10 Games Ice Breaking Seru untuk Menambah Kekompakkan

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Di dalam sebuah acara kantor seperti rapat, presentasi, atau pelatihan terkadang peserta bisa kehilangan fokus dan merasa bosan. Oleh karena itu, untuk mencairkan suasana yang mulai ‘beku’, mengadakan ice breaking seru bisa jadi solusinya.

Bukan hanya menghilangkan rasa bosan dan ketegangan, kegiatan ini juga dapat mengasah kekompakan serta mempererat hubungan antar peserta.

Bila kamu bingung apa saja kegiatan yang cocok untuk mengisi sesi ice breaking, mari simak artikel KitaLulus berikut!

Apa Itu Ice Breaking?

Ice breaking adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencairkan suasana yang ‘dingin dan beku’. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada saat presentasi, rapat, atau juga sesi pelatihan karyawan.

Dingin atau beku di sini maksudnya yaitu situasi yang terasa seperti bosan dan kelelahan.

Ice breaking membuat orang-orang yang sebelumnya tidak saling mengenal, tidak pernah bertemu, dan bekerja sama jadi membangun hubungan dan mengakrabkan diri.

Di perusahaan, sesi pencairan suasana menjadi aktivitas yang tepat untuk membangun ikatan dengan cepat saat tim baru dibentuk.

Aktivitas ini akan dibantu oleh seorang fasilitator yang bertugas sebagai pemandu dan bertugas untuk memastikan semua peserta terlibat dalam kegiatan dan mengikuti instruksinya.

Manfaat Ice Breaking

Manfaat Ice Breaking

Ada berbagai manfaat dari melakukan kegiatan ice breaking, seperti berikut ini:

1. Menciptakan Rasa Kebersamaan

Kegiatan pencairan suasana biasanya dibawakan lebih santai karena tujuannya untuk mendorong peserta merasa senang. Saat peserta merasa senang biasanya mereka akan cenderung lebih ramah dan mau terbuka tentang dirinya.

Dengan begini rasa percaya satu sama lain pun mulai terbentuk, membuat mereka akan lebih terbuka dan responsif selama diskusi. Dari sinilah rasa kebersamaan mulai tercipta.

2. Mengembangkan Kreativitas

Ice breaking juga mendorong kreativitas para peserta. Ini karena ada beberapa kegiatannya mengharuskan peserta berpikir menyusun strategi dan taktik supaya mereka dapat menang. Hal ini akan mendorong para peserta untuk lebih imajinatif dan kreatif.

Baca juga: 10 Ide Games Seru untuk Acara Kumpul Indoor & Outdoor

Kapan Sebaiknya Ice Breaking Dilakukan

Melakukan kegiatan ice breaking tidak boleh sembarangan. Saat kamu bertindak sebagai pembawa acara, narasumber, kamu harus cermat melihat bagaimana keadaan peserta. Bila peserta sudah terlihat bosan, tidak fokus, dan letih, itulah waktu yang tepat untuk mencairkan suasana.

Biasanya, peserta akan merasa bosan setelah beberapa jam mengikuti acara. Misalnya, jika kamu memulai acara pukul 9, nah kamu bisa memberikan ice breaking seru sekitar pukul 11 untuk mengembalikan semangat peserta.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Ice Breaking

Tentu kamu ingin kegiatan ini berjalan efektif, kan? Oleh sebab itu, pastikan kamu memerhatikan dua poin penting ini.

1. Tujuan Harus Jelas

Saat kamu ingin mencairkan suasana dengan memberikan games, sangat penting untuk memahami apa yang ingin dicapai dari kegiatan ini.

Misalnya, jika banyak karyawan yang sedang dalam masa onboarding, maka mencairkan suasana akan sangat bermanfaat bagi masa orientasi mereka dalam mengenal budaya perusahaan.

2. Usahakan Tetap Sederhana

Buatlah games ice breaking tetap sederhana, tidak perlu memakan waktu berjam-jam dengan kegiatan yang rumit. Semakin sederhana kegiatannya, maka akan semakin efektif.

Baca Juga: 10 Ide Team Building Berbentuk Games untuk Karyawan, Dijamin Seru!

Contoh Ice Breaking Seru

Contoh Ice Breaking Seru

Ada banyak kegiatan ice breaking seru yang bisa kamu coba, bisa dilakukan di kantor atau saat kamu presentasi. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Yel-yel

Contoh ice breaking seru pertama adalah membuat yel-yel. Cobalah kamu bagi peserta menjadi beberapa kelompok lalu minta mereka untuk membuat yel-yel yang menarik dan semangat. Game ini cocok untuk mengasah kreativitas dan kerja sama mereka.

2. Two Truths and One Lie

Ini adalah salah satu contoh ice breaking lucu dan menyenangkan. Aturan permainannya sederhana. Peserta diminta untuk membagikan tiga pernyataan tentang diri mereka sendiri, di mana 2 dari pernyataan tersebut adalah kebenaran dan satunya lagi adalah sebuah kebohongan.

Kemudian, peserta lainnya akan mencoba untuk menebak pernyataan mana yang bohong dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

Game ini bisa menjadi kesempatan untuk lebih mengenal kepribadian rekan kerja.

