17 Ide Kostum Halloween Terbaik dan Anti Mainstream

Nisa Maulan Shofa
Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Kantor kamu biasa mengadakan acara seru-seruan saat halloween? Namun, kamu masih bingung ingin mengenakan kostum halloween seperti apa? Jangan bingung apalagi khawatir, simak saja artikel ini untuk mendapatkan inspirasi kostum halloween yang fresh dan up to date.

Fakta Unik tentang Halloween

Sebelum membahas ide kostum halloween, akan lebih baik jika kamu mengetahui dulu fakta unik dibaliknya.

1. Berawal dari Budaya Kuno

Tahukah kamu kapan hari halloween diperingati? Jadi, perayaan halloween berawal dari festival samhain, yaitu perayaan untuk menyembah berhala di Kepulauan Inggris sekitar 2.000 tahun lalu.

Festival ini dilaksanakan setiap 31 Oktober hingga 1 November. Pada festival tersebut, orang-kurang mengenakan kostum menyimbolkan orang mati atau hewan-hewan seram.

2. Awal Mula Kostum Seram

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa halloween identik dengan kostum seram. Nah, jadi tanggal 31 Oktober dulu merupakan hari untuk menghormati roh dan mengusir arwah jahat. Sehingga masyarakat beranggapan bahwa menggunakan kostum seram dapat menakuti roh-roh jahat tersebut.

3. Pengaruh Amerika

Fakta unik lain tentang halloween adalah tradisi ini dibawa ke Amerika oleh imigran Irlandia dan Skotlandia pada abad ke-18. Warga desa Amerika pun ikut mengenakan sesuatu yang menyeramkan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah, seperti make up, topen, dan lainnya.

4. Transformasi Halloween

Pada tahun 1920-an, tradisi halloween menjadi lebih populer, dikomersialkan, dan tidak lagi menjadi perayaan penyembahan berhala atau bahkan simbolisasi pengumpulan jiwa.

Kostum halloween menjadi menyenangkan dan mengikuti tren yang ada. Bahkan, setelah Perang Dunia II saat televisi muncul, kostum halloween mengikuti tokoh komik dan serial hiburan yang saat itu sedang banyak dibicarakan.

Jadi, jika kamu masih bertanya apakah kostum halloween harus seram, jawabannya tidak. Kamu bisa menggunakan kostum tokoh apa pun untuk kamu kenakan sebagai kostum halloween di perayaan halloween kantor tanggal 31 Oktober nanti.

Tips Memilih Kostum Halloween

Nah, kamu juga perlu menyimak tips memilih kostum halloween berikut ini. Tips berikut bisa kamu ikuti supaya nantinya dapat memilih kostum yang sesuai kemauan kamu.

  • Perhatikan apa yang sedang tren, seperti komik, serial, film, dan lainnya.
  • Kamu bisa gunakan tokoh cerita favorit sebagai kostum untuk halloween andalan kamu.
  • Pilih aksesoris yang sesuai dan tidak ribet saat dipakai.
  • Pilih bahan kostum yang nyaman untuk dipakai.
  • Sesuaikan dengan perayaan halloween yang diadakan kantor kamu, jangan sampai menggunakan kostum yang terlalu memakan tempat padahal tempatnya sempit.
  • Lebih baik menyewa kostum jika memang kostumnya ribet untuk dibeli atau buat sendiri karena hanya dipakai sekali.

Baca Juga: Edit Video TikTok Ternyata Bisa Tanpa Aplikasi Lho! Yuk Intip Caranya

Ide Kostum Halloween Wanita dan Pria

Berikut beberapa ide kostum halloween yang bisa kamu pertimbangkan untuk merayakan halloween dengan teman-teman kantor.

Kostum Halloween Lucu

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa kostum untuk halloween tidak harus seram. Bahkan banyak orang yang datang dengan kostum halloween lucu. Kostum macam ini akan banyak mencuri perhatian, lho. Berikut beberapa rekomendasinya/

1. Keluarga Spy X Family

Keluarga Spy X Family
Sumber: HiTekno

Ingin kompak dengan teman satu divisi di kantor? Pilih keluarga di serial Spy X Family sebagai ide kostum halloween lucu dan simple.

Kamu bisa membagi peran dengan teman-teman kamu, siapa yang akan memakai kostum Anna, Yor, dan Loid Forger. Dijamin, kamu dan teman kamu akan menjadi keluarga mata-mata keren dan lucu selama perayaan halloween.

