25 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits Selain Malioboro

Naura Agustina
Naura Agustina

Digital marketing enthusiast. Menekuni kepenulisan di bidang karir dan bisnis

Isi Artikel

Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun. Menjelang tahun baru, banyak karyawan mulai mengambil cuti untuk berlibur ke destinasi wisata yang sudah mereka tentukan. Jika kamu berencana liburan ke Jogja, maka kamu wajib mengunjungi tempat wisata di Jogja terbaru yang lagi hits.

Ketika mendengar kata Jogja, mungkin yang terlintas di benak orang hanya Malioboro dan Parangtritis. Padahal, Jogja juga memiliki puluhan destinasi wisata menarik lainnya. Penasaran dengan tempat tersebut? Yuk simak artikel KitaLulus berikut!

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Terbaru

Jogja sangat terkenal dengan suasananya yang hangat dan menyenangkan. Keramah tamahan warga lokal pasti membuat pengunjung tak pernah bosan untuk kembali. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru di Jogja yang wajib kamu kunjungi saat ke sana.

1. Suraloka Zoo

Suraloka Zoo
Sumber: Laman Resmi Suraloka Zoo

Jika kamu sedang mencari tempat wisata di Jogja untuk keluarga, berkunjung ke kebun binatang bisa menjadi pilihan yang menarik. Banyak pilihan kebun binatang yang ada di Jogja. Salah satunya adalah Suraloka Zoo yang baru dibuka akhir Desember lalu.

Selain berinteraksi dengan satwa-satwa di kebun binatang, di Suraloka Zoo terdapat wahana yang menarik seperti flying fox, high rope, menunggang kuda poni dan kuda sandel, hingga Artificial Reality (AR).

Jam buka: 09.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55585

Tiket masuk: Rp30.000,00

2. Museum Benteng Vredeburg

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah dan ingin tahu sejarah Jogja, kamu tidak boleh melewatkan Museum Benteng Vredeburg. Meski tidak termasuk tempat wisata baru, tempat ini sangat mudah dikunjungi karena posisinya tepat berada di utara Titik Nol Kilometer Jogja.

Jika kamu sedang mencari tempat wisata di Jogja dekat Malioboro, maka mengunjungi museum ini bisa menjadi pilihan yang seru dan edukatif.

Jam buka: (Selasa-Kamis) 07.30-16.00 WIB (Jumat, Sabtu, Hari Libur) 07.30-16.30 WIB

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122

Tiket masuk: (Anak) Rp2.000,00, (Dewasa) Rp3.000,00, (Mancanegara) Rp10.000,00

3. Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh
Sumber: Instagram @tumpengmenoreh 

Tumpeng Menoreh adalah sebuah restoran yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Konsep restoran ini terbilang unik karena didirikan di atas perbukitan. Nama Tumpeng Menoreh sendiri berasal dari bentuk restoran yang mengerucut ke atas seperti tumpeng. Sementara, Menoreh adalah nama perbukitan tempat restoran tersebut dibangun.

Restoran Tumpeng Menoreh buka setiap hari selama 24 jam. Oleh karena itu, di restoran ini kamu bisa menyantap makanan atau kopi sambil berburu pemandangan matahari terbit. Spot sunrise ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi Tumpeng Menoreh.

Pada siang hari, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro-Sindur dari restoran ini.

Jam buka: 24 jam

Alamat: Sumbersari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY, Indonesia, 55673

Tiket masuk: Rp50.000,00

Baca juga: 15 Ide Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga Anti Ngebosenin

4. Ledok Sambi

Yogyakarta adalah daerah yang punya jenis wisata sangat lengkap. Mulai dari wisata edukasi, wisata swafoto, hingga wisata alam semuanya tersedia di sini. Jika kamu sedang mencari tempat wisata alam di Jogja, Ledok Sambi bisa masuk daftar pilihanmu.

Ledok Sambi adalah wisata alam yang tersembunyi di daerah Sleman. Di sini kita disuguhkan pemandangan asri yang dapat disaksikan sambil bermain di tepian sungai.

