Apa Sih Enumerator Itu? Ini Tugas, Peran, Skill yang Dibutuhkan, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Enumerator adalah– Apakah kamu pernah didatangi oleh tim survei untuk melakukan pengecekan data tertentu? Proses pengumpulan data dengan metode survei ini memiliki beberapa tim, salah satunya adalah enumerator. Enumerator adalah seseorang yang melakukan wawancara saat survei berlangsung.

Kamu baru pertama kali mendengar istilah ini? Atau bahkan justru sudah memiliki pengalaman menjadi enumerator dan ketagihan karena ternyata gajinya lumayan?

Jika enumerator adalah petugas yang melakukan survei, lantas apa bedanya dengan surveyor? Nah, di artikel ini, kamu akan mengenal lebih dalam tentang profesi enumerator. KitaLulus akan menjelaskan dengan detail, mulai dari pengertiannya, tugas dan tanggung jawabnya, skill yang harus dikuasai, hingga sistem gaji enumerator.

Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

BACA JUGA:  Wajib Dikuasai! Ini 13 Contoh Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Apa Itu Enumerator?

Apa itu enumerator

Secara definisi, enumerator adalah orang yang melakukan survei, mulai dari mendapatkan data dari narasumber hingga membantu narasumber dalam wawancara yang dilakukan.

Menjadi enumerator harus pintar menempatkan diri. Enumerator juga harus mengetahui dengan jelas apa yang ingin dicapai dalam sebuah survei. 

Pada umumnya, pengumpulan data melalui survei dilakukan oleh instansi pemerintah hingga lembaga pendidikan yang sedang melakukan penelitian secara luas. Survei lapangan yang paling terkenal adalah sensus penduduk.

Jika penelitian yang dilakukan sangat luas, biasanya perusahaan akan mencari seorang enumerator lepas, bukan karyawan asli perusahaan. Mereka akan menggunakan pihak yang menyediakan outsource.

Karena enumerator tersebut tidak berasal dari perusahaan, mereka harus mengetahui apa tujuan survei tersebut dengan baik. Dengan begitu, enumerator dapat melaksanakan tugasnya secara tepat. 

Pembuatan peta survei juga harus disiapkan sehingga enumerator tahu daerah mana yang harus dipelajari supaya pendekatan dengan target survei sesuai rencana. 

Perbedaan Enumerator & Surveyor

Jika enumerator adalah orang yang melakukan pengumpulan data melalui survei lapangan, lalu apa perbedaannya dengan surveyor? Supaya tidak semakin bingung, kamu bisa menyimak penjelasan berikut.

1. Enumerator

Enumerator adalah petugas yang melakukan riset data dengan langsung mengunjungi ke lapangan bahkan melakukan wawancara ke target survei. Tujuan petugas enumerator hanya satu, yaitu mendapatkan data yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan.

2. Surveyor

Meskipun surveyor juga ada yang memiliki tujuan yang sama dengan enumerator, tetapi tidak semua surveyor seperti itu. Ada beberapa jenis surveyor konstruksi yang harus menguasai sertifikasi pengawas bangunan. Surveyor hanya bisa dilakukan oleh orang sesuai bidangnya.

Tugas & Tanggung Jawab Enumerator

Tugas dan tanggung jawab enumerator

Meskipun terdengar sederhana, tetapi tugas enumerator begitu kompleks. Dalam menjalankan tugas, enumerator harus mengetahui penelitian dan perusahaan dengan baik sehingga ketika narasumber bertanya, dia bisa menjelaskannya dengan tepat.

Terlebih ketika narasumber menolak diwawancara, enumerator juga harus mengerti bagaimana melakukan negosiasi dengan baik.

Berikut adalah tugas enumerator supaya pengumpulan data berjalan dengan lancar:

  • Melakukan survey wilayah yang sesuai dengan kebutuhan data.
  • Mendatangi wilayah tertentu untuk melakukan pendataan informasi yang dibutuhkan.
  • Menyusun daftar pertanyaan tambahan yang tepat sesuai tujuan penelitian.
  • Mewawancarai narasumber yang sudah didaftar dengan kriteria tertentu.
  • Mendampingi narasumber dalam pengisian data informasi yang diajukan.
  • Mendata semua informasi tentang narasumber.
  • Meninjau kembali hasil wawancara dan pengumpulan data lainnya sebelum penyerahan data.
  • Melakukan presentasi hasil survei kepada ketua tim penelitian.
  • Menyerahkan semua data kepada ketua tim penelitian.
  • Membantu tim peneliti lainnya untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah didapatkan.
  • Mendata semua permasalahan yang dialami ketika proses survei.