3. Group Map

Group map bisa menjadi opsi bila kamu memiliki banyak peserta yang berasal dari daerah yang berbeda-beda.

Cara bermain permainan ini adalah dengan meminta peserta menempatkan diri mereka dalam sebuah peta imajiner yang diletakan di ruangan yang mewakili daerah mereka.

Lalu, mintalah peserta untuk membagikan satu nilai internal yang mereka dapatkan dari tempat tersebut, dan mengapa nilai tersebut penting bagi mereka.

Dengan berbagi nilai dan kebiasaan, ini dapat menciptakan pemahaman dan membentuk ikatan yang kuat dalam tim.

4. Tebak Logo Produk

Permainan sederhana ini bisa menjadi contoh ice breaking dalam presentasi. Untuk melakukannya kamu hanya perlu menyiapkan beberapa logo produk dan tampilkan melalui layar proyektor.

Lalu, mintalah karyawan membuat barisan, tampilkan logo dan berikan waktu mereka untuk menebak logo tersebut.

Jika peserta berhasil menebak logo, maka mereka bisa kembali duduk. Agar semakin seru, kamu dapat memberikan hukuman kepada peserta yang tidak bisa menebak dengan benar misalnya dengan mencoret muka mereka dengan bedak atau kembali ke barisan sampai mereka bisa menebak logo tersebut.

5. Pagi, Siang, Malam

Permainan ini bisa dilakukan tanpa memerlukan alat bantu. Caranya kamu cukup membuat sebuah cerita, di cerita tersebut ada kata pagi, siang, dan malam.

Setiap kamu menyebutkan kata pagi maka peserta wajib menepuk tangan sebanyak 1x, jika kata siang maka wajib tepuk tangan 3x, dan wajib tepuk tangan sebanyak 2x untuk kata malam.

Bila ada peserta yang tidak mengikuti instruksi maka dapat diberi hukuman yang sebelumnya sudah kamu sepakati.

Baca juga: 15 Cara Presentasi yang Baik Agar Menarik Perhatian Audiens

6. Siapa Itu

Games ice breaking berikutnya yang bisa kamu lakukan di kantor adalah bermain "Siapa Itu". Untuk memainkannya kamu bisa minta setiap peserta untuk menuliskan fakta unik, aneh, dan tidak terduga tentang diri mereka pada selembar kertas.

Kemudian, masukkan potongan kertas ke dalam wadah dan acak-acak. Minta peserta lain untuk mengambil kertas tersebut dan membacakan isinya. Lalu tebak siapa yang menuliskannya.

Tujuan dari games ini adalah mengetahui hal-hal baru mengenai rekan kerja mereka.

7. Unique and Shared

Untuk memainkannya, buatlah grup yang terdiri dari 4 sampai 5 orang, dan minta masing-masing anggota grup untuk menemukan kesamaan satu sama lain yang unik.

Melalui permainan ini, rasa persatuan akan terbangun karena para anggota akan semakin sadar kalau mereka memiliki kesamaan dengan rekan mereka yang mungkin sebelum-sebelumnya tidak disadari.

8. Sambung Kata

Games seru berikutnya adalah sambung kata. Dalam games ini para peserta diwajibkan untuk membuat kalimat dari kata yang disebutkan oleh peserta lainnya.

Cara memainkannya, kamu perlu mengumpulkan seluruh karyawan lalu instruksikan 1 karyawan paling depan untuk mengucapkan satu kata dan karyawan setelahnya harus menyebutkan setiap kata yang telah disebutkan sebelumnya plus memberikan kata baru, lalu dilanjutkan ke belakang sampai membuat 1 kalimat yang padu.

Bila ada kata yang salah, maka grup tersebut akan mendapatkan hukuman.

9. Games 'Bos Berkata'

Games ini melatih peserta untuk menyimak dan berkonsentrasi pada arahan.

Untuk melakukannya diperlukan 1 orang yang bertindak sebagai pemandu yang bertugas menjadi seorang 'Bos' yang akan memberikan perintah.

Lalu minta peserta lainnya untuk melakukan apa yang diperintahkan 'Bos' jika perintah tersebut diawali dengan kata "Bos Berkata".

Misalnya, "Bos Berkata angkat tangan kanan" maka peserta wajib mengangkat tangan kanan mereka. Bila di awal perintah tidak ada kata "Bos Berkata" maka peserta tidak perlu melakukan perintah tersebut.

10. Kata Kunci

Ini adalah contoh ice breaking seru yang bisa menguji ketelitian para peserta dengan mendengarkan cerita dan kata kunci yang disebutkan.

Kamu dapat meminta peserta untuk menghadap pemandu cerita. Lalu pemandu akan memberikan sebuah kata kunci yang bila kata tersebut disebutkan maka para karyawan harus menjawab 'Bisa, Yes!'.

Misalnya kata kuncinya adalah "Berani" maka saat kata tersebut diucapkan dalam cerita peserta wajib menjawab 'Bisa, Yes!'.

Nah, itu dia berbagai contoh ice breaking seru yang bisa kamu coba. Semoga games tersebut bisa mencairkan suasana dan menambah kedekatan serta kekompakan peserta, ya!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up