Tugas Medical Representative, Jenjang Karir, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Ada banyak jenis posisi di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat, apoteker, hingga bidan. Namun, istilah medical representative masih belum diketahui banyak orang. Padahal, medical representative adalah salah satu posisi penting di industri farmasi.

Untuk lebih memperluas pengetahuanmu tentang apa itu medical representative, simak artikel ini!

Apa Itu Medical Representative?

Sebenarnya, agak wajar jika kamu belum mengetahui profesi medical representative atau MedReps, terlebih jika kamu tidak memiliki concern di bidang kerja kesehatan. Hal ini karena medical representative adalah pekerjaan yang tidak banyak bertemu dengan orang biasa.

Medical representative akan lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang yang berperan penting di rumah sakit, seperti dokter, pemilik rumah sakit, hingga karyawan di bagian pembelian peralatan dan kebutuhan rumah sakit.

Mengapa? Sebab, medical representative adalah seorang yang akan mempromosikan produk dari perusahaan farmasi kepada customer, yang mana mereka termasuk dokter, apotek, atau klinik.

Salah satu tantangan besar menjadi medical representative adalah ketika harus meyakinkan dokter untuk lebih memilih produk obat yang ia tawarkan dibanding obat yang biasa digunakan.

Itulah mengapa seorang MedReps haruslah memahami berbagai istilah medis beserta product knowledge dari obat-obatan maupun perlengkapan medis yang ia tawarkan. Selain itu, mereka juga harus selalu update informasi mengenai kompetitor bisnis dan perkembangan industri media medis..

Baca Juga: Sales Representative Adalah: Keahlian, Tugas, dan Kualifikasi

Tugas Medical Representative

Dalam bahasa yang mudah dipahami, medical representative artinya sales dalam perusahaan farmasi. Tugas utama medical representative adalah melakukan promosi produk kepada customer dengan tujuan akhir penjualan. Maka dari itu, mereka biasanya akan mendapatkan target jumlah penjualan di setiap bulannya.

Seperti yang kita tahu, untuk bisa melakukan promosi produk, seseorang harus menguasai produk yang dipromosikan agar mudah melakukan persuasivitas kepada customer sehingga berpotensi tinggi membelinya.

Berikut tugas medical representative yang bisa kamu pelajari secara detail.

1. Promosi dan Edukasi kepada Customer

Tugas medical representative adalah mempromosikan produk dan mengedukasi customer. Oleh karenanya mereka harus memiliki skill komunikasi yang baik.

Memberikan edukasi terkait produk penting dilakukan supaya nantinya produk digunakan dengan baik oleh customer. Terutama untuk produk baru, baik itu obat maupun alat kesehatan pasti memiliki SOP penggunaan secara ketat untuk bisa memberikan efek maksimal ketika digunakan.

2. Kunjungan Rutin

Tugas kedua medical representative adalah melakukan kunjungan rutin ke klinik atau dokter. Ada tiga alasan mengapa kunjungan perlu dilakukan, yaitu:

  • Customer mencarinya untuk meminta penjelasan tentang produk.
  • Memberikan tagihan pembayaran dari produk yang dibeli oleh customer karena pada umumnya terdapat customer yang membayar secara bertahap karena jumlah pembelian yang besar.
  • Terdapat produk baru yang akan ditawarkan oleh medical representative kepada customer.

3. Menguasai Area Kerja dengan Baik

Seorang medical representative akan diberikan area untuk wilayah kerjanya. Dari area tersebut, mereka harus tahu ada berapa jumlah klinik, rumah sakit, hingga apoteknya. Dengan begitu, MedReps bisa melakukan survei dan menawarkan mereka tentang produk yang sedang dijualnya.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan harus dilakukan oleh MedReps Hal ini karena mereka harus memenuhi target penjualan di setiap bulannya.

Terkadang pelanggan lama bisa menolong untuk mencapai target itu dengan baik karena mereka yang merasa puas dengan produk tersebut akan melakukan repeat order, sehingga menjadi pelanggan setia.

