Close Pop up

Cook Helper Adalah: Pengertian, Tugas, Syarat, Jenjang Karir

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Tahukah kamu bahwa cook helper adalah karir pembuka untuk menjadi chef? Ini dikarenakan tugas dan tanggung jawab cook helper adalah membantu juru masak utama.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi chef, kamu bisa mengawali dengan belajar bagaimana peran cook helper. Artikel ini akan membantu kamu memahami apa itu cook helper, tugas, hingga jenjang karir yang dapat dilalui. So, let’s check this out!

Apa Itu Cook Helper?

Apa Itu Cook Helper

Sederhananya pengertian cook helper adalah asisten juru masak. Cook helper adalah seseorang yang akan membantu para juru masak di dapur untuk berbagai aktivitasnya. 

Cook helper atau yang disebut juga assistant cook harus memahami bagaimana kecepatan masak para chef, peralatan apa saja yang harus disiapkan, bahan makanan apa saja yang harus diambil. Kurang lebih, assistant cook wajib paham semua hal yang dilakukan di dapur.

Meskipun pemahaman assistant cook tentang berbagai hal yang ada di dapur sangat baik, tetapi dia tidak boleh memasak suatu hidangan secara utuh. Hal tersebut dikarenakan kemampuannya belum sepadan dengan para chef untuk membuat suatu hidangan, terlebih jika berada di hotel atau restoran berkelas.

Jika pun para juru masak meminta bantuan untuk mengolah makanan, assistant cook biasanya hanya boleh mengawasi masakan agar tidak gosong, menambahkan bumbu, hingga menaruh bahan makanan yang disiapkan saat koki sibuk melakukan aktivitas lain yang tidak bisa ditinggal.

Namun, bukan tidak mungkin asisten juru masak bisa menjadi chef profesional. Mereka bisa mengikuti kelas memasak atau jika memang kultur kerja di hotel atau restoran tersebut bagus, dia bisa belajar memasak dari para koki ketika sedang memiliki waktu luang.

Tugas Cook Helper

Tugas Cook Helper

Tugas cook helper sangat kompleks. Oleh karena itu, mereka harus paham seluk beluk dapur, mulai dari stok bahan makanan, peralatan masak, hingga pengetahuannya tentang menu yang akan disiapkan para chef.

Berikut beberapa tugas cook helper yang bisa kamu pelajari lebih detail.

1. Mempersiapkan Peralatan Memasak

Cook helper adalah seorang yang wajib paham semua nama peralatan memasak dan fungsinya. Hal ini karena mereka bertugas membantu para juru masak untuk menyiapkan peralatan memasak yang dibutuhkan.

Assistant cook harus paham mana wajan datar untuk membuat pancake, mana wok pan, sutil, hingga segala jenis piring yang dibutuhkan untuk menyajikan hidangan.

2. Menyiapkan Bahan Masakan

Tugas cook helper berikutnya yaitu menyiapkan bahan makanan beserta bumbu yang akan diolah oleh koki menjadi hidangan siap saji. Hal ini termasuk mencuci bahan, mengiris, menimbang jumlah bahan yang dibutuhkan, mencincang daging, mengupas bahan, hingga membuat adonan bumbu.

3. Memastikan Stok Bahan Masakan Terjaga

Selain menyiapkan bahan masakan, assistant cook bertanggungjawab memastikan stok bahan terjaga. Mereka juga memiliki daftar bahan masakan yang masih segar, mana yang harus segera diganti, hingga yang stoknya masih banyak atau sedikit.

Tak hanya itu, mereka harus paham bagaimana cara menyimpan bahan masakan supaya terjaga kesegarannya.

4. Membersihkan Peralatan Memasak

Sebuah dapur memiliki peralatan memasak yang terbatas. Jika sudah digunakan dan kotor, tentu harus dicuci supaya bisa digunakan kembali dalam keadaan bersih. Tapi, dalam mencuci peralatan memasak tidak boleh sembarangan.

