Punya Niat Resign Kerja? Ini Alasan Anti Drama dan Gimana Buat Surat Pengunduran Diri

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Keputusan resign kerja adalah salah satu keputusan yang suka membuat galau. Tidak mudah untuk memutuskan, apakah resign menjadi keputusan terbaik atau tidak. Selain itu, bila resign dilakukan mendadak, bisa memberikan kesan buruk atau pengajuan kita ditolak.

Apa saja sebenarnya alasan resign  yang bisa diajukan, dan seperti apa contohnya surat pengunduran diri yang benar? Yuk, simak alasan resign di bawah ini.

Tanda-tanda Harus Memilih Resign

Memilih resign bukanlah perkara mudah, pasti ada saat-saat kita merasa ragu dengan keputusan sendiri. Seringnya keputusan ragu ini adalah khawatir apakah akan cepat menemukan pekerjaan lain dengan cepat. Atau bisa juga karena sudah merasa terlalu nyaman dengan pekerjaan yang sekarang. 

Tapi, sebenarnya ada beberapa tanda bahwa resign adalah keputusan terbaik untuk kamu lakukan. Tanda tersebut bisa berasal dari dalam diri atau juga lingkungan kerja. Berikut ini beberapa tanda bahwa sudah waktunya kamu resign. 


1. Masalah Gaji

Gaji adalah alasan sebagian besar orang bertahan atau resign dari pekerjaan. Jika kamu merasa ada kesenjangan gaji yang besar di perusahaan kamu bekerja, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah waktunya resign.


2. Pekerjaan Menyebabkan Stres Fisik

Jika pikiran tentang pekerjaan terus menerus menyiksa kamu, seperti jadi sering begadang, nyeri otot, sakit perut, sakit kepala, dan gejala stress fisik lainnya, jangan tunda lagi, segeralah mengundurkan diri. Ini adalah tanda-tanda bahwa pekerjaan kamu toxic.


3. Merasa Stuck

Bekerja membuat kita merasa tetap termotivasi, dan tidak berhenti belajar. Tantangan dalam pekerjaan akan terus membuat kita belajar hal baru. Namun, di satu titik, apabila kamu telah mempelajari semua skill yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut, kamu bisa jadi merasa stuck dan tidak berkembang. Jika sudah demikian, mencari pekerjaan baru yang lebih menantang bisa menjadi solusi untuk terus belajar hal baru, sehingga skill kamu terus bertambah. Di titik ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk resign dan mencari pekerjaan yang baru.


4. Pekerjaan Kantor Terbawa Sampai Rumah

Bila masalah di tempat kerja sampai terbawa ke rumah dan membuat kamu dianggap menjadi pribadi yang berbeda dari yang keluargamu kenal, misalnya jadi mudah marah, bisa jadi ini karena kamu sudah terjebak di lingkungan kerja yang negatif. Ini merupakan salah satu tanda bahwa kamu harus resign. 


5. Lingkungan Kerja Negatif

Bekerja juga harus membawa rasa bahagia bagi diri kita yang menjalaninya. Bila kamu sudah merasa tidak merasa bahagia, atau bahkan puas di tempat kerja, atau bila rekan kerja terus menerus mengeluh dan atas merasa tidak senang, cobalah untuk mengundurkan diri dan mencari peluang bekerja lainnya.


Persiapan Sebelum Resign 

Sebelum kamu mengajukan resign, ada baiknya keputusan tersebut sudah dipikirkan dengan matang. Hal ini agar kehidupan kamu tetap stabil setelah keluar dari pekerjaanmu. 

Hindari resign kerja secara mendadak kecuali memang ada hal yang sangat penting, supaya perusahaan juga punya persiapan untuk mencari dan menemukan pengganti posisi yang kamu tinggalkan. Selain itu, resign yang mendadak akan berpengaruh kepada citra kamu ketika melamar pekerjaan lainnya. Usahakan kamu memberitahu 1 bulan sebelum kamu berniat resign

Tidak hanya itu, pastikan sebelum resign beberapa hal terkait pekerjaan sudah teratasi seperti barang-barang, dokumen kantor, dan pekerjaan semua sudah selesai dan dialihtugaskan.


