7 Syarat Guru Honorer Masuk Dapodik Agar Bisa Daftar PPPK

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
syarat guru honorer masuk dapodik
7 Syarat Guru Honorer Masuk Dapodik Agar Bisa Daftar PPPK

Pada rekrutmen CASN tahun 2023, pemerintah akan memprioritaskan pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK. Salah satu syaratnya adalah guru telah terdaftar di Dapodik. Dapodik adalah data pokok pendidikan, yaitu sistem yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan data pokok pendidikan di Indonesia.

Lantas apa syarat guru honorer masuk Dapodik 2023? Simak artikel berikut hingga akhir agar kamu bisa mengikuti seleksi PPPK 2023.

Syarat Guru Honorer Masuk Dapodik 2023

laman dapodik

Syarat masuk Dapodik penting dipahami oleh para guru, terutama jika ingin mendaftar P3K. Pasalnya, ini menjadi suatu tanda bahwa kamu sudah resmi dan terdaftar dalam sistem tersebut.

Adapun syarat guru honorer masuk Dapodik 2023 adalah sebagai berikut. 

1. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah

Kepala sekolah dari tempat guru honorer mengajar harus memberikan surat pengantar resmi untuk pendaftaran ke Dapodik. Surat ini berguna karena berisi rekomendasi sah dari sosok berwenang yang menyatakan bahwa guru tersebut memang resmi bagian dari suatu lembaga pendidikan.

2. Salinan Surat Keputusan (SK)

Guru honorer harus memiliki salinan SK yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang, biasanya adalah Kemendikbud atau Kantor Dinas Pendidikan.

3. Salinan KTP

Salinan KTP resmi yang berlaku juga harus dicantumkan untuk pengajuan masuk ke Dapodik.

4. Salinan KK

Selain KTP, kartu keluarga yang memuat informasi anggota keluarga juga harus dilampirkan.

5. Salinan Ijazah Terakhir

Untuk ijazah yang bisa dilampirkan adalah ijazah terakhir resmi. Sebagai informasi, untuk kamu yang ingin mendaftar PPPK guru, pastikan kamu memiliki ijazah S-1.

Baca Juga: Siapa Saja yang Bisa Ikut PPPK Guru 2023?

6. Salinan SK Pembagian Tugas

Syarat masuk Dapodik berikutnya yaitu memiliki SK Pembagian Tugas yang dikeluarkan oleh staf atau petugas administrasi di lembaga pendidikan.

7. Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Pendaftaran Dapodik untuk guru honorer juga harus menyertakan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kamu bisa langsung mendatangi dinas tersebut untuk prosedur pemerolehan surat rekomendasinya.

Berapa Lama Guru Honorer Bisa Masuk Dapodik?

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah mengenai berapa lama guru honorer bisa masuk Dapodik?

Jawabannya tergantung pada pimpinan sekolah, entah kepala sekolah atau ketua yayasan. Biasanya, di sekolah swasta terdapat aturan misalnya guru honorer harus mengabdi selama 1-2 tahun sebelum bisa masuk Dapodik. Namun pada sekolah negeri tidak ada aturan demikian.

Baca Juga: Gaji PPPK Berdasarkan Golongan dan Masa Kerjanya, Samakah dengan PNS?

Itulah syarat guru honorer masuk Dapodik 2023 yang harus diperhatikan dengan baik sehingga pengajuanmu bisa lancar. Jika sudah masuk Dapodik, berbagai manfaat bisa didapatkan oleh guru honorer, termasuk berpeluang lolos PPPK 2023 dan mendapatkan aneka tunjangan.

Sudah siap menghadapi seleksi PPPK 2023? Yuk tingkatkan kesiapanmu dengan berlatih soal-soal tryout PPPK di KitaLulus! Ada ribuan soal dilengkapi dengan pembahasan untuk menambah pemahamanmu. Daftar sekarang juga, ya!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top