9 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Contoh daftar riwayat hidup— Daftar riwayat hidup menjadi salah satu dokumen wajib ketika melamar kerja. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang mewajibkan daftar riwayat hidup yang dikirim adalah penulisan tangan. Jika kamu membutuhkan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan, artikel ini akan membantu kamu.

Tujuan mewajibkan pelamar untuk membuat daftar riwayat hidup dengan cara menulis tangan adalah karena HRD ingin melihat karakteristik pelamar dari gaya tulis tangannya. Tidak hanya itu, HRD juga bisa menilai niat pelamar dalam mendaftar melalui daftar riwayat hidup yang dikirim tersebut.

Untuk memahami cara menulis daftar riwayat hidup tulis tangan, artikel ini akan menjelaskannya dengan detail. Kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara mengisi dan tips penulisannya. Jadi, tidak hanya tergantung pada seberapa bagus tulis tangan kamu, tetapi juga bagaimana menyusunnya agar terlihat rapi dan menarik.

Yuk, langsung disimak hingga akhir! 

BACA JUGA: Tips dan Cara Membuat Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Apa Itu Daftar Riwayat Hidup?

Contoh daftar riwayat hidup

Apa yang dimaksud daftar riwayat hidup? Satu pertanyaan itulah yang harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum mulai membuatnya.

Secara definisi, daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi tentang data diri kamu, mulai dari pengalaman pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, hingga kelebihan kamu lainnya. Pada umumnya, daftar riwayat hidup ditulis maksimal 2 halaman, tetapi jika memungkinkan, satu halaman justru lebih baik.

Jenis penulisan daftar riwayat hidup memang ada 2, yaitu tulis tangan dan diketik. Untuk versi soft file dengan pengetikan komputer, biasanya akan langsung diperiksa apakah sesuai ATS atau tidak. Untuk versi tulis tangan, perusahaan bisa meminta kandidat untuk mengirimkan melalui POS atau bahkan dilakukan scan untuk dikirim ke email.

Versi tulis tangan pada umumnya membutuhkan tanda tangan basah kamu. Karena penulisan manual, HRD bisa tahu kesungguhanmu dalam melamar posisi tersebut. Jadi, perhatikan penulisan dengan baik ya supaya HRD tahu seberapa telitinya kamu.

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup yang Benar

Jika kamu mencari contoh daftar riwayat hidup di internet, kamu akan mengetahui bahwa daftar riwayat hidup memiliki template. Hal yang dibahas detail, tetapi tetap ringkat. Jadi, HRD yang mengecek tidak memakan banyak waktu.

Berikut tips/cara mengisi daftar riwayat hidup sebagai panduan untuk kamu dalam membuatnya nanti. Yuk, disimak!

1. Data Diri

Data diri ini digunakan untuk memudahkan HRD mengetahui siapa kamu, mulai dari nama, alamat, hingga kontak yang bisa dihubungi. Nah, cara mengisi daftar riwayat hidup di bagian data diri ini harus kamu perhatikan keformalannya.

Contoh:

Nama : Woo Young Woo

Jenis kelamin : Perempuan

Tempat, tanggal lahir : Rangasdengklok, 7 Januari 1995

Alamat : Jalan Garuda, Nomor 17, Blok 45, Surabaya

Status : Belum Menikah

Nomor telepon : 08162839++++

Email : youngwoo@gmail.com

Untuk bagian status, tidak semua perusahaan mewajibkannya. Namun, ada beberapa perusahaan yang tidak membuka lowongan untuk seseorang yang sudah menikah. Jadi, bagian tersebut bisa kamu sesuaikan dengan persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan.

2. Pendidikan

Bagian pendidikan tidak perlu kamu isi dengan lengkap, mulai dari TK hingga S-1. Kamu cukup mengisi dengan pendidikan terakhir. Bisa juga kamu sertai dengan menjelaskan berapa nilai akhirmu serta penjelasan singkat tentang kegiatan atau judul tugas akhir yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Contoh:

S-1 Ilmu Komunikasi

IPK 3,8

Judul tugas akhir: Keterkaitan Marketing Komunikasi dengan Rancangan Konten Sesuai Trend di Media Sosial

Penjelasan di atas bisa kamu jadikan referensi jika memang melamar posisi yang terkait tentang marketing, content planner, hingga social media specialist.

3. Pengalaman Organisasi/Volunteer

Di bagian ini, kamu bisa mencantumkan organisasi apa saja yang pernah kamu ikuti di masa kuliah atau sekolah. Penulisannya adalah dari yang terkini hingga yang terlama. Tidak perlu mencantumkan pengalaman organisasi yang sudah lebih dari 5 tahun lalu ya karena sudah terlalu lama.

Contoh: 

Jurnalis — Lembaga Pers Mahasiswa Universitas (2018–2020)

Wakil Ketua — Klub Fotografi Fakultas (2018–2019)

Bendahara — Bidang Peminatan Jurusan Ilkom (2017–2018)

Kamu juga bisa menjelaskan kegiatan yang kamu kerjakan selama mengikuti kegiatan organisasi/volunteer secara singkat.

4. Keahlian

Cara menulis riwayat hidup tulis tangan

Apa keahlian kamu? Tuliskan dalam daftar riwayat hidup. Ingat, keahlian yang dicantumkan harus relevan ya. Keahlian bisa berupa soft skill atau hard skill sesuai persyaratan yang dicantumkan perusahaan.

