Mengenal Posisi Account Manager, Tugas, Jenjang Karir, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Account manager Di dunia bisnis, account manager bisa disebut juga sebagai tangan kanan perusahaan untuk menangani klien. Terlebih dalam perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, klien akan dipegang oleh account manager sehingga kebutuhan yang diperlukan akan ditangani dengan baik.

Jika kamu memahami account executive, maka peran account manager ini akan mudah kamu pahami. Sebab, account manager merupakan jenjang karir selanjutnya dari account executive.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak artikel KitaLulus ini. Akan dijelasnya pengertian account manager, tugasnya, kemampuan yang harus dimiliki, jenjang karir, hingga nominal gaji yang bisa kamu dapatkan. Tidak perlu berlama-lama, yuk lekas simak artikel ini hingga selesai!

Pengertian Account Manager

Account manager adalah suatu posisi yang memiliki tanggung jawab untuk mengurus hubungan antara klien dan perusahaan. Pengelolaan hubungan ini dimaksudkan supaya klien mencapai tujuannya.

Misal, dalam sebuah perusahaan konsultan harus mendapatkan klien bisnis yang sedang berkembang. Maka, seorang account executive akan bertugas untuk mendapatkan klien pebisnis di tahap early stage. Setelah account executive berhasil mendapatkan klien dan telah dilakukan negosiasi kontrak, klien akan diserahkan kepada account manager.

Di sini, account manager kemudian akan menangani semua kebutuhan klien sehingga merasa puas dengan pelayanan yang didapat. Ia akan menjelaskan semua pelayanan yang ditawarkan perusahaan hingga hal apa saja yang bisa dilakukan klien supaya bisnisnya bisa bertumbuh bersama perusahaan tersebut.

Tugas account manager tidak hanya menangani satu klien, tetapi beberapa klien. Nah, tugas lainnya dari account manager, bisa kamu pelajari di penjelasan berikut ya.

BACA JUGA: Sales Counter Adalah: Ketahui Pengertian, Tugas, Kualifikasi hingga Gaji, Di Sini!

Tugas Account Manager

Tugas dan tanggung jawab account manager

Biasanya, tolak ukur kesuksesan tugas account manager adalah tingkat kepuasan klien. Jika klien mencapai tujuannya selama bergabung dengan perusahaan, berarti account manager telah berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

Mau tahu lebih lengkap tentang tanggungjawab dan tugas account manager? Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Melakukan Analisis Kebutuhan Klien

Seseorang memutuskan untuk menjadi klien suatu perusahaan tentu saja memiliki tujuan yang jelas. Pada umumnya, mereka membutuhkan solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Jika di suatu perusahaan periklanan, klien bergabung karena membutuhkan jasa untuk mempromosikan produknya. Tujuannya tentu supaya produk dikenal oleh lebih banyak masyarakat hingga meningkatkan penjualan.

Nah, di sini seorang account manager akan menganalisis apa saja kebutuhan klien. Misalnya, klien ingin memasarkan sebuah produk makanan sehat. Maka, account manager harus tahu target market klien, kompetitor klien, hingga perilaku calon konsumen produk tersebut.

2. Melayani Klien dengan Maksimal

Pelayanan yang maksimal kepada klien menjadi salah satu tugas account manager paling utama. Jika memang apa yang diinginkan klien ternyata tidak sesuai dengan kondisi pasar, account manager harus menjelaskan dengan baik sehingga klien tidak tersinggung.

Pelayanan ini juga bisa berpengaruh pada pemasaran produk perusahaan kepada klien. Sebab, account manager juga memiliki tanggung jawab untuk menawarkan produk lain kepada klien yang sebelumnya tidak disebutkan dalam kontrak.

Dan, jika perusahaan memiliki tingkatan hubungan kerja sama, seorang account manager juga harus mengetahui bagaimana membuat klien bisa upgrade kontrak.

3. Menjaga Hubungan Baik Perusahaan dengan Klien

Meskipun tugas account manager salah satunya adalah membantu klien mencapai tujuan bisnis, jangan putus hubungan apabila kerjasama/kontrak telah selesai ya!

Menjaga hubungan dengan klien secara berkelanjutan menjadi poin plus untuk account manager. Jadi, meskipun di suatu hari klien ternyata tidak memperpanjang kontrak, ketika account manager masih menjaga hubungan baik dengan klien, potensi klien tersebut kembali ke perusahaan tentu terbuka lebar.

4. Membuat Strategi Pemasaran dan Menentukan Target Capaian

Strategi pemasaran dan target capaian biasanya account executive lakukan bersama tim dari divisi lain. Untuk membuat target capaian jumlah klien per bulan, biasanya dibuat bersama tim sales dan account executive.

Berbeda lagi dengan strategi pemasaran akan lebih banyak dilakukan antara account manager dengan tim pemasaran, baik konvensional maupun digital. Dengan adanya kerja sama ini, cara pemasaran akan lebih efektif sehingga value perusahaan akan tersampaikan ke masyarakat dan klien yang datang akan memiliki visi misi yang sama.

Skill yang Harus Dimiliki Account Manager

Skill yang harus dimiliki account manager

Untuk menjalankan tugasnya dengan baik, ada beberapa skill yang perlu dimiliki account manager, diantaranya:

  • Kemampuan komunikasi yang baik.
  • Kemampuan analisis yang detail dan tepat.
  • Jeli dalam analisis potensi klien sehingga memberi dampak positif kepada perusahaan.
  • Mengikuti tren pasar.
  • Manajemen waktu yang baik.

BACA JUGA: Mengenal Sales Executive: Pengertian, Tugas, Skill hingga Gaji yang Didapatkan

Jenjang Karir Account Manager

Account manager memiliki jenjang karier yang menjanjikan. Ada 4 tingkatan karir, yaitu account manager, key account manager, regional sales manager, dan director of sales atau vice president of sales.

Untuk memahami setiap tingkatan karir tersebut, kamu bisa mempelajarinya di penjelasan berikut ini.

1. Account Manager

Kamu bisa menjadi account manager ketika mendapatkan promosi dari posisi senior account executive. Namun, bisa juga kamu mendapatkan peran ini langsung dari proses rekrutmen.

Namun, tentu saja proses rekrutmen tersebut ditujukan untuk yang sudah memiliki pengalaman sebagai account executive atau account manager sebelumnya.

2. Key Account Manager

Posisi ini ada di tingkat selanjutnya setelah account manager. Key account manager akan bertugas untuk menyiapkan strategi, proses, hingga persiapan sumber daya yang dapat digunakan untuk melayani klien.

3. Regional Sales Manager

Regional sales manager atau sales manager pada umumnya bertugas untuk mengatur para tim penjualan sehingga mencapai target yang ditentukan, atau bahkan melebihi target.

4. Director of Sales/Vice President of Sales

Jenjang karir account manager selanjutnya adalah director of sales. Posisi ini berperan sebagai penanggung jawab untuk mengelola dan melakukan pengawasan tentang fungsi penjualan di perusahaan.

BACA JUGA: Marketing Executive Adalah: Pengertian, Tugas, Jenjang Karir, Kisaran Gaji

Standar Gaji Account Manager di Indonesia

Gaji account manager di Indonesia

Karena peran account manager sudah dalam tahap manajerial, gaji yang diperoleh tentu saja tinggi. Rentang gaji yang diperoleh adalah Rp9.500.000 – Rp30.000.000. Namun, besar gaji tentu saja ditentukan oleh perusahaan dan tingkat pengalamanmu. Jika berhasil bekerja di perusahaan multinasional, seorang account manager bahkan bisa mendapat gaji hingga Rp50.000.000 - 100.000.000 dalam sebulan.

BACA JUGA: Seperti Apa Itu Pekerjaan Marketing Communication Andal? Simak Di Sini!

Nah, itulah hal-hal yang bisa kamu ketahui tentang peran account manager. Jika kamu sudah memiliki pengalaman secara account executive kamu bisa memiliki peluang yang besar untuk melamar di posisi ini.

Atau jika kamu ingin mencari suasana kantor baru dengan tetap berperan sebagai account manager, kamu bisa mencari lowongan kerja account manager untuk yang berpengalaman. Pencarian lowongan kerja yang dipercaya tentu saja melalui aplikasi KitaLulus.

Dengan KitaLulus, kamu bisa mencari ratusan lowongan pekerjaan sebagai account manager dari berbagai perusahaan di Indonesia atau multinasional lho!

Yuk, gunakan aplikasi KitaLulus untuk mencari teman terpercaya dalam melamar pekerjaan, pasti dapat kerja dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!