Apa Itu Cyber Security? Ini Pengertian, Tugas, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
Cyber security adalah
Apa Itu Cyber Security? Ini Pengertian, Tugas, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Cyber security adalah– Banyaknya tindakan cyber crime membuat perusahaan dengan aset penting dalam sistem dan database-nya membutuhkan perlindungan ekstra. Cyber security adalah upaya yang yang banyak dicari untuk melindungi keamanan sistem dari tindakan cyber crime tersebut.

Namun, sebenarnya apa sih cyber security itu? Apakah profesi ini memiliki masa depan terutama di Indonesia? Bagaimana proyeksi karirnya di masa depan? Dan apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang cyber security?

Buat kamu yang berminat menempuh jenjang karir di bidang cyber security, simak artikel ini sampai habis ya!

BACA JUGA: Gimana Caranya Kerja di OJK? Simak Info Karir, Syarat, Lowongan, dan Gajinya

Pengertian Cyber Security

Pengertian cyber security

Cyber security adalah upaya melindungi sistem teknologi suatu perusahaan agar aman dari cyber crime. Serangan siber ini memang harus ditanggulangi karena kerugian yang diakibatkan begitu besar.

Dikutip dari Kompas, kerugian yang dialami Indonesia akibat cyber crime yang menyerang perbankan sejak 2020 hingga 2021 mencapai lebih dari Rp246 milyar. Sebuah kerugian yang besar karena pembobolan sistem dan database jaringan perbankan.

Inilah mengapa profesi cyber security banyak dicari belakangan ini. Dengan adanya cyber seuciry, sistem cloud perusahaan akan terjaga dan keamanan akan meningkat sehingga tidak ada penyusup.

Bagaimana Konsep Cyber Security Sebenarnya?

Cyber security konsep dasar

Sebelum memutuskan terjun ke dunia siber, kamu perlu memahami dulu bagaimana konsep cyber security bekerja. 

1. Confidential 

Seorang cyber security akan mulai menerapkan keamanan tingkat selanjutnya dalam sebuah database. Hal ini untuk menjaga kerahasiaan suatu data sehingga tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Biasanya, cyber security akan membatasi akses dengan hanya mengizinkan divisi tertentu yang bisa membukanya. Divisi tersebut pun harus melalui beberapa tahap untuk membuka database, seperti harus memasukkan password hingga memasukan kode tertentu yang dikirim ke email atau perangkat tertentu.

2. Integrity

Jika di sebuah perusahaan perbankan, seorang nasabah harus memasukan tanda tangannya sesuai dengan kartu identitas. Hal tersebut dilakukan supaya nasabah memiliki kepercayaan kepada perusahaan bahwa ketika akan menarik dana harus melalui autentifikasi tersebut.

Itulah yang kemudian dikembangkan dan diawasi oleh cyber security untuk memastikan kepercayaan tersebut tetap terlaksana sehingga tidak ada data yang bocor.

BACA JUGA: Apa Itu Action Plan? Ini Manfaat, Cara Membuat, dan Contoh Templatenya

3. Availability

Ketersediaan sistem harus selalu dijaga oleh seorang cyber security. Dengan demikian, pengguna memiliki kepercayaan penuh kepada perusahaan.

Tanggung Jawab dan Tugas Cyber Security

Selain memahami bahasa pemrograman dan arsitektur sistem, orang yang bekerja di bidang cyber security juga memiliki tanggung jawab dan tugas sebagai berikut:

  • Melindungi perangkat lunak hingga sistem database untuk kemudian dilakukan pengujian dan analisis kebocoran sistem mungkin terjadi.
  • Mengembangkan sistem keamanan sistem dan memeliharanya agar tidak bisa ditembus oleh penyusup.
  • Mengawasi sistem keamanan sistem komputer dengan sebelumnya menyiapkan konsep desain untuk dikembangkan menjadi arsitektur keamanan perusahaan.
  • Bertanggung jawab memperbaiki kebocoran sistem ketika terjadi serangan dari penyusup.
  • Mengecek hal-hal yang dicurigai menjadi kelemahan sistem database untuk kemudian diperbaiki keamanannya.
  • Mengecek dan selalu menguji keefektifan keamanan sistem perusahaan dan akan memberikan analisis dan bukti jika sistem memiliki kelemahan keamanan.

BACA JUGA: 10 Prospek Kerja Teknik Industri Paling Menjanjikan & Kisaran Gaji

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Cyber Security

Untuk menjadi seorang cyber security, kamu harus memahami bahasa kode pemrograman, terutama bahasa program yang langsung mengarah ke sistem database perusahaan.

Selain itu, cyber security juga harus paham data structure, uji coba jaringan penetration, cyber forensic, cyber law, interaksi manusia dan komputer, metode program desain, artificial intelligence, hingga program keamanan.

Lebih lengkapnya, lima kemampuan yang wajib dimiliki cyber security adalah sebagai berikut.

  • Kemampuan komunikasi untuk berkolaborasi dengan tim lain
  • Kemampuan melakukan analisis pada sistem jaringan
  • Keterampilan menguasai bahasa pemrograman komputer
  • Kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris
  • Memahami sistem jaringan

Jenjang Karir Cyber Security

Proyeksi karir cyber security termasuk menjanjikan. Banyak perusahaan besar yang membuka lowongan kerja untuk posisi ini karena membutuhkan perlindungan pada sistem jaringan dan database.

