KOL Specialist: Pengertian, Tugas, Skill, Hingga Gajinya

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
kol specialist adalah
KOL Specialist: Pengertian, Tugas, Skill, Hingga Gajinya

KOL specialist adalah posisi yang saat ini banyak dicari perusahaan. Hal tersebut karena kebanyakan bisnis mulai beralih ke media digital untuk menjangkau para targetnya. Namun, menjadi KOL specialist bukanlah hal yang mudah. Diperlukan skill dan pengetahuan cukup agar mampu menjalankan kampanye yang kreatif.

Lantas KOL specialist kerjanya apa? Apa itu KOL sebenarnya? Pelajari secara lengkap tentang tugas KOL specialist hingga besaran gajinya dalam artikel berikut.

Apa Itu KOL Specialist?

Apa Itu KOL Specialist

Apakah kamu pernah tergerak membeli produk atau menggunakan suatu jasa karena melihat idola kamu menggunakannya? Atau saat kamu ragu membeli produk, lalu kamu menjadi yakin setelah melihat ulasan seorang influencer? Jika iya, kamu adalah salah satu dari 74% konsumen yang tergerak untuk membeli sesuatu karena peran KOL.

Sederhananya, KOL atau key opinion leader adalah influencer atau “penyebar”. Kunci dari seorang KOL adalah pintar untuk melakukan ulasan dengan kalimat-kalimat persuasif sehingga banyak orang ingin mencoba produk yang diulas.

Nah, biasanya seseorang yang menjadi KOL adalah orang terkemuka, baik itu penyanyi, artis, hingga selebritas yang besar melalui media sosial, atau yang biasa disebut dengan seleb TikTok, selebgram, selebtwit, dan lainnya.

Untuk mengajak KOL kerja sama dengan suatu brand tidaklah mudah, terlebih jika KOL tersebut telah memiliki basis komunitas, mulai dari pengikut hingga penggemar yang besar. Inilah mengapa dibutuhkan KOL specialist.

KOL specialist adalah seseorang yang nantinya menjalankan berbagai kegiatan bersama para KOL untuk menyukseskan campaign atau promosi suatu produk, brand, atau bahkan acara.

KOL specialist sangat penting terutama jika perusahaan tersebut memang sering bekerja sama dengan KOL sebagai penunjang keberhasilan launching produk hingga peningkatan sales.

Baca Juga: Mau Melamar Sebagai Social Media Specialist? Pahami Dulu Seluk Beluknya!

Tugas KOL Specialist

Tugas KOL Specialist

KOL specialist tidak hanya bertugas menghubungi KOL. Simak KOL specialist job description berikut untuk memahaminya lebih lanjut.

1. Riset KOL

Ada berbagai jenis KOL, mulai dari KOL nano, mikro, makro, dan lainnya. Jenis-jenis tersebut dibedakan berdasarkan seberapa besar komunitas dan pengikut yang mereka miliki di media sosial dan bagaimana pengaruh yang mereka miliki.

Setiap KOL tentu saja tidak langsung cocok untuk digunakan dalam sistem promosi suatu produk. Harus disesuaikan dengan daerah, tujuan campaign, jenis produk, hingga target pasar.

Nah, inilah tugas KOL specialist yang harus diperhatikan dengan baik, yaitu melakukan riset terhadap KOL. Mengetahui apakah KOL tersebut memang sudah sesuai atau belum untuk diajak kerja sama.

KOL specialist juga harus mengetahui bagaimana attitude KOL di media sosial karena perusahaan juga membutuhkan citra baik supaya tidak dirugikan.

2. Identifikasi KOL dan Kecocokannya dengan Company

KOL harus memiliki kecocokan dengan visi dan misi perusahaan. Misal, suatu perusahaan yang mengutamakan sustainability tentu saja tidak bisa bekerja sama dengan KOL yang tidak mementingkan alam.

Begitu pula dengan perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan harus merekrut KOL yang terbiasa menggunakan dan memiliki citra yang sesuai dengan beauty product.

3. Mengelola dan Membangun Jaringan KOL

Tugas KOL specialist selanjutnya adalah mengelola komunikasi dan membangun hubungan baik antara perusahaan, media, KOL, dan agensi pihak ketiga. Selain itu juga membangun jaringan KOL untuk berbagai kategori produk di media sosial.

