Daftar Tanggal Merah atau Hari Libur Nasional Mei 2023

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Nomor 1066 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, terdapat 16 hari libur nasional. Lantas, apakah ada hari libur Mei 2023?

Tenang saja, ada hari libur di bulan Mei 2023, kok. Berikut penjelasannya.

Hari Libur Mei 2023

Kabar gembira untuk pekerja kantoran yang di bulan April memiliki banyak pekerjaan. Di Mei 2023 ini, kamu akan disambut oleh dua hari libur nasional yang keduanya ada di hari kerja. Dengan begini, kamu bisa memanfaatkannya untuk beristirahat maksimal.

Ada apa saja di hari libur Mei 2023? Di bawah ini, KitaLulus sudah merangkumkannya untukmu.

1. Hari Buruh Internasional

Hari Buruh Internasional

Setiap tanggal 1 Mei, seluruh dunia, termasuk Indonesia, memperingati Hari Buruh Internasional atau Labor Day atau May Day. 

Menilik sebentar tentang sejarah Hari Buruh Internasional, sebenarnya May Day merupakan perayaan pergantian musim di Amerika. Hingga kemudian, pada abad ke-19, tepatnya 1889, terjadi kerusuhan terbesar antara pekerja dan pemilik usaha di Chicago.

Kerusuhan ini dikenal sebagai momentum Haymarket Chicago yang dilakukan oleh organisasi buruh terbesar di Amerika, yaitu Knights of Labour.

Di Indonesia sendiri, perayaan 1 Mei sebagai Hari Buruh dimulai pada 1918. Saat itu protes pekerja diinisiasi oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee yang dipantik tulisan Adolf Baars.

Dalam tulisan tersebut menyatakan bahwa harga sewa tanah dari rakyat sangat murah dan upah pekerja pun tak layak. Sayangnya, usai unjuk rasa, para pekerja kereta api justru mendapatkan pemotongan gaji bahkan diancam dipecat saat melakukan mogok kerja.

Sempat berhenti, tradisi unjuk rasa untuk memperingati Hari Buruh pada 1 Mei kembali dilaksanakan pada 1946 pada Kabinet Sutan Sjahrir. Dan tepat pada kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu 2013, tanggal 1 Mei resmi dinyatakan sebagai hari libur nasional dan para pekerja berhak menuntut kesejahteraan melalui aksi-aksinya, dengan catatan tidak ada kerusuhan yang terjadi.

Baca juga: Daftar Hari Libur Juni 2023, Banyak Tanggal Merah!

2. Kenaikan Isa Al Masih

Kenaikan Isa Al Masih

Hari libur Mei 2023 yang kedua adalah peringatan kenaikan Isa Al Masih. Tahun ini, kenaikan Isa Al Masih jatuh pada Kamis, 18 Mei 2023. Peringatan kenaikan Isa Al Masih dipercaya sebagai kembalinya Yesus kepada Allah Bapa.

Ada 4 makna kebangkitan Yesus yang berkembang sesuai zaman, yaitu:

  • Kebangkitan sebagai tindakan eskatologis yang mengindikasikan akhir zaman
  • Kebangkitan sebagai keselamatan
  • Kebangkitan sebagai indikasi Yesus selalu hadir untuk umat-Nya
  • Kebangkitan sebagai peninggian

Pada umumnya, kenaikan Isa Al Masih akan dirayakan dengan misa di gereja, pelayanan gereja, hingga berkumpul bersama keluarga untuk makan malam bersama.

Nah, untuk kamu yang merayakan kenaikan Isa Al Masih, kamu bisa memperpanjang libur untuk mendapatkan waktu lebih berkualitas dengan keluarga. Kamu bisa ajukan cuti selama satu hari di Hari Jumat, 19 Mei 2023 sehingga bisa menikmati libur selama 4 hari berturut-turut.

Meskipun hanya ada dua hari libur nasional di Mei 2023, tetapi lumayan kan untuk beristirahat. Letaknya di hari kerja semua, jadi kamu bisa memaksimalkan untuk recharge energi di hari libur Mei 2023 ini.

Recharge energi bukan berarti tidur seharian. Jika kamu merasa gabut, kamu bisa melakukan kegiatan bermanfaat, seperti journaling atau meningkatkan kemampuan untuk melakukan side hustling sehingga bisa memiliki tambahan penghasilan.

Kamu dapat mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui aplikasi KitaLulus. Di aplikasi KitaLulus, ada puluhan ribu lowongan kerja yang tersedia dan akan diupdate setiap harinya. Kamu juga bisa melakukan filter sesuai kebutuhan kamu, seperti jenjang pendidikan, sistem kerja, kota domisili, hingga gaji tertinggi sesuai keinginan kamu.

Yuk, instal aplikasi KitaLulus sekarang juga di PlayStore!

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional Indonesia dan Internasional

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!