Sous Chef Adalah: Pengertian, Tugas, dan Besaran Gajinya

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
sous chef adalah
Sous Chef Adalah: Pengertian, Tugas, dan Besaran Gajinya

Sous chef adalah posisi yang tidak bisa dipisahkan dari seorang head of chef. Hal ini karena sous chef akan selalu melakukan back up tugas ketika chef tidak sedang on duty di dapur.

Lalu, sebenarnya apa saja tugas sous chef? Apakah hanya melakukan tugas ketika chef tidak masuk saja? Lalu saat ada chef, apa pula tugasnya di dapur? Simak penjelasan lengkap tentang sous chef dalam artikel ini.

Apa Itu Sous Chef?

Apa Itu Sous Chef

Secara sederhana, sous chef adalah asisten chef atau juru masak kedua di dapur setelah chef. Dalam suatu restoran besar, sous chef adalah sosok yang harus ada karena dia akan membantu seorang head of chef atau executive chef dalam menjalankan tugasnya.

Sebagai informasi, sous chef juga biasanya disebut sebagai executive sous chef karena memang berada di bawah executive chef secara langsung. Jadi, executive sous chef bukanlah suatu posisi yang berada di atas sous chef, ya.

Baca juga: Bedanya Chef dan Koki, Tugas, dan Cara Memulai Kariernya

Tugas Sous Chef

Sebagai asisten kepala juru masak, sous chef adalah seseorang yang harus mengerjakan berbagai tugas penting. Bahkan, job description sous chef terbilang sama seperti chef, terlebih jika chef tidak bisa masuk, sous chef harus segera melakukan back up seluruh pekerjaannya.

Nah, berikut beberapa tugas sous chef yang harus dikuasai dan dikerjakan dengan teliti.

  1. Melakukan pemeriksaan setiap masakan apakah memang sudah sesuai SOP dan layak disajikan kepada customer atau belum.
  2. Melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap seluruh bahan masakan yang ada di dapur sehingga kondisinya tetap fresh ketika dimasak dan menghasilkan makanan yang sesuai standar dapur.
  3. Melakukan pemeriksaan daftar menu yang harus dibuat sehingga bisa langsung diteruskan kepada para chef de partie sesuai menu yang harus dibuat.
  4. Melakukan penjualan menu yang telah dibuat, termasuk menu yang mendapat komplain, untuk kemudian dilakukan pelaporan kepada Kepala Chef.
  5. Mengecek bahan masakan yang tersisa hari itu untuk dilakukan restocking sehingga commis bisa langsung melakukan preparation restocking sesuai kebutuhan untuk besoknya.
  6. Melakukan penyusunan laporan penjualan menu total hari ini.
  7. Melakukan pengawasan terhadap pemesanan menu secara teliti.
  8. Melakukan pengawasan dan mengatasi komplain menu dari customer sehingga peningkatan mutu makanan bisa selalu terawasi dan ditingkatkan.
  9. Melakukan pengecekan kehigienisan makanan yang dimasak dan disajikan.
  10. Melakukan pengecekan kebersihan peralatan masak dan piring-gelas dalam penyajian makanan-minuman.
  11. Melakukan pemeriksaan karyawan apakah telah sesuai SOP dapur atau belum.
  12. Melakukan pengawasan sekaligus penataan buffet table hingga food display.
  13. Melakukan pemeriksaan kedisiplinan para staf di dapur sehingga seluruh aturan bisa dilaksanakan dengan sistematis.
  14. Membantu dalam pengecekan inventaris dapur.

Baca Juga: Ingin Menjadi Kitchen Crew? Ini Tugas, Skill, dan Nominal Gajinya

Jenjang Karir Chef

Jenjang Karir Chef

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sous chef adalah salah satu tahapan posisi jika ingin mencapai karir sebagai juru masak. Berikut jenjang karir yang harus kamu lalui sehingga nantinya dapat menjadi chef andal dengan pengalaman luas.

  1. Head of Chef
  2. Sous Chef
  3. Chef de Partie atau chef untuk spesifik menu
  4. Supervisor Cook
  5. Junior Cook
  6. Commis atau penanggung jawab bahan makanan
  7. Cook Helper

Baca Juga: Waiter dan Waitress : Pengertian, Tanggung Jawab, dan Detail Gaji

Lowongan Kerja Sous Chef 

Ada banyak lowongan kerja sous chef, utamanya di kota-kota besar yang memang memiliki banyak industri restoran hingga hotel. Beberapa jobseeker bahkan secara khusus mencari lowongan kerja sous chef Jakarta atau Bali karena memang kedua wilayah itu memberikan jaminan karir yang sesuai harapan.

Gaji di kedua wilayah tersebut juga termasuk tinggi. Jika biasanya gaji sous chef adalah sekitar UMR suatu wilayah, di Jakarta atau Bali bisa mencapai lebih dari Rp5.000.000. Namun, tentu saja gajinya akan selalu berada di bawah head of chef atau executive chef.

Nah, bila kamu yang ingin menarget suatu wilayah untuk dijadikan tempat kerja, tidak perlu khawatir karena ada aplikasi KitaLulus yang bisa kamu gunakan. Ikuti langkah berikut untuk mengetahui cara mudah melamar kerja melalui aplikasi KitaLulus.

  1. Instal aplikasi KitaLulus di Play Store atau Apple Store.
  2. Registrasi menggunakan alamat email aktif.
  3. Isi data pribadi dengan lengkap untuk keperluan melamar kerja, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, domisili, riwayat pendidikan, hingga pengalaman kerja.
  4. Ketikkan posisi “Sous Chef” atau nama hotel atau restoran yang ingin dituju di bagian bar pencarian loker paling atas.
  5. Lakukan filter loker sesuai keinginan, seperti kualifikasi jenjang pendidikan, kota yang diinginkan, hingga rentang gaji yang kamu inginkan.
  6. Baca dengan lengkap syarat dan kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan.
  7. Klik lamar jika kamu memenuhi kualifikasi posisi yang kamu incar.
  8. Ikuti instruksi dengan baik dalam proses melamar.
  9. Dapatkan update informasi terkini pada setiap lamaran yang kamu kirim hanya melalui aplikasi.

Itulah informasi tentang apa itu sous chef yang bisa kamu pelajari. Karena sous chef adalah tahapan yang harus kamu lalui ketika ingin menjadi chef, pastikan kamu mengerjakan segala tugas dengan baik.

Jangan lupa melamar kerja untuk posisi apa pun yang kamu incar melalui aplikasi KitaLulus. Sebab hanya dengan KitaLulus, kamu memiliki jaminan keamanan untuk lowongan kerja yang tersedia. Yuk unduh sekarang juga!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top