9 Cara Menciptakan First Impression yang Baik di Tempat Kerja

Nisa Maulan Shofa
Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Apakah kamu merasa excited karena besok adalah hari pertamamu kerja? Pastikan kamu menciptakan first impression yang baik pada HRD, atasan, juga rekan kerjamu, ya. First impression artinya kesan pertama.

Dengan memberikan kesan pertama yang baik, itu akan memperlancar hari-hari kamu ke depannya di kantor.

Lalu bagaimana cara memberikan first impression positif pada orang yang baru pertama kali kamu temui? Simak artikel berikut, ya!

Apa Itu First Impression?

Apa Itu First Impression

First impression adalah bagaimana kamu memberikan kesan pertama kepada orang yang baru pertama kali kamu jumpai.

First impression juga bisa menimbulkan halo effect, yaitu efek yang timbul dari kesan pertama saat bertemu seseorang. Halo effect yang ditimbulkan bisa positif dan negatif. Ketika efek halo tersebut bernilai negatif, hal itu bisa memberikan dampak tidak baik untuk ke depannya, lho.

Jika demikian, kesan terhadap kamu selanjutnya akan dinilai tidak baik dalam waktu yang lama. Sebab, secara psikologis, manusia akan susah mengusir kesan pertama terhadap seseorang.

Itulah pentingnya first impression, yaitu menjadi hal utama seseorang dalam menilai orang lain, kecuali jika nantinya banyak interaksi yang terjadi untuk mematahkan kesan pertama tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Attitude Dunia Kerja & 5 Contoh Utamanya, Apa Saja?

Tips Memberikan First Impression yang Baik di Kantor

Tips Memberikan First Impression yang Baik di Kantor

Wah, ternyata impresi pertama memang sepenting itu, ya. Jadi, untuk fresh graduate jangan merasa minder karena belum memiliki pengalaman kerja seperti rekan kerja lainnya. Sebab, dari perasaan minder tersebut, kamu bisa memancarkan vibes yang kurang berkesan.

Untuk mempelajari bagaimana memberikan kesan pertama yang baik di tempat kerja saat hari pertama masuk kantor, perhatikan tips dari KitaLulus berikut, yuk!

1. Berpenampilan Rapi

Cara memberikan first impression yang baik pertama adalah memperhatikan penampilan kamu. Kenakan busana yang rapi, casual-formal, dan bersih. Berikan kesan bahwa kamu adalah sosok yang enak dipandang, profesional, dan atraktif.

Namun, jangan lupakan kenyamananmu juga. Jangan sampai hanya karena ingin memberikan kesan yang baik, kamu jadi harus berpakaian tidak nyaman.

2. Tepat Waktu

Jangan terlambat di hari pertama bekerja. Selain karena berangkat tepat waktu memang aturan di tempat kerja, hal tersebut juga akan memberikan kesan bahwa kamu memiliki manajemen waktu yang baik.

3. Bicara dengan Baik

First impression artinya bukan hanya secara eye catchy, tetapi juga ear catchy. Jadi, jangan sampai memberikan kesan pertama yang kurang baik melalui ucapan. Perhatikan cara bicara kamu. Pilih kosakata yang sopan supaya tidak melukai lawan bicara, apalagi itu pertemuan pertama. Namun, jangan bicara terlalu formal sehingga terkesan kaku juga, ya.

4. Body Language

Tahukah kamu bahwa body language akan memberikan kesan saat berbicara? Jangan sampai kamu berkacak pinggang saat berbicara dengan rekan kerja yang baru kamu temui. Atau menyilangkan tangan di dada. Hal itu akan memberikan kesan angkuh saat bicara.

5. Kontak Mata

Ingin dikenal sebagai pribadi yang percaya diri? Maka berikan impresi pertama yang berani secara baik. Lakukan kontak mata saat berbincang dengan lawan bicara. Melakukan kontak mata juga akan memberikan kesan bahwa kamu menghargai lawan bicara saat sedang menerangkan sesuatu.

Baca Juga: 10 Tips Pembukaan Presentasi dan Contoh Kalimatnya

6. Kontrol Ekspresi Wajah

Kita tidak bisa mengontrol sikap orang lain, tetapi kita bisa mengontrol sikap kita untuk memberikan first impression yang baik. Tak peduli apa yang orang lain jelaskan, sebaiknya kamu jangan sampai memperlihatkan ekspresi yang bisa melukai lawan bicara. Kontrol ekspresi wajah kamu dalam menanggapi cerita dari rekan kerja yang baru kamu temui.

7. Mendengarkan dengan Baik

Kemampuan yang penting, tetapi jarang dibahas adalah mendengarkan. Padahal, dengan mendengarkan secara baik, kita bisa mendapatkan informasi penting dan menghargai lawan bicara. Maka, jangan sampai kamu memotong ucapan lawan bicara di hari pertama bertemu. Itu memberi kesan tidak sopan.

8. Berani Bertanya

Memberikan kesan yang baik di kantor tidak hanya tentang selalu cepat menangkap suatu penjelasan. Ada kalanya kamu juga tidak memahami apa yang diterangkan oleh leader atau rekan kerja kamu.

Jadi, jangan pernah malu untuk bertanya kalau kamu tidak paham. Lebih baik bertanya daripada tersesat, bukan?

9. Tunjukkan Etos Kerja

Cara lain untuk menciptakan first impression adalah tunjukkan etos kerja kamu. Kamu harus sigap menjadi sosok yang inisiatif, kreatif, dan berani mengutarakan saran jika memang dibutuhkan.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Pakaian untuk Interview Kerja & Ide Outfitnya

Itulah beberapa cara memberikan kesan pertama yang baik pada orang yang baru kamu temui di tempat kerja. Karena first impression adalah gerbang pertama untuk memulai kerja dengan lancar, jadi berikan perhatian lebih pada penampilan dan tingkah laku kamu di hari pertama kerja, ya.

Kalau kamu fresh graduate yang belum mendapatkan kerja sesuai keinginan, jangan berkecil hati terlebih dahulu. KitaLulus memiliki lebih dari 92.000 lowongan kerja yang bisa kamu lamar setiap saat di mana pun kamu berada.

KitaLulus juga memiliki filter penyaringan lowongan kerja yang bisa membantu kamu mencari kerja dengan mudah. Seperti mencari loker berdasarkan nama posisi, nama perusahaan, kota domisili, jenjang pendidikan, hingga kisaran gaji yang kamu inginkan.

Ayo segera instal aplikasi KitaLulus dan lamar pekerjaan impianmu sekarang!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up