Metode Rekrutmen Internal dan Eksternal, Mana Lebih Efektif?

Naura Agustina

Digital marketing enthusiast. Menekuni kepenulisan di bidang karir dan bisnis

hrd
Isi Artikel

Karyawan merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan. Pasalnya, mereka memiliki pengaruh atas keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Hal inilah yang menjadikan proses pencarian kandidat berkualitas tidak boleh dilakukan sembarangan. Terdapat dua sumber untuk mendapatkan kandidat, yaitu melalui rekrutmen internal dan eksternal.

Lantas apa perbedaan rekrutmen internal dan eksternal? Simak penjelasannya dalam artikel berikut!

Rekrutmen Internal

Rekrutmen Internal

Rekrutmen internal adalah proses rekrutmen di mana perusahaan akan mengisi posisi kosong dalam perusahaan dengan karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut. 

Terdapat tiga metode rekrutmen internal, yaitu promosi (naik jabatan), rotasi (perputaran peran), dan demosi (turun jabatan).

Selain anggaran rekrutmen yang lebih murah, kelebihan dari perekrutan karyawan internal adalah bahwa karyawan sudah mengetahui cara kerja perusahaan dan budayanya. Biasanya kandidat ini ingin berpindah posisi karena naik jenjang karier, menginginkan tantangan baru, maupun bentuk penyesuaian diri lainnya.

Namun terdapat juga beberapa kekurangan dari metode rekrutmen ini, seperti terbatasnya potensi karyawan, stagnasi perusahaan, kesenjangan antar karyawan, dan munculnya posisi lain yang kosong.

Baca juga: Cara Menghitung Anggaran Rekrutmen (Cost per Hire) & Tips Menghematnya

Rekrutmen Eksternal

Rekrutmen eksternal mengambil kandidat dari orang yang tidak sedang bekerja di perusahaan tersebut. Meski ditargetkan untuk orang luar, namun tidak menutup kemungkinan bagi calon kandidat internal juga ikut melamar nantinya.

Terdapat banyak metode yang digunakan untuk melakukan rekrutmen eksternal, seperti promosi di media sosial dan situs web perusahaan. Bahkan kini sudah sangat banyak tersedia situs job portal yang membuat iklan lowongan kerja Anda dilihat oleh lebih banyak orang, salah satunya KitaLulus.

Kelebihan rekrutmen eksternal sendiri adalah munculnya ide-ide baru yang segar dan inovatif. Selain itu rekrutmen ini bisa meningkatkan daya saing perusahaan. Hal tersebut didasari oleh banyaknya talent pool yang tersedia, sehingga proses perekrutan bisa menyasar pada calon kandidat yang pernah bekerja di perusahaan kompetitor dan membawa inovasi untuk membangun strategi bisnis dengan level yang lebih tinggi.

Sedangkan kekurangan rekrutmen eksternal yaitu dibutuhkannya biaya yang lebih besar. Namun biaya yang besar tersebut sebenarnya bisa menjadi investasi bagi perusahaan untuk mendapat karyawan yang berkualitas.

Hal ini senada dengan penelitian yang dilakukan Potale, dkk., yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara rekrutmen dan seleksi terhadap kinerja karyawan, di mana semakin baik rekrutmen dan seleksi, maka akan berdampak pada peningkatan kinerja karyawan.

Metode Rekrutmen Eksternal

Metode Rekrutmen Eksternal

Berbeda dengan rekrutmen internal yang memiliki sumber karyawan terbatas hanya dari dalam perusahaan, rekrutmen eksternal justru melakukan pengisian posisi pekerjaan melalui proses hiring karyawan baru dari luar lingkungan kerja.

Berikut beberapa metode atau strategi yang bisa dilakukan perusahaan:

1. Agensi Rekrutmen

Agensi rekrutmen atau headhunter merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk proses hiring. Sebuah headhunter memberi layanan kepada perusahaan untuk mencari kandidat yang memiliki kualitas terbaik dengan pengalaman kerja yang signifikan.

Namun, agensi rekrutmen memiliki kekurangan, salah satunya adalah harganya terbilang sangat mahal. Untuk membayar jasa headhunter, Anda perlu mengeluarkan 15-20% dari total 13 kali gaji karyawan.

Biaya ini tentunya di luar gaji pokok, bonus, maupun tunjangan yang harus Anda bayarkan kepada karyawan yang berhasil direkrut melalui headhunter tersebut. Itulah mengapa jasa headhunter seringnya digunakan untuk mencari karyawan pada level senior.

2. Lembaga Pendidikan

Dewasa ini banyak perusahaan yang mulai bekerja sama dengan instansi pendidikan. Biasanya mereka bekerja sama dengan sekolah-sekolah maupun kampus-kampus vokasi untuk menjaring calon kandidat siap kerja. 

Dalam rekrutmen melalui lembaga pendidikan, calon kandidat yang ditargetkan adalah para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman.

3. Lembaga Pemerintahan

Pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Ketenagakerjaan, memiliki agenda pengurangan angka pengangguran. Biasanya instansi-instansi pemerintahan tersebut akan menggelar acara job fair yang bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang mencari kandidat.

Metode ini memang cukup baik dalam menjaring banyak kandidat. Namun sayangnya, Anda membutuhkan cukup banyak waktu untuk mencari dan menyeleksi karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

4. Employee Referral

Dibandingkan melalui lembaga, metode ini terbilang lebih terbatas. Employee referral sendiri merupakan metode yang digunakan untuk mencari kandidat melalui rekomendasi dari karyawan yang sudah bekerja pada perusahaan Anda. Mereka diminta mencari kolega yang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Employee Referral Program: Pengertian, Manfaat, & Cara Menjalankannya

5. Job Ad

Metode terakhir yang sangat sering dilakukan dalam rekrutmen eksternal adalah menggunakan job ad atau iklan lowongan pekerjaan. Sebuah job ad dapat dipasang pada platform job portal.

Job ad banyak diminati karena cukup efektif untuk menjaring banyak calon kandidat. Namun, seperti halnya sebuah job fair, metode job ad memiliki kekurangan yaitu proses seleksi menghabiskan lebih banyak waktu.

Sebuah job ad memang mampu mendatangkan banyak pelamar kerja. Sayangnya, banyak dari lamaran kerja yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini tentunya akan membuat Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyortirnya.

Untuk mengatasinya, KitaLulus dapat membantu Anda dengan premium rekrutmen dalam proses seleksi karyawan hanya dalam 2 menit. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menyortir lamaran yang masuk secara manual.

Dengan menggunakan premium rekrutmen ini, Anda bisa menyaring lebih banyak lagi calon kandidat tanpa khawatir akan kesulitan menyeleksi ribuan lamaran. Alhasil, kemungkinan untuk mendapatkan calon kandidat terbaik semakin besar. Percayakan proses perekrutan dengan lebih cepat menggunakan premium rekrutmen dari KitaLulus. Daftarkan diri Anda sekarang juga!

cari karyawan
Berlangganan informasi tentang rekrutmen dan dapatkan penawaran terbaik kami
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd
Close Pop up