Branch Manager: Apa Itu, Tugas, Gaji, dan Skill yang Harus Dikuasai

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
branch manager adalah
Branch Manager: Apa Itu, Tugas, Gaji, dan Skill yang Harus Dikuasai

Sebuah perusahaan yang memiliki ekspansi bisnis yang tinggi tentu memiliki banyak kantor cabang. Inilah yang kemudian membuat branch manager adalah posisi yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa menjadi branch manager? Apakah ada skill khusus yang tidak boleh terlewatkan?

Informasi-informasi terkait apa itu branch manager bisa kamu baca di artikel ini. Simak hingga akhir sehingga kamu bisa tahu tugas dan tanggung jawab branch manager, skill yang harus dikuasai, jenjang karir, hingga gajinya.

Apa Itu Branch Manager?

branch manager adalah

Apa itu branch manager? Secara definisi, branch manager adalah seseorang yang memimpin suatu kantor cabang. Dia nantinya akan melaporkan kondisi yang ada di kantor cabang itu kepada para atasan di kantor pusat dan mengatur seluruh kinerja karyawan di kantor cabang tersebut secara menyeluruh.

Karena pada umumnya kantor cabang akan memiliki lingkup kerja yang lebih kecil dibanding kantor pusat, branch manager bisa dengan mudah membaur dengan seluruh karyawan. Maka dari itu, biasanya akan lebih bersahabat dan seluruh karyawan bisa dekat.

Dengan kondisi demikian, branch manager memiliki keuntungan tersendiri karena bisa memantau karyawan dengan mudah. Jadi, kinerja karyawan akan lebih bisa diperhatikan.

Tugas Branch Manager

tugas branch manager

Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab branch manager perusahaan:

  • Memahami pola kerja karyawan sehingga bisa tahu bagaimana memperlakukan karyawan untuk bisa mencapai target kerja sesuai keinginan.
  • Mencapai target perusahaan cabang.
  • Melakukan pelaporan kepada perusahaan pusat setiap bulannya atau sesuai waktu yang disepakati.
  • Melakukan pemantauan kinerja karyawan.
  • Melakukan pemantauan prosedur kinerja, mulai dari produksi, pengecekan kualitas, distribusi, penjualan, dan lainnya untuk perusahaan dengan produk berupa barang.
  • Melakukan inovasi terhadap produk perusahaan cabang.
  • Melakukan penyelesaian masalah ketika terjadi konflik di perusahaan cabang, baik konflik antar karyawan maupun konflik lainnya di perusahaan.

Baca jugaDaftar Gaji Pegawai Bank di Indonesia, Tugas, dan Jenjang Karir: Mengenal Posisi Account Manager, Tugas, Jenjang Karir, dan Gajinya

Skill yang Harus Dikuasai Branch Manager

skill yang wajib dikuasai branch manager

Kemampuan apa sih yang harus dimiliki oleh seorang branch manager? Nah, jika kamu ingin menempati posisi ini suatu hari nanti, kamu harus bisa menguasai setidaknya soft skill berikut:

Dengan soft skills di atas, kamu akan mudah memimpin tim dalam perusahaan cabang. Dan,yang paling penting, kamu juga harus tegas dalam menentukan penyelesaian masalah. Jangan sampai kamu justru dipandang tidak kompeten oleh  tim kamu.

Baca juga: 8 Perbedaan Leader dan Boss, yang Mana Karakter Anda?

Jenjang Karir Branch Manager

Untuk perusahaan yang memiliki produk dengan capaian target jual tertentu, branch manager adalah posisi yang bisa kamu capai sebagai jenjang karir di kemudian hari. Bisa kamu mulai dari posisi sales, lho.

Dengan memiliki kemampuan menjual yang baik, kamu bisa dipromosikan menjadi sales manager yang kemudian bisa meningkat menjadi business development manager. Ketika pemimpin melihat kinerja kamu yang bagus di posisi tersebut, kamu nantinya bisa menempati branch manager.

Namun, biasanya kamu harus memiliki pengalaman selama 7–10 tahun dulu untuk bisa berada di posisi tersebut. Terkesan sangat lama? Tidak, kok.

Pengalaman selama itu dijadikan syarat karena branch manager adalah posisi yang memiliki tanggung jawab besar dan tidak semua orang bisa mengatasinya. Jadi, hanya sosok yang memiliki etos kerja baik saja yang bisa terpilih.

Kisaran Gaji Branch Manager

Pada umumnya, branch manager akan memiliki gaji sekitar Rp5.000.000 – Rp7.000.000. Nominal gaji ini bisa lebih tinggi jika kamu bekerja di perusahaan multinasional bahkan yang memiliki basis kantor pusat di luar negeri.

Jika kamu bekerja di bank dan menarget posisi branch manager, kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibanding branch manager perusahaan pada umumnya. Kisaran gaji branch manager bank adalah Rp16.000.000 – Rp20.000.000.

Bahkan, nominal tersebut biasanya baru berupa gaji bulanan tetap, belum bonus dan tunjangan tidak tetap lainnya, lho. Lumayan banget, ya!

Baca juga: Daftar Gaji Pegawai Bank di Indonesia, Tugas, dan Jenjang Karir

Itulah informasi yang bisa kamu pelajari tentang branch manager. Karena branch manager adalah posisi yang harus meng-handle banyak tim di bawahnya, kamu harus memiliki kemampuan manajerial tinggi.

Jika kamu masih fresh graduate, untuk menempati posisi branch manager tentu saja harus melalui banyak tahap jenjang karir. Untuk itu, kamu bisa memulainya dengan posisi yang memang kamu inginkan dan passionate ketika mengerjakannya. 

Karir apa yang ingin kamu ambil dan jalani? Kamu sesuaikan dengan kualifikasi dan kemampuan yang kamu miliki. Untuk mengakses informasi lokernya, tidak perlu bingung karena zaman sekarang dengan kemudahan media dan teknologi, terdapat berbagai kanal yang menyediakan informasi loker. Salah satunya adalah aplikasi KitaLulus.

KitaLulus memiliki ribuan informasi loker yang bisa kamu akses secara gratis. Cara mendaftarnya sangat mudah. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore lalu masuk dengan akun email kamu yang aktif. Setelah itu kamu bisa mencari loker yang kamu inginkan.

Ketikkan nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan yang kamu inginkan. Ketika sudah terdapat daftar loker yang sesuai, kamu bisa melakukan filter lagi seperti sistem kerja (full time, kontrak, work from home, hingga freelance), jenjang pendidikan (S-1, D-3, D-4, atau SMK/SMA), bahkan gaji tertinggi. Lebih mudah dalam memilihnya kan?

Yuk, langsung saja instal aplikasi KitaLulus di ponsel kamu dan cari pekerjaan favoritmu dengan #LebihMudah!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top