Close Pop up

25 Prospek Kerja Teknik Informatika dan Gajinya, Pilih Mana?

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Prospek kerja Teknik Informatika sangatlah beragam. Terlebih di era perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang. Seperti yang kita tahu, banyak perusahaan yang ingin melakukan ekspansi bisnis dengan merambah ranah digital, seperti menciptakan produk berupa aplikasi.

Lulusan Teknik Informatika bisa menjadi website developer, mulai dari back end developer, front end developer, hingga full stack developer. Bahkan, jika kamu menyukai game online, kamu juga bisa memperdalamnya untuk bisa menjadi game creator ataupun game developer.

Tidak hanya itu, lulusan Teknik Informatika juga bisa bekerja system analyst, data scientist, ataupun IT consultant.

Untuk lebih lengkapnya, artikel ini akan membahas variasi prospek kerja Teknik Informatika untuk kamu jadikan referensi karir kamu nantinya. Yuk, simak artikel ini hingga akhir!

Baca juga: Mengenal Profesi Data Analyst: Tugas, Skill, Gaji, dan Bedanya dengan Data Scientist

Kenapa Harus Jurusan Teknik Informatika?

Kenapa kuliah jurusan teknik informatika

Jika kamu suka untuk mengulik teknologi, Jurusan Teknik Informatika tentu saja menjadi jurusan yang menyenangkan untuk dijalani. Kamu bisa mempelajari perkembangan teknologi terbaru.

Beberapa kemampuan yang bisa kamu dapatkan selama berkuliah di jurusan ini adalah:

  • Kemampuan analisis yang baik.
  • Logical thinking.
  • Berpikir sistematis dan kritis.
  • Kemampuan memecahkan masalah yang tepat.
  • Programming skills.
  • Creative thinking.

Kemampuan-kemampuan itu akan sangat berguna untuk kamu yang ingin bekerja di industri teknologi. 

Materi yang Dipelajari Teknik Informatika

Mata kuliah jurusan teknik informatika

Untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan di atas, selama berkuliah kamu akan mempelajari beberapa materi berikut ini.

  • Algoritma & Struktur Data
  • Sistem Operasi
  • Strategi Algoritma
  • Probabilitas dan Statistika
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Artificial Intelligence
  • Pemrograman Internet
  • Sistem Komputer
  • Teori Komputasi
  • Metode Pengembangan Software
  • Sistem Jaringan
  • Data Mining
  • Database dan Sistem Informasi
  • Kriptografi
  • Etika & Hukum Cyber
  • Intelegensia Buatan
  • Basis Data

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Network Engineer, Gaji, serta Sertifikasinya

Prospek Kerja Teknik Informatika

Lulusan Teknik Informatika kerja apa setelah kuliah? Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu saja kamu bisa dengan mudah menjawab pertanyaan tersebut, kan?

Untuk lebih memahami detail pekerjaan di setiap posisi yang bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Informatika, berikut KitaLulus jelaskan lebih dalam.

1. Application Engineer

Prospek kerja Teknik Informatika yang pertama adalah application engineer. Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk:

  • Melakukan koordinasi dengan klien untuk melakukan perancangan dan peningkatan sistem aplikasi.
  • Melakukan konsultasi bersama klien tentang pengembangan aplikasi.
  • Mengembangkan sistem yang tepat untuk kemudian diterapkan dalam sebuah sistem aplikasi.
  • Menyusun bahasa pemrograman komputer yang mudah dipahami.

Gaji yang bisa didapatkan termasuk tinggi, yaitu sekitar Rp5.000.000–Rp7.000.000. Nominal tersebut bisa didapatkan oleh junior application engineer sehingga untuk kamu yang sudah berpengalaman bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibanding nominal tersebut.‍

2. Game Creator

Kata siapa bermain game online hanya membuang waktu saja? Jika kamu serius dan sangat tertarik dengan dunia permainan digital, kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut. Dan lulusan Teknik Informatika bisa menjadi game creator.

Gaji yang bisa didapatkan tinggi, lho. Untuk pemula, kamu bahkan bisa mendapatkan rentang gaji sekitar Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000. Jika kamu sudah sangat berpengalaman, kamu bisa menjadi game creator lepas dengan klien dari berbagai dunia sehingga bisa menghasilkan puluhan juta dalam sekali project.

