Manfaat Analytical Skill di Dunia Kerja, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Analytical skill adalah– Analytical skill adalah soft skill yang selalu dicantumkan di syarat dan ketentuan dalam sebuah lowongan kerja. Kemampuan ini memang dibutuhkan untuk mencapai target kerja, baik harian, mingguan, maupun bulanan.

Namun, sebenarnya apa itu analytical skill? Apa saja contoh analytical skill di dunia kerja, dan bagaimana cara meningkatkannya?

Nah, di sini, KitaLulus akan menjelaskan apa itu analytical skill secara lengkap, mulai dari pengertian, manfaat, dan cara meningkatkan kemampuan tersebut. Jika kamu sedang mencari tips dan trik untuk menguasai analytical skill, artikel ini akan membantu kamu.

Yuk, langsung simak hingga akhir!

BACA JUGA: Mau Sukses di Usia Muda? Terapkan Growth Mindset Yuk! Ini 7 Caranya

Apa Itu Analytical Skill?

Apa itu analytical skill

Analytical skill adalah kemampuan untuk menganalisis suatu hal dengan mengumpulkan berbagai informasi guna memecahkan suatu masalah. Biasanya, untuk menerapkan kemampuan analisis yang baik, kamu harus bisa membedah suatu masalah yang akan dianalisis.

Pembedahan masalah itu bisa kamu cari tahu dari penyebab masalah itu muncul, faktor-faktor pendukung penyelesaiannya, hingga komunikasi dengan tim lain yang berkaitan.

Seseorang bisa dikatakan memiliki analytical skill jika memiliki beberapa ciri berikut:

  • Berprikir kritis, dapat melihat celah yang tidak dilihat orang lain
  • Berpendapat berdasarkan hasil analisa/data
  • Mampu mengambil keputusan sulit dengan mempertimbangkan peluang dan risikonya
  • Mampu mengajukan solusi untuk masalah kompleks

Manfaat Analytical Skill di Dunia Kerja

Manfaat analytical skill di dunia kerja

Memiliki analytical skill sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya itu, analytical skill juga memiliki banyak manfaat lain, seperti berikut ini.

  • Cara berpikir lebih komprehensif sehingga penyelesaian masalah bisa lebih mudah.
  • Mampu berpikir kreatif sehingga bisa mengikuti perkembangan tren yang ada.
  • Bisa lebih terorganisasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Dapat berkomunikasi secara baik dengan divisi lain sehingga bisa saling membantu dan berkoordinasi.
  • Mampu memberikan kontribusi lebih terhadap kemajuan tim.

BACA JUGA: Apa Itu Work From Anywhere? Ini Syarat dan Manfaatnya yang Harus Kamu Tahu

7 Contoh Analytical Skill yang Harus Dikuasai

Contoh analytical skill yang harus dikuasai

Setelah tahu ciri-ciri orang dengan analytical skill dan manfaatnya di dunia kerja, kali ini kita akan membahas beberapa contoh analytical skill yang sangat berguna saat ini, diantaranya:

1. Kemampuan Riset

Data akan selalu dibutuhkan dalam sebuah perusahaan, baik data eksternal untuk menunjang pertumbuhan perusahaan maupun data internal yang sudah dihimpun dalam database. Data ini tentu saja tidak bisa datang dengan sendirinya. Kamu harus melakukan riset untuk mendapatkan data yang diinginkan perusahaan.

Kemampuan untuk melakukan riset ini sangat penting dan harus dikuasai dengan baik. Sebab, riset yang harus dilakukan pada umumnya harus deep research agar hasil yang diperoleh adalah data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

2. Analisis Data

Contoh analytical skill yang harus dikuasai berikutnya adalah kemampuan analisa data. Ketika kamu sudah berhasil menghimpun data melalui riset, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menganalisis data tersebut.

Analisis data bisa untuk beberapa tujuan: menyelesaikan masalah, membuat konten, hingga diberikan ke divisi lain yang membutuhkan.

3. Berpikir Kreatif

Tidak ada ide yang original di masa sekarang. Metode “Amati, Tiru, Modifikasi” adalah solusi terbaik ketika kamu akan membuat sesuatu yang baru. Pada tahap “modifikasi” kamu tentu saja membutuhkan proses berpikir kreatif agar ide tersebut memiliki keunikan tersendiri dibanding kompetitor.

Berpikir kreatif adalah salah satu contoh analytical skill yang sangat dibutuhkan pada era kemajuan teknologi seperti sekarang. Selain untuk bisa membuat sesuatu yang berbeda, kamu juga bisa membuat branding diri dan perusahaan dikenal jika apa yang kamu buat menarik dan kreatif.

4. Berpikir Kritis

Jika dalam proses mengerjakan suatu pekerjaan di kantor lalu kamu menemukan suatu hal yang menghambat, apa yang akan kamu lakukan? Jika kamu hanya menerimanya lalu meningkatkan pekerjaan itu begitu saja, berarti kamu belum memiliki kemampuan analisis yang baik.

Permasalahan yang muncul dalam pekerjaan harus kamu analisis penyebabnya. Cari issue yang menjadi akar masalah. Berpikir kritis sangat berguna di situasi tersebut.

Kemampuan berpikir kritis tidak hanya dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Dalam kehidupan personal pun, kamu memerlukan kemampuan ini. Sebab, kemudahan mengakses informasi harus dibarengi dengan sifat kritis untuk memastikan hal yang kamu terima memiliki bukti konkret atau tidak.