Jam buka: 09.00-16.30 WIB

Alamat: No.KM. 19, Jl. Kaliurang No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Tiket masuk: Gratis

5. HeHa Sky View

HeHa Sky View
Sumber: Instagram @hehaskyview

Memandang Kota Gudeg dari ketinggian bisa menjadi pilihan tempat wisata di Jogja terbaru. Di HeHa Sky View, kamu dapat menikmati keindahan lanskap Jogja dan langitnya.

Di tempat ini, terdapat beberapa spot foto Instagramable dengan latar langit Jogja, seperti Sky Balloon, HeHa Aeroplane, Sky Swing, Macrame, dan Sky Glass. Untuk dapat berfoto di spot tersebut, pengunjung harus membayar biaya tiket tambahan.

Jam buka: (Weekday) 10.00-21.00 WIB, (Weekend) 08.00-21.00 WIB

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Bukit, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY 55862

Tiket masuk: Rp20.000,00 (belum termasuk spot foto)

6. HeHa Ocean View

Pantai selatan Jogja juga dapat dinikmati dari HeHa Ocean View. Di sini kamu bisa menikmati keindahan laut sambil berswafoto dan menikmati hidangan di restoran. HeHa Ocean View juga menyediakan fasilitas kabin dan glamping (glamorous camping) untuk pengunjung yang ingin menginap.

Pada malam 31 Desember 2022 nanti, HeHa Ocean View akan menyelenggarakan Perayaan Tahun Baru 2023 bersama-sama yang diberi tajuk “Ocean Colourboration” dengan HTM Rp100.000/orang.

Jam buka: (Weekday) 09.00-21.00 WIB, (Weekend) 08.00-21.00 WIB

Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Tiket masuk: Rp20.000,00 (belum termasuk spot foto)

Baca juga: 30 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits dan Terfavorit

7. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo
Sumber: Liputan 6

Rekomendasi tempat wisata Jogja yang lagi hits berikutnya yaitu Hutan Mangrove Kulon Progo. Di sini kamu bisa menikmati deretan pohon bakau (mangrove) yang indah. Selain itu kamu juga bisa berfoto di jembatan kayu dan ayunan.

Atau kamu dapat menyusuri tepi pantai menggunakan perahu yang sudah disediakan sambil melihat ekosistem pantai seperti ikan dan kepiting. Jangan lupa untuk menikmati sunset yang cantik saat berkunjung ke Hutan Mangrove yang berada di Kulon Progo ini, ya.

Jam buka: 24 jam

Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY 55654

Tiket masuk: Rp3.000,00

8. Kebun Teh Nglinggo

Selain Hutan Mangrove, Kulon Progo juga memiliki kebun teh yang tidak kalah memesona. Selain indah dipandang, kamu juga akan dimanjakan dengan udara yang sejuk. Untuk kamu yang suka sejarah, di kebun teh ini kamu bisa Napak Tilas sejarah tempat tinggal Pangeran Diponegoro.

Jam buka: 24 jam

Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DIY, Indonesia, 55673

Tiket masuk: Rp3.000,00

9. Alun-alun Kidul Jogja

Alun-alun Kidul Jogja
Sumber: Visiting Jogja

Mungkin kamu pernah mendengar cerita tentang dua pohon beringin besar yang konon jika orang berhasil berjalan di antara kedua beringin itu dengan mata tertutup, maka keinginannya akan terkabul. Tradisi melewati beringin ini disebut Masangin.

Kedua pohon beringin yang dimaksud terletak di Alun-alun Kidul Jogja. Selain itu, alun-alun ini juga menjadi ruang untuk publik. Sementara, di setiap tepinya banyak pedagang yang berjualan berbagai jenis makanan. Suasana alun-alun ini akan sangat ramai saat menjelang malam hari.

Jam buka: 24 jam

Alamat: Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55133

Tiket masuk: Gratis

Baca juga: 15 Tempat Healing di Bogor Terbaik, Dijamin Refreshing!

