Bikin Kaget, Segini Gaji Pekerja Tambang di Indonesia

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
gaji pekerja tambang
Bikin Kaget, Segini Gaji Pekerja Tambang di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika bekerja di sektor pertambangan akan mendapatkan gaji yang sangat menggiurkan. Salah satu sebabnya adalah karena kebutuhan tambang di dunia begitu tinggi. Lantas, berapa gaji pekerja tambang di Indonesia?

KitaLulus sudah merangkum informasinya secara lengkap di bawah ini. Simak, yuk!

Macam-macam Posisi di Sektor Pertambangan

Sebelum membahas tentang berapa rata-rata gaji pekerja tambang di Indonesia, yuk pelajari dulu ada posisi apa saja di sektor pertambangan.

1. Insinyur Pertambangan

Untuk menempati posisi ini, kamu harus lulus dari Jurusan Teknik. Tugas dari insinyur pertambangan adalah melakukan pengembangan tentang pembangunan hingga memperlancar akses dari aktivitas pertambangan yang ada.

2. Teknisi atau Operator

Posisi ini biasanya paling banyak dicari. Seorang Teknisi atau Operator harus mampu melakukan pengoperasian alat-alat tambang dengan baik dan memahami industri ini secara detail.

3. Ahli Keuangan

Ahli keuangan akan dibutuhkan di sektor industri apa pun, termasuk pertambangan. Sebab, perusahaan membutuhkan, menghasilkan, dan mempertanggungjawabkan keuangan yang mereka hasilkan.

4. Ahli Lingkungan

Ahli Lingkungan akan bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap akibat dari aktivitas tambang yang dilakukan perusahaan. Bagaimanapun, perusahaan tetap harus menjaga lingkungan sebagai pertanggungjawaban dari pengambilan berbagai mineral bumi yang ada.

Bagian ini sangat penting karena nantinya akan berkaitan dengan izin aktivitas perusahaan dari pemerintah di berbagai tingkat.

5. Ahli Pemasaran

Perusahaan di bidang pertambangan tentu saja menghasilkan produk tambang yang harus dijual. Bedanya, target klien dan customer mereka langsung ke ranah global dan bukan perseorangan sehingga biasanya berupa B2B.

Maka dari itu, seseorang yang bekerja di bagian pemasaran di industri tambang harus memiliki kualifikasi di atas rata-rata dan paham bagaimana dunia pertambangan berjalan.

6. Spesialis Sistem Informasi

Sebagaimana perusahaan di bidang industri lain, perusahaan pertambangan juga memiliki divisi untuk mengumpulkan informasi untuk optimasi dan efisiensi pekerjaan di dalamnya.

Mampu menganalisis data dengan baik, mengoperasikan komputer, hingga melakukan analisis industri terkait kompetitor akan menjadi tugas utama di bidang kerja ini. 

7. Pekerja Terampil

Pekerja terampil adalah sebutan untuk pekerja tambang di bidang mekanik elektronik, mekanik berat, dan pengelasan. Biasanya ia merupakan lulusan dari jurusan teknik.

8. Ahli Geologi

Posisi ini biasanya ada di pertambangan batu bara dengan tanggung jawab untuk melakukan pencarian dan evaluasi tambang batu bara. Maka dari itu, salah satu kualifikasi khususnya adalah mampu melakukan pengoperasian berbagai alat canggih terkait dengan bidang geofisika.

Baca Juga: Usaha Ekstraktif: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya

Daftar Gaji Pekerja Tambang di Indonesia

Dilansir dari Indonesia Salary Guide 2023, pendapatan pekerja di sektor pertambangan bisa mencapai ratusan juta per bulan. Adapun gaji terendahnya ada di posisi Supervisor Mining Operations dengan besaran Rp20 juta per bulan.

Berikut rincian estimasi gaji pekerja tambang di Indonesia dari posisi supervisor hingga direktur.

