Close Pop up

Apa Itu Desk Collection, Skill, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Apakah kamu pernah mendengar posisi desk collection? Posisi kerja ini mungkin tidak lebih terkenal dibanding debt collector karena jarang dibahas. Namun, desk collection adalah posisi yang sama pentingnya dengan debt collector pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan atau perkreditan.

Seperti apa tugas dan tanggung jawab seorang desk collection? Dan bagaimana cara melamar kerja untuk posisi ini? Simak artikel berikut, yuk!

Apa Itu Desk Collection?

Apa Itu Desk Collection

Apakah desk collection sama dengan debt collector? Secara sederhana iya, kedua bidang kerja tersebut memiliki kesamaan, yaitu sama-sama melakukan penagihan utang. Namun, desk collection adalah posisi yang kerap melakukan penagihan utang hanya melalui telepon, bukan datang secara langsung seperti debt collector.

Desk collection atau yang biasa disingkat sebagai deskcoll adalah petugas yang akan melakukan penagihan kepada nasabah yang pinjamannya akan atau telah jatuh tempo. Penagihan tersebut sebenarnya bersifat reminder atau pengingat sehingga nasabah yang belum membayar pinjaman bisa segera melunasinya.

Desk collection adalah bagian penting bagi perusahaan maupun nasabah. Bagi perusahaan, deskcoll seperti sosok pertama yang akan melakukan penagihan sebelum perusahaan memberikan tugas kepada debt collector. Ketika deskcoll berhasil memberikan pengingat kepada nasabah, maka biaya akan terpangkas karena debt collector tidak perlu ditugaskan.

Sementara bagi nasabah, deskcoll menjadi alarm yang baik. Nasabah memang tidak bisa menawar pembayaran utang, tetapi deskcoll tidak memberikan tekanan yang keras seperti layaknya debt collector.

Baca Juga: 7 Syarat Kerja di Bank yang Wajib Diketahui dan Cara Melamarnya

Tugas Desk Collection

Tugas Desk Collection

Sebagaimana kamu pahami tentang apa itu desk collection di atas, tugas yang harus dilaksanakan oleh posisi ini tentu sudah jelas, yaitu melakukan penagihan kepada nasabah melalui telepon.

Namun, tidak hanya itu saja, tugas desk collection lainnya adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Pengecekan Data Nasabah

Sebuah perusahaan pembiayaan atau perkreditan biasanya akan memiliki banyak deskcoll. Setiap harinya, perusahaan memiliki target penagihan kepada nasabah yang harus membayar pinjaman. Oleh karena itu, setiap deskcoll akan mendapatkan daftar panjang berapa nasabah untuk dihubungi.

Sebelumnya, mereka harus melakukan pengecekan data nasabah terlebih dahulu. Pengecekan ini berguna untuk mengetahui prioritas nasabah yang harus dihubungi. Nasabah yang pembayarannya sudah benar-benar melewati batas tempo harus dihubungi segera.

Deskcoll juga harus mengecek informasi detail tentang nasabah, minimal jumlah pinjaman, tanggal pinjaman, dan tenggat pembayaran. Dengan begitu, mereka bisa melakukan penagihan dengan baik.

2. Melakukan Penagihan melalui Telepon

Jangan bayangkan melakukan penagihan melalui telepon bisa sekadar menelepon nasabah lalu selesai. Ada banyak hal yang harus dibahas oleh desk collection ketika melakukan panggilan. Maka dari itu, mereka harus tahu detail nasabah dari pengecekan data awal.

3. Membuat Surat Penagihan

Selain melakukan penagihan melalui telepon, deskcoll juga membantu untuk melakukan pembuatan surat penagihan. Surat ini diberikan kepada nasabah yang sudah melewati tempo pembayaran sangat terlambat. Nantinya surat penagihan disampaikan oleh field collection.

4. Menyiapkan Laporan kepada Manajemen

Setiap nasabah yang sudah membayar pinjaman harus dicatat dengan baik secara real time. Ini nantinya akan masuk ke dalam laporan manajemen sebagai bentuk pencapaian target mingguan hingga bulanan.

Baca Juga: General Banking Staff: Tugas dan Tanggung Jawab, Syarat, Gaji

Skill yang Dibutuhkan Desk Collection

Dengan tugas-tugas di atas, kemampuan yang harus dimiliki desk collection meliputi:

1. Komunikasi yang Baik

Kemampuan utama yang harus dimiliki desk collection adalah komunikasi. Tetap sopan tetapi harus tegas. Dua hal itu tentu tidak bisa dilakukan jika deskcoll tidak pandai berkomunikasi.

