Ketahui Karier Apa yang Cocok Untukmu, Yuk Coba Tes MBTI Gratis!

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Kamu pasti pernah melihat teman di media sosial menulis bio profile mereka dengan INFP atau ESTJ. Singkatan tersebut adalah hasil dari tes MBTI. Tes MBTI adalah tes kepribadian yang sering digunakan dalam proses penerimaan karyawan. 

Bahkan sebanyak 80 persen perusahaan Fortune 500 dan 89 persen Fortune 100 menggunakan penilaian tipe kepribadian MBTI dalam strategi penerimaan karyawan mereka.  Tes  kepribadian MBTI ini juga umum digunakan perusahaan startup untuk mengetahui seperti apa karakteristik kandidat dan melihat apakah mereka bisa sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. 

Yap, tiap jenis kepribadian MBTI kamu bisa melihat apa jenis karier yang sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!


Apa Itu Tes MBTI?

MBTI adalah dirancang untuk mengukur preferensi psikologis dalam membuat keputusan. Tes ini meliputi tes untuk mengukur kecerdasan individu, bakat dan tipe kepribadian seseorang.  Tes ini diciptakan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs-Myers dengan menggunakan teori kepribadian psikologi dari Carl Gustav Jung.

Tes MBTI ini dapat membantu seseorang untuk membangun hubungan yang kuat baik di rumah maupun juga di tempat kerja. Seseorang akan sangat terbantu untuk belajar bagaimana harus bersikap sebagai individu, belajar mengembangkan aspek diri, dan belajar menjadi makhluk sosial. 

Dalam tes kepribadian MBTI, manusia diidentifikasi memiliki 16 tipe kepribadian dari 4 dimensi yang berbeda. Dimensi ini terdiri dari beberapa aspek berpasangan dengan kode huruf.

Akan tetapi, banyak pakar psikologi yang menganggap bahwa tes MBTI menghasilkan tipe kepribadian yang tidak akurat dan tidak konsisten.  Namun tes ini masih dinilai sangat tepat untuk digunakan membantu mengenal diri dan mengeksplorasi kemampuan.


Mengapa Kamu Harus Mengikuti Tes MBTI?

Bila kamu merasa belum yakin dengan bidang karier yang ingin kamu tempuh atau merasa karier kamu yang saat ini rasanya salah. Maka tidak ada salahnya mencoba untuk mengikuti tes ini.  Sehingga kamu bisa lebih memahami ciri kepribadian, lingkungan kerja apa yang sesuai untukmu, dan bagaimana menjawab pertanyaan wawancara terkait kepribadian.

Tes ini juga cocok untuk kamu yang belum pernah mengikuti tes kepribadian, cobalah untuk mengikuti tes ini. Gunakan hasil tes ini untuk memahami diri sebaik mungkin.


Seperti Apa Tes MBTI?

Tes MBTI terdiri dari 93 pertanyaan pilihan ganda yang mendalam. Waktu pengerjaan tes ini membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyelesaikannya.  Setelah menjawab semua soal,  setiap pertanyaan maka akan dilakukan penghitungan yang menghasilkan nilai mana aspek yang lebih besar dari dua aspek pada tiap dimensi.


Penghitungan ini dilakukan dengan rumus jumlah indikasi aspek dibagi 15 lalu dikalikan dengan 100 persen. Maka kamu akan mendapatkan hasil kepribadian dari salah satu dari 16 tipe kepribadian.



Macam-macam Kepribadian Menurut Tes MBTI

Dalam tes MBTI dibagi kedalam 4 dimensi yang berbeda-beda, dimensi tersebut antara lain:


1. Introversion (I) – Extraversion (E)

Ini mungkin dua kepribadian yang sudah sering kamu dengar.  Kita umumnya menyebut extrovert dan introvert. Tipe kepribadian ini menggambarkan bagaimana seseorang merespons dan berinteraksi dengan dunia sekitar. Extraversion menunjukkan bahwa seseorang menikmati banyak interaksi sosial dan merasa semangat setelah menghabiskan waktu bersama orang lain.

