Tak Perlu Gugup, Ini Dia Pertanyaan Interview Kerja yang Biasa Diajukan HRD

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Interview kerja adalah tahap yang paling menentukan dalam proses penerimaan kerja. Tahap yang bikin hati dag-dig-dug ini harus kamu persiapkan sebaik mungkin. Kamu bisa mencari tahu pertanyaan interview kerja dan bagaimana memberikan jawaban yang tepat.

Pastinya kamu ingin melalui interview kerja dengan mudah, bukan? Nah, untuk menambah wawasan kamu tentang pertanyaan interview kerja, simak artikel ini hingga habis, ya!


Pertanyaan Interview Kerja

Pada sesi interview kerja, kamu akan berhadapan langsung dengan HRD, bahkan langsung berhadapan dengan direktur perusahaan. Mereka akan mengetahui seberapa layak kamu untuk mengisi posisi yang kamu lamar dan menjadi bagian dari perusahaan.

Salah satu strategi menghadapi wawancara kerja adalah mempelajari contoh pertanyaan interview kerja. Pada dasarnya, HRD perusahaan memiliki beberapa pertanyaan wawancara kerja yang hampir sama. Pertanyaan yang pasti akan ditanyakan adalah mengenai CV dan pengalaman kerja yang kamu miliki.

Berikut ini beberapa pertanyaan interview kerja dan jawabannya yang bisa jadi bahan persiapan kamu.


1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Pertanyaan ini lazim sekali ditemui dalam interview kerja. Pertanyaan ini diberikan oleh HRD untuk mengetahui karakter dasar yang kamu miliki. Karakter pekerja adalah aspek penting bagi perusahaan. Pekerja yang punya karakter kuat dan tangguh tentu akan disenangi oleh perusahaan. Apalagi jika ternyata karakter yang kamu miliki sesuai dengan visi perusahaan.

Bila kamu mendapatkan pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” kamu bisa menceritakan personality kamu. Tapi hindari menceritakan, fokuslah pada informasi yang menunjang dirimu sebagai seorang profesional.

Kamu juga bisa memperhatikan beberapa hal ini saat memberikan jawaban.

  1. Jangan terlalu panjang. Memang tidak ada aturan mengenai panjang jawaban yang ideal. Tapi agar tidak terlalu lama dan kamu tidak terdengar berlebihan, umumnya waktu menjawab cukup 2 menit saja.
  2. Tetaplah otentik dan profesional. Jujur itu penting, kamu tidak perlu menambahkan bumbu-bumbu di jawabanmu hanya untuk terlihat hebat atau mengesankan. 
  3. Tetap tenang, ketenanganmu saat menjawab akan membuat HRD yakin. 

Selain memperhatikan hal-hal di atas, tips berikut ini bisa kamu ikuti agar dapat menjawab pertanyaan dengan baik.


i. Fokus pada Masa Sekarang

Untuk menjawab pertanyaan interview kerja “Ceritakan Tentang Diri Anda” kamu harus fokus pada masa sekarang. Ceritakan tentang pencapaian yang belum lama ini kamu dapatkan. Jika kamu seorang fresh graduate jelaskan apa alasanmu mengambil jurusan tersebut, kegiatan organisasi apa yang kamu ikuti.

Lalu jelaskan juga mengenai rencana masa depanmu sampai alasan mengapa kamu tertarik dengan posisi yang kamu lamar.


ii. Jelaskan Pengalaman Kerja yang Relevan

Jika kamu memiliki banyak pengalaman kerja, ada baiknya tidak perlu kamu ceritakan semuanya karena akan terlalu panjang. Jelaskan saja pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi yang sedang kamu lamar. 


iii. Jawab dengan Efektif

Hindari menjawab terlalu panjang ketika menceritakan dirimu. Jagalah agar jawabanmu tidak terlalu panjang dan berikan pernyataan yang bisa menunjang karakteristikmu di mata HRD.


iv. Tidak Perlu Dihafal

Hindari menjawab pertanyaan “Ceritakan Diri Anda” layaknya kamu menghafal. Ini akan membuat kamu terdengar seperti robot. Jangan menjawab terlalu kaku. Agar terkesan natural, buatlah suasana santai namun tertata. 

Ingat, kamu harus bisa membuat HRD terkesan dengan jawabanmu!


2. Kenapa Anda Tertarik Melamar di Sini

HRD tentu ingin tahu, apakah kamu sungguh berminat dengan posisi di perusahaan mereka atau hanya sekadar iseng-iseng berhadiah saja. Jika kamu mendapatkan pertanyaan ini, kamu bisa memberikan 3 atau 4 poin positif tentang posisi yang kamu lamar. 

Usahakan kamu menyampaikannya dengan penjelasan yang sederhana yang bisa meyakinkan. 

Misalnya, kamu bisa memberikan jawaban seperti berikut ini:

“Alasan saya melamar di sini adalah karena sedang mencari peluang yang memungkinkan untuk mengasah keterampilan saya dalam bidang sales dengan baik. Saya melihat peluang itu di perusahaan ini.”


