Perbedaan Staff Accounting dan Staff Finance | Sering Disamakan, Padahal Beda, Lho!

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Banyak orang yang mengira bahwa staff finance dan staff accounting adalah sama. Keduanya sering dianggap sama karena ada pada divisi yang sama yaitu keuangan. Tidak hanya itu, latar belakang pendidikannya juga sama yaitu berasal dari bidang ilmu akuntansi. Tapi sebenarnya kedua bidang ini berbeda. Perbedaan staff accounting dan staff finance terletak pada tugas pokok yang jadi tanggung jawab keduanya. 

Agar kalian tidak salah lagi, simak ulasannya dalam artikel berikut ini!


Perbedaan Staff Accounting dan Staff Finance

Sudah sedikit dibahas, baik staff accounting dan staff finance memang sama-sama mengelola keuangan dan sama-sama berasal dari latar belakang ilmu yang sama. 

Tetapi dua profesi ini mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Agar lebih jelas perbedaan staff accounting dan staff finance, berikut ini penjabarannya secara lengkap. 


1. Pengertian Staff Accounting dan Staff Finance

Perbedaan staff accounting dan staff finance sebenarnya sudah terlihat dari pengertian keduanya. 

Staff accounting adalah orang yang memiliki peran untuk mencatat dan mengklasifikasikan semua transaksi yang terjadi di perusahaan dan melaporkannya dalam laporan keuangan yang tepat dan akurat. 

Di mana akuntansi memiliki standar dan aturannya sendiri dalam mencatat dan mengelompokkan semua transaksi. Untuk itu akuntansi berkaitan dengan proses meringkas, menganalisis, serta menginterpretasikan laporan transaksi-transaksi kepada pihak-pihak penting perusahaan. 

Sedangkan staff finance bagian yang mengurus aktivitas dan bagian yang berwenang dalam menemukan atau menerima  dana, mengelola dan mengeluarkan uang  sampai melakukan pembayaran. 

Finance dalam pekerjaannya berhubungan dengan pemantauan, pembuatan studi keuangan, perbankan, kredit, investasi, aset, dan liabilitas yang membuat mekanisme keuangan perusahaan berjalan.


2. Peran dan Tugas

Selanjutnya, perbedaan juga ada pada peran dan tugas yang diemban masing-masing. 

Peran dan tugas staff  accounting dalam perusahaan adalah membuat laporan keuangan, dan memverifikasi segala pengeluaran yang terjadi di perusahaan. Setelah melakukan pencatatan pengeluaran, akuntan harus melakukan otorisasi pada divisi terkait.

Selain itu staff accounting juga memiliki tugas dalam mengurus perpajakan perusahaan. Oleh karena itu, staff accounting akan bertanggung jawab dalam mengurus semua data keuangan perusahaan yang masuk kualitatif penghitungan perpajakan.

Staff accounting juga dapat memberikan anjuran soal rencana keuangan di masa depan yang memengaruhi pajak. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tugas staff accounting yang perlu kamu ketahui.

a. Tugas staff accounting

i. Mengukur Kontribusi Sumber Dana

Pekerjaan accounting adalah menghitung berapa besar kontribusi masing-masing sumber pada keuntungan perusahaan. Ini adalah salah satu cara perusahaan untuk mematikan apakah akan mengubah atau menukar alokasi dana atau membuat persetujuan baru.


ii. Mengurus Liabilitas Perusahaan

Operasional perusahaan tidak akan lepas dari labilitas. Bentuknya juga beragam mulai dari utang, tagihan, pajak, dan lainnya. Staff accounting akan memastikan jika semua tagihan tersebut sudah dibayar tepat waktu, dan memastikan bahwa jangka waktu yang diberikan tidak menimbulkan kerugian untuk perusahaan.


iii. Menjaga Transparansi Keuangan Perusahaan

Transparansi ini berbentuk informasi kepada publik dan pemerintah mengenai neraca keuangan perusahaan. Seorang staff accounting harus mampu memberi gambaran tepat menyangkut bagaimana keadaan keuangan perusahaan kepada stakeholder.

BACA JUGA: Tugas Staff Accounting di Sebuah Perusahaan


Selanjutnya, kita akan membahas cakupan tugas staff finance. Cakupan tugas dan tanggung jawab staff finance lebih luas lagi, dan bersinggungan langsung dengan uang perusahaan. Staff finance harus dapat memperkirakan performa masa depan dari perusahaan. Ia bertugas dan bertanggung jawab dalam pencarian, pengaturan, pendistribusian dana, dan melakukan pembayaran. 

Selain itu staff finance juga bertanggung jawab untuk mengurus kebutuhan kas perusahaan, dan jug memastikannya sesuai dengan pendataan yang sudah dilakukan oleh bagian accounting

Itulah mengapa staff finance punya wewenang untuk memegang uang perusahaan untuk menerima dan mengeluarkan uang tersebut, baik yang berada di kas, deposit, bank, atau investasi.


Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tugas dari staff finance secara umum. 

b. Tugas staff finance

1. Penghimpunan dana

Staff finance memiliki peran penting sebagai penghimpun dana yang dipergunakan untuk aktivitas operasional.

Penghimpunan dana ini dimulai dari pengeluaran harian, cost produksi, pembelian bahan baku, karyawan, dan lainnya.


2. Pendistribusian dana

Setelah menghimpun dana, staff finance juga bertugas dan bertanggung jawab untuk mendistribusikannya dengan benar. Sehingga perusahaan atau pribadi dapat memperoleh hasil investasi yang optimal untuk masa depan keuangan perusahaan. 

Seorang staff finance juga harus tahu bagaimana cara investasi yang tepat dan menguntungkan bagi perusahaan. 


3. Pengelolaan Keuntungan

Menjadi staff finance juga harus tahu bagaimana mengelola keuntungan dengan benar agar semakin membuat perusahaan berkembang. 

Seorang staff finance harus tahu cara mana yang paling tepat untuk pengelolaan keuntungan ini, apakah dari keuntungan tersebut diberikan kepada pemegang saham, atau dipergunakan kembali untuk keperluan investasi untuk meningkatkan bisnis perusahaan. 


4. Mengajukan Peraturan pada Petinggi Perusahaan

Peran ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Karena kamu harus bisa mengomunikasikan peraturan yang akan dilakukan pada pimpinan perusahaan untuk disepakati.

Staff finance harus bisa meyakinkan pimpinan untuk melakukan investasi, mengelola, sampai dengan membuat anggaran modal.

BACA JUGA: Seperti Apa Gambaran Tugas Staff Finance Perusahaan yang Sebenarnya?

Kesimpulan dari perbedaan staff accounting dan staff finance adalah tugas dan tanggung jawab. staff accounting dalam perusahaan punya tugas menjalankan bisnis yang akan diarahkan kepada kegiatan keuangan. Sebaliknya, staff finance lebih diarahkan kepada kondisi keuangan dari sebuah perusahaan. 

Pada intinya, pekerjaan staff finance dan staff accounting memang berlainan. Tetapi kedua nya ada untuk  saling melengkapi dan memberikan dukungan satu sama lain.

Jadi mana yang lebih membuat kamu tertarik? Staff finance atau staff accounting? Pilihan manapun, lowongan kerjannya bisa kamu temukan di KitaLulus. Kamu bisa pilih lowongan sesuai domisili kamu dan tidak perlu takut lowongan palsu karena semua lowongan telah melalui proses verifikasi. Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang di Play Store.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!