2. Karakter Minion

Karakter Minion
Sumber: Apple TV

Karakter minion tidak pernah salah untuk dijadikan kostum halloween lucu. Kostum ini mudah didapat dengan membelinya di e-commerce sehingga bisa kamu persiapkan bahkan saat mepet dengan tanggal perayaan halloween.

3. T-Rex

T-Rex
Sumber: Instagram @sabaidieter

“Badannya besar! Tangannya kecil! Kalau mengaum, yang lain langsung mundur!”

Apakah kamu familier dengan lirik lagu tersebut? Itu adalah lagu tentang T-Rex. Dan dengan booming-nya lagu itu, kamu bisa jadikanya sebagai inspirasi ide konstum halloween lucu, lho.

4. Olaf Frozen

Olaf Frozen
Sumber: Movie Disney

Olaf Frozen menjadi karakter favorit yang lucu dan tidak jarang menjadi ide kostum untuk perayaan halloween andalan bagi banyak orang. Nah, jika kamu mentok tidak menemukan ide untuk memakai kostum apa saat perayaan halloween, karakter ini bisa kamu jadikan inspirasi ya.

Atau kamu juga bisa menggunakan kostum Frozen dengan teman-teman, jadi ada Olaf, Anna, Elsa, hingga Sven.

5. Buah-Buahan

Buah-Buahan
Sumber: Liputan6

Apa kamu pernah kepikiran untuk datang ke perayaan halloween sebagai nanas, apel, pisang, dan aneka buah-buahan lain? Jika belum, coba di perayaan halloween besok kamu menggunakan kostum buah-buahan. Kamu akan menjadi sosok yang mencuri perhatian deh pastinya!

6. Kucing Oren

Kucing Oren
Sumber: Fimela

Sosok kucing apa yang paling sering diributkan oleh netizen? Betul sekali, kucing oren. Kucing yang disebut sebagai ketua para kucing ini bisa kamu jadikan inspirasi ide kostum halloween lucu di tanggal 31 Oktober nanti.

7. Makanan

Makanan
Sumber: Indonesia Inside

Datang ke sebuah perayaan halloween memang paling asik. Kamu bisa berperan sebagai apa pun, termasuk menjadi makanan. Menggunakan kostum burger hingga kostum pizza bisa jadi pilihan untukmu.

Baca Juga: 15 Ide Lomba 17 Agustus Terpopuler 2022, Anti Mainstream!

Kostum Halloween Wanita

Sebagai wanita, biasanya akan lebih all out dalam pesta perayaan halloween. Utamanya pada riasan wajah, pasti akan memilih yang mudah ditiru tapi juga tidak masalah jika ternyata agak ribet, yang penting bisa menghasilkan karakter yang sesuai keinginan. Nah, berikut beberapa ide kostum halloween wanita yang bisa kamu tiru.

1. Marilyn Monroe

Marilyn Monroe
Sumber: Wolipop Detik

Karakter Marilyn Monroe tidak akan pernah bisa dienyahkan. Meskipun banyak yang tidak mengenal sosok ini secara mendalam, tapi bisa dipastikan banyak orang yang tahu sosok ini. Karakter Marilyn Monroe sangat bisa kamu jadikan ide kostum halloween wanita yang simpel dan mudah dicari bajunya dan riasannya.

2. Beth Harmon dari Queen’s Gambit

Beth Harmon dari Queen’s Gambit
Sumber: People.com

Ide kostum halloween wanita selanjutnya adalah dari serial Queen’s Gambit. Sosok Beth Harmon akan menjadi karakter yang pas untuk kamu tiru dari segi pakaian hingga riasan wajah dan rambutnya.

3. Cruella de Vil dari Cruelle

Cruella de Vil dari Cruelle
Sumber: USA Today

Tayangan Disney selalu memiliki karakter unik dan catchy. Salah satunya adalah Cruella. Sosok Cruella de Vil akan menjadi ide kostum halloween wanita yang bagus dan menarik.

4. Emily dari Emily in Paris

Emily dari Emily in Paris
Sumber: Cosmopolitan

Emily in Paris mendapat banyak perhatian. Tokoh utamanya, yaitu Emily mengenakan pakaian-pakaian keren yang bisa kamu tiru untuk dikenakan saat perayaan halloween. Simpel dan cantik pula. Jadi, kamu tidak perlu repot mencari kostum ribet dan dandanan yang sulit dilakukan.