10. The World Landmark Merapi Park

Seperti namanya, The World Landmark Merapi Park menyuguhkan berbagai miniatur landmark dunia seperti Menara Eiffel, Kincir Angin Raksasa khas Belanda, Big Ben, Patung Liberty, dan lainnya. Selain sebagai sarana edukasi, miniatur bangunan-bangunan ini juga bisa menjadi spot foto yang menarik.

Tak jauh dari tempat ini terdapat Museum Gunung Merapi. Di sana, kamu akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana dahsyatnya letusan Gunung Merapi beberapa tahun silam dan imbas yang terjadi pada desa-desa sekitar.

Jam buka: (Weekday) 09.00-17.00 WIB, (Weekend) 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55582

Tiket masuk: (Weekday) Rp20.000,00, (Weekend) Rp22.000,00

11. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Sumber: Indonesia Travel

Tebing Breksi cocok menjadi rekomendasi tempat wisata tahun baru di Jogja. Awalnya, ini merupakan wilayah bekas tambang batuan kapur. Penemuan batu tufan yang langka pada tahun 2014 menghentikan aktivitas tambang dan menjadikan tempat ini sebagai Geoheritage Yogyakarta.

Sejak saat itu, tebing ini dipahat oleh warga sekitar menjadi bentuk relief dan cerita pewayangan untuk menarik wisatawan. Dari atas Tebing Breksi yang memiliki tinggi 200 mdpl, kamu akan disuguhkan pemandangan Kota Jogja yang indah.

Jam buka: 06.00 - 20.00 WIB

Alamat: Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55572

Tiket masuk: Rp10.000,00

12. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monjali adalah destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat kamu pergi ke Jogja dan dinikmati pada malam hari. Tempat ini menyuguhkan keindahan taman yang dipenuhi lampion warna-warni yang kemudian menjadi cikal bakal penamaan taman ini. Taman Pelangi Monjali berada dalam satu kawasan dengan Monumen Jogja Kembali (Monjali).  

Jam buka: (Weekday) 16.30 - 22.00 WIB, (Weekend) 16.30 - 23.00 WIB

Alamat: Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55284

Tiket masuk: (Weekday) Rp15.000,00, (Weekend) Rp20.000,00

Baca juga: 15 Rekomendasi Coworking Space Jogja yang Cocok untuk Kerja

13. Obelix Hills

Obelix Hills
Sumber: Travels Promo

Tempat wisata di Jogja terbaru memang tak ada habisnya. Obelix Hills adalah salah satunya. Tempat ini menawarkan spot foto yang Instagramable dan sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi fotografi.

Keindahan pemandangan alam asri dan sunset Jogja yang dapat terlihat jelas dari tempat ini menjadi daya tarik bagi pengunjung. Obelix Hills terletak di sebelah tenggara Candi Prambanan dan termasuk ke dalam Shiva Plateau.

Jam buka: (Weekday) 10.00 - 21.00 WIB, (Weekend) 07.00 - 21.00 WIB

Alamat: Klumprit, Blok I & 2, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Tiket masuk: (Weekday) Rp15.000,00, (Weekend) Rp20.000,00

14. Agro Wisata Bhumi Merapi

Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata di Jogja untuk keluarga, maka tempat ini juga bisa menjadi pilihan. Agro Wisata Bhumi Merapi menampilkan aneka satwa. Anak-anak yang berkunjung bisa melakukan interaksi dengan beberapa satwa dengan memberi makan.

Selain berinteraksi dengan satwa, di tempat ini juga terdapat berbagai spot foto yang mengusung konsep tempat di luar negeri seperti Santorini di Yunani dan Arab Street di Timur Tengah.

Jam buka: 09.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Tiket masuk: Rp30.000,00

15. Jogja Exotarium

Jogja Exotarium
Sumber: Visiting Jogja

Sama seperti Agro Wisata Bhumi Merapi, Jogja Exotarium juga punya berbagai satwa yang bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. Mereka bisa memberi makan satwa dengan pakan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Selain melihat dan memberi makan berbagai satwa, di tempat ini juga terdapat wahana keluarga seperti perahu bebek, wahana panahan, serta tunggang kuda.