Contoh:

Ms Office

Adobe Indesign

Adobe Illustrator

Photoshop

Untuk penguasaan bahasa, jika memang kamu memiliki kemampuan berbahasa asing lebih dengan baik, kamu bisa menambahkan bagian Bahasa. Batas kemampuan bisa kamu gambarkan dalam bentuk persentase.

5. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga ditulis dari yang terbaru hingga terlama. Jika pengalaman kerja kamu hanya satu kali, tetapi kamu memiliki pengalaman magang, bisa dicantumkan juga.

Contoh:

Marketing Communication & Community Officer, PT Sepanjang Jalan Kenangan (Agustus 2020—Mei 2022)

Brand Communication, PT Aktiva Seleksi Mandiri – Internship (Januari—Juli 2020)

Social Media Officer, CV Wawasan Nusantara – Internship (Oktober–Desember 2019)

Penjelasan singkat tentang job desk yang kamu kerjakan bisa kamu tambahkan di bagian bawah setiap pengalaman kerja.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Membuat CV Fresh Graduate SMA yang Menarik + Contohnya

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Apa itu daftar riwayat hidup

Untuk penulisan daftar riwayat hidup tulis tangan, kamu tidak perlu takut jika merasa tulisan tanganmu tidak begitu bagus. Sebab, inti dari penulisan tangan ini adalah untuk melihat kesanggupan, ketelitian, dan kerapian kamu dalam mengerjakan sesuatu.

Untuk tips menulis daftar riwayat hidup tulis tangan, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini:

1. Pilih Referensi Daftar Riwayat Hidup yang Disukai

Cari contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang kamu sukai tata letaknya. Jika sudah menemukan, gunakan contoh tersebut sebagai patokan.

2. Siapkan Kertas Kosong

Kertas yang dipilih kamu sesuaikan dengan ketentuan dari perusahaan. Apakah harus kertas HVS polos atau boleh kertas folio bergaris. Pastikan kertasnya bersih dan tidak ada noda, ya.

3. Gunakan Ballpoint Hitam

Ballpoint yang digunakan adalah yang bertinda hitam. Hal ini karena mudah dilihat mata dan profesional. Jangan gunakan ballpoint merah ya karena terkesan tidak sopan dan kurang nyaman ketika dilihat mata.

4. Gunakan Penggaris sebagai Panduan Margin

Baik menggunakan kertas HVS polos maupun folio bergaris, kertas tidak memiliki margin samping kanan-kiri. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan garis bayangan terlebih dahulu. Gunakan penggaris untuk menentukan garis bayangan. Garis dengan pensil ya agar nantinya bisa dihapus dan tetap rapi.

5. Tulis dengan Baik

Tulis dengan baik. Jangan sampai ada data yang terlewat atau bahkan tidak sesuai fakta.

6. Periksa dengan Teliti

Setelah selesai ditulis, periksa kembali. Cek apakah semua data sudah benar dan tidak ada salah ketik atau typo.

BACA JUGA: 3 Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK dan Cara Membuatnya

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Sebagai referensi kamu, berikut KitaLulus sajikan beberapa contoh daftar riwayat hidup tulis tangan. Pilih salah satu yang kamu suka sebagai referensi dalam penulisan daftar riwayat hidup kamu ya.

Contoh 1

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan

Contoh 2

Contoh 3

Contoh daftar riwayat hidup berpengalaman

Contoh 4

Contoh 5

Contoh daftar riwayat hidup sederhana

Contoh 6

Contoh tulisan daftar riwayat hidup lamaran kerja

Contoh 7

Contoh 8

Contoh daftar riwayat hidup lengkap

Contoh 9

Contoh daftar riwayat hidup orang pengalaman

BACA JUGA: Panduan Tokcer Membuat CV Fresh Graduate | Dijamin Dilirik HRD Perusahaan!

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan mengenai cara penulisan daftar riwayat hidup tulis tangan. Dari contoh daftar riwayat hidup di atas, pilih tata letak yang menurut kamu paling menarik dan bisa coba ditambah aksen lain, tetapi jangan sampai membuat tata letak dokumen terlihat berlebihan.

Saat kamu sudah memahami bagaimana tips menulis daftar riwayat hidup tulis tangan, nantinya kamu juga akan mudah membuat yang diketik. Dua versi tersebut bisa kamu gunakan kapan pun kamu melamar kerja, tinggal disesuaikan dengan syarat dari perusahaan.

Untuk kamu yang sedang menjadi jobseeker, sudah berapa posisi yang dilamar? Atau justru sedang bingung mencari informasi lowongan kerja di mana yang cocok untukmu? Jika kamu di posisi tersebut, gunakan aplikasi KitaLulus. Kamu bisa mengunduh aplikasi KitaLulus di Playstore.

Aplikasi KitaLulus mudah digunakan karena sistem registrasi akun hanya dengan cara masuk ke akun Google kamu. Bahkan, nantinya saat kamu melamar suatu posisi melalui KitaLulus, kamu bisa langsung terhubung ke nomor WhatsApp HRD perusahaan, lho.

Kamu cukup memilih lowongan kerja yang sesuai kualifikasi dengan cara mencari dengan mengetik nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan. Lalu kamu bisa juga melakukan filter informasi dengan sistem kerja dan gaji tertinggi.

Bagaimana? #LebihMudah kan melamar kerja dengan aplikasi KitaLulus? Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!