Sementara itu, Introversion lebih berorientasi pada pemikiran, menikmati interaksi sosial yang lebih mendalam dan bermakna, serta merasa semangat setelah menghabiskan waktu sendirian.


2. Intuitive (N) vs Sensory (S)

Tipe kepribadian ini adalah tentang jenis informasi yang kamu proses. Pada sisi sensory adalah orang yang lebih fokus pada fakta dan detail yang ia alami langsung. Sementara, tipe intuitive adalah orang yang lebih memperhatikan intuisi seperti pola dan kesan. Orang tipe ini lebih senang memikirkan dan membayangkan kemungkinan di masa depan.


3. Thinking (T) vs Feeling (F)

Kepribadian ini mengukur bagaimana seseorang saat mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diterima. 

Thinking menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang lebih suka berpikir dengan objektif, analisis, dan impersonal ketika mengambil keputusan. Sementara, Feeling menunjukkan bahwa kamu lebih banyak mempertimbangkan nilai, emosi, dan perasaan saat mengambil keputusan.


4. Judging (J) vs Perceiving (P)

Terakhir adalah kepribadian tentang gaya kita dalam menjalani hidup. Judging berarti kamu adalah seseorang yang lebih senang menjalani kehidupan yang terstruktur dan terencana.

Sementara itu, Perceiving berarti lebih terbuka, fleksibel, dan mudah beradaptasi pada lingkungan yang berbeda.


Karier Berdasarkan Tes MBTI

Seperti sudah dibahas di atas, tes MBTI bisa membantu kamu untuk mengetahui karier apa yang cocok dengan kepribadian kamu. Nah, sekarang mari kita kupas secara tuntas karier apa yang sesuai untukmu berdasarkan 16 tipe kepribadian  MBTI.


1. ISTJ (The Inspector)

Bila kamu memiliki kepribadian ISTJ biasanya kamu adalah orang yang serius dan formal. Kamu juga cenderung pendiam dan praktis. Kamu sangat menikmati ketertiban dalam semua aspek kehidupan. Tipe ISTJ juga menghargai kesetiaan dalam diri sendiri dan orang lain. Ia juga gemar menekankan tradisi pada setiap pekerjaan.

Nah, karier yang cocok untuk kepribadian ISTJ yang bisa kamu coba adalah business analyst, akuntan, programmer, dokter gigi, hingga pengacara.


2. ISTP (Craftsman)

Tipe kepribadian ini adalah orang yang senang memiliki waktu untuk berpikir sendiri. Seseorang dengan tipe ini terkenal sangat mandiri, nyaman bekerja sendiri dan mengembangkan keahlian mereka. Tipe ISTP juga menyukai aksi, pengalaman baru, aktivitas praktis, dan kebebasan untuk bekerja dalam kecepatan mereka sendiri.

Jika kamu termasuk seorang ISTP, karier yang cocok untuk kamu adalah teknisi, insinyur, pilot, pengusaha hingga ahli forensik.


3. ISFJ (Nurturer)

Bisa dikatakan ini adalah kepribadian yang paling umum. Orang dengan kepribadian ini cenderung hangat dan sederhana. Tipe ini juga sangat efisien dan bertanggung jawab, memberi perhatian pada detail dengan cermat dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bekerja, tipe kepribadian ISFJ sangat baik dan berdedikasi tinggi terhadap tugasnya. Karier yang bisa kamu tekuni bila masuk dalam tipe ISFJ antara lain research analyst, staff finance, desainer, perawat, hingga manajer administrasi.


4. ISFP (Composer)

Tipe kepribadian ISFP dikenal sebagai "artis" di antara 16 kepribadian tes MBTI lainnya. Orang dengan tipe ini cenderung memiliki pikiran yang terbuka dan menunjukan minat besar akan pengalaman baru. 

Dalam dunia kerja, tipe ini akan menyelesaikan tugasnya sesuai dengan jadwalnya sendiri. Beberapa jenis karier yang sesuai dengan tipe kepribadian ini antara lain manajer media sosial, arkeolog, hingga desainer.


