Syarat Menjadi Pramugari, Harus Lulusan Sekolah Khusus?

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
syarat menjadi pramugari
Syarat Menjadi Pramugari, Harus Lulusan Sekolah Khusus?

Pramugari adalah profesi yang diidamkan oleh sebagian orang. Selain karena bisa menjelajah berbagai negara, profesi ini juga menawarkan gaji yang cukup tinggi. Lantas, apakah syarat menjadi pramugari harus lulus dari sekolah khusus? Bisakah lulusan sekolah umum mendaftar?

Di artikel ini, KitaLulus akan menjelaskan secara rinci mengenai beberapa syarat menjadi pramugari, mulai dari fisik, pendidikan, umur, dan lainnya. Informasi ini akan bermanfaat buat kamu yang ingin menjadi pramugari pesawat. Maka dari itu, simak hingga akhir, ya!

Syarat Menjadi Pramugari Pesawat

Syarat Menjadi Pramugari Pesawat
Sumber: Sonora

Ada banyak hal yang harus dipenuhi untuk kamu bisa daftar menjadi pramugari. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pendidikan

Banyak yang mengira bahwa untuk menjadi pramugari, seseorang harus lulus dari sekolah khusus. Padahal, sebenarnya lulusan SMA/SMK/sederajat maupun S1 dari jurusan apapun bisa mendaftar.

Namun, memang terkadang ada lembaga sekolah pramugari yang terafiliasi dengan suatu maskapai sehingga saat lulus siswanya akan langsung bekerja di maskapai tersebut.

Meski begitu, biasanya perusahaan juga akan memprioritaskan kandidat yang berasal dari jurusan berikut:

  • Pariwisata
  • Akomodasi perhotelan
  • Ilmu komunikasi
  • Public relation

2. Umur

Syarat menjadi pramugari berikutnya adalah berkaitan dengan usia. Dilansir dari Kumparan, umumnya calon pramugari harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun ketika mendaftar.

Namun, masing-masing maskapai biasanya memiliki ketentuan tersendiri terkait ini, jadi sebaiknya kamu mengecek informasi resminya di website instansi tersebut.

3. Postur Tubuh

Pramugari wajib memiliki postur tubuh yang baik. Tidak hanya supaya memiliki penampilan menarik, melainkan juga untuk memudahkan mereka selama bertugas di dalam pesawat. Dengan tubuh yang tinggi, mereka akan lebih mudah membantu penumpang memasukkan atau menurunkan barang dari kabin.

Adapun syarat minimal tinggi pramugari umumnya adalah 158-160 cm dan pramugara adalah 170 cm.

Baca Juga: Daftar Gaji Pramugari di 6 Maskapai Ternama Indonesia

4. Kondisi Kesehatan

Syarat lainnya untuk menjadi pramugari adalah sehat jasmani dan rohani. Ini bertujuan supaya mereka bisa membantu dan melayani penumpang dengan maksimal.

Berikut beberapa kondisi tubuh yang harus dicek saat menjalani medical check up untuk menjadi pramugari:

  • Jantung
  • Tes urine 
  • Pemeriksaan darah
  • Cek USG & rontgen
  • Pemeriksaan gigi
  • Pendengaran
  • Kesehatan mata
  • Ketahanan fisik

5. Kondisi Fisik

Semua orang pasti sudah tahu bahwa syarat fisik menjadi pramugari adalah hal utama yang harus diperhatikan. Pasalnya, mereka dituntut untuk punya penampilan menarik.

Seorang pramugari maupun pramugara pesawat juga tidak diperkenankan memiliki kekurangan fisik seperti cacat pada tubuhnya. Hal tersebut dilakukan supaya kinerja lebih optimal.

Oleh karena itu, jika ingin lolos menjadi pramugari, kamu harus memerhatikan hal berikut:

  • Merawat kebersihan badan dengan baik
  • Memiliki kondisi mata yang sehat (tidak minus, tidak buta warna)
  • Memiliki susunan gigi rapi
  • Tidak memiliki bekas luka di tubuh

6. Tidak Merokok dan Mengonsumsi Obat Terlarang

Sebagai petugas yang melayani penumpang selama di dalam pesawat, pramugari tentu harus bisa menjaga pola hidupnya agar tetap sehat dan bugar. Itulah sebabnya syarat menjadi pramugari adalah tidak merokok.

Tak hanya itu, pramugari juga tidak diperbolehkan mengonsumsi obat terlarang dalam bentuk apapun karena akan memberikan efek ketergantungan sehingga mengganggu kestabilan emosi dan kinerja.

Baca Juga: Apa Itu Train Attendant, Tugas, Gaji, Syarat, dan Tahapan Tesnya

Apakah Pramugari Boleh Berhijab?

Apakah Pramugari Boleh Berhijab
Sumber: Bisnis

Banyak orang yang bertanya apakah pramugari boleh berhijab? Jawabannya tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Yup, ada beberapa maskapai yang memperbolehkan pramugari untuk berhijab dan ada juga yang tidak.

Adapun syarat menjadi pramugari berhijab sama dengan non hijab, mulai dari pendidikan, tinggi badan, kesehatan, fisik, dan lainnya.

Cara Menjadi Pramugari

Banyaknya syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pramugari membuat beberapa orang minder dan takut untuk melamar. Tenang saja, kamu bisa ikuti tips dari KitaLulus berikut.

1. Selesaikan Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa minimal pendidikan untuk jadi pramugari pesawat adalah lulus SMA/SMK/sederajat. Jadi, selesaikan pendidikan kamu dan usahakan untuk mendapat nilai yang bagus.

2. Daftar Sekolah/Pelatihan Pramugari

Jika kamu ingin menguasai skill-skill pramugari dan mempelajari dunia penerbangan, tak ada salahnya melanjutkan pendidikan ke sekolah khusus pramugari. Di sana kamu juga akan diberi pelatihan yang cukup untuk menghadapi tes rekrutmen.

Atau kamu juga bisa ikut pelatihan pramugari dengan durasi belajar yang lebih singkat. Manfaatnya mirip dengan sekolah pramugari, yaitu berpeluang besar untuk direkrut perusahaan.

3. Kursus Bahasa Asing

Ikuti kursus bahasa asing minimal bahasa Inggris untuk memudahkan kamu berkomunikasi dengan penumpang dari luar negeri. Ini juga akan sangat berguna apabila kamu ingin melamar di maskapai internasional seperti Singapore Airlines, Qatar Airways, dan Emirates.

4. Jaga Kesehatan

Seorang pramugari dituntut memiliki tubuh yang sehat dan bugar agar kinerja lebih maksimal. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan diri sedari sekarang dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, merawat kebersihan tubuh, hingga istirahat cukup.

Baca Juga: 15 Prospek Kerja Jurusan Pariwisata dan Gajinya

Demikian berbagai syarat menjadi pramugari pesawat yang perlu kamu perhatikan. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu yang berencana daftar pramugari.

Kamu bisa simak artikel info karier lainnya di blog KitaLulus. Selain itu, ada banyak lowongan kerja yang dapat kamu lamar dengan mudah. Cukup unduh aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store dan lamar pekerjaan yang kamu mau di mana pun dan kapan pun!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top