  1. Supervisor Mining Operations/Geology/Engineering/Maintenance (Rp20 juta/bulan)
  2. Superintendent Mining Operations/Geology/Engineering/Maintenance (Rp25 juta/bulan)
  3. Superintendent Processing Plant (Rp25 juta/bulan)
  4. Manager Maintenance/Engineering (Rp45 juta/bulan)
  5. Senior Geologist (Rp50 juta/bulan)
  6. Manager Mining Operations (Rp50 juta/bulan)
  7. Senior Manager Metallurgist (Rp55 juta/bulan)
  8. Manager Processing Plant (Rp65 juta/bulan)
  9. General Manager Processing Plant (Rp90 juta/bulan)
  10. General Manager Mining Operations (Rp90 juta/bulan)
  11. Director Mining Operations (Rp230 juta/bulan)

Dalam laporan Indonesia Salary Guide 2023 juga dijelaskan bahwa perusahaan tambang yang paling aktif merekrut karyawan di Indonesia ialah perusahaan di sektor batu bara, nikel, dan pabrik pengolahan.

Sementara keahlian yang paling banyak dicari adalah manajemen operasi tambang batu bara, manajemen operasi tambang nikel, dan pengolahan mineral.

Baca Juga: 20+ Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia, Menggiurkan!

Daftar Perusahaan Pertambangan di Indonesia

Perusahaan Pertambangan di Indonesia

Berikut merupakan beberapa perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia.

  1. Pertamina (Persero)
  2. PT Chevron Pacific Indonesia
  3. PT ExxonMobil Indonesia
  4. Kaltim Prima Coal
  5. Freeport Indonesia
  6. Agincourt Resource
  7. Vale Indonesia
  8. Adaro Indonesia
  9. PT Berau Coal
  10. Kideco Jaya Agung
  11. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)
  12. Bukit Asam Tbk (PTBA)
  13. Aneka Tambang Tbk.
  14. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT)
  15. Arutmin Indonesia
  16. J Resources Asia Pasifik Tbk.
  17. PT Timah

Syarat Menjadi Pekerja Tambang

Untuk bisa bekerja di industri pertambangan, beberapa kualifikasi khusus memang harus kamu penuhi, salah satunya berasal dari jurusan teknik. 

Akan tetapi, untuk beberapa posisi non-teknisi, jurusan selain teknik juga dapat melamar, bahkan beberapa loker ada yang mensyaratkan pendidikan minimal SMA/SMK. Namun, tentu saja hal ini akan berdampak pada jenjang karir dan nominal gaji yang tidak sebesar pekerja tambang dengan posisi teknisi.

Nah, sebagai informasi lebih lengkapnya, berikut beberapa kualifikasi umum yang wajib dipenuhi untuk melamar jadi pekerja tambang.

  1. Pendidikan minimal S-1 Jurusan Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Geomatika, Teknik Geologi, Teknik Geofisika, atau Rekayasa Minyak dan Gas
  2. Mampu mengoperasikan komputer
  3. Mampu berbahasa Inggris dengan lancar
  4. Mudah beradaptasi
  5. Mampu berkomunikasi dengan baik
  6. Mampu bekerja secara individual maupun tim
  7. Memiliki kemampuan problem solving
  8. Memiliki time management yang baik
  9. Strong analytical thinking
  10. Logical thinking

Baca Juga: 10 Prospek Kerja Teknik Industri Paling Menjanjikan & Kisaran Gaji

Itulah informasi mengenai rata-rata gaji pekerja tambang di Indonesia sebagai bahan pertimbangan memilih karier.

Nah, jika sekarang kamu sedang mencari pekerjaan, kamu bisa menginstal aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus merupakan platform pencarian kerja terbaik dan teraman. Seluruh loker yang ada di KitaLulus sudah pasti terpercaya sehingga kamu tidak perlu khawatir akan adanya loker penipuan.

Selain itu, aplikasi KitaLulus juga memiliki berbagai fitur yang mendukung kelancaran karir kamu, seperti fitur Komunitas hingga fitur Belajar. Tunggu apalagi? Segera install KitaLulus di smartphone kamu dan lamar pekerjaan impianmu secara mudah dan aman!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top