Rincian Gaji Satpam di Indonesia 2022, Tugas, dan Proyeksi Karirnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Gaji satpam– Satuan pengamanan atau satpam adalah seseorang yang bertugas untuk menjaga keamanan di suatu wilayah umum. Biasanya, satpam bisa ditemui di pusat perbelanjaan, bank, hingga kompleks perumahan. Proyeksi karir dan gaji satpam ternyata menjanjikan loh.

Jika kamu berpikir bahwa satpam hanya serupa penjaga keamanan biasa, kamu perlu berpikir dua kali setelah membaca artikel ini. Sebab, satpam memiliki tingkat pangkat tersendiri bahkan harus memiliki sertifikat khusus.

Di artikel ini akan dijelaskan berbagai informasi satpam, mulai dari tugas, jenjang karir, hingga informasi gajinya. Yuk, simak artikel ini hingga akhir!

BACA JUGA: Mengenal On the Job Training (OJT): Pengertian, Bentuk, dan Bedanya dengan Magang

Mengenal Profesi Satpam

Peluang karir satpam

Tahukah kamu jika satpam merupakan seseorang yang membantu kinerja kepolisian Indonesia?

Tanggung jawab satpam tersebut bahkan tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Di pasal 3, satpam disebut sebagai satuan pengaman swakarsa yang juga mengemban fungsi kepolisian di masyarakat atau tempatnya bertugas.

Biasanya, satpam akan masuk ke dalam perusahaan outsourcing. Lalu, perusahaan yang membutuhkan seorang pengaman akan menghubungi tempat outsourcing tersebut. 

Tidak semua orang bisa menjadi satpam. Bahkan, untuk menjadi satpam profesional harus memiliki sertifikat bertugas dengan biaya mahal, yaitu:

  • Sertifikat Gada Pratama berbiaya Rp5.200.000–Rp5.800.000
  • Sertifikasi Gada Madya berbiaya Rp7.900.000–Rp8.400.000
  • Sertifikasi Gada Utama berbiaya Rp9.900.000–Rp10.600.000.

Satpam memiliki asosiasi yang sudah berdiri sejak 9 Juli 2002. Asosiasi tersebut bernama Asosiasi Profesi Satpam Indonesia atau APSI.

Tugas dan Tanggung Jawab Satpam

Tugas satpam sangat penting untuk keberlangsungan keamanan di suatu tempat, utamanya di bank. Mereka akan sangat teliti dan jeli mengenai keadaan yang membuat mereka curiga. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab satpam yang bisa kamu ketahui:

  • Membantu polisi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, khususnya perusahaan mereka bekerja.
  • Menjaga ketertiban dari berbagai masalah yang mungkin saja terjadi, seperti perkelahian, pencurian, kecelakaan, dan hal kejahatan lainnya yang menimbulkan kegaduhan dan mengganggu customer atau lingkungan perusahaan.
  • Mewaspadai hal-hal yang mencurigakan untuk kemudian dilakukan cross check data dan observasi untuk menanggulangi terjadinya kejahatan.
  • Jika bekerja di bank, satpam akan melakukan penjagaan terhadap mobil pengangkut uang tunai atau pengisian ulang mesin ATM.

Mengenal Jenjang Karir & Pangkat Satpam

Jenjang karir satpam

Sertifikat keamanan bisa digunakan untuk meningkatkan jenjang karir. Untuk karir satpam di bagian manajer akan membutuhkan Sertifikat Gada Utama. Jika tidak memiliki tertifikat tersebut, akan diposisikan di bagian pelaksana, koordinator, hingga penyelia.

Untuk sistem perpangkatan satpam diatur oleh Peraturan Polisi Nomor 4 Tahun 2020 Pasal 22 tentang Kepangkatan Satpam. Nah, berikut adalah pangkat satpam selengkapnya:

1. Pangkat Manajer

Untuk mendapatkan pangkat manajer keamanan, satpam harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun. Selain itu, satpam juga harus lolos tes kepangkatan dengan ujian kompetensi gada utama. Keahlian khusus yang harus dimiliki adalah manajemen keamanan dan mendapatkan rekomendasi dari pengguna jasa yang membutuhkan. 

2. Pangkat Supervisor

Panjang supervisor bisa didapatkan dengan pengalaman menjadi satpam minimal 4 tahun. Selain itu, uji kompetensi di tingkat gada madya juga harus dinyatakan lolos. Keahlian khusus dan rekomendasi juga berlaku untuk mendapatkan pangkat ini.

3. Kepangkatan Pelaksana

Untuk mendapatkan pangkat pelaksana madya, satpam harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun. Uji kompetensi di tingkat gada pertama harus sudah dinyatakan lolos.