5. Karakter di Bridgerton

Karakter di Bridgerton
Sumber: CNN Indonesia

Serial dengan cerita tentang kerajaan di Inggris berjudul Bridgerton sudah memiliki dua musim. Setiap tokohnya banyak yang suka, utamanya sosok Daphne hingga Penelope si Lady Whistledown. Nah, karakter-karakter wanita di serial ini bisa kamu jadikan ide kostum halloween wanita yang simple dan menarik perhatian, lho.

Baca Juga: Tetap Stylish, Ini Rekomendasi Sepatu Kerja Wanita yang Nyaman dan Tips Memilihnya

Kostum Halloween Simple Pria

Untuk pria, biasanya tidak ingin terlalu ribet kan saat memakainya? Nah, berikut beberapa ide kostum halloween simple pria yang bisa kamu pilih.

1. Karakter di Money Heist

Karakter di Money Heist
Sumber: Disway

Money Heist adalah serial yang booming di tahun 2021. Namun, meskipun itu serial tahun lalu, tetapi setiap karakternya masih banyak dikenang oleh penonton. Dan siapa pun yang melihatnya pasti tahu itu karakter dari Money Heist. Nah, karakter-karakter dari serial tersebut bisa kamu jadikan referensi sebagai ide kostum halloween.

2. Karakter di Squid Game

Karakter di Squid Game
Sumber: CNBC

Seperti halnya Money Heist, karakter-karakter di Squid Game sangat simple untuk ditiru dan digunakan sebagai ide kostum halloween simple pria.

3. Karakter Loid Forger di Spy X Family

Karakter Loid Forger di Spy X Family
Sumber: Spy X Family Fandom

Serial Spy X Family sedang booming di tahun 2022 ini. Kamu bisa menggunakan karakter ayah dari Anna Forger, yaitu Loid Forger, sebagai ide kostum halloween simple pria.

Karakternya sangat sederhana dengan hanya memakai baju kerja seperti biasa saja. Nantinya kamu bisa menggunakan sarung tangan hitam, wig pirang, hingga menggunakan pistol mainnya sebagai aksesoris tambahan.

4. Karakter di One Piece

Karakter di One Piece
Sumber: Popmama

Wah, siapa sih cowok yang tidak menyukai One Piece? Serial manga ini bahkan memiliki penggemar dari berbagai umur. Jika kamu bingung ingin memakai kostum apa untuk perayaan halloween kantor, kamu bisa mengambil salah satu karakter di One Piece, lho.

Setiap karakternya everlasting dan banyak yang mengenalnya, mulai dari Luffy, Zoro, Shanks, Sanji, Koby, dan lainnya.

5. Karakter di Naruto

Karakter di Naruto
Sumber: HiTekno

Series Naruto tetap menjadi favorit banyak orang. Karakter-karakter cowok di Naruto bisa kamu jadikan inspirasi untuk ide kostum halloween simple pria, lho. Mulai dari karakter Naruto, Sasuke, Kakashi, Itachi, Obito, dan lainnya.

Dari berbagai rekomendasi kostum halloween di atas, mana yang sangat menginspirasi kamu dan ingin mencobanya? Jika perayaan halloween kantor mengadakan kompetisi kostum paling seram, paling keren, hingga paling santai, kamu bisa mempertimbangkannya untuk memilih kostum yang harus dikenakan.

Namun, mana pun kostum halloween yang kamu pakai, yang penting kamu enjoy saat perayaan nanti, ya. Sebab perayaan diadakan kantor, kamu bisa santai sejenak dan tidak perlu memikirkan pekerjaan. Enjoy the moment dengan rekan kantor, ya!

Itulah tips memilih ide kostum halloween yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jika kamu membutuhkan tips lainnya seputar kerja, kamu bisa membacanya di blog KitaLulus, lho. Ada banyak tips dan trik seputar kerja yang bisa kamu simak.

KitaLulus juga menyediakan informasi lowongan kerja dari 50.000+ perusahaan besar di Indonesia. Untuk mengaksesnya secara gratis, kamu bisa langsung menginstal aplikasi KitaLulus. Daftarkan diri kamu hanya dengan masuk ke akun Google kamu yang aktif dan kamu sudah bisa mengakses 92.000+ informasi lowongan kerja dengan mudah.

Sistem aplikasi KitaLulus sangat aman sehingga data kamu terproteksi dengan baik. Tim KitaLulus juga bisa kamu andalkan sehingga jika mengalami kesulitan, kamu bisa melaporkan ke tim dan akan dibantu menangani kesulitan yang kamu hadapi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus sekarang!

Close Pop up