Alasan Resign Kerja yang Baik

Mengajukan resign kerja tidak boleh dilakukan asal, kita harus punya alasan pengunduran diri yang baik dan kuat agar alasan kita disetujui HRD. Selain itu, sejenuh atau sebesar apapun masalah yang kita alami di kantor, sangat penting untuk tetap resign dengan sopan demi karir di masa depan. Jika kamu sudah punya alasan resign tapi tidak percaya diri dengan alasan tersebut, cobalah pertimbangkan alasan di bawah ini.


1. Mendapatkan Pekerjaan Baru

Salah satu alasan resign yang baik dan dapat diterima adalah ketika kamu mendapatkan pekerjaan baru dengan penawaran yang lebih baik. Bila memang kamu saat masih bekerja mendapatkan peluang yang memberikan kamu gaji lebih besar, atau perusahaan terkenal dengan berbagai tunjangan yang menggiurkan, kamu bisa berkata jujur saja.


2. Melanjutkan Sekolah

Alasan resign yang baik selanjutnya adalah melanjutkan sekolah. Kamu bisa jelaskan bahwa kamu tidak bisa membagi waktu antara bekerja dan belajar, sehingga kamu tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaan.  Alasan ini juga banyak digunakan untuk resign

Namun banyak juga dari perusahaan yang memberikan opsi cuti untuk karyawannya yang ingin melanjutkan pendidikan.


3. Pindah Domisili

Pindah domisili juga bisa jadi alasan resign yang baik arena pastinya membuat jarak kamu ke kantor semakin jauh. Kamu bisa mengajukan alasan ini dengan menjelaskan bahwa lokasi domisili yang tidak lagi terjangkau dari lokasi kantor.


4. Sakit 

Sakit adalah alasan resign yang baik dan profesional. Terkadang ada penyakit tertentu yang bisa menjadi alasan kuat yang menurunkan performa kamu dalam bekerja. Apa lagi jika sakit tersebut membutuhkan rawat jalan, tentu kamu butuh banyak waktu untuk istirahat. 


5.  Membuka Usaha Sendiri

Alasan resign ini sangat bisa diterima. Jika kamu mempunyai keinginan untuk memulai usahamu sendiri tentu perusahaan tidak lagi bisa memaksamu untuk mencapai tujuan tersebut. Memutuskan membuka usaha menunjukkan bahwa kamu memiliki inisiatif, dorongan, serta kejelian melihat peluang bisnis. Perusahaan tempatmu bekerja tentu tidak akan keberatan dengan itu, dan hubungan kamu juga tetap berakhir baik.


6. Alasan Keluarga

Memberi dukungan kepada keluarga juga bisa jadi salah satu alasan resign yang baik seperti ketika harus merawat anggota keluarga yang sakit atau memilih untuk memantau perkembangan anak di rumah.

Meski begitu, apabila kamu merasa tidak nyaman untuk menceritakan detail terkait alasan keluarga yang membuat kamu untuk memutuskan resign, kamu bisa cukup utarakan bahwa ada “alasan keluarga” kepada atasanmu.



7. Pembagian Waktu Kerja

Pembagian waktu kerja perusahaan yang buruk dan membuat kamu sebagai karyawan terpaksa bekerja lebih. Atau juga perubahan jadwal kerja yang sering mendadak sehingga mempengaruhi kualitas kerjamu. Bisa jadi alasan kamu mengajukan resign

Apalagi bila kamu merasa antara kehidupan sosial dan kehidupan kerja sudah tidak lagi seimbang dan kamu sulit beradaptasi dengan lingkungan tersebut, ini bisa jadi alasan resign yang baik.


8. Mencari Tantangan Lain

Alasan untuk mencari tantangan lain juga bisa kamu gunakan. Mengingat selain gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, kamu juga pastinya perlu untuk mengembangkan kemampuan baik soft skill dan hard skill.

Jika kamu merasa di kantor saat ini kamu tidak bisa mendapatkan itu, dan di pekerjaan baru kamu bisa memberikan tantangan baru, tentu tidak ada salahnya menjadikan ini sebagai alasan resign.