Dalam cyber security, ada 6 spesialisasi karir yang bisa kamu tempuh, diantaranya:

  • Security Engineer, akan bertugas membangun dan memelihara sistem keamanan pada database perusahaan.
  • Security Architect, memiliki tugas untuk mengawasi sistem keamanan yang sudah dibangun security engineer.
  • Security Analyst, posisi ini memiliki tanggung jawab untuk mendeteksi lalu mencegah ancaman dari cyber crime.
  • Developer Software Security, bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak keamanan yang tersambung ke sistem.
  • Auditor Security, bertugas untuk memeriksa sistem keamanan yang sedang dibangun dan mengeceknya apakah sudah cukup kuat atau belum.
  • Chief Information Security Officer, bertanggung jawab sebagai kepala tim cyber security yang akan mengatur sistem keamanan sistem informasi dari seluruh anggota tim.

BACA JUGA: Panduan Foto Lamaran Kerja Profesional: Ukuran, Kriteria, Tips, & Hal yang Perlu Dihindari

Rata-Rata Gaji Cyber Security

Untuk menjadi cyber security, kualifikasi yang ditetapkan adalah S1 jurusan Teknik Informatika atau jurusan lain yang selaras. Dengan jenjang karir yang menjanjikan, gaji yang diperoleh cyber security juga termasuk tinggi loh untuk juniornya.

Di Indonesia, rentang gaji cyber security adalah Rp5.000.000 – Rp10.000.000. Namun, rentang gaji tersebut disesuaikan dengan kondisi perusahaan, bisa lebih tinggi lagi.

Selain di perusahaan swasta, kamu juga bisa mendaftar posisi cyber security di lembaga resmi pemerintah seperti kepolisian, militer, hingga kementerian. 

Jika tidak ingin bekerja secara full time, kamu juga bisa menjadi cyber security freelance, lho! Ada dua jalur yang bisa kamu pilih, yaitu bug hunter atau system security. Bayaran untuk bug hunter biasanya per bug atau kelemahan sistem yang berhasil ditemukan. Sementara itu, system security biasanya digaji per jam atau sesuai kesepakatan project.

BACA JUGA: Back End Developer: Pengertian, Tugas, Gaji, dan Bedanya dengan Front End

Lowongan Kerja Cyber Security

Skill yang harus dikuasai cyber security

Wah, ternyata cyber security adalah pekerjaan yang menjanjikan ya. Selain memiliki proyeksi karir yang bagus, seorang cyber security juga sangat berguna bagi suatu perusahaan untuk membantu menjaga keamanan database perusahaan dan pengguna.

Saat ini, ada beberapa lowongan sebagai cyber security yang bisa kamu lamar. Kamu bisa menyimaknya di penjelasan berikut.

1. Cyber Security Intern, KitaLulus Ventura Out

Lowongan magang menjadi cyber security ini terbuka untuk umum dan bisa dikerjakan secara remote. Lowongan ini dibuka oleh KitaLulus dengan basis kantor di Singapura. Gaji per bulannya adalah Rp2.000.000 – Rp3.000.000.

Berikut adalah syaratnya:

  • Lulusan S1 semua jurusan
  • Fresh graduate welcome to apply
  • Menguasai HTML, UI/UX
  • Lancar berbahasa Inggris

2. Cyber Security Specialist, Niagahoster

Lowongan kerja ini bertempat di Yogyakarta. Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang keamanan TI
  2. Pengalaman dengan pengujian keamanan aplikasi web, pemantauan keamanan, dan deteksi intrusi
  3. Familiar dengan proses dan kerangka kerja keamanan seperti OWASP, NIST, SANS
  4. Pengalaman dengan alat pengujian penetrasi seperti Kali Linux, OWASP Zap, Burp Suite, Arachni, dan alat lainnya.
  5. Pemahaman yang baik tentang serangan seperti injeksi (misalnya parameter form/SQL) dan pengujian keamanan Endpoint
  6. Memiliki pengetahuan tentang tren industri terbaru dan praktik terbaik dalam keamanan informasi
  7. Mahir berbahasa Inggris.

3. IT Security, PT Digital Wakaf Ventura

Perusahaan ini berlokasi di Jawa Barat. Posisi ini dibuka untuk umum dengan pengalaman. Memiliki gaji Rp5.000.000 – Rp7.000.000. Tertarik? Berikut kualifikasinya:

  1. Berpengalaman dalam software security development
  2. Mampu mengoperasikan Bash, PHP, Perl, Ruby, Java, Python
  3. Berkemampuan untuk membuat dan melakukan pengawasan software modul dan fitur-fitur security
  4. Berpengalaman dalam mengimplementasikan software yang aman pada cybersecurity framework.

Bagaimana? Tertarik dengan karir ini? Jika tertarik, kamu bisa untuk mencari lebih banyak lowongan kerja sebagai cyber security melalui aplikasi KitaLulus. Kamu bisa mengunduh aplikasinya melalui playstore dan lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google kamu.

Dengan KitaLulus, kamu tidak perlu ribet dan melamar kerja menjadi #LebihMudah. Yuk, tunggu apalagi? Instal KitaLulus di ponsel kamu sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top