3. Darimana Anda Mendapatkan Informasi Tentang Lowongan Ini

Pertanyaan interview kerja ini juga cukup sering ditanyakan oleh HRD. Jika HRD mengajukan pertanyaan ini, kamu bisa berikan keterangan bahwa kamu seorang yang passionate dan sangat ingin bekerja di posisi yang kamu lamar. 

Jika kamu mengetahui lowongan pekerjaan dari teman yang bekerja di perusahan tersebut, jangan ragu untuk sebut nama temanmu.


4. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini

Ini juga menjadi salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh HRD saat interview kerja. Jadi pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan yang kamu lamar.

Tujuan dari pertanyaan ini sendiri adalah untuk memberikan gambaran seberapa jauh kamu tahu mengenai visi dan misi dari perusahaan. 

Sedikit tips yang bisa kamu coba untuk menjawab pertanyaan ini pastikan kamu fokus menerangkan sisi positif dari perusahaan. Tunjukkan bahwa perusahaan mempunyai keunggulan-keunggulan yang membuat kamu tertarik. 


5. Apa Saja yang Anda Ketahui Tentang Posisi yang Dilamar

Pertanyaan interview kerja ini diajukan untuk mengetahui bahwa kamu benar-benar tahu mengenai apa saja yang akan jadi tugas kamu nantinya. Dengan pertanyaan ini, HRD bisa mengetahui seberapa kompeten kamu.

Kamu bisa mencari tahu tugas apa saja yang memang jadi tanggung jawab dari posisi yang kamu lamar. 


6. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda

Untuk kamu yang mendapatkan pertanyaan ini, pastikan tetap fokus. Pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri diajukan untuk mengetahui seberapa kenal kamu dengan dirimu.

Pastikan kamu memberikan jawaban yang tetap mencerminkan bahwa kamu seseorang yang kompeten. Tunjukkanlah kelebihan yang sekiranya bisa menunjang pekerjaanmu. Ketika memberikan apa saja yang jadi kekuranganmu, pastikan kamu juga memberikan solusi yang kamu lakukan untuk mengatasinya.  


7. Apa Rencana Anda Dalam 5 Tahun Ke Depan

Ada beberapa maksud dari pertanyaan ini, maksud pertama adalah untuk mengetahui apakah kamu seorang yang visioner. Kedua untuk mengetahui berapa lama kamu ingin bergabung di perusahaan. Jangan sampai ternyata perusahaan mempekerjakan “kutu loncat”. 

Tentu kamu tidak bisa menjawab belum tahu apa lagi lihat bagaimana nanti. Untuk menjawabnya uraikan apa yang kamu inginkan di masa datang. Pastikan kamu menyertakan perusahaan yang kamu lamar dalam rencana itu. 


8. Apakah Anda Memiliki Pertanyaan

Biasanya sebelum mengakhiri sesi interview, HRD akan bertanya apakah kamu memiliki pertanyaan. Usahakan setidaknya memberikan satu pertanyaan jangan sampai tidak sama sekali.

Ini untuk menunjukan betapa tertariknya kamu dengan posisi yang kamu lamar.


Tips Interview Kerja

Tahap wawancara adalah tahap vital yang sangat menentukan apakah kamu layak diterima atau tidak. Kamu harus bisa melalui tahap ini dengan lancar dan meninggalkan kesan. 

Tapi terkadang, karena terlalu grogi kamu jadi tidak bisa memberikan jawaban terbaik.  Padahal mungkin sebelumnya kamu sudah berlatih untuk menyampaikan semua jawaban yang berkesan.

Agar sesi wawancara bisa berjalan lancar, kamu bisa ikuti tips interview kerja berikut ini.


1. Hindari Memberikan Jawaban yang Berbelit

Gugup adalah hal yang pasti kamu alami saat proses wawancara, tapi jangan sampai kegugupan menguasai kamu. Biasanya karena gugup, jawaban yang kamu berikan jadi berbelit-belit.

Jadi pastikan kamu menguasai diri agar kegugupan bisa terkendali. Dengan begitu kamu bisa memberikan jawaban yang jelas, tepat dan padat. 


2. Pastikan Kamu Datang dengan Pakaian Rapi

Interview adalah kesempatan perusahaan untuk mengetahui kepribadian kamu. Sekalipun diadakan secara online, tetaplah berpakaian rapi. Penampilan yang rapi juga akan meninggalkan kesan di mata HRD.



3. Tunjukan Bahwa Kamu Komunikatif

HRD akan senang bila kamu tidak menjawab seadanya. Pastikan jawabanmu bukan hanya “ya” atau “tidak”. Pertanyaan interview kerja adalah pertanyaan pancingan dari HRD agar kamu mau bercerita lebih banyak. Tunjukan juga antusiasmu saat menjawab pertanyaan.

Tapi juga jangan terlalu panjang dan jangan sampai memberikan informasi yang tidak relevan dengan pekerjaan.


4. Lakukan Riset Tentang Posisi dan Perusahaan yang Kamu Lamar

Dikutip dari Times of India, melakukan