Jangan Salah Lagi, Ini Perbedaan Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja yang Harus Kamu Ketahui

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja — Apakah kamu pernah mendengar istilah tenaga kerja dan angkatan kerja? Menurutmu, keduanya sama atau berbeda?

Tenaga kerja dan angkatan kerja adalah dua istilah yang berbeda. Dan di sini, KitaLulus akan membahasnya supaya kamu lebih memahaminya. Jangan skip artikel ini dan baca hingga akhir untuk  mengetahui apa itu tenaga kerja, angkatan kerja, jenis-jenis angkatan kerja, hingga perbedaan keduanya.

Apa Itu Tenaga Kerja?

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah tenaga kerja, terlebih jika kamu tertarik dengan dunia human resource.

Tenaga kerja adalah sebutan untuk seseorang yang sudah masuk usia produktif dan mempunyai pekerjaan. Jenis pekerjaan yang dimaksud di sini bermacam-macam, baik yang memiliki kontrak mengikat maupun pekerja lepas tanpa kontrak mengikat.

Usia minimal yang tenaga kerja biasanya mulai dari 15 tahun untuk pekerjaan ringan dan mulai dari 18 tahun untuk pekerjaan yang berat dan memiliki risiko membahayakan.

BACA JUGA: 25 Pertanyaan Interview Kerja yang Biasa Diajukan HRD dan Cara Jawabnya

Apa Itu Angkatan Kerja?

Apakah kamu pernah mengira bahwa angkatan kerja adalah istilah yang senada dengan angkatan di sekolah? Jika ya, maka perkiraanmu kurang tepat.

Angkatan kerja adalah masyarakat yang layak bekerja dengan rentang usia 15–65 tahun. Angkatan kerja tidak membedakan jenis kelamin, pendidikan, ataupun status sosial. Jadi, jika kamu sudah masuk ke usia produktif—memiliki pekerjaan penuh atau mencari pekerjaan, maka kamu termasuk angkatan kerja.

Jenis-Jenis Angkatan Kerja dan Contohnya

Sesuai penjelasan sebelumnya, kita bisa menyimpulkan bahwa tenaga kerja merupakan bagian dari angkatan kerja. Selain itu, penggolongan angkatan kerja tercantum jelas di dalam UU RI Nomor 20 Tahun 1999 Pasal 2 Ayat 2.

Berikut KitaLulus jelaskan jenis-jenis angkatan kerja dan contohnya sehingga kamu bisa lebih memahaminya.

1. Produktif Bekerja Penuh

Jenis pertama dari angkatan kerja adalah produktif dan memiliki pekerjaan penuh atau tenaga kerja. Kategori ini juga biasanya disebut labor force. Jadi, untuk kamu yang sekarang sedang bekerja dengan kontrak, full time, ataupun freelance, kamu termasuk tenaga kerja atau labor force.

Yang termasuk ke dalam jenis ini adalah guru, dokter, perawat, digital marketing, penulis, dan pekerja lainnya yang menghasilkan barang atau jasa dan memiliki penghasilan tetap ataupun tidak tetap.

2. Produktif Sementara Tidak Bekerja

Produktif sementara tidak bekerja adalah seseorang sudah terikat kontrak kerja, tetapi kemudian mengajukan cuti. Bentuk cutinya bermacam-macam, mulai dari cuti hamil, cuti sakit, cuti untuk menunaikan ibadah, dan lainnya.

Untuk karyawan yang sedang dalam masa skorsing juga termasuk ke dalam jenis ini karena ia termasuk karyawan dengan kontrak jelas, tetapi dalam masa nonaktif bekerja.

Bahkan, untuk petani yang sedang menunggu musim tanam berikutnya juga masuk ke kategori ini. Kecuali, petani tersebut memiliki usaha lain yang dijadikan sambilan sembari menunggu masa tanam kebun utama.

3. Produktif Menganggur

Jika kamu sedang menjadi jobseeker akan masuk ke kategori ketiga ini. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang siapa saja yang bisa masuk produktif menganggur.

  • Jobseeker yang mencari kerja
  • Jobseeker yang menunggu pengesahan kontrak dari pihak perusahaan
  • Mereka yang tengah menyiapkan usaha/bisnis
  • Pengangguran tidak ingin bekerja

BACA JUGA: 17 Cara Mengatasi Pengangguran di Indonesia

Perbedaan Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja

Tenaga kerja dan angkatan kerja termasuk dua hal yang saling beririsan. Kamu bisa memperhatikan penjelasan berikut untuk bisa lebih memahami perbedaan di antara keduanya.

1. Produktivitas

Tenaga kerja dan angkatan kerja mempunyai perbedaan di tingkat produktivitas. Tenaga kerja mempunyai kesibukan dan dapat menghasilkan suatu produk, baik barang maupun jasa.

Tidak semua angkatan kerja mempunyai pekerjaan. Untuk jobseeker ataupun yang menyiapkan usaha, kegiatan mereka adalah mencari peluang dan melakukan persiapan dengan matang usahanya itu. Jadi, belum ada produk yang dihasilkan.

2. Kategorisasi

Tenaga kerja menjadi bagian dari angkatan kerja. Jadi, jumlah angkatan kerja lebih banyak dan memiliki beda-beda kategorisasi.

Apakah Ibu Rumah Tangga dan Mahasiswa adalah Angkatan Kerja?

Apakah ibu rumah tangga dan mahasiswa termasuk ke angkatan kerja tersebut? Jika kita perhatikan, baik ibu rumah tangga maupun mahasiswa termasuk ke dalam usia produktif yang tidak memiliki penghasilan ataupun memproduksi barang/jasa. Dengan begitu, keduanya tidak termasuk angkatan kerja.

Kata kunci dari angkatan kerja adalah masyarakat usia produktif yang tengah bekerja atau mencari pekerjaan dan tidak memiliki kegiatan pribadi tertentu. Ibu rumah tangga dan mahasiswa adalah kelompok produktif, tetapi tengah melaksanakan kegiatan pribadi tertentu tanpa tuntutan harus mencari pekerjaan yang diberi upah.

BACA JUGA: Tutorial Cara Lamar Kerja Di Aplikasi KitaLulus | Mudah, Cepat, Aman!

Bagaimana? Setelah membaca penjelasan tentang tenaga kerja dan angkatan kerja dari KitaLulus, apakah kamu sudah memahami perbedaannya sekarang? Jika ya, jangan sampai keliru lagi untuk mengidentifikasi keduanya, ya!

Nah, buat kamu yang sekarang sedang masuk ke dalam angkatan kerja jenis produktif menganggur, KitaLulus dapat membantu kamu, nih. Dalam aplikasi KitaLulus, ada lebih dari 50.000 informasi loker yang bisa kamu akses secara gratis. Caranya mudah, kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore. Setelah itu lakukan registrasi hanya dengan log in ke akun Google aktif kamu.

Selain mempunyai puluhan ribu informasi loker, KitaLulus juga ada berbagai fitur lain untuk menunjang peningkatan kemampuan kamu, seperti fitur Komunitas dan Belajar. Ada 30+ komunitas yang bisa kamu pilih sesuai dengan bidang yang kamu senangi. Di dalam komunitas itu, kamu bisa saling berbagi informasi dengan anggota lainnya.

Jadi, kamu bisa menambah ilmu baru dan memperluas koneksi, kan?

Tunggu apalagi, yuk langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Percayakan kepada KitaLulus jika kamu ingin mencapai karir impian. Karena hanya dengan KitaLulus, kamu bisa melamar kerja secara trusted di mana pun dan kapan pun.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!