4. Melaksanakan Strategi Marketing

KOL specialist adalah salah satu posisi dalam Digital Marketing. Jadi, memahami strategi marketing dengan baik harus dilakukan untuk menyukseskan pemasaran perusahaan selama mengajak kerja sama KOL.

5. Melakukan Negosiasi

KOL specialist juga bertugas melakukan negosiasi biaya untuk mencapai win win solution.

6. Memantau Kinerja KOL

Selama bekerja sama, KOL specialist harus terus melakukan pemantauan kepada KOL. Ini dilakukan tidak hanya supaya perusahaan mendapatkan result yang diinginkan, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada KOL sehingga proses kerja sama tidak hanya berdasarkan perjanjian semata. Proses komunikasi harus dilakukan dua arah dan menyenangkan.

7. Memantau Kinerja Campaign

KOL specialist juga harus memantau kinerja campaign, apakah sudah berjalan baik atau belum. Dengan begitu, saat nanti harus melakukan report project bisa langsung memahami apa saja yang harus diperbaiki dan apa saja keunggulan campaign yang sudah dilaksanakan.

Baca Juga: Brand Ambassador Adalah: Arti, Tugas, Jenis, Skill, dan Gajinya

Skill yang Harus Dimiliki KOL Specialist

Skill yang Harus Dimiliki KOL Specialist

Adapun kemampuan yang harus dimiliki apabila kamu ingin menjadi KOL specialist antara lain sebagai berikut.

  • Manajemen waktu
  • Manajemen emosi
  • Problem solving
  • Analytical thinking
  • Logical thinking
  • Komunikasi
  • Negosiator yang andal
  • Pemahaman tentang media sosial
  • Pemahaman tentang digital marketing

Peluang Karier dan Gaji KOL Specialist

Peluang karier KOL specialist sangat luas, mengingat kebutuhan akan profesi ini juga meningkat. Beberapa industri yang membutuhkan kehadiran KOL specialist antara lain fintech, edukasi, kecantikan, fashion, makanan, dan sebagainya.

Untuk gaji, KOL specialist yang non-pengalaman hingga berpengalaman 1 tahun, range yang bisa didapatkan adalah Rp3.500.000–Rp5.000.000 per bulannya. Besaran tersebut bisa lebih tinggi maupun rendah, tergantung perusahaan tempatmu bekerja.

Baca Juga: 11 Tips Jitu Membuat Marketing Campaign yang Efektif

Cara Menjadi KOL Specialist

Kamu ingin menjadi KOL specialist tapi belum memiliki pengalaman? Atau tidak paham tentang kualifikasi KOL Specialist? Tenang saja, kamu bisa belajar, kok.

Secara sederhana, cara menjadi KOL specialist tidak membutuhkan kualifikasi khusus seperti halnya menjadi seorang akuntan yang harus bersekolah di Jurusan Akuntansi hingga Ekonomi.

Jika kamu adalah fresh graduate, kamu bisa magang di divisi digital marketing dengan spesialisasi KOL atau kerja sama dengan influencer. Perusahaan yang dipilih bisa beragam, bisa agensi periklanan, event organizer, hingga perusahaan yang memproduksi skincare atau make up brand.

Yang pasti, kamu bisa belajar dahulu tentang serba-serbi KOL Specialist. Pelajari beberapa istilah tentang KOL atau kerja sama brand, seperti pitching, rate card, content traffic, dan lainnya.

Itulah hal-hal tentang apa itu KOL specialist yang bisa kamu pelajari. KOL specialist adalah profesi masa kini yang banyak dicari sehingga peluang kariernya cukup banyak.

Kamu bisa menemukan lowongan kerja KOL specialist di aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus adalah platform pencarian kerja dengan sistem teknologi canggih. Seluruh loker yang ada di dalamnya sudah pasti aman sehingga kamu tidak akan menemukan loker penipuan dari perusahaan bodong.

Instal aplikasi KitaLulus melalui PlayStore atau AppStore. Lakukan registrasi dengan mudah untuk dapat menemukan karir impianmu.

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top