023 Lengkap dengan Destinasi Wisatanya

Menjadi salah satu surga tersembunyi yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT), tak heran bila Labuan Bajo kerap dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sebenarnya, berapa sih biaya ke Labuan Bajo?

Artikel ini akan membahas serba-serbi wisata ke Labuan Bajo, mulai dari kisaran biaya yang harus kamu persiapkan, berbagai macam destinasi wisata yang harus kamu kunjungi, hingga tips agar kamu bisa mendapatkan ongkos yang lebih hemat.

Langsung simak penjelasannya yuk!

Biaya ke Labuan Bajo

Sebelum liburan ke Labuan Bajo, ada satu hal penting yang perlu kamu siapkan dengan matang, yaitu terkait biaya. Tujuannya adalah supaya saat liburan nanti keuangan kamu tidak boncos.

Jika ini pertama kalinya kamu akan pergi Labuan Bajo, sebaiknya perhatikan dengan baik panduan kisaran biaya ke Labuan Bajo berikut, yang mencakup transportasi, penginapan, makan, dan sebagainya.

1. Biaya Transportasi

Biaya transportasi ke Labuan Bajo akan tergantung pada moda transportasi yang kamu gunakan serta daerah keberangkatan awal.

Via Transportasi Udara

Misalnya kamu berangkat dari Jakarta, harga tiket pesawat ke Labuan Bajo berkisar mulai dari Rp1,6 juta hingga Rp2 juta per orang untuk satu kali perjalanan. Jadi, jika pulang pergi ada di kisaran Rp3,2 juta hingga Rp4 juta per orang.

Sedangkan untuk harga tiket pesawat dari Surabaya sekitar Rp1,3 juta dan dari Bali sekitar Rp1 juta.

Sesampainya di bandara Komodo, kamu bisa menaiki DAMRI bandara dengan harga tiket Rp10.000 per orang. Jadwal DAMRI adalah dari jam 07.00–17.00.

Via Transportasi Darat-Laut

Nah, untuk kamu yang ingin berhemat, kamu bisa menggunakan jalur darat-laut. Namun, tentu saja ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dari Jakarta, kamu bisa naik kereta api menuju Surabaya dengan harga tiket sekitar Rp355.000 dan lama perjalanan kurang lebih 13 jam. Kamu juga dapat menggunakan bus dengan harga tiket sekitar Rp300.000.

Dari Surabaya, kamu naik kereta api lagi menuju ke Ketapang. Harga tiket kereta Surabaya-Ketapang adalah Rp88.000, lama perjalanannya adalah 6 jam 25 menit. 

Dari Ketapang, kamu bisa menyeberang ke Bali menggunakan jalur laut, yaitu kapal feri. Harga tiketnya sekitar Rp8.500 untuk dewasa dan Rp2.200 untuk anak-anak. Lama perjalanannya 45 menit.

Nah, sesampainya di Bali, lanjut ke Lombok menggunakan jalur laut. Adapun tarif penyeberangan dari Pelabuhan Padangbai (Bali) ke Pelabuhan Lembar (Lombok) yaitu Rp46.000 untuk dewasa dan Rp29.000 untuk anak-anak.

Pelabuhan Lembar ini berada di Lombok sehingga kamu harus menyeberang lagi ke Labuan Bajo dengan tarif Rp83.000.

2. Transportasi Selama di Labuan Bajo

Selama di Labuan Bajo, kamu bisa menyewa motor atau mobil. Harga sewanya bervariasi. Untuk motor bisa kamu sewa dengan harga mulai dari Rp90.000 per hari. Untuk mobil, harga sewanya mulai dari Rp300.000 per 3 jam.

Sementara itu, transportasi umum di Labuan Bajo ada beberapa pilihan, seperti ojek maupun taksi. Harga taksi dari bandara ke pusat kota biasanya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp250.000, tergantung lokasi yang kamu tuju.