BACA JUGA: Apa Itu Interpersonal Skill? Ini 11 Macam dan Cara Meningkatkannya

Gaji Satpam Berdasarkan Perusahaannya

Gaji satpam di Indonesia

Gaji satpam memang tergolong tidak setinggi kepolisian. Rata-rata gaji satpam di Indonesia adalah Rp3.100.000. Namun, profesi ini juga akan mendapatkan berbagai tunjangan dan bonus prestasi sesuai dengan ketentuan dinas ketenagakerjaan dan perusahaan yang menaunginya. 

1. Gaji Satpam Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan dengan lingkungan yang begitu luas biasanya memiliki banyak satuan pengamanan yang berjaga. Hal ini tentu saja karena begitu banyak hal yang perlu dijaga supaya lingkungan tetap aman.

Gaji yang diterima satpam pusat perbelanjaan biasanya berkisar Rp3.500.000 hingga Rp5.500.000.

2. Gaji Satpam Perumahan

Satpam perumahan akan diberi gaji sesuai dengan UMP perusahaan berada. Rentang gaji yang didapatkan satpam perumahan adalah Rp1.700.000–Rp3.500.000. Nominal gaji juga tergantung dari besar-kecilnya perumahan yang dijaga.

3. Gaji Satpam di Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintahan tentu saja memiliki petugas keamanan yang terlatih. Dari berbagai instansi pemerintahan dari Aceh hingga Papua, rentang gaji mereka adalah Rp2.177.000 hingga Rp5.344.000.

Kita ambil contoh lain, misalnya gaji satpam Pertamina. Di BUMN satu ini, seorang satpam bisa mendapat Rp3.000.000 hingga Rp6.000.000 per bulannya, belum menghitung tunjangan lainnya.

4. Gaji Satpam Bank

Satpam bank menjadi profesi yang paling dekat dan sering ditemui oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini tentu saja karena setiap masyarakat sering mengunjungi bank untuk melakukan transaksi pengiriman atau pengambilan uang.

Nah, berikut adalah gaji satpam di beberapa bank Indonesia.

a. Bank BCA

Satpam bank BCA menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu di media sosial. Hal tersebut dikarenakan satpam bank ini mendapatkan penilaian memiliki karakter yang sopan dan selalu membantu nasabah.

Gaji satpam bank BCA per bulannya adalah Rp2.800.000. Gaji ini tidak tergolong terendah ataupun tertinggi untuk posisi satpam jika dibandingkan dengan bank lain.

b. Bank Mandiri

Di bank Mandiri, satpam akan mendapatkan gaji kurang lebih Rp2.000.000. Gaji ini belum termasuk tunjangan, lembur, hingga bonus kinerja.

c. Bank BRI

Bank BRI menjadi bank yang bisa dijumpai di mana pun. Pada umumnya, satpam yang bertugas di bank ini mendapatkan gaji sekitar Rp3.100.000. Nominal ini termasuk nominal rata-rata gaji yang didapatkan oleh satpam di Indonesia.

d. Bank BNI

Satpam di bank BNI memiliki gaji yang cukup tinggi dibandingkan di bank lain, yaitu Rp3.800.000. Nominal tersebut baru gaji bulanan bersih loh, belum termasuk berbagai tunjangan yang akan didapatkan satpam.

Tunjangan Satpam

Selain upah bulanan, satpam juga biasanya akan mendapatkan berbagai tunjangan. Berikut adalah tunjangan dan bonus yang bisa didapatkan satpam selama masa kerjanya:

  • Tunjangan tetap dari perusahaan
  • Uang makan dan transportasi
  • Upah lembur
  • Bonus kinerja
  • Jamsostek paket A dan B
  • Tunjangan seragam
  • Tunjangan pembinaan
  • Tunjangan hari raya
  • Tunjangan jabatan

BACA JUGA: Wajib Dikuasai! Ini 13 Contoh Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Bagaimana? Setelah mengetahui fakta-fakta tentang karir seorang satpam di atas, kamu tertarik untuk mencoba mengenal bidang profesi ini lebih lanjut lagi?

Tenang saja, kamu bisa kok mencari informasi tentang lowongan kerja satpam dengan mudah. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi KitaLulus melalui Playstore. Untuk sign up, kamu cukup log in dengan akun Google kamu.

Di aplikasi KitaLulus, kamu bisa menemukan lebih dari 20.000 info lowongan kerja dari berbagai perusahaan terpercaya di seluruh Indonesia. Sebab, perusahaan yang memasang info lowongan kerja di KitaLulus sudah pasti terverifikasi sehingga jobseeker tidak perlu khawatir terjebak perusahaan bodong dan terkena penipuan loker.

Aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur komunitas dan soal psikotes. Jadi, kamu bisa menambah relasi dengan para anggota komunitas dan mempelajari soal psikotes untuk bekal seleksi kerja. Sangat bermanfaat, kan?

Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dengan aplikasi KitaLulus kamu akan #LebihMudah untuk menemukan karir impian kamu!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!