Mana alat masak yang harus dicuci dengan sabun atau hanya dibasuh dengan air, assistant cook harus menguasai teori tersebut.

5. Membantu Koki Memasak Makanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, assistant cook juga terkadang akan disuruh membantu memasak, tetapi tidak sepenuhnya untuk satu hidangan.

Hal ini dikarenakan koki terkadang harus mengerjakan beberapa hidangan dalam satu waktu sehingga membutuhkan bantuan untuk memantau masakan agar tidak gosong. Inilah peran assistant cook yang bisa menambah skill sehingga kelak bisa menjadi chef.

Baca Juga: Ingin Menjadi Kitchen Crew? Ini Tugas, Skill, dan Nominal Gajinya

Syarat Menjadi Cook Helper

Hal terpenting apabila kamu ingin menjadi cook helper adalah kamu harus detail, rajin, dan cekatan. Sebab, kamu harus berlomba dengan pesanan yang terus masuk.

Lebih jelasnya, berikut syarat menjadi cook helper yang harus kamu penuhi jika ingin bekerja di posisi ini.

  • Pendidikan minimal SMA/SMK/atau sederajat.
  • Memiliki pengalaman bekerja sebagai cook helper akan lebih baik.
  • Memahami berbagai peralatan dapur dan fungsinya.
  • Memiliki pemahaman untuk menjaga bahan makanan hingga prosedur keamanan pangan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki manajemen waktu yang baik.
  • Tanggung jawab dan disiplin.

Baca Juga: Waiter dan Waitress : Pengertian, Tanggung Jawab, dan Detail Gaji

Jenjang Karir dan Informasi Gaji Cook Helper

Jangan artikan assistant cook secara sempit sebagai sosok yang hanya bisa bekerja di restoran, ya. Sebagaimana dengan peran chef, cook helper juga memiliki peluang kerja yang luas.

Asisten juru masak bisa bekerja di restoran, hotel, rumah sakit, hingga sebuah yayasan. Berbagai tempat yang membutuhkan juru masak, pasti akan membutuhkan asisten juga.

Selain itu, cook helper adalah posisi yang memiliki jenjang kerja baik. Sudah dikatakan di awal bahwa cook helper adalah jenjang awal bagi seseorang yang ingin menjadi koki.

Nah, ketika kamu punya kemampuan memasak, mampu menata dapur dengan baik, hingga memiliki kreativitas dalam pembuatan menu makanan, kamu juga bisa membuka tempat makan sendiri, lho.

Untuk jenjang karir yang bisa dicapai, kamu bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

  • Cook Helper
  • Commis
  • Demi Chef atau Chef de Partie
  • Sous Chef
  • Head Chef atau Executive Chef

Tentang gaji cook helper, nominalnya akan bervariasi, tergantung di mana kamu bekerja. Berbeda kelas hotel dan restoran tentu saja akan berbeda nominal gajinya.

Untuk hotel atau restoran biasa, gaji cook helper adalah sekitar Rp2.000.000–Rp2.500.000. Semakin fancy sebuah restoran dan hotel, gaji yang diterima pun akan semakin tinggi.

Itulah informasi tentang cook helper yang KitaLulus rangkum untuk membantu kamu memahami profesi ini. Karena asisten juru masak bertugas membantu koki saat bekerja bekerja di dapur, kamu tentu harus memahami tentang semua fungsi alat masak, cara mencuci alat masak yang efektif, hingga semua nama bahan masakan.

Ingin mencoba bekerja sebagai asisten juru masak? Cari info lowongan kerjanya di KitaLulus, yuk! KitaLulus adalah platform pencarian kerja teraman di Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan Google Play Best App of 2022.

Perusahaan yang memasang loker di dalamnya juga sudah pasti terpercaya jadi kamu tak perlu khawatir akan melamar kerja di perusahaan penipuan. Yuk install aplikasi KitaLulus sekarang dan lamar pekerjaan impianmu dengan mudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!