20 Tempat Wisata di Semarang Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Musim liburan telah tiba, kini saatnya untuk rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan.  Apakah pada liburan kali ini kamu berniat mengunjungi Semarang? Sudah tahu ingin mengunjungi apa saja? Jika belum, tempat wisata di Semarang terbaru ini wajib masuk dalam itinerary kamu!

Dijamin, liburan kamu di Semarang akan penuh kenangan dan menyenangkan. Yuk, lihat list destinasi liburan di Semarang di bawah ini!

Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang dan Harga Tiket Masuk

Jika kamu bertanya tempat wisata terbaru apa saja yang ada di Semarang, berikut ini daftarnya.

1. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park
Sumber: Kompas

Saloka Theme Park adalah tempat rekreasi terbesar di Jawa Tengah. Di sini kamu dan keluarga atau teman bisa seru-seruan.

Konsep taman rekreasi ini unik, dengan mengusung konsep kearifan lokal legenda rakyat Baru Klinthing. Ada 25 wahana yang terbagi dalam lima zona. Meliputi pesisir, belalantara, kamayayi, araya, dan segara prada.

Jika kamu tertarik mengunjungi Saloka Theme Park, lokasinya ada di Jalan Fatmawati Nomor 154, Tuntang, Semarang.

2. Dusun Semilir Eco Park

Tempat wisata satu ini terbilang unik karena bangunannya menyerupai stupa Candi Borobudur. Mengusung konsep eco park, tentu tempat wisata di Semarang terbaru ini cocok untuk liburan bersama keluarga.

Di Dusun Semilir banyak sekali spot foto Instagrammable, maka kamu jangan heran bila ada banyak orang yang sengaja datang ke sini untuk foto-foto.

Selain itu, ada juga restoran dengan view yang indah dan berbagai wahana seperti seluncur warna-warni yang menjadi salah satu ikon.

Tempat wisata Dusun Semilir terletak di Jl. Soekarno-Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Nemplak. Untuk tiket masuk sendiri sebesar Rp20.000 untuk weekday dan Rp25.000 untuk weekend.

3. Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo
Sumber: Kompas

Di Ayanaz Gedongsongo kamu bisa menemukan banyak spot foto Instagrammable. Kamu bisa berfoto di balon udara, bubble tent, hammock, kursi ayunan, dan banyak lagi.

Untuk setiap spot foto, kamu akan dikenakan biaya di luar tiket masuk, mulai dari Rp5.000 hingga Rp40.000. Harga tiket masuk tempat ini sendiri adalah Rp20.000.

Jika kamu tertarik mengunjungi Ayanaz Gedongsongo, alamatnya ada di Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kecamatan Bandungan.

4. River Walk Boja

Tempat wisata di Semarang satu ini menawarkan spot foto keren dan resort lengkap dengan berbagai pilihan wahana yang menarik. Dengan konsep modern pastinya akan menjadikan libur akhir tahun kamu tidak terlupakan.

Alamat River Walk Boja ada di Jl. Veteran, Desa Ngadibolo, Kec Boja, Kabupaten Kendal.

5. Cimory on The Valley

Ini adalah salah satu tempat liburan di Semarang yang ramah anak. Objek wisata Cimory on The Valley menyajikan banyak wisata edukatif bertema alam. Jadi kamu bisa liburan sambil mengajarkan tentang alam dan hewan kepada anak-anak.

Wahana edukasi Cimory on The Valley meliputi menunggang kuda, memberi makan ternak, sampai memerah susu sapi. Selain itu ada juga berbagai spot foto cantik, yaitu ikon bangunan dari sejumlah negara.

Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits Selain Malioboro

6. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia
Sumber: Kompas

Jika kamu ingin menghabiskan liburan dengan menikmati pemandangan indah dengan udara yang sejuk, Taman Bunga Celosia adalah jawabannya. Objek wisata ini terletak di lereng kaki Gunung Ungaran, di Bandungan sehingga hawanya terasa sejuk.

Di sini kamu akan melihat ratusan bunga hias berwarna-warni yang menyegarkan mata. Selain itu ada pula wahana permainan dan cafe bertemakan garden.

7. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran
Sumber: Kompas

Tempat wisata di Semarang terbaru Kampoeng Kopi Banaran cocok sekali untuk kamu pecinta kopi. Di sini kamu berkesempatan menjelajahi kebun kopi sambil menikmati panorama alam. Kamu juga dapat menikmati kegiatan outdoor, makan di restoran, dan camping.

Kampoeng Kopi Banaran sendiri dikelilingi panorama beberapa gunung. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan langsung ke Rawa Pening.

Lokasi Kampoeng Kopi Banaran berada di pinggir Jalan Raya Semarang-Solo Km 35. 

8. Kampung Horor Sunrise Hill

Kalau kamu seorang pemberani, coba buktikan dengan mengunjungi kampung ini!

Tempat wisata di Semarang terbaru berikut menawarkan sensasi liburan sambil bertemu hantu lokal sampai internasional, seperti kuntilanak, pocong, hingga zombie. Dijamin pengalaman liburan akhir tahun kamu akan sangat berbeda!

9. Lawang Sewu

Belum ke Semarang namanya jika belum berkunjung ke Lawang Sewu. Bangunan ini dipercaya punya 1000 pintu, tapi konon katanya jumlah seluruh pintu di sana tidak sampai seribu, lho. Kamu bisa buktikan sendiri saat wisata ke sana.

Lawang Sewu terletak di Jalan Pemuda, tidak jauh dari Simpang Lima Semarang. Harga tiket masuk Lawang Sewu adalah Rp10.000 sampai Rp30.000.