3. Biaya Penginapan

Penginapan di Labuan Bajo tergolong murah. Jika kamu hanya ingin menggunakan penginapan sebagai tempat istirahat karena kamu yakin akan sibuk berkeliling, pilihlah fasilitas yang cukup untuk tidur dan mandi karena harganya lebih murah, yakni sekitar Rp70.000–Rp180.000 per malam dan bisa digunakan untuk sharing.

Namun, jika kamu ingin mencari penginapan dengan fasilitas yang lebih mewah, harganya tentu mahal, yaitu bisa di atas Rp1.000.000 per malamnya.

4. Biaya Makan

Makanan di Labuan Bajo tidak selalu mahal. Ada banyak rumah makan murah bahkan warteg atau rumah makan Padang yang bisa kamu jadikan pilihan. Harga satu porsi makanan di warung biasa adalah sekitar Rp15.000–Rp35.000.

5. Biaya Kunjungan Wisata

Biaya kunjungan wisata ke Labuan Bajo sangat bervariasi, tergantung ke mana saja destinasi yang kamu tuju. Siapkan juga biaya untuk masuk ke Taman Nasional Komodo sebesar Rp250 ribu.

6. Menggunakan Paket Wisata

Jika kamu tidak ingin pusing memikirkan printilan biaya ke Labuan Bajo, alias cukup langsung berangkat dan berwisata, kamu bisa menggunakan jasa agen travel dan mengambil paket wisata yang kamu inginkan. 

Biasanya banyak agen yang menyediakan paket wisata Open Trip 3 hari 2 malam, dengan destinasi wisata seperti Taman Nasional Komodo, Pink Beach, Pulau Kelor, dan masih banyak lagi. Harga paket wisata ini dibanderol mulai dari Rp3.450.000 per orang dan sudah include menginap di kapal phinisi, antar jemput bandara/hotel ke meeting point, hingga makan.

Baca Juga: 30 Tempat Wisata Bali Terfavorit yang Cocok Buat Liburan

Total Rincian Biaya ke Labuan Bajo

Adapun total rincian biaya ke Labuan Bajo 3 hari 2 malam tanpa menggunakan jasa agen perjalanan adalah sebagai berikut:

  • Tiket pesawat: Rp2,6 juta – Rp3,2 juta PP
  • Transportasi selama di Labuan Bajo: Rp270.000 – Rp300.000
  • Penginapan: Rp180.000 – Rp200.000 per malam
  • Biaya Makan: Rp100.000 per hari
  • Biaya kunjungan wisata: Rp1 juta

Total budget yang perlu disiapkan adalah sekitar Rp4,5 juta sampai Rp5,2 juta per orang.

Kapan Waktu Terbaik ke Labuan Bajo?

Waktu Terbaik ke Labuan Bajo
Sumber: mautraveling

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk berlibur ke Labuan Bajo ternyata juga bisa dipengaruhi oleh waktu, lho! Biasanya, di musim liburan harga tiket pesawat, hotel, dan lainnya akan naik.

Lantas, kapan waktu terbaik ke Labuan Bajo?

Sebenarnya, kapan pun kamu berkunjung tidak masalah. Namun, jika ingin lebih hemat, kamu bisa memilih waktu selain musim liburan.

Selain itu, dikutip dari Kompas, cuaca mendukung di Labuan Bajo berkisar antara bulan Maret sampai Oktober. Lalu di bulan April sampai Mei, cuaca di sana juga sedang indah-indahnya, jadi sangat mendukung bagi kamu yang hobi fotografi.

Tips Wisata Murah ke Labuan Bajo

Sebagai panduan untuk kamu yang akan berkunjung ke Labuan Bajo, berikut KitaLulus berikan beberapa tipsnya.

1. Beli Tiket Pesawat Jauh-jauh Hari

Jangan beli tiket pesawat mendekati hari-H, justru sebaiknya beli dari jauh-jauh hari dan manfaatkan berbagai promo yang disediakan oleh aplikasi penyedia tiket seperti Traveloka, Pegi-Pegi, hingga Tiketcom.

Biasanya mereka akan memberikan diskon pembelian tiket pesawat dengan waktu pergi kapan pun.