3. Game Developer

Game creator dan game developer memiliki irisan tugas yang sama. Namun, dalam game developer biasanya akan lebih mendalam dalam membuat bahasa pemrogramannya.

Gaji game developer juga tidak kalah dengan game creator, yaitu sekitar Rp5.000.000–Rp8.000.000 dalam sebulan. Untuk bisa menjadi game developer yang profesional, kamu bisa mendapatkan sertifikasi programmer untuk mendapatkan sertifikat ACE Creative Suite Master.

4. Software Engineer

Rata rata gaji jurusan teknik informatika

Prospek kerja Teknik Informatika selanjutnya adalah software engineer. Posisi ini bisa kamu tempati dengan memiliki kemampuan berikut ini.

  • Logical thinking.
  • Deep research.
  • Analytical thinking.
  • Algorithm.
  • Artificial Intelligence.

Gaji software engineer sekitar Rp4.500.000 hingga Rp6.000.000.

5. IT Consultant

Untuk menjadi IT consultant, tentunya kamu sudah memiliki pengalaman yang mendalam terhadap Teknik Informatika. Kamu juga harus memiliki beberapa sertifikat, seperti Cisco Certified Internetwork Expert, Cisco Certified Network Professional , Microsoft Certified Systems Engineer, hingga CompTIA Security+.

Dengan job desc yang tidak sembarangan, gaji yang didapatkan oleh seorang IT consultant tentu saja tinggi, yaitu sekitar Rp6.000.000–Rp11.000.000.

Baca juga: 9 Prospek Kerja Sistem Informasi Terbaik dan Nominal Gajinya 2022

6. Data Scientist

Agar bisa menjadi data scientist, kamu tentu saja harus menguasai kemampuan observasi dan analisis yang tinggi. Tidak hanya itu, kemampuan lain yang harus kamu kuasai adalah berpikir sistematis, manajerial, pemrograman, serta statistika.

Gaji seorang data scientist sekitar Rp5.000.000–Rp7.000.000.

7. Programmer

Programmer harus dapat menguasai berbagai bahasa pemrograman minimal CSS, SQL, HTML, JavaScript, PHP, dan Python. Sebab, setiap perusahaan akan dengan spesifik menyebutkan bahasa pemrograman yang harus dikuasai kandidat untuk bisa lolos di posisi ini.

Sebagai programmer, kamu bisa mendapatkan gaji per bulan sekitar Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000.

8. Robot Engineer

Nominal gaji programmer di Indonesia

Apakah kamu pernah mendengar bahwa semakin majunya teknologi, beberapa posisi tidak akan dibuka karena digantikan oleh robot? Namun, siapa sih yang menciptakan robot? Tentu saja manusia.

Nah, sebagai lulusan Teknik Informatika, kamu bisa berkesempatan untuk menciptakan robot yang akan berguna dalam sebuah industri tertentu.

Tugas dan tanggung jawab robot engineer adalah sebagai berikut.

  • Mengembangkan sebuah robot sesuai tujuan.
  • Melakukan riset tentang tren desain robot.
  • Melakukan pemeliharaan peralatan robotika yang dibutuhkan.

Gaji yang bisa kamu dapat adalah minimal Rp4.000.000 untuk seorang junior robot engineer. Dan jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman, kamu bisa mendapatkan gaji hingga 5 kali lipatnya.

9. Teknisi Rekam Medis

Apakah lulusan Teknik Informatika bisa bekerja di perusahaan yang bekerja di bidang kesehatan? Tentu saja bisa karena seluruh perusahaan pasti memiliki sistem teknologi.

Kamu bisa bekerja sebagai teknisi rekam medis yang bertugas untuk mengelola kartu rekam medis elektronik. Gaji yang didapatkan sekitar Rp4.000.000–Rp6.500.000.

10. Technopreneur

High-tech business adalah usaha yang menggunakan inovasi teknologi. Jenis bisnis ini merupakan salah satu yang bisa dijalankan oleh technopreneur.

Nantinya, kamu harus melakukan pengolahan teknologi untuk kemudian digunakan sebagai usaha efisiensi dan efektivitas untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Gaji technopreneur adalah Rp4.500.000–Rp10.000.000. 

11. Cyber Security

Gaji cyber security

Kejahatan cyber akan mengalami kenaikan yang selaras dengan perkembangan teknologi yang ada. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan besar dengan aset digital yang tinggi tentu saja membutuhkan seorang cyber security.