10. Klenteng Sam Poo Kong

Tahukah kamu, Klenteng Sam Poo Kong adalah klenteng tertua di Semarang. Klenteng ini dikenal sebagai tempat pendaratan dan persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho yang beragama Islam.

Klenteng ini menjadi salah satu destinasi liburan di Semarang yang terkenal. Seringkali berbagai festival keren juga digelar di sini.

Alamat Klenteng Sam Poo Kong berada di Jalan Simongan No 129, Bongasari, Kecamatan Semarang Baru. Harga tiket masuknya sebesar Rp17.000 sampai Rp55.000.

Baca Juga: 30 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits dan Terfavorit

11. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang adalah sebuah area di Semarang yang terkenal dengan bangunan-bangunan peninggalan sejarah. Dulunya Kota Lama Semarang adalah pusat perdagangan pada abad 19-20.

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama Semarang alias gratis. Di sini kamu bisa bersantai di Taman Srigunting atau mengunjungi Gereja Blenduk yang merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang punya dome ikonik.

Kota Lama Semarang beralamat di Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara.

12. Pagoda Avolokitesvara

Pagoda Avalokitesvara adalah pagoda tertinggi di Indonesia dengan tinggi 45 meter. Pagoda ini sebenarnya adalah salah satu dari dua bangunan utama di Vihara Buddhagaya Watugong.

Selain terkenal karena ketinggiannya, pagoda ini menawarkan keindahan apalagi ketika malam hari. Maka tidak heran banyak wisatawan mengunjungi pagoda ini.

Tenang saja, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk, namun kamu bisa memberikan donasi seikhlasnya.

Tempat Wisata Alam di Semarang

Bagi kamu yang ingin ke Semarang untuk menikmati keindahan alamnya, beberapa tempat wisata ini wajib masuk list kamu.

1. Kebun Teh Medini

Kebun Teh Medini terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut dan di perbukitan Pegunungan Ungaran. Kebun Teh Medini menawarkan suasana alam yang cantik dan udara yang sejuk.

Kamu bisa menjadikan kebun teh yang hijau ini sebagai spot foto. Atau kamu juga bisa camping di sekitaran kebun.

2. Curug Lawe

Curug Lawe
Sumber: Kompas

Letak curug ini tidak terlalu jauh dari Kebun Teh Medini. Dari Kebun Teh Medini kamu bisa berjalan kaki sekitar 15-20 menit. Dengan cukup membayar tiket masuk Rp4.000 saja, kamu sudah bisa merasakan kesegaran air Curug Lawe dan keindahan alamnya.

3. Watu Gunung

Lokasi Watu Gunung ada di Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Di sini kamu bisa menikmati kolam pemandian dengan panorama Pegunungan Ungaran.

Kamu juga bisa menikmati suasana yang tenang, jauh dari hingar bingar. Cocok sekali untuk kamu yang sedang bosan dengan rutinitas kota.

Baca juga: 11 Ide Liburan Akhir Tahun yang Seru dan Menyenangkan

4. New Sabana Rawa Pening

Tempat wisata alam di Semarang yang sedang hits adalah New Sabana Rawa Pening. Sebenarnya, New Sabana ini adalah danau yang mengering yang kemudian ditumbuhi tanaman liar sehingga mirip sekali sabana.

Saat cuaca cerah, kamu bisa berfoto dengan background Gunung Telomoyo, Merbabu, dan Ungaran.

5. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan kerajaan Hindu pada abad ke-9.

Terletak di Bandungan, banungan candi ini tidak hanya menawarkan wisata sejarah tapi juga menawarkan pemandangan indah Gunung Ungaran. Tiket masuk Candi Gedong Songo dibanderol sebesar Rp10.000 saja.

6. Curug Klenting Kuning

Curug ini terletak di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.

Curug Kleting Kuning menawarkan keunikan karena air di sini berwarna kuning. Hal tersebut dikarenakan air mengandung belerang, sehingga menimbulkan warna kuning pada tebingnya.

7. Vanaprastha Gedong Songo Park

Vanaprastha Gedong Songo Park menawarkan pemandangan yang indah. Ini karena lokasinya yang berada di kawasan Candi Gedong Songo, Krajan.

Di sini, kamu bisa mengunjungi rumah-rumah kayu yang dibangun di hutan pinus. Untuk masuk ke Vanaprastha Gedong Songo Park kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp5.000 saja.

8. Umbul Sidomukti

Tempat wisata alam di Semarang ini berada di kaki Gunung Ungaran. Jadi saat kamu mengunjunginya kamu dapat menikmati udara segar dan panorama indah alam Semarang dari ketinggian.

Selain pemandangan, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru seperti outbond, berenang di kolam dengan air sejuk, serta bersantai di kafe. Bahkan kamu juga bisa menginap di resort yang tersedia.

Umbul Sidomukti berlokasi di Manggung, Jimbaran, Bandungan, Semarang. Harga tiket masuknya sebesar Rp15.000.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Semarang dan harga tiket masuknya. Semoga rekomendasi ini membantu kamu menentukan destinasi liburan nanti.

Kalau kamu mau nentuin arah karir kamu setelah liburan, aplikasi KitaLulus bisa bantu kamu.  Di KitaLulus kamu bisa menemukan puluhan ribu lowongan dari berbagai perusahaan terkenal.

Jangan takut terjebak di lowongan palsu atau penipuan karena seluruh lowongan di KitaLulus sudah melalui proses verifikasi sehingga lebih aman.

Melamar lowongan di KitaLulus juga mudah, kamu cukup download aplikasinya dan lengkapi profile kamu, maka kamu sudah bisa melamar lowongan di KitaLulus. Yuk, coba sekarang!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up