Pengertian Project Officer, Tugas, Skill, dan Info Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Dalam suatu proyek, kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh project manager saja, melainkan juga bergantung pada anggota timnya. Project officer adalah sebutan untuk tim tersebut.

Bagaimana sih tepatnya tugas project officer Skill apa saja yang dibutuhkan? Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut secara detail. KitaLulus juga akan memberimu informasi mengenai gaji project officer. Jadi, yuk simak ulasan berikut hingga selesai!

Apa Itu Project Officer?

Project officer adalah seseorang yang membantu project manager dalam mewujudkan atau menjalankan strategi proyek. Nantinya, project officer akan tergabung dalam divisi project dan dipimpin oleh seorang project manager.

Biasanya, project officer bekerja dalam cakupan industri cukup besar, meliputi industri teknologi, manufaktur, kesehatan, dan sebagainya. Di samping itu, beberapa project officer juga bekerja untuk NPO atau non-profit organization maupun NGO atau non-government organization.

Tugas Project Officer

Pembagian tugas project officer tentu saja akan dilaksanakan oleh manajer proyek. Secara umum, tugas project officer adalah meliputi:

1. Memastikan Proyek Berjalan Baik

Salah satu tugas project officer adalah memastikan proyek berjalan baik dengan memberikan arahan kepada pihak-pihak yang terlibat. Caranya, project officer harus rutin mengadakan rapat guna meninjau proses tersebut dan mendiskusikan tugas berikutnya.

Selain itu, mereka juga memiliki tugas untuk melaporkan kepada manajer proyek apabila terdapat permasalahan yang terjadi selama berjalannya proyek. Project officer pun ikut dilibatkan pada post-project untuk evaluasi.

2. Mengembangkan Proyek

Tugas project officer berikutnya yaitu mengembangkan proyek. Ketika perusahaan memiliki program, maka project officer adalah orang yang harus membantu project manager dalam membuat perencanaan dan strategi guna menjalankannya. Misalnya melakukan penelitian dan mencari sumber daya untuk kebutuhan proyek.

3. Membuat Timeline dan Koordinasi

Terakhir, tugas project officer adalah membuat timeline proyek termasuk deadline dari setiap bagiannya. Tujuannya ialah memastikan setiap bagian proyek berjalan sesuai rencana dan arahan dari manajer proyek.

Kemudian, project officer juga bertanggung jawab melakukan koordinasi jadwal dengan tim yang terlibat. Oleh karena itu, mereka harus memastikan kerjasama tim berjalan lancar dan baik.

Baca juga: Apa Itu Gantt Chart? Pahami Kegunaan, Komponen, dan Tips Membuatnya

Skill yang Dibutuhkan Project Officer

skill yang dibutuhkan project officer

Pada dasarnya, skill yang dibutuhkan project officer harus sama dengan kemampuan yang wajib dikuasai project manager. Hal ini dikarenakan project officer adalah posisi yang dilakukan untuk menunjang pelaksanaan proyek yang diatur project manager.

Berikut adalah skill yang harus kamu kuasai untuk menjadi project officer yang baik dan bertanggung jawab.

1. Komunikasi yang Baik

Skill yang dibutuhkan project officer pertama adalah kemampuan berkomunikasi. Kemampuan komunikasi dibutuhkan supaya kamu bisa berkoordinasi dengan anggota tim lainnya dan tentu saja project manager.

Skill ini juga nantinya berguna ketika kamu melakukan meeting dengan atasan, stakeholder yang terlibat, hingga media partner.

2. Manajemen waktu

Project officer adalah sosok yang harus selalu patuh terhadap jadwal pelaksanaan proyek. Jadi, kemampuan untuk manajemen waktu akan sangat diperlukan sehingga tidak ada jadwal yang terabaikan atau pengerjaan tugas melebihi deadline. Disiplin adalah kunci jika kamu ingin menjadi project officer yang baik.

3. Manajemen Emosi

Ketika berkoordinasi dengan rekan kerja, kadang ada silang pendapat yang mungkin bisa menyakiti hati, terlebih jika sudah berkaitan dengan kolaborasi pihak eksternal.

Meskipun nantinya ada pendapat yang kurang menyenangkan, kamu harus selalu paham bahwa semua orang memiliki sifat dan karakter berbeda. Demi kelancaran pelaksanaan proyek, kamu harus memiliki manajemen emosi yang baik.