Semakin banyaknya perusahaan membutuhkan posisi ini, tawaran gaji yang diberikan tentu saja semakin besar. Biasanya, gaji minimal yang bisa kamu dapatkan dari posisi ini sekitar Rp5.000.000–Rp10.000.000.

12. Web Developer

Prospek kerja Teknik Informatika yang selanjutnya adalah web developer. Posisi ini akan selalu dibutuhkan oleh berbagai perusahaan karena mereka harus memiliki website guna melakukan promosi produk yang dimiliki.

Gaji web developer adalah Rp6.000.000–Rp10.000.000. Namun, nominal tersebut bisa lebih tinggi tergantung kepada kondisi perusahaan dan lokasi perusahaan tersebut berada. 

Baca juga: 17 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Depan Cerah

13. System Analyst

Jika kamu bekerja sebagai system analyst, kamu bisa mendapatkan rentang gaji Rp4.500.000–Rp17.500.000 per bulan. Sangat tinggi, kan?

Tugas yang nantinya kamu lakukan salah satunya adalah melakukan modifikasi dan optimalisasi sistem sehingga dapat terintegrasi terhadap fitur lebih efisien sesuai kebutuhan perusahaan.

14. Android/iOS Developer

Tugas seorang android/iOS developer adalah untuk membuat dan merancang aplikasi sehingga bisa digunakan di perangkat yang berbasis Android atau iOS.

Posisi ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan lho sekarang. Gaji yang didapatkan juga begitu tinggi, yaitu sekitar Rp10.000.000–Rp12.000.000.

15. SEO Specialist

Untuk melakukan marketing digital, beberapa hal dilakukan, baik dengan cara organik maupun yang berbayar. Peningkatan pemasaran dari sisi organik dilakukan oleh banyak perusahaan karena tidak mengeluarkan banyak biaya. Posisi ini tentu saja dilakukan oleh seorang SEO specialist.

Peran yang sedang banyak dicari perusahaan ini memiliki rentang gaji sekitar Rp3.500.000 hingga Rp8.000.000. Namun, nominal tersebut tentu saja akan menjadi 3-4 kali lipat jika kamu memiliki pengalaman yang tinggi lalu bekerja secara mandiri sebagai SEO specialist lepas dan bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar.

16. Back End, Front End, & Full Stack Developer

Rata rata gaji programmer di Indonesia

Tiga posisi ini selalu dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Pekerjaan ketiganya yang beririsan membuatnya tak bisa dipisahkan begitu saja. Untuk back end engineer dan front end engineer akan bekerja saling bergiliran dan mengisi.

Namun, untuk posisi full stack developer akan melakukan seluruh tugas kedua posisi tersebut. Dan biasanya, jika perusahaan memiliki full stack developer, posisi back end dan front end tidak dibutuhkan untuk menghemat biaya.

Rentang gaji ketiganya adalah sekitar Rp6.000.000–Rp12.000.000.

17. Cloud Architect

Prospek kerja Teknik Informatika selanjutnya adalah cloud architect. Posisi ini bertugas untuk melakukan desain aplikasi berbasis cloud. Cloud ini nantinya akan dilakukan manajemen dan monitoring sehingga data yang disimpan di dalamnya aman.

Seorang cloud architect memiliki rentang gaji yang sangat tinggi, lho, yaitu sebesar Rp35.000.000–Rp50.000.000.

18. Mobile Application Developer

Prospek pekerjaan lain di bidang informatika adalah mobile application developer. Seorang mobile application developer memiliki tugas untuk membuat program sekaligus menguji aplikasi-aplikasi yang digunakan di smartphone.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi mobile application developer adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini pun terdapat banyak macamnya tergantung platform yang mereka pilih.

Kisaran gaji seorang mobile application developer adalah Rp6.000.000–Rp18.000.000 per bulan.

19. Database Administrator

Database administrator adalah pekerjaan yang meliputi proses merancang desain untuk database, termasuk melakukan pemeliharaan (maintenance) dan perbaikan saat terjadi kerusakan.

Setiap perusahaan pasti memiliki database berupa dokumen-dokumen dan data penting, sehingga posisi ini sangat dibutuhkan.

Kisaran gaji database administrator tahun pertama adalah Rp4.000.000–Rp6.000.000 per bulan.