2. Gunakan Prinsip Backpacker

Jika kamu ingin liburan hemat ke Labuan Bajo, gunakan prinsip backpacker-an. Gunakan jalur darat-laut karena biayanya akan jauh lebih murah. Nantinya, kamu harus naik kapal, bus, hingga menyewa motor selama berlibur di sana.

Mungkin akan lebih melelahkan, tetapi kamu bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan ongkos transportasi yang harusnya mahal juga bisa dialokasikan ke hal lain.

Pilih juga penginapan murah dengan fasilitas yang cukup untuk kamu tidur, mandi, dan menyimpan barang. Sebab, biasanya selama liburan kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar, kan, bukan di penginapan?

3. Susun Itinerary dengan Tepat

Susunlah itinerary dengan tepat sesuai kebutuhan kamu. Jika memang kamu ingin mengunjungi banyak tempat wisata, maka perkirakan waktu perjalanan yang sesuai dari satu tempat ke tempat wisata lainnya.

4. Gunakan Agen Travel

Jika tidak mau pusing menyusun itinerary dan ingin menikmati liburan dengan mudah dan nyaman, kamu bisa langsung menggunakan paket liburan ke Labuan Bajo menggunakan agen travel.

Biasanya paket liburan dari agen travel ke Labuan Bajo akan include transportasi, penginapan, paket menu makan selama liburan, hingga pilihan destinasi wisata terbaik di Labuan Bajo. Dengan begitu, untuk kamu yang baru pertama kali ke sini, tidak lagi bingung tentang hal-hal yang perlu disiapkan selama liburan deh.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Semarang Terbaru, Hits & Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Destinasi Wisata Labuan Bajo

Harga tiket masuk ke Labuan Bajo berbeda-beda tergantung destinasi wisata apa yang kamu pilih. Nah, berikut beberapa tempat wisata Labuan Bajo yang bisa kamu coba.

1. Pulau Padar

Pulau Padar
Sumber: The Jakarta Post

Pulau Padar menjadi tempat wisata yang banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Labuan Bajo. Kamu bisa masuk kapan pun ke pulau ini hanya dengan Rp5.000 untuk WNI dan Rp150.000 untuk WNA.

2. Wae Rebo

Wae Rebo
Sumber: Kompas

Wae Rebo dijuluki sebagai desa di atas awan. Tempat ini memang sangat eksotis dengan bentuk rumahnya yang unik dan khas. Masuk ke sini gratis, tetapi jika kamu ingin mendapatkan paket wisata yang lengkap, termasuk makan-minum hingga penginapan, biayanya sekitar Rp225.000–Rp325.000.

3. Pulau Kelor

Pulau Kelor
Sumber: Tripadvisor

Harga tiket masuk ke Pulau Kelor sekitar Rp5.000. Pulau ini masih sangat asri dan alami sehingga kamu akan merasa tenang selama berkunjung ke sini. Pemandangannya sangat indah dengan pulau berpasir putih yang menenangkan.

4. Pantai Pink (Pink Beach)

Pantai Pink (Pink Beach)
Sumber: Kedutaan Besar Indonesia

Wisatawan lokal akan dipatok Rp10.000 dan wisatawan mancanegara sebesar Rp50.000 untuk masuk ke Pink Beach. Sesuai namanya, pantai ini akan didominasi warna merah muda. Jangan pernah berpikir tentang hal mistis, sebab warna yang dihasilkan ini dikarenakan oleh algae.

5. Gili Lawa Darat

Gili Lawa Darat
Sumber: Kompas

Masuk ke Gili Lawa Darat harus membayar Rp20.000 per orang. Namun, ketika kamu ingin masuk ke kawasan taman nasionalnya, harga tiket masuknya adalah Rp20.000–Rp50.000.

Baca Juga: 10 Ide Games Seru untuk Acara Kumpul Indoor & Outdoor

Itulah informasi menarik terkait biaya ke Labuan Bajo lengkap dengan tips dan rekomendasi destinasi wisatanya. Ikuti tips liburan lainnya dengan membaca artikel-artikel di blog KitaLulus!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top