17 Cara Mengatasi Pengangguran di Indonesia

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Cara mengatasi pengangguran— Dilansir dari laman web bps.go.id, jumlah orang yang bekerja adalah 135,61 juta dengan tingkat pengangguran terbuka sebanyak 5,83%. Jumlah pengangguran ini tentu saja masih tergolong tinggi. Lantas, bagaimana cara mengatasi pengangguran yang tepat?

Jika kamu sekarang juga masih tergolong sebagai jobseeker, kamu wajib menyimak artikel ini. KitaLulus akan membahas tentang beberapa cara mengatasi pengangguran di Indonesia. Dengan mengetahui cara-cara di bawah ini, kamu nantinya bisa lebih terbuka dengan peluang yang ada untuk mendapatkan kerja. Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Cara Mengatasi Pengangguran Paling Efektif

cara mengatasi pengangguran di indonesia

Ada banyak cara mengatasi pengangguran, terutama dari sisi pemerintah dan perusahaan. Dengan sinergi usaha pemberantasan pengangguran dari pemerintah, perusahaan, dan masyarakat seperti kita, nantinya para jobseeker akan mendapatkan kemudahan dalam mencari kerja.

Jadi, apa saja cara mengatasi pengangguran yang paling efektif? Berikut ini daftarnya.

1. Memperbanyak Lowongan Kerja

Banyaknya pengangguran tentu saja karena lapangan pekerjaan yang kurang. Oleh karena itu, memperbanyak lapangan kerja dan menyebarkan informasi lowongan kerja dengan baik di semua media akan mempermudah jobseeker mendapatkan pekerjaan.

2. Memberikan Training Kerja

Meskipun usia produktif adalah dari tahun 15–64 tahun, tetapi untuk pekerja dengan usia belasan pada umumnya masih memiliki pengalaman kerja yang kurang.

Tidak hanya itu, keterampilan kerja juga masih di bawah standar perusahaan yang mencari pekerja yang sudah terlatih. Oleh karena itu, pemerintah bisa memberikan pelatihan kerja untuk pekerja yang memang kurang keterampilan.

3. Memberikan Sertifikasi Training Kerja

Pelatihan kerja yang diberikan tidak bisa berakhir dengan cuma-cuma. Pihak penyelenggara kerja harus memikirkan benefit yang bisa dipakai oleh jobseeker untuk mempermudah melamar kerja. Salah satunya adalah memberikan sertifikat resmi yang bisa diberlakukan untuk melamar kerja nantinya.

4. Memberikan Workshop Usaha

Selain pelatihan kerja, cara mengatasi pengangguran lainnya adalah memberikan workshop usaha. Pelatihan ini adalah untuk memberikan informasi bahwa membuka usaha sendiri bisa menjadi peluang baru untuk membuka lapangan pekerjaan.

BACA JUGA: Pengertian Fresh Graduate, Keunggulan, dan Tipsnya

5. Memberikan Pinjaman Modal Usaha

langkah mengatasi pengangguran

Modal tentu saja menjadi alasan teratas mengapa banyak orang takut membuka usaha. Tidak adanya modal mempersulit mandiri berwirausaha. Pemerintah bisa mengambil langkah di bagian ini dengan memberikan kemudahan pinjaman modal usaha kepada masyarakat yang memiliki ide bisnis yang memang sudah matang.

6. Memperbaiki Kemerataan Daerah Industri

Para pengusaha juga harus turut dalam menyukseskan pengurangan pengangguran dengan cara mendirikan usaha di daerah yang jarang dibuka usaha. Hal ini juga harus didukung oleh pemerintah supaya usaha yang didirikan di wilayah yang sepi industri kerja juga bisa berkembang dengan baik.

7. Penyuluhan Informasi Lowongan Kerja

Meskipun akses informasi sudah sangat mudah di kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tetapi untuk daerah pelosok dan terpencil masih banyak yang belum mendapatkan kemudahan tersebut. Oleh karena itu, penyuluhan informasi lowongan kerja harus dilakukan dengan manual sehingga bisa merata di seluruh wilayah Indonesia.

8. Memberikan Informasi tentang Variasi Bidang Kerja

Cara mengatasi pengangguran selanjutnya adalah dengan memberikan informasi tentang variasi bidang kerja. Sekarang, pilihan karir sudah sangat banyak. Tidak hanya sekadar pilot, dokter, guru, atau bahkan PNS. Banyak bidang karir baru yang bisa memberikan jaminan masa depan yang cerah.

9. Penyuluhan tentang Literasi Teknologi

Salah satu alasan tingginya pengangguran adalah terdapat masyarakat yang belum bisa menerima kehadiran kemajuan zaman dengan baik. Banyak di antara kita masyarakat Indonesia yang masih kurang melek digital dan kemajuan teknologi lainnya.