20. Software Tester

Software Tester

Meski banyak belum diketahui orang, profesi ini merupakan salah satu prospek kerja dari lulusan teknik informatika. Ketika software developer telah menyelesaikan sebuah software, maka di sanalah peran software tester akan dibutuhkan.

Seorang software tester bertugas untuk menguji coba software tersebut dan memberi evaluasi. Aspek yang akan diuji di antaranya fungsi dan unitnya.

Adapun kisaran gajinya berada di antara Rp3.000.000–Rp10.000.000 per bulan.

21. Network Engineer

Saat perusahaan ingin membuat platform komunikasi, maka perlu untuk membangun sebuah jaringan komputer atau jaringan telekomunikasi. Pada saat itulah peran seorang network engineer akan dibutuhkan.

Ini juga dapat menjadi prospek kerja untuk lulusan teknik informatika. Pekerjaan ini sendiri memiliki kisaran gaji Rp5.000.000–Rp12.000.000 per bulan.

22. Web Designer

Salah satu cara pemasaran digital adalah dengan mengoptimasi fungsi dari sebuah website. Jika fungsi optimasi sudah dijalankan, maka sudah seharusnya untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik guna membuat pelanggan betah berada di dalam situs kita.

Profesi yang bertugas membuat tampilan website menjadi menarik adalah seorang web designer. Profesi ini juga merupakan prospek kerja yang banyak dilirik oleh lulusan teknik informatika.

Seorang web designer memiliki kisaran gaji antara Rp5.000.000–Rp20.000.000 per bulan tergantung pada banyaknya pengalaman.

23. Computer Forensic Investigator

Peluang karier teknik informatika selanjutnya yaitu menjadi computer forensic. Tugasnya adalah melakukan penyelidikan atau investigasi di sebuah komputer guna mengumpulkan bukti-bukti berupa data yang ada di dalamnya.

Penyelidikan ini berfungsi untuk mengetahui adanya pelanggaran yang tersimpan pada hardware komputer maupun perangkat lainnya. Profesi berikut nantinya akan bekerja untuk lembaga dan badan penegakan hukum.

Kisaran gaji untuk computer forensic ada pada angka Rp8.000.000.

24. Web Administrator

Pekerjaan lainnya yang bisa jadi peluang karier seorang lulusan teknik informatika adalah web administrator. Tanggung jawab seorang web administrator adalah pengelolaan, penyebaran, pengembangan, pemutakhiran, hingga pemeliharaan sebuah web.

Kisaran gajinya adalah Rp4.000.000–Rp7.000.000 per bulan.

25. UX Researcher

UX atau User Experience adalah segala hal mengenai kebutuhan, perilaku, dan masalah yang dihadapi oleh user saat bersinggungan dengan produk dari sebuah perusahaan.

UX Research berarti merupakan kegiatan mendapatkan insight tentang User Experience itu sendiri.

Profesi UX Researcher termasuk salah satu prospek kerja yang menarik bagi lulusan teknik informatika. Kisaran gajinya pun cukup fantastis, yakni Rp12.000.000–Rp15.000.000 per bulan.

26. Penetration Tester

Profesi terakhir yang bisa menjadi prospek kerja lulusan teknik informatika adalah Penetration Tester. Seorang Penetration Tester bertugas untuk melakukan simulasi penyerangan terhadap sistem jaringan komputer guna mengetahui kelemahan-kelemahannya.

Penetration Tester memiliki kisaran gaji antara Rp8.000.000–Rp15.000.000 per bulan.

Itulah berbagai informasi tentang prospek kerja Teknik Informatika. Bagaimana? Tertarik dengan salah satunya?

Untuk mencari informasi lowongan kerja yang sesuai dengan Jurusan Teknik Informatika kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus lalu lakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google kamu.

Nantinya kamu akan mendapatkan informasi lebih dari 90.000 lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia. Kamu bisa mencarinya dengan mengetik nama posisi, nama perusahaan, dan kota tujuan yang kamu inginkan.

Tidak hanya menyediakan informasi lowongan kerja, aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur komunitas, lho. Fitur ini akan membantu kamu untuk mendapatkan informasi dan ilmu baru karena bisa saling berbagi informasi dengan anggota komunitas lainnya. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan relasi lebih luas.

Yuk, langsung install aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan pengalaman mencari kerja #LebihMudah dibanding sebelumnya.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!