BACA JUGA: Rekomendasi Situs Belajar Desain Grafis untuk Pemula


5. INFJ (Counselor)

Kepribadian ini adalah yang paling langka. Orang yang memiliki kepribadian ini cenderung  memiliki banyak ide dan imajinasi yang kreatif. Mereka umumnya idealis. Dalam bekerja mereka sangat menghargai lingkungan yang damai dan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja karena mereka selalu menunjukkan empati dan perhatian. Untuk orang-orang INFJ, karier yang cocok untuk mereka adalah psikolog, konselor, hingga ilmuwan.


6. INFP (Idealist)

Tipe ini sering digambarkan sebagai kepribadian orang-orang sangat idealis dan altruis. Orang yang termasuk tipe ini cenderung tertutup, idealis, dan kreatif. Dalam pekerjaan, ia suka mempelajari hal-hal baru dan menganalisis tanda dan simbol. Jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe ini antara lain photographer, seniman, penulis, guru, penasihat, hingga profesor.


7. INTJ (Masterminds)

INTJ adalah tipe yang cukup pendiam dan nyaman sendiri. Bersosialisasi bisa sangat menguras tenaga mereka sehingga mereka merasa sendiri lebih baik. Walau suka sendiri, kepribadian ini punya kekuatan dalam perencanaan dan penyusunan strategi. Mereka juga sangat pandai berpikir intuitif dan praktis. Tipe INTJ juga menyukai tantangan yang bersifat teoritis.

Beberapa pilihan pekerjaan yang sesuai untuk INTJ antara lain penasihat keuangan, marketing manager, hingga pemusik.


8. INTP (Thinker)

Kepribadian ini sering digambarkan sebagai orang yang pendiam dan analitis.

Tipe ini memiliki kemampuan untuk "membaca" seseorang dan mereka juga ahli dalam memberikan solusi yang tidak bias. 

Di lingkungan kerja, seorang INTP adalah pemecah masalah karena kecerdasan yang dimilikinya. Mereka juga kreatif dan selalu mencari jawaban dari setiap masalah yang muncul. 

Beberapa jenis karier yang sesuai dengan seorang INTP antara lain web developer, composer, hingga marketing consultant.


9. ESTP (Doer)

Orang dengan kepribadian ini cenderung energik dan berorientasi pada tindakan. Tipe kepribadian yang suka melakukan interaksi sosial dan mengharapkan kebebasan. Mereka cekatan dan mampu mencari peluang apapun yang ada di depan mereka. 

Karier yang ideal untuk tipe kepribadian ini antara lain sutradara, project coordinator, hingga pengusaha.


10. ESTJ (Supervisor)

Tipe ini adalah bentuk seorang pemimpin yang tegas dalam 16 kepribadian tes MBTI. Seseorang dengan tipe ini memiliki ketabahan yang besar dan mampu mengambil tindakan secara logis. Orang dengan kepribadian ini sering berperan sebagai pemimpin yang andal yang mampu menawarkan solusi yang tepat.

Tipe ESTJ cocok untuk memulai karier sebagai hakim, chef, polisi, hingga petugas keuangan.


11. ESFP (Performer)

ESFP adalah orang yang sangat extroversion. Seseorang dengan tipe ini sangat suka tampil di depan orang lain. Mereka juga sangat senang mendapat sorotan dan perhatian.

Mereka sangat hangat, murah hati, ramah, dan menyenangkan. Jiwa sosial mereka yang tinggi mampu mendorong orang lain untuk melakukan kegiatan yang serupa.

Tipe kepribadian ESFP sangat cocok untuk pekerjaan event planner, tour guide, hingga sales representative.


12. ESFJ (The Caregiver)

ESFJ adalah orang yang mudah bergaul dan selalu ingin berinteraksi dengan orang lain. TIpe ini sangat peka terhadap kebutuhan orang lain dan terampil dalam membaca isyarat sosial. Beberapa jenis pekerjaan yang sesuai untuk ESFJ antara lain adalah kurator museum, medical researcher, hingga pekerja sosial.

