11 Ide Liburan Akhir Tahun yang Seru dan Menyenangkan

Nisa Maulan Shofa
Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Bulan Desember sudah hampir habis tapi kamu belum tahu mau liburan ke mana? Tenang, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Di sini, KitaLulus akan memberikan 11 ide liburan akhir tahun yang asyik agar kamu bisa melepas penat dari hari-hari yang padat. Simak hingga akhir, ya!

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun yang Asyik

Liburan akhir tahun bisa kamu isi dengan berbagai kegiatan bersama teman, keluarga, atau pasangan. Ingin memilih liburan hanya di rumah? Bisa. Atau ingin jalan-jalan sambil menikmati pemandangan? Bisa juga. Dengan menikmati kebersamaan saat akhir tahun, kamu bisa menambah erat hubungan dengan pasangan, keluarga, hingga teman.

Nah, tak perlu berlama-lama, berikut ide liburan di akhir tahun yang bisa kamu coba.

1.  Camping

Camping

Ingin menikmati waktu liburan sekaligus menyambut tahun baru di alam? Kamu bisa pergi camping. Pilih konsep camping yang sesuai dengan kantong kamu, seperti camping di lapangan kemah biasa atau melakukan glamour camping (glamping) yang pastinya akan membutuhkan biaya lebih besar.

Berkemah bersama teman, keluarga, atau pasangan saat liburan natal dan tahun baru sangat seru. Kamu bisa menyalakan kembang api bersama, menghitung mundur waktu pergantian tahun, hingga me-review hal-hal gembira yang sudah dilewati selama setahun ini.

2. Hiking

Rekomendasi liburan akhir tahun berikutnya adalah hiking. Kegiatan ini sangat menarik karena kamu bisa menghabiskan waktu bersama sosok tersayang sambil berolahraga santai. Hiking bisa dilakukan di track yang ringan atau langsung di perbukitan sehingga tidak terlalu melelahkan.

3. Piknik Santai

Rekomendasi yang ketiga ini bisa menjadi ide liburan keluarga yang seru. Memilih untuk piknik santai sambil mengobrol akan menjadi acara kebersamaan yang menyenangkan.

Pagi atau siang kamu bisa berpiknik santai di taman atau pantai, lalu berlanjut hingga malam untuk melakukan barbecuing sembari menyambut pergantian tahun. Acaranya sederhana, tetapi akan tetap menyenangkan dan seru untuk diingat sekaligus pasti menjadi acara tahunan yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Ada Berapa Hari Libur Januari 2023? Cek Infonya di Sini

4. Wisata Budaya dan Sejarah

Wisata Budaya dan Sejarah
Sumber: iNews

Mengunjungi museum, candi, atau wisata budaya lainnya dapat menjadi ide liburan natal dan tahun baru yang cocok untuk keluarga. Terlebih jika kamu mengajak anak atau keponakan. Jadi, mereka bisa berlibur sekaligus belajar tentang sejarah dan budaya Indonesia deh!

5. Menonton Bioskop Lalu Keliling Kota

Bioskop menjadi tempat yang tidak pernah salah untuk dipilih di tanggal 31 Desember. Selain banyak film seru yang tayang saat akhir tahun, menonton bioskop sebagai kegiatan akhir tahun juga menjadi kegiatan yang simpel, tetapi asik.

Tips sederhana, kamu bisa pilih film dengan jam tayang sekitar pukul 21.00 atau 20.00 jika film berdurasi dua hingga tiga jam. Setelah itu, kamu bisa berkeliling kota untuk menikmati suasana pergantian tahun.

Di jam 23.00 hingga hampir tengah malam biasanya jalanan akan lengang sehingga kamu akan menikmati momen berkendara dengan sosok kesayangan.

Pada pukul 00:00 pas, kamu bisa berhenti di pinggir jalan atau di tempat di mana banyak orang menyalakan kembang api untuk menikmati pertunjukkan kembang api di langit. Kamu juga bisa mencari kuliner lezat selama menunggu waktu pergantian tahun.

6. Staycation

Staycation menjadi ide untuk melepas penat yang sederhana sekaligus paling seru, apalagi dilakukan bersama teman atau keluarga besar. Kamu hanya perlu melakukan booking hotel, bisa pilih hotel mewah atau hotel dengan konsep lucu, setelah itu nikmati waktu bersama.