Jam buka: 09.00-16.00 WIB

Alamat: Jl. Kabupaten No.99 Duwet, Duwet, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55285

Tiket masuk: (Weekday) Rp20.000,00, (Weekend) Rp25.000,00

Baca juga: 10 Ide Games Seru untuk Acara Kumpul Indoor & Outdoor

16. Desa Wisata Kalibiru

Kalibiru merupakan sebuah desa yang berada di Kulon Progo. Tempat wisata alam di Jogja ini terletak di ketinggian 450 mdpl.

Keasrian hutan yang menjadi pemandangan dari area tersebut selalu dijaga oleh masyarakat sekitar agar tetap cantik dan hijau. Mereka bahkan sempat melakukan penghijauan terlebih dahulu karena tandusnya wilayah ini di masa lalu.

Karena cepatnya informasi yang tersebar melalui media sosial, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di Desa Wisata Kalibiru.

Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB

Alamat: Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Tiket masuk: (Weekday) Rp5.000,00, (Weekend) Rp10.000,00

17. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Sumber: Travel Kompas

Berkendara sekitar 25 km dari Kota Yogyakarta, kamu sudah bisa menikmati destinasi wisata yang terkenal sebagai Negeri di Atas Awan. Dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan Sungai Oya, perbukitan, bahkan Pantai Parangtritis dari kejauhan.

Selain menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian 200 mdpl,i kamu juga akan disuguhkan dengan kebun yang memiliki berbagai jenis buah. Buah-buahan ini bisa kamu panen dan dibeli untuk dibawa pulang, lho!

Jam buka: 08.00-18.00 WIB

Alamat: Jl. Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55783

Tiket masuk: Rp5.000,00

18. Sindu Kusuma Edupark

Jika kamu mencari wisata edukasi yang modern, kamu bisa berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark. Di sini kamu dapat menemukan Cakra Manggilingan, sebuah wahana bianglala setinggi 48 meter yang juga merupakan bianglala tertinggi di Indonesia.

Wahana lain yang terdapat di SKE adalah Komedi Putar, Sepeda Mabur, Kopi Puter, dan Roti Puter. Terdapat juga wahana waterpark yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Wahana edukatif yang berada di Sindu Kusuma Edupark di antaranya Omah Batik dan Omah Musik.

Jam buka: (Selasa-Jumat) 09.00-17.00 WIB, (Sabtu, Minggu, Hari Libur) 08.00-18.00 WIB, (Senin Tutup)

Alamat: Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Tiket masuk: Rp25.000,00-Rp60.000,00

Baca juga: 15 Tempat Healing di Jakarta Paling Seru dan Terjangkau

19. Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten
Sumber: Umbul Ponggok

Jika kamu tidak berani melakukan snorkeling dan diving di laut lepas, maka kamu wajib mencoba sensasinya di Umbul Ponggok yang berada di Klaten. Tempat ini merupakan sebuah mata air alami yang memiliki air jernih.

Jernihnya air memungkinkan kamu untuk melakukan foto underwater dengan membawa berbagai properti. Kamu tidak perlu khawatir hasil fotonya akan jelek karena di tempat ini sudah tersedia jasa sewa fotografer profesional dengan kamera khusus underwater.

Jam buka: 08.00-16.00 WIB

Alamat: Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474

Tiket masuk: Rp15.000,00

20. Taman Sari

Taman Sari merupakan situs bekas taman istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Salah satu ikon yang menarik dari Taman Sari adalah kolam air yang dikelilingi oleh benteng. Pada zaman dahulu, kolam ini dipergunakan untuk mandi oleh istri-istri Sultan.

Selain kolam air, di tempat ini juga terdapat kanal air, ruangan-ruangan, tempat beristirahat, dan tempat pengintaian. Dalam area Taman Sari terdapat sebuah terowongan yang konon bisa menjadi jalan pintas menuju laut selatan.

Jam buka: 09.00-15.00 WIB

Alamat: Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55133

Tiket masuk: (Domestik) Rp5.000,00, (Mancanegara) Rp15.000,00

21. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Sumber: Katalog Wisata

Air Terjun Sri Gethuk terkenal dengan debit airnya yang tidak pernah kering. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Jika tidak bisa berenang, kamu bisa menyewa ban yang sudah disediakan.