BACA JUGA: Apa Itu Interpersonal Skill? Ini 11 Macam dan Cara Meningkatkannya

Peran Penting Enumerator bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan selalu membutuhkan data untuk melakukan riset produk hingga pasar. Dengan adanya enumerator, riset bisa dilakukan dengan mudah sehingga pendataan informasi bisa selesai dengan cepat.

Berikut adalah peranan penting enumerator bagi perusahaan:

  • Mengumpulkan informasi yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan data untuk pengembangan produk hingga perusahaan.
  • Melaksanakan wawancara narasumber dengan cepat.
  • Mengumpulkan data sesuai arahan dan riset yang dibutuhkan.

Skill yang Dibutuhkan Enumerator

Meskipun biasanya enumerator berasal dari luar perusahaan dan semua orang bisa menjadi petugas ini, tetapi enumerator harus memiliki skill tertentu. Dengan kemampuan tersebut, survei akan berjalan dengan lancar dan arahan bisa dilaksanakan secara maksimal.

Kemampuan yang harus dikuasai oleh enumerator adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan berkomunikasi yang baik.
  • Memahami cara wawancara dan mahir dalam public speaking.
  • Teliti, disiplin, dan detail oriented.
  • Memahami prosedur riset, memasukan data, menyortir data, hingga menganalisis data dengan baik.
  • Bisa membangun teamwork dengan baik.
  • Memahami proses observasi.
  • Manajemen emosi.

Rata-Rata Gaji Enumerator

Gaji enumerator

Biasanya, seorang enumerator dikontrak hanya dalam jangka waktu tertentu, sesuai dengan waktu penelitian yang diadakan. Bisa per pekan atau per bulan. Seorang enumerator juga akan ditempatkan di wilayah yang disesuaikan dengan tujuan penelitian.

Karena wilayah penelitian bisa di mana pun sesuai dengan tujuan perusahaan, maka seluruh biaya hidup dan akomodasi enumerator akan ditanggung perusahaan.

Enumerator juga akan menerima pelatihan sebelum terjun ke lapangan sebagai acuan tugas yang nantinya diberikan. Pelatihan ini akan diberikan uang saku.

Berikut adalah rincian gaji seorang enumerator per harinya yang bisa kamu jadikan acuan:

  • Pelatihan Rp300.000
  • Transportasi Rp300.000–Rp700.000
  • Uang makan Rp150.000–Rp350.000
  • Uang Saku Rp200.000

Rincian tersebut kemudian bisa kamu kalikan dengan lama kontrak kamu sebagai enumerator dengan satu perusahaan.

BACA JUGA: 6 Cara Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya, Dijamin Nggak Menyesal!

Nah, itulah berbagai informasi tentang enumerator yang bisa kamu pelajari lebih dalam. Enumerator adalah sosok yang penting dalam survei lapangan, jadi wajar jika harus menguasai company knowledge dengan baik ya.

Jika kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kamu pasti akan menyukai peran enumerator maupun surveyor. Di KitaLulus kamu bisa menemukan posisi tersebut dengan mudah loh.

Pertama, kamu perlu menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore. Lalu, lakukan log in hanya dengan masuk ke akun Google kamu. Setelah itu kamu bisa mencari posisi yang kamu inginkan dengan cara mengetikan nama posisi di bagian pencarian.

Filter pencarian di aplikasi KitaLulus bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, yaitu menggunakan nama posisi, nama perusahaan, sistem kerja–remote, full time, freelance–, kota tujuan, dan yang terbaru adalah gaji tertinggi. Filter tersebut sangat mempermudah kamu untuk mencari pekerjaan yang sesuai kebutuhan dan keinginan, kan?

Tunggu apalagi? Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu! Dengan aplikasi KitaLulus, kamu akan mendapatkan pengalaman mencari kerja #LebihMudah dibanding sebelumnya!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!