4. Kepemimpinan yang Baik

Meskipun sudah ada project manager, tetapi biasanya ada lebih dari satu pelaksanaan proyek dalam satu waktu. Oleh karena itu, manajer proyek akan menunjuk anggota tim di divisi project untuk menjadi PIC utama atau ketua proyek.

Itulah mengapa kamu harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. Namun, tidak hanya kamu yang bertugas sebagai ketua proyek saja yang harus memiliki skill leadership, tetapi juga semua project officer.

5. Menguasai Project Management Tools

Pelaksanaan suatu proyek tidak bisa dibilang mudah. Akan ada banyak hambatan dan proses teknis yang harus dilewati. Terlebih durasi pelaksanaan proyek biasanya lama sehingga membutuhkan project management tools agar pelaksanaan bisa lancar sesuai perkiraan.

Ada banyak project management tools yang bisa dipakai, mulai dari tools untuk mengatur deadline tugas hingga tools superlengkap yang dapat mengatur anggaran dan pemantauan tugas secara real time.

Nah, kamu harus menguasai tools tersebut. Biasanya, berbeda perusahaan akan berbeda pula tools-nya. Jadi, kamu harus adaptif dengan tools yang digunakan, ya.

6. Pengelolaan Proyek

Jika seorang project officer tidak memiliki kemampuan pengelolaan proyek, dia akan kewalahan untuk melaksanakan proyek dengan baik. Bahkan, dia bisa saja menghambat kinerja project officer lain.

Oleh karena itu, kemampuan pengelolaan proyek harus kamu kuasai. Kemampuan ini bisa kamu pelajari secara otodidak ataupun formal.

Jika secara formal, kamu bisa mengambil jurusan yang sesuai. Memangnya, project officer lulusan apa sih? Secara formal, kamu bisa mengambil Jurusan Manajemen Bisnis, Ilmu Komunikasi, atau Teknik Sipil.

7. Problem Solving

Terakhir, skill yang dibutuhkan project officer adalah kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan ini sangat penting karena bagaimanapun di setiap pekerjaan pasti memiliki permasalahan.

Terlebih untuk pelaksanaan proyek, karena banyak orang terlibat dengan tugas yang kompleks, jadi pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah harus dilakukan dengan gesit dan tanggap. Jadi, skill problem solving yang andal harus benar-benar dikuasai.

Baca juga: Apa Itu Kick Off Meeting, Manfaat, dan Langkah Mengadakannya

Jenjang Karir dan Gaji Project Officer

jenjang karir project officer

Project officer adalah posisi posisi terbawah dalam divisi project. Berikut jenjang karir yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja di bidang kerja ini.

  1. Project officer
  2. Project coordinator
  3. Associate project manager
  4. Project manager
  5. Project director

Untuk gaji project officer tergolong standar, disesuaikan dengan perusahaan hingga kota domisili. Namun, rata-rata gaji project officer adalah sekitar Rp2.750.000–Rp5.500.000.

Itulah hal-hal yang bisa kamu pelajari tentang apa itu project officer. Setelah mengetahui informasi di atas, apakah kamu semakin ingin bekerja sebagai project officer?

Jika iya, kuasai semua skill di atas dengan baik, ya. Sebab, bagaimanapun, project officer adalah posisi yang sangat krusial, terlebih jika perusahaan bergerak di bidang konstruksi atau teknologi.

Untuk kamu yang sekarang sedang menjadi jobseeker dan mencari loker tentang project officer, kamu bisa mencari info loker di KitaLulus. Ada banyak loker tentang project officer dan posisi lainnya yang bisa kamu lamar dengan mudah.

Hanya dengan menginstal aplikasi KitaLulus di PlayStore, lalu registrasi dengan masuk ke akun Google aktif kamu, proses melamar kerja sudah bisa dilakukan secara praktis, aman, dan nyaman.

Jadi, di manapun dan kapan pun kamu ingin melamar, aplikasi KitaLulus akan bisa membantu. Tanpa batas jumlah lamaran, sehingga kamu bisa menebar peluang sebanyak dan seluas mungkin. Yuk, lekas instal aplikasi KitaLulus dan dapatkan karir impianmu dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!