Air Terjun Sri Gethuk berada di tepi Sungai Oya meluncur bebas dari ketinggian 50 meter. Air terjun ini berasal dari Mata Air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Selain berenang, kamu juga dapat berfoto dengan latar tebing batuan karst yang menawan.

Jam buka: 08.00-16.00 WIB

Alamat: Air Terjun Sri Gethuk, Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Tiket masuk: Rp15.000,00

Baca juga: 7 Destinasi Work from Bali yang Nyaman dan Wajib Dikunjungi

22. Pintu Langit Dahromo

Semakin banyaknya pengunjung yang mencari spot foto yang Instagramable telah mendorong bermunculannya tempat wisata dengan spot foto menarik. Salah satunya adalah Pintu Langit Dahromo yang berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Dinamai Pintu Langit Dahromo karena di tempat ini terdapat sebuah pintu yang terbuka yang seolah langsung mengarah ke langit. Menariknya, penataan kawasan wisata ini dibangun menggunakan limbah-limbah kayu tak terpakai.

Jam buka: 08.00-22.00 WIB

Alamat: Jl. Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Tiket masuk: Rp5.000,00

23. Hutan Pinus Pengger

Sumber: Trip Advisor

Salah satu tempat wisata di Jogja yang murah adalah Hutan Pinus Pengger. Hutan pinus memang selalu menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Suasana yang sejuk dan asri inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Selain menikmati sejuknya hutan pinus, di sini juga terdapat beberapa spot foto Instagramable di mana kamu bisa mengambil foto dengan latar kelap-kelip lampu kota.

Jam buka: 08.00-21.00 WIB

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Tiket masuk: Rp5.000,00

24. Pantai Nglambor

Selain Pantai Parangtritis yang sudah terkenal, Jogja masih memiliki banyak pantai lain yang tidak kalah cantiknya, lho! Salah satunya adalah Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga ombaknya terkenal besar. Namun, di tepi pantai terdapat dua batu karang yang menyerupai kura-kura besar yang dinamai “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul”.

Batu karang besar ini cukup untuk memecah ombak sehingga pantai menjadi aman dikunjungi. Panorama ekosistem bawah laut di Pantai Nglambor ini juga terkenal sangat cantik sehingga cocok untuk menjadi tempat snorkeling.

Jam buka: 07.00-17.00 WIB

Alamat: Dusun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

Tiket masuk: Rp5.000,00

25. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Sumber: Pantainesia

Posisi geografis Jogja yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia menjadikan wilayah ini memiliki banyak pantai. Selain Pantai Nglambor yang sudah dibahas sebelumnya, terdapat juga Pantai Jogan. Kedua pantai ini sama-sama terletak di Gunungkidul.

Yang menarik dari Pantai Jogan adalah adanya air terjun yang berasal dari aliran dua sungai yang disebut Air Terjun Pengantin. Konon, jika mandi di bawah air terjun ini kamu akan cepat mendapat jodoh. Tertarik mencoba?

Jam buka: 24 jam

Alamat: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

Tiket masuk: Rp5.000,00

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja terbaru dan hits yang bisa kamu kunjungi pada liburan akhir tahun ini. Hangat dan nyamannya suasana Jogja pasti membuatmu betah dan selalu ingin kembali.

Bahkan beberapa dari kamu ada yang memiliki keinginan untuk bekerja di Jogja. Kabar baiknya, jika kamu sedang mencari pekerjaan dengan lokasi tertentu, kamu bisa mencarinya menggunakan aplikasi KitaLulus!

KitaLulus merupakan platform job portal teraman yang di dalamnya terdapat puluhan ribu lowongan pekerjaan. Kamu bisa menggunakan fasilitas filter untuk mencari pekerjaan sesuai lokasi yang kamu inginkan. Caranya mudah, kamu tinggal menginstall aplikasinya di ponsel, mendaftar, dan langsung mencari pekerjaan impianmu. Jadi tunggu apalagi, yuk segera instal aplikasi KitaLulus!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up