13. ENFJ (The Protagonist)

Seseorang dengan tipe ini sangat hangat, ramah, setia, dan sensitif. Mereka juga bisa dijadikan pemimpin karena selalu bersemangat dan mampu berempati kepada orang lain. Jenis karier yang cocok untuk seorang ENFJ antara lain public relations, sales, hingga art director.


14. ENFP (The Campaigner)

Orang dengan tipe ini punya semangat kebebasan yang tinggi, mereka cenderung tidak suka  dipaksa untuk mengikuti suatu aturan. Tipe ENFP adalah orang yang sangat tanggap dan selalu bekerja menggunakan perasaannya. Mereka sangat menyukai pekerjaan yang membuatnya senang daripada hanya sekadar hanya mendapatkan uang. 

Untuk tipe kepribadian ENFP beberapa jenis karier yang sesuai antara lain reporter, konsultan, pemusik, hingga editor.


15. ENTJ (The Commander)

Tipe ini dalam tes MBTI kerap mengambil peran sebagai pemimpin. Mereka orang yang tegas yang menyukai pencapaian. Memiliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi adalah suatu hal yang penting bagi ENTJ.

Saat dihadapi oleh masalah seseorang dengan tipe ini akan cepat mengidentifikasinya dan mengembangkan solusi untuk memecahkannya. Karier yang cocok untuk tipe ini adalah business administrator, manajer konstruksi, hingga pengusaha.


16. ENTP (The Debater)

Orang ENTP cenderung berani, memiliki pengetahuan yang luas dan cerdas. Mereka tipe yang logis dan selalu objektif. Dalam bekerja, mereka lebih fokus dan mampu memikirkan ide-ide besar dan cenderung tidak menyukai kegiatan yang monoton. Mereka lebih menyukai pekerjaan yang konseptual dan memecahkan masalah. Tipe ENTP bisa sangat cocok untuk memulai karier menjadi pengacara, system analyst, hingga ilmuwan.



Situs Tes MBTI Gratis

Untuk melakukan cek MBTI, kamu bisa mengunjungi situs web resmi MBTI, namun kamu harus membayar untuk tes ini. Tapi tenang, sekarang sudah banyak situs web tes MBTI gratis. Beberapa tes MBTI gratis yang bisa kamu coba antara lain:


1. 16Personalities

Cek MBTI di situs ini gratis. Kamu akan diminta untuk menjawab pertanyaan dan diberi waktu selama 12 menit untuk menyelesaikannya. 


2. Satu Persen Indonesian Life School 

Jika mungkin kamu mengalami kesulitan mengikuti tes di 16Personalities karena berbahasa Inggris, kamu bisa mengunjungi situs Satu Persen Indonesia Life School. Tes MBTI gratis di website ini berbahasa Indonesia, kamu akan diberikan 40 pertanyaan yang bisa mengidentifikasi tipe kepribadian. 


3. Psikologila.id

Tes MBTI gratis berbahasa Indonesia lainnya juga bisa kamu lakukan di PsikologiLa.ID. Dalam tes ini, kamu akan mendapatkan 50 soal pertanyaan dan kamu harus menjawab secepat mungkin.



Itulah bahasan tentang tes MBTI dan situs-situs untuk mencoba tesnya secara gratis. Sebagai informasi, MBTI hanya salah satu dari serangkaian tes yang biasanya diujikan dalam proses rekrutmen. Masih ada tes-tes lain seperti psikotes, Kraeplin, TKD, dan banyak lagi yang perlu kamu pelajari, jadi semangat!

Kalau kamu kehabisan referensi untuk cari contoh soal tes seleksi kerja, yuk pasang aplikasi KitaLulus di smartphone-mu! Di aplikasi KitaLulus, sekarang ada fitur baru, yaitu fitur "Belajar". Melalui fitur ini, kamu bisa puas mengerjakan ribuan latihan soal seleksi kerja.

Tidak cuma latihan tes kepribadian, di aplikasi KitaLulus, kamu juga bisa mengikuti berbagai latihan soal lain seperti psikotes, CPNS, PPPK, PPG, SEKDIN, dan masih banyak lagi. Penasaran? Ayo buka Play Store sekarang juga dan pasang KitaLulus!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.