Alasan Mengapa Tahun Baru Adalah Waktu Terbaik Cari Kerja

Naura Agustina
Naura Agustina

Digital marketing enthusiast. Menekuni kepenulisan di bidang karir dan bisnis

Isi Artikel

Dalam proses mencari kerja, kita harus mengetahui dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satu hal yang harus kita cari tahu adalah kapan timing yang tepat untuk mencari kerja.

Dilansir dari berbagai penelitian, diketahui bahwa tahun baru menjadi salah satu waktu yang tepat untuk mencari kerja. Mengapa demikian? Ayo simak ulasannya berikut ini! KitaLulus juga akan memberikan tips cari kerja di tahun baru yang bermanfaat.

Mengapa Mencari Kerja Saat Tahun Baru Disarankan?

Mengapa Mencari Kerja Saat Tahun Baru Disarankan

Ada beberapa alasan yang membuat momen tahun baru menjadi waktu yang tepat untuk mencari kerja, di antaranya sebagai berikut.

1. Banyaknya Lowongan Pekerjaan

Fenomena yang banyak terjadi di akhir tahun adalah tingginya angka resign. Hal ini tentu berimbas pada perusahaan yang harus membuka lowongan untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan oleh karyawan tersebut.

Tingginya turnover rate di akhir tahun disebabkan oleh banyaknya karyawan yang memilih untuk switch career dan ingin mencari pekerjaan baru tepat setelah mendapat bonus akhir tahun.

Nah, tingginya angka resign yang menciptakan banyak lowongan pekerjaan ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi kamu yang sedang mencari kerja.

Baca juga: 15 Alasan Pindah Kerja yang Baik untuk Jawab Pertanyaan HRD

2. Menurunnya Jumlah Kompetitor

Melamar kerja saat tahun baru adalah kesempatan emas bagi para pencari kerja. Bagaimana tidak? Di saat orang lain sedang asyik berlibur akhir tahun, kamu malah mendahulukan untuk mencari kerja. Secara otomatis, pesaingmu akan menjadi lebih sedikit.

Oleh sebab itu, kamu harus bisa memanfaatkan peluang yang berharga ini. Kompetisi yang longgar akan membuatmu membutuhkan lebih sedikit effort untuk mendapat pekerjaan impian.

3. Termasuk Bulan Terbaik Mencari Kerja

Alasan lain yang melatarbelakangi cari kerja saat tahun baru adalah pilihan tepat yaitu hasil penelitian yang mengatakan bahwa Desember merupakan salah satu bulan terbaik untuk mencari kerja.

Pada akhir tahun biasanya perusahaan akan melakukan banyak evaluasi dan penentuan resolusi tahun baru. Evaluasi yang dilakukan juga termasuk meninjau kebutuhan pekerja untuk tahun mendatang. Jika ternyata terjadi kekurangan, maka perusahaan akan membuka lowongan kerja. Jadi, kamu harus pandai membaca peluang dan mulai mencari kerja di rentang waktu ini.

4. Pemanfaatan Anggaran Sisa di Akhir Tahun

Selain evaluasi kinerja, di akhir tahun juga dilakukan evaluasi anggaran tahunan. Jika ternyata masih terdapat sisa anggaran rekrutmen di akhir tahun, pihak HR akan sibuk membuat planning untuk segera merekrut. Maka, manfaatkan kesempatan berharga ini dan bergeraklah selangkah di depan untuk mencari pekerjaan baru.

Baca juga: 5 Cara Mencari Pekerjaan Bagi Lulusan Baru dengan Mudah dan Cepat

Tips Cari Kerja di Tahun Baru

Tips Cari Kerja di Tahun Baru

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu persiapkan ketika hendak mencari kerja di tahun baru:

1. Lakukan Kontemplasi dan Introspeksi

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah melakukan kontemplasi. Cobalah ingat-ingat pencapaian yang sudah kamu raih setahun belakangan. Perhatikan juga skill-skill apa saja yang sudah kamu pelajari.

Setelah itu, kamu bisa menentukan goals di tahun baru. Jika tujuan telah dibuat, perkirakanlah apakah skill dan capaianmu sebelumnya sudah cukup untuk mencapai goals baru yang kamu punya. Jika masih ada skill yang belum kamu kuasai, mulai pikirkan cara untuk mempelajari kemampuan tesebut guna mendukung tujuanmu.

2. Perbarui Resume dan Media Sosial Profesional

Setelah melakukan kontemplasi mengenai skill dan memperbaharuinya, saatnya kamu menampilkannya pada resume dan sosial media profesional seperti LinkedIn.

Memperbaharui resume akan memudahkan kamu setiap kali melihat lowongan kerja yang kamu inginkan. Kamu tinggal langsung melamar dan tidak membuang waktu lagi untuk mempersiapkan resume.

Seperti yang kita ketahui, LinkedIn adalah media sosial yang dirancang secara khusus untuk para profesional. Hal ini yang membuat begitu banyak pemangku jabatan, decision maker, dan HR memiliki akun LinkedIn. Oleh sebab itulah kamu harus segera memperbarui profilmu dan melakukan branding.

Baca juga: 5 Contoh Resume Lamaran Kerja, Dijamin Cepat Dapat Kerja!

3. Perluas Networking

Sambil mempersiapkan hal-hal teknis, kamu juga bisa memperluas networking. Networking bukan hanya tentang menemukan kenalan baru tetapi juga menjaga dan memperbaiki hubungan dengan kenalan lama.

Biasanya, jika kita memiliki banyak kenalan, kita bisa saja mendapatkan penawaran kerja dari salah satu di antara mereka. Selain itu, tawaran kerja dari kenalan biasanya memiliki kemungkinan keberhasilan yang lebih tinggi.

4. Membuat Akun di Job Portal dan Memanfaatkannya

Di zaman seperti sekarang, kita banyak diperbantukan oleh teknologi. Salah satunya adalah job portal. Jika kamu belum tahu, job portal adalah sebuah situs web yang di dalamnya terdapat berbagai lowongan pekerjaan.

Penggunaan job portal sangat mudah. Beberapa di antaranya bahkan bisa melakukan filterisasi pada aspek seperti lokasi dan rentang gaji, sehingga kamu bisa menemukan lowongan yang paling sesuai dengan impianmu.

Keuntungan lain dari penggunaan job portal adalah kamu dapat mengaksesnya dari mana saja. Sebab, banyak job portal yang sudah tersedia dalam bentuk aplikasi ponsel.

Salah satu job portal terbaik dan teraman adalah aplikasi KitaLulus. KitaLulus juga telah mendapatkan penghargaan sebagai Google Play Best App of 2022. 

Di KitaLulus, terdapat puluhan ribu lowongan kerja yang bisa kamu pilih sesuai dengan background, minat, serta gaji yang kamu harapkan. Dan semuanya bisa kamu manfaatkan secara gratis.

Untuk menggunakan aplikasi KitaLulus, kamu cukup mengunduhnya di Play Store maupun App Store dan membuat akun. Setelah itu, kamu sudah bisa langsung mencari kerja. Yuk kirim CV dan lamaranmu sekarang!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up