Jika memang kamu ingin staycation di tanggal 31 malam, jangan booking hotel di hari yang mepet, ya. Lakukan jauh-jauh hari supaya harga tidak terlalu mahal dan tidak kehabisan kamar.

Baca Juga: 12 Hotel Staycation Jakarta Terbaik, Murah, dan Nyaman

7. Mengunjungi Taman Hiburan

Taman hiburan akan selalu menjadi tempat liburan akhir tahun yang menyenangkan, terutama untuk anak-anak. Hal ini bisa menjadi ide liburan keluarga yang wajib kamu coba.

8. Pergi ke Kebun Binatang

Selain taman hiburan, kebun binatang juga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Setelah pergi ke kebun binatang, kamu bisa merencanakan untuk piknik lucu di taman dekat kebun binatang. Kamu dapat mengajak sahabat atau keluarga besarmu.

9. Berkumpul dengan Komunitas

Jika kamu bekerja di luar kota dan tidak bisa pulang ke rumah untuk menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga, kamu bisa menghabiskan waktu bersama teman komunitas.

Pada umumnya, suatu komunitas pasti akan mengadakan acara untuk merayakan tahun baru, entah hanya sekadar diskusi atau hunting kuliner bersama. Dengan begitu, momen akhir tahun kamu tidak akan terlalu menyedihkan karena jauh dari keluarga.

10. Menonton Konser

Menonton Konser

Kamu akan menemukan banyak informasi tentang konser menyambut tahun baru. Biasanya konser ini akan dapat dijumpai di alun-alun kota atau bahkan di pusat perbelanjaan. Tenang saja, acara konser seperti ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi, kamu dan teman-teman kamu bisa menikmati tahun baru bersama dengan sangat seru.

Namun, ingat ya. Jaga diri dengan baik sebab biasanya acara konser akan dikunjungi banyak orang. Jangan sampai berdesak-desakan dan terluka.

11. Menonton Film di Rumah

Ingin menikmati liburan akhir tahun di rumah saja? Bisa dong. Kamu bisa memilih film yang disukai semua orang lalu menontonnya bersama keluarga di rumah. Sambil menonton film, kamu bisa menyediakan cemilan atau makanan untuk dinikmati. Ini akan menjadi ide liburan di rumah yang sederhana tapi tetap seru untuk dilakukan.

Baca Juga: Siapkan Popcorn! 12 Film Rekomendasi untuk Ditonton Saat Liburan!

Tips Liburan Akhir Tahun

Setelah menyimak ide kegiatan di atas, kamu juga perlu mencermati tips melaksanakan liburan akhir tahun, nih. Tips berikut bisa kamu gunakan supaya budget, tempat, dan kegiatan tetap aman.

  1. Rencanakan dari jauh hari jika ingin melaksanakan kegiatan yang mewah dan perlu persiapan khusus.
  2. Jangan hanya satu orang yang mengurus kegiatan, tetapi libatkan semua orang supaya persiapan lebih matang dan kegiatan berjalan dengan baik.
  3. Booking hotel atau pesan tiket dari jauh hari jika ingin melakukan staycation atau bahkan liburan di luar kota.
  4. Rencanakan keuangan dengan matang jika memang liburan kamu harus mengeluarkan banyak biaya.
  5. Susun itinerary dengan baik jika ingin melaksanakan banyak kegiatan dalam beberapa hari.
  6. Jaga kesehatan.

Itulah berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk menikmati liburan akhir tahun dengan menyenangkan bersama pasangan, keluarga, atau teman. Namun, jika kamu ingin me time saat pergantian tahun, silakan ya. Terlebih jika kamu merasa lelah dan harus beristirahat. Jangan sampai bertambah lelah hanya karena kegiatan menyambut tahun baru sebab esok harinya harus kembali bekerja.

Untuk kamu yang harus bekerja di akhir tahun bahkan saat malam tahun baru, semangat! Kamu sangat keren dan pasti suatu saat kerja keras kamu akan terbayar!

Dan untuk kamu yang memiliki resolusi tahun baru untuk mendapatkan kerja pertama atau kantor baru, kamu bisa menginstal aplikasi KitaLulus. Ada lebih dari puluhan ribu lowongan kerja yang bisa kamu akses secara gratis dari 70.000+ perusahaan di Indonesia.

Yuk, lamar lowongan kerja sekarang juga di KitaLulus untuk mendapatkan pekerjaan impian di tahun baru!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up