9. Gaji Tidak Sesuai

Gaji merupakan alasan yang bisa kamu gunakan untuk mengajukan resign. Bila kamu merasa gaji yang kamu terima tidak sebanding dengan tanggung jawab yang kamu kerjakan, jangan takut untuk sampaikan kepada atasan untuk menegosiasikannya. 

Gaji merupakan hak kamu sebagai pegawai, dan kamu berhak mendapatkannya secara layak. Namun bila dalam negosiasi masalah gaji ini tidak bisa diselesaikan, kamu bisa mengajukan resign dan mencari pekerjaan lain.


BACA JUGA: Peluang Kerja Online dari Rumah


Membuat Surat Resign Kerja

Seorang karyawan tentu tidak bisa semena-mena keluar dari perusahaan. Jika mereka ingin keluar, tentu terlebih dahulu harus membuat surat resign kerja. Surat pengunduran diri adalah salah satu syarat administratif, untuk memberitahu HRD atau atas bahwa kamu resign dari pekerjaan. Ada beberapa alasan mengapa contoh surat pengunduran diri ini wajib kamu buat.

Pertama, membuat kamu terlihat profesional sehingga citra kamu di perusahaan tetap terjaga.  Selain itu, dengan memberikan surat ini, perusahaan jadi memiliki waktu untuk mencari siapa pengganti di posisi yang kamu tinggalkan. Terakhir, surat resign juga membantu memberikan informasi yang jelas bahwa kamu sudah tidak ada lagi sangkut paut dengan perusahaan tempat kamu bekerja.



Format Surat Pengunduran Diri

Menulis surat pengunduran diri tidak boleh dilakukan dengan asal, kamu harus menulisnya dengan gaya bahasa yang resmi, formal, dan sopan karena surat ini nantinya akan diberikan ke atasan. Surat ini tidak perlu ditulis panjang, memiliki alasan dan tujuan yang jelas. Agar tidak salah , kamu bisa ikuti format surat pengunduran diri yang baik dan benar:

  1. Nama Kota & Tanggal
  2. Nama Perusahaan & Alamat Perusahaan
  3. Salam Pembuka
  4. Alasan mengapa Anda ingin mengundurkan diri
  5. Mencantumkan tanggal kapan Anda akan mengundurkan diri
  6. Mengucapkan permohonan maaf dan terimakasih
  7. Salam penutup dan tanda tangan


Contoh Surat Resign Kerja

Bagi kamu yang mungkin belum kebayang seperti apa sih surat resign itu, contoh surat pengunduran diri ini bisa jadi referensi.


Jakarta, 20 Februari 2021


Kepada Yth,

Kepala PT Jaya Cipta

Di Alam Sutera, Tangerang


Dengan Hormat,


Nama : Merry Riana

Departemen : Marketing

Jabatan : Staf Marketing

No Induk Karyawan : 14569385


Dengan surat ini, saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Jaya Cipta, ingin mengajukan pengunduran diri dengan alasan ingin melanjutkan bisnis keluarga.


Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan yang tertulis pada surat kesepakatan bersama, yang terkait dengan karyawan maupun perusahaan. Serta dibuat berdasarkan dengan undang-undang kerja, dan prosedur hubungan industrial tanpa ada tendensi negatif tersembunyi di dalamnya.


Demikianlah surat permohonan pengunduran ini saya yang dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.


Hormat Saya,


Merry Riana


Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Jakarta, 10 Desember  2021


Kepada Yth,

HRD PT. Selamat Sentosa 

di Jalan Kenangan, Kedoya Jakarta Barat


Dengan hormat,


Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama Gilang bermaksud untuk mengajukan permohonan diri dari PT. Selamat Sentosa yang dimana saya memiliki posisi sebagai call center


Saya melakukan permohonan ini karena ingin pindah domisili tinggal. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan selama 6 tahun ini. Mohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan semua pihak.


Demikian surat ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Selamat Sentosa akan semakin berkembang dan jaya.


Hormat Saya,


Gilang


Setelah kamu membuat surat resign, jangan lupa untuk mencari peluang kerja baru di aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus punya banyak lowongan kerja terbaik dengan berbagai posisi dan industri yang bisa kamu pilih. Semua lowongan gratis dan langsung terhubung dengan ke WhatsApp HRD. Yuk, download aplikasinya di Playstore sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!