2. Dapat Melakukan Negosiasi

Desk collection harus pandai dalam membujuk supaya nasabah patuh dalam pembayaran pinjaman sesuai tempo yang disetujui. Namun, selain persuasif, deskcoll juga harus dapat melakukan negosiasi. Sebab, tak sedikit nasabah yang justru menawar waktu pembayaran. Itu tidak bisa disetujui, maka dari itu deskcoll perlu memiliki skill negosiasi yang baik.

3. Memiliki Manajemen Emosi yang Baik

Tidak selamanya nasabah yang dihubungi akan memberikan respons baik. Setiap sifat nasabah akan berbeda. Maka dari itu, desk collection harus memiliki pengaturan emosi yang baik supaya tidak terpancing emosi, seperti ikut sedih atau marah kepada nasabah.

4. Manajemen Waktu

Manajemen waktu termasuk kemampuan yang wajib dimiliki seorang desk collection. Ini dikarenakan mereka harus memenuhi target kerja ketat di setiap bulannya.

Tips Panggilan kepada Nasabah

Tertarik menjadi desk collection tapi masih ragu karena takut tidak bisa mencapai target yang ditetapkan perusahaan? Tenang, KitaLulus punya tips untuk kamu dalam melakukan panggilan atau penagihan kepada nasabah. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

  1. Pelajari data nasabah dengan detail.
  2. Sapa dengan baik nasabah di awal, tetapi jangan sampai berlarut dalam basa-basinya.
  3. Sampaikan dengan tegas tujuan menelepon hingga data tentang tempo pembayaran pinjaman nasabah.
  4. Ketika menghubungi nasabah yang pinjamannya sudah melewati tempo pembayaran, tanyakan apakah surat penagihan sudah diterima atau belum.
  5. Ingatkan nasabah tentang detail jumlah pembayaran dan waktu pembayaran dengan jelas dan tegas.
  6. Jangan terbawa suasana ketika nasabah bercerita keadaan sedih atau terpancing emosi saat nasabah berbicara tidak sopan.
  7. Tetapkan waktu menelepon sesuai dengan target penagihan harian.

Baca Juga: Apa Itu Relationship Officer? Ini Pengertian, Job Desk, & Nominal Gajinya

Lowongan Kerja Desk Collection

Jika kamu tertarik dengan bidang kerja deskcoll ini, gaji yang dapat kamu terima tergolong lumayan, lho. Kisaran gaji desk collection adalah Rp3.500.000 hingga Rp6.000.000. Nominalnya akan tergantung pada perusahaan yang mempekerjakannya.

Nah, loker desk collection bisa kamu temukan melalui aplikasi KitaLulus. Bagi kamu yang belum pernah menggunakan aplikasi KitaLulus untuk melamar kerja, bisa ikuti instruksi berikut.

  1. Install aplikasi KitaLulus di PlayStore atau Apple Store.
  2. Daftarkan diri kamu dengan memasukkan alamat email aktif kamu.
  3. Lengkapi data-data pribadi kamu sesuai instruksi yang diberikan.
  4. Ketikkan “desk collection” di bar pencarian lowongan kerja paling atas.
  5. Kamu akan mendapatkan daftar panjang lowongan kerja desk collection yang siap kamu lamar.
  6. Jika bingung memilih yang mana, filter loker dengan klik bagian “Filter”, nantinya data yang bisa disaring adalah jenjang pendidikan, jenis kelamin, lokasi kerja, tipe kerja, hingga kisaran gaji.
  7. Klik lowongan yang ingin kamu lamar dan baca seluruh syarat yang ditentukan oleh perusahaan.
  8. Klik lamar jika syarat melamar sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki.
  9. Pantau lamaran di aplikasi dan kamu akan dihubungi pihak perusahaan jika seluruh kualifikasi yang kamu miliki sesuai kebutuhan perusahaan.

Itulah informasi lengkap tentang apa itu desk collection. Semakin banyaknya perusahaan di bidang kredit dan pembiayaan, desk collection adalah posisi yang strategis untuk kamu lamar karena sudah pasti akan dibutuhkan di masa depan.

Jangan lupa gunakan aplikasi KitaLulus jika ingin melamar kerja, ya. Ikuti langkah di atas dan kamu tidak akan kebingungan untuk meraih kerja sesuai kebutuhan kamu.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!