5. Komunikasi

Selain dengan menghimpun data untuk dianalisis sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah, kemampuan berkomunikasi adalah contoh analytical skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Terlebih jika kamu bekerja di tim dengan anggota banyak.

6. Forecasting atau Memprediksi Masa Depan

Contoh analytical skill berikutnya yang harus kamu kuasai adalah forecasting. Eits, tunggu dulu, forecasting di sini maksudnya bukan meramal asal-asalan, lho!

Untuk membuat forecasting tepat dan akurat, kamu perlu menjadi orang yang peka dengan perkembangan saat ini. Selain itu, kamu juga perlu pengetahuan luas, in-depth, dan dapat dipertanggungjawabkan akurasinya berdasarkan data.

7. Diskusi Efektif atau Brainstorming

Meski terdengar sepele, kemampuan diskusi efektif adalah salah satu contoh analytical skill yang sangat berguna buat karier. Selama ini, banyak orang mengira semakin lama diskusinya, semakin banyak output dihasilkan. Padahal, tidak selamanya demikian.

Agar diskusi berjalan efektif, kamu dan tim bisa menerapkan brainstorming. Pertama, berangkatlah dari satu masalah spesifik, setelah itu minta tim lain mengeluarkan opininya untuk memecahkan masalah tersebut. Kemudian, buat action plan agar solusi bisa dieksekusi segera,

BACA JUGA: 3 Contoh Motivation Letter dan Tips Menulisnya untuk Memikat HR

Cara Meningkatkan Analytical Skill

Cara meningkatkan analytical skill di dunia kerja

Analytical skill memang sangat kompleks karena merupakan gabungan dari beberapa kemampuan berpikir. Kompleksnya analytical skill ini membuat seseorang tidak bisa langsung menguasainya. Namun, kamu bisa kok mempelajarinya untuk bisa meningkatkan kemampuan analisis dengan baik.

Berikut adalah 6 cara meningkatkan analytical skill yang bisa kamu lakukan.

1. Menjadi Pengamat

Biasakan diri untuk mengamati hal-hal sederhana. Dengan mengamati, biasanya akan timbul pertanyaan. Untuk mendapat jawaban tersebut kamu akan membutuhkan analisis sederhana hingga mendapat.

2. Jangan Takut Bertanya

Ketika berada di suatu diskusi dan seorang teman sedang menyampaikan pendapatnya lalu kamu tidak memahaminya, biasanya untuk bertanya. Rasa penasaran akan suatu hal akan membawa kamu dalam proses belajar yang baik.

3. Banyak Membaca

Dengan banyak membaca, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang banyak pula. Jika demikian, kamu akan dengan mudah menentukan apa yang harus dilakukan ketika berhadapan pada suatu masalah. Kamu bisa mudah merujuk sumber solusi untuk memecahkan masalah yang ada.

4. Mengikuti Seminar

Ketika kamu ingin mendalami sesuatu, belajarlah dari orang yang ahli. Mengikuti suatu seminar di bidang yang kamu gemari tentu saja bisa menjadi jawabannya. Biasanya, seminar juga akan mengadakan sesi tanya-jawab. Manfaatkan sesi tersebut dengan mengajukan pertanyaan mendalam terkait hal yang pernah kamu alami.

Kamu juga bisa memanfaatkan sesi tersebut untuk mendengar pertanyaan dari peserta lain lalu mempelajari jawaban yang diberikan oleh pemateri.

5. Belajar Hal-Hal Baru

Jangan hanya terkurung pada satu hal yang membuat kamu nyaman. Pelajari banyak hal di luar bidang yang kamu geluti. Dengan demikian, kamu akan bisa mengamati dan memahami permasalahan di bidang lain.

6. Mind Mapping

Biasakan untuk melakukan pemetaan berpikir akan sesuatu yang sedang dikerjakan. Pemetaan ini akan membantu kamu melakukan analisis masalah yang sedang dihadapi. Mind mapping juga akan membantu fokus serta prioritasmu dengan baik.

BACA JUGA: Simple Tapi Bagus, Ini 7 Contoh Mind Mapping dan Cara Membuatnya

Itulah berbagai informasi mengenai analytical skill. Jika kamu ingin terus meningkatkan jenjang karier, analytical skill adalah hal yang wajib kamu kuasai ya.

Analytical skill juga bisa kamu gunakan ketika sedang proses rekrutmen loh, terutama untuk masuk ke perusahaan yang memiliki seleksi tes kemampuan dasar hingga psikotes. Di proses tersebut, kemampuan untuk menganalisis masalah dan mencari solusinya sangat dibutuhkan.

Untuk belajar soal-soal psikotes, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus dengan menginstalnya di Playstore. Ribuan contoh soal psikotes untuk kamu jadikan latihan sehingga terbiasa memecahkan masalah yang serupa.

Di aplikasi KitaLulus juga kamu bisa melamar kerja ke posisi-posisi yang kamu inginkan. Kamu bisa mencari pekerjaan berdasarkan nama posisi, nama perusahaan, hingga kota yang kamu ingin tuju.

Dengan KitaLulus, kamu akan mendapatkan pengalaman mencari kerja #LebihMudah dan menyenangkan. Bahkan, mendapatkan ilmu baru dengan memanfaatkan fasilitas psikotesnya! Jadi yuk instal KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!