5. Membuat Laporan

Setelah selesai dengan urusan di lapangan, tugas medical representative adalah membuat laporan. Dalam laporan akan dijelaskan berapa banyak customer yang berhasil ia dapatkan selama sebulan, mana customer yang berpotensi melakukan repeat order, hingga produk mana yang paling banyak dia jual.

Baca Juga: Mengenal Sales Executive: Pengertian, Tugas, Skill hingga Gaji yang Didapatkan

Jenjang Karir Medical Representative

Apakah medical representative memiliki potensi dan jenjang karir yang baik? Jawabannya tentu saja iya.

Industri kesehatan tidak akan pernah tergeser di situasi apa pun. Bahkan, untuk situasi luar biasa seperti pandemi Covid-19, industri kesehatan justru bertumbuh sangat pesat dan dibutuhkan banyak orang.

Tercatat, pada 2021 industri farmasi memiliki pendapatan hingga Rp95 triliun. Jadi, jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang ini, kamu akan mendapatkan jaminan masa depan yang baik.

Terlebih hingga 2022, dinyatakan langsung oleh Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian, ada 220 perusahaan farmasi di Indonesia. Dengan begitu, kebutuhan akan medical representative akan terus ada.

Berikut merupakan jenjang karir medical representative:

  1. Medical Representative
  2. Ketua Tim
  3. Manager Area
  4. Manager Regional
  5. Manager Nasional

Bagaimana Cara Menjadi Medical Representative?

Medical representative adalah orang yang mampu menguasai hal-hal di bidang kesehatan dengan baik. Namun, untuk menempati posisi tersebut, kamu tidak perlu menempuh pendidikan kesehatan. Beberapa perusahaan farmasi bahkan mencari kandidat dengan minimal lulusan SMA/SMK.

Beberapa syarat umum untuk menjadi medical representative adalah:

  • Lulusan SMA/SMK/D-3/S-1 semua jurusan
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Memiliki kemampuan menjual yang baik
  • Detail, ulet, teliti
  • Memiliki kemauan belajar yang tinggi
  • Memiliki kemampuan penguasaan manajemen emosi yang baik
  • Memiliki manajemen waktu yang baik
  • Dapat mengendarai kendaraan, utamanya motor dan minimal memiliki SIM C
  • Bersedia bekerja dengan target

Berapa Gaji Medical Representative?

Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu kita garis bawahi bawahi medical representative adalah seorang sales yang memiliki target penjualan setiap bulannya.

Pada umumnya, ketika seorang sales berhasil mencapai target jual, dia akan mendapatkan bonus yang tinggi. Jadi, selain dari gaji utama, kamu akan mendapatkan gaji tambahan.

Untuk gaji utama medical representative adalah sekitar Rp2.000.000–Rp5.000.000. Nominal ini tergantung kepada seberapa besar perusahaan kamu, lokasi perusahaan, hingga pengalaman yang kamu miliki.

Baca Juga: Memahami Etika Profesi, Tujuan, Fungsi, Prinsip, dan Contoh

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu medical representative. Karena medical representative adalah perpanjangan tangan dari bagian industri farmasi ke dokter, perawat, dan lainnya sehingga produk penting tentang kesehatan sampai ke tangan pasien yang membutuhkan, kamu harus menguasai tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, ya.

Jika kamu ingin bekerja sebagai MedReps, ada banyak lowongan kerjanya di aplikasi KitaLulus. Kamu cukup mengetikkan “medical representative” di bagian kolom pencarian paling bawah, lalu pilih perusahaan yang kamu minati.

Lakukan filtering mulai dari tingkat pendidikan, sistem kerja, lokasi kerja, hingga kisaran gaji untuk lebih mudah memilihnya. Mudah, kan?

Aplikasi KitaLulus bisa kamu download secara gratis. Sejak dirilis pada 2020, aplikasi KitaLulus sudah diunduh oleh 1.000.000+ users dan setiap bulannya berhasil memproses 3.000.000+ lamaran kepada perusahaan yang mencari kandidat sesuai kualifikasi.

Jika kamu melamar kerja dengan KitaLulus, kamu tentu saja memiliki potensi yang tinggi untuk mendapatkan karir impianmu. Jadi, jangan ragu instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu, ya!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!