Hari Libur April 2023 Terbanyak, Berikut Info Detailnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

April 2023 menjadi bulan yang paling banyak memiliki hari libur dan tanggal merah. Yup, ini dikarenakan pada bulan tersebut bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Selain itu, ada libur apalagi ya? Simak daftar hari libur April 2023 berikut, yuk!

Hari Libur April 2023

Dua perayaan besar ada di hari libur April 2023, yaitu peringatan wafat Isa Al Masih dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Dua hari besar tersebut ada di tanggal berapa saja? Ini ulasannya.

1. Wafat Isa Al Masih

Peringatan Wafat Isa Al Masih

Peringatan wafat Isa Al Masih dikenal juga sebagai Jumat Agung, Jumat Hitam, atau Jumat Suci karena selalu diperingati pada Hari Jumat sebelum Minggu Paskah dan dianggap sebagai bagian dari Triduum Paskah.

Peringatan ini jatuh pada hari Jumat, 7 April 2023 dan menjadi hari libur April 2023 secara nasional.

Pada perayaan Jumat Agung, biasanya umat Katolik akan melakukan pantang dan puasa. Pantang dilakukan oleh umat yang berumur minimal 14 tahun. Biasanya, pantang akan diberlakukan aturan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman kesukaan.

Sementara aturan puasa harus dilakukan oleh seluruh umat Katolik yang sudah berusia minimal 18 tahun hingga 60 tahun. Puasa yang dimaksud bukan selama seharian, tetapi memilih waktu makan sehingga tidak lagi makan sehari tiga kali. Kamu bisa memilih makan di pagi, siang, atau malam hari. Setelah kenyang, kamu akan berpuasa.

Puasa dan pantang ini dilakukan hanya pada momen Prapaskah, yaitu Rabu Abu dan Jumat Agung saja. Maksud dari dua kegiatan tersebut adalah untuk ikut merasakan kedukacitaan Yesus yang pada hari itu disalib.

Baca juga: Daftar Tanggal Merah atau Hari Libur Nasional Mei 2023

2. Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Kamu ingin tahu bulan April 2023 ada libur apa? Selain Jumat Agung, hari libur April 2023 yang kedua adalah untuk merayakan Idul Fitri 1444 H. Tahun ini, perayaan Idul Fitri jatuh pada Hari Sabtu dan Minggu, yaitu 22–23 April 2023.

Meskipun perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H adalah saat akhir pekan yang memang libur, tetapi kamu akan mendapatkan cuti bersama. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kementerian Agama, Ketenagakerjaan, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, telah menyepakati cuti bersama Idul Fitri hingga 26 April 2023.

Dengan kata lain, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 ini sudah kembali normal sejak pandemi 2020 dan akan menjadi hari libur April 2023 terpanjang di tahun 2023.

Jadi, untuk kamu yang beragama Islam bisa santai berkumpul dengan keluarga dan khusyuk merayakan kemenangan usai sebulan penuh berpuasa. Bersilaturahmi dengan keluarga besar juga menjadi waktu yang menyenangkan tanpa harus memikirkan deadline kerjaan.

Bahkan, jika kamu ada urusan genting dan ingin menambah waktu libur juga bisa. Tanggal yang bisa kamu ambil untuk cuti adalah 27–28 April 2023. Dengan begitu, kamu memiliki waktu libur selama 10 hari lamanya.

Itulah daftar hari libur April 2023 dan cuti bersamanya. Setelah libur panjang, jangan lupa untuk tetap menjaga performa kerja kamu, ya.

Kamu dapat menyimak tips-tips menarik untuk mengembalikan produktivitas kerja setelah liburan hanya di blog KitaLulus. Tak hanya itu, kamu juga bisa apply pekerjaan dengan aman, karena setiap perusahaan yang memasang loker di KitaLulus telah melalui tahap verifikasi ketat.

Yuk segera install aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan kesempatan meraih karir impian dengan mudah!

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional Indonesia dan Internasional

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!