Agar literasi digital dan teknologi ini bisa dikurangi, pemerintah, perusahaan, dan bahkan kita dapat mengadakan penyuluhan intensif agar masyarakat bisa lebih memahami dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

10. Mempermudah Syarat Kerja

tips mengatasi pengangguran

Ketika jobseeker memiliki pendidikan yang rendah sedangkan syarat untuk bisa diterima harus di jenjang pendidikan tertentu, tentu saja jobseeker akan tertolak.

Oleh karena itu, pemerintah harus bisa bekerja sama dengan perusahaan untuk bisa memberikan kemudahan syarat kerja dengan baik di beberapa posisi yang memang bisa dimasuki oleh semua orang dengan mudah.

11. Menyingkat Proses Rekrutmen

Selain itu, pengangguran friksional dikarenakan oleh proses rekrutmen yang lama sehingga jobseeker menunggu terlalu lama untuk menanti kepastian dari suatu perusahaan. Hal ini akan menyulitkan jobseeker.

Sebaiknya, evaluasi dalam waktu proses rekrutmen bisa dilakukan sehingga bisa menyingkat waktu penerimaan. Jadi, pelamar bisa dengan cepat menerima informasi diterima atau tidak.

BACA JUGA: Semangat! Ini 13 Pilihan Karir untuk Difabel dan Lowongan Kerjanya

12. Tunjangan Ketenagakerjaan

Angka PHK bisa meningkat ketika ada hal-hal luar biasa yang terjadi, seperti kasus pandemi Covid-19.

Di kejadian seperti ini, pemerintah harus menyikapinya dengan baik sebagai cara mengatasi pengangguran. Pemerintah bisa memberikan tunjangan ketenagakerjaan yang sesuai sehingga karyawan yang terkena PHK bisa menggunakan tunjangan tersebut untuk membuka usaha atau menjadi biaya selama jobless.

13. Memberikan Subsidi Prakerja

Salah satu cara mengatasi pengangguran yang sudah dijalankan oleh pemerintah Indonesia sejak beberapa tahun terakhir adalah subsidi prakerja. Subsidi ini menjadi inisiatif yang baik karena jobseeker bisa mendapatkan biaya hidup dan biaya pelatihan kerja untuk bekal menjadi karyawan yang unggul.

14. Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan

cara mengurangi tingkat pengangguran

Rendahnya pendidikan bukan hanya dikarenakan faktor ekonomi masyarakat yang rendah, tetapi juga kurangnya kesadaran bahwa pendidikan itu penting.

Oleh karena itu, penyuluhan terhadap informasi bahwa pendidikan itu penting dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya dari kelas ekonomi menengah ke atas atau laki-laki saja, tetapi semua orang.

15. Meningkatkan Perpindahan Penduduk

Ketika usaha untuk meratakan daerah industri kerja belum bisa tercapai dengan baik, cara mengatasi pengangguran yang efektif adalah meningkatkan perpindahan penduduk. Daerah yang masih minim serapan tenaga kerja bisa mengirim penduduknya ke daerah yang memiliki banyak pabrik sehingga bisa lebih banyak menyerap tenaga kerja.

16.  Memperbaiki Pertumbuhan Ekonomi

Selain itu, seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah hingga penduduknya untuk menyadari bahwa perbaikan pertumbuhan ekonomi harus dilakukan. Peningkatan konsumsi akan menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan ekonomi.

Selain itu, pemerintah juga bisa melakukan cara untuk mempermudah pendirian usaha sehingga masyarakat bisa memiliki usaha produktif yang menjadi peluang perluasan lapangan kerja.

17. Penempatan Kerja yang Sesuai

cara menurunkan tingkat pengangguran

Cara mengatasi pengangguran yang terakhir adalah penempatan kerja yang sesuai. Maksudnya adalah setiap pekerja ditempatkan di bidang kerja yang sesuai dengan kemampuannya.

Upaya ini juga sudah dimulai dengan pembuatan kartu kuning di mana nantinya jobseeker yang memiliki kartu ini akan diberikan akses untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan data yang dimasukkan ketika membuat kartu tersebut.

BACA JUGA: 17 Tips Mengikuti Job Fair Agar Langsung Dapat Kerja

Itulah 17 cara mengatasi pengangguran di Indonesia dengan efektif yang bisa pemerintah lebih perhatikan lagi. Dengan memperhatikan cara-cara tersebut, pengangguran di Indonesia bisa berkurang sehingga pertumbuhan ekonomi akan semakin membaik dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

KitaLulus juga turut andil dalam usaha ini. Sebagai aplikasi penyedia lowongan kerja, KitaLulus memberikan fasilitas terbaik sehingga para jobseeker bisa melamar kerja dengan mudah sekaligus meningkatkan kemampuan berkarir lebih baik lagi.

Kamu bisa menginstal aplikasi KitaLulus melalui Playstore. Ada lebih dari 50.000 lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia yang bisa kamu akses secara cuma-cuma hanya di smartphone kamu. Dengan KitaLulus, kamu bisa #LebihMudah mendapatkan karir impian kamu.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!