Cara Cek Bantuan Subsidi Upah (BSU) Ketenagakerjaan 2022

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Bantuan Subsidi Upah atau BSU Ketenagakerjaan 2022 akan cair pada September secara bertahap. Tahap pertama sudah dilakukan pada 12 September 2022 dengan total 4,3 juta penerima.

Sementara penyaluran dana BSU Ketenagakerjaan 2022 tahap kedua akan dilakukan pada maksimal akhir September dengan total kurang lebih 2,4 juta penerima.

Apakah kamu termasuk dalam salah satu penerima dana BSU Ketenagakerjaan 2022? Yuk cek info selengkapnya berikut!

Syarat Penerima BSU Ketenagakerjaan 2022

syarat penerima BSU ketenagakerjaan

Pemerintah melalui program BSU Ketenagakerjaan 2022 telah memberikan dana sebesar Rp600.000 kepada lebih dari 14,6 juta karyawan yang memenuhi persyaratan.

Jumlah ini merupakan jumlah final setelah Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pemadanan data dari BPJS Ketenagakerjaan yang awalnya memberikan kepada total 16 juta jumlah karyawan.

Adapun syarat penerima BSU Ketenagakerjaan 2022 adalah sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia dengan kartu identitas yang aktif.
  2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga 30 Juli 2022.
  3. Memiliki gaji maksimal Rp3.500.000.
  4. Jika kamu bekerja di wilayah dengan upah minimum di atas Rp3.500.000, maka persyaratan gaji maksimal dihitung berdasarkan UMP/UMK yang dibulatkan ke atas.
  5. Bukan merupakan PNS, Polri, atau TNI.
  6. Belum menerima bantuan sosial program apa pun dari pemerintah.

Baca juga: Kartu BPJS Hilang? Begini Cara Mengurusnya - KitaLulus

Cara Cek Penerima BSU Ketenagakerjaan 2022

Apakah kamu sesuai dengan syarat-syarat di atas? Jika iya, kamu bisa mengecek sendiri untuk lebih yakin lagi. Cara cek penerima BSU Ketenagakerjaan 2022 adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke situs kemnaker.go.id
  2. Apabila kamu belum punya akun, kamu harus mendaftar terlebih dulu dengan mengklik “Daftar Akun”
  3. Setelah itu, lengkapi beberapa data kamu, seperti NIK, nama sesuai KTP, dan lainnya
  4. Lalu lakukan aktivasi akun menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone terdaftar kamu
  5. Setelah aktivasi, masuk ke akunmu
  6. Lengkapi profil biodata, meliputi tentang Anda, status pernikahan, foto profil, dan lain sebagainya
  7. Selanjutnya kamu akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan status penerima BSU

Jika kamu adalah penerima Bantuan Subsidi Upah Ketenagakerjaan 2022, kamu akan mendapatkan pesan sebagai berikut.

“Anda lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk validasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Proses verifikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 10 Tahun 2022.”

Dan jika kamu bukan termasuk penerima BSU Ketenagakerjaan 2022, pesan yang kamu terima adalah:

“Mohon maaf, Anda belum termasuk dalam kriteria calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Permenaker Nomor 10 Tahun 2022.”

Baca juga: Berapa Tarif BPJS Ketenagakerjaan 2022? Ini Jenis & Info Tarifnya

Langkah Pencairan Dana BSU Ketenagakerjaan 2022

Bagi kamu yang menerima bantuan subsidi upah dari Kemnaker, kamu bisa melakukan langkah berikut untuk pengecekan setiap langkah pencairannya.

  1. Kunjungi laman web kemnaker.go.id.
  2. Jika belum memiliki akun, kamu harus melakukan pendaftaran dengan memasukkan data NIK, nama lengkap, dan nama ibu kandung.
  3. Aktivasi dengan masukkan nomor OTP yang dikirim ke nomor ponselmu.
  4. Masuk ke akun kamu.
  5. Lengkapi seluruh data profil dengan benar dan sesuai, mulai dari informasi pribadi hingga informasi perusahaan.

Ada 3 tahap yang harus kamu lalui untuk mencairkan dana Bantuan Subsidi Upah Ketenagakerjaan, yaitu:

1. Tahap Pertama

Tahap pertama, kamu akan mendapatkan notifikasi sebagai calon penerima BSU Ketenagakerjaan 2022. Meskipun statusnya adalah calon, tetapi pada tahap ini sebenarnya kamu sudah terverifikasi telah memenuhi syarat yang ditetapkan.

2. Tahap Kedua

Tahap kedua adalah penetapan. Verifikasi oleh Kemenaker selesai dan kamu benar-benar ditetapkan sebagai penerima dana BSU Ketenagakerjaan 2022.

3. Tahap Ketiga

Tahap terakhir adalah penyaluran dana. Di tahap ini, kamu akan memperoleh pemberitahuan jika dana BSU sudah ditransfer ke rekening Bank Himbara (BRI, BNI, BTN, Mandiri) atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah kerja Aceh).

Sementara penyaluran dana melalui PT. Pos Indonesia akan diberitahukan lewat surat pemberitahuan kepada penerima agar dapat dijadikan acuan saat pencairan dana.

Hal Yang Baru di BSU Ketenagakerjaan 2022

Ada yang baru di BSU Ketenagakerjaan 2022. Pada acara pers conference pada 16 September 2022 lalu bersama Presiden RI, Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan, menyatakan bahwa tahun ini dana BSU Ketenagakerjaan 2022 akan disalurkan secara nasional.

Hal tersebut tentu saja menjadi hal berbeda dibanding penyaluran dana bantuan subsidi gaji 2021 yang hanya diberikan kepada karyawan yang bekerja di wilayah PPKM Level 1 saja.

Sekarang, jika kamu sudah memenuhi syarat, di mana pun wilayah kamu bekerja, kamu akan menerima bantuan ini sesuai tahapan yang ditetapkan Kemnaker.

Tahun ini, penyaluran dana juga memiliki metode baru. Jika sebelumnya dana disalurkan hanya melalui nomor rekening di bank Himbara, yaitu Mandiri, BTN, BNI, BRI, atau BSI, kali ini dana BSU Ketenagakerjaan 2022 juga dapat disalurkan melalui PT. Pos Indonesia.

Kerja sama dengan PT POS Indonesia dimaksudkan supaya dana bantuan tersalur dengan merata sehingga untuk karyawan yang memenuhi syarat tetapi tidak memiliki akun bank Himbara akan diberikan pilihan untuk membuka rekening baru atau dikirim melalui POS.

Baca juga: Ternyata Mudah! Begini Cara Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan Offline dan Online

Itulah informasi terkini mengenai BSU Ketenagakerjaan 2022 yang bisa kamu pelajari lebih detail. Untuk kendala yang kamu alami, kamu bisa berdiskusi dengan pihak perusahaan di bagian yang menangani hal tersebut.

Ketika kamu memenuhi syarat tetapi terdeteksi sebagai bukan penerima, kemungkinan data yang di-input oleh perusahaan mengalami kesalahan di data BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, komunikasikan hal tersebut dengan perusahaanmu, ya.

Untuk informasi lainnya seputar kerja, mulai dari jobdesk suatu posisi hingga informasi loker terkini, kamu bisa mengeceknya di laman web KitaLulus. Ada banyak informasi yang bisa kamu akses secara cuma-cuma.

Bahkan, kamu dapat mengakses fitur untuk bisa meningkatkan karir dan kemampuanmu. Fitur tersebut adalah Komunitas dan Belajar. Di fitur Komunitas, kamu bisa bergabung ke lebih dari 30 komunitas sesuai bidang kemampuan kamu. Di sana kamu dapat saling berbagi informasi penting dengan seluruh anggota.

Pada fitur Belajar, kamu bisa mengakses berbagai variasi soal psikotes untuk kamu pelajari. Kamu juga bisa melakukan simulasi tes sehingga terbiasa dengan tahap rekrutmen tersebut.

Fitur-fitur itu bisa kamu dapatkan hanya di aplikasi KitaLulus. Oleh karena itu, yuk instal sekarang juga melalui PlayStore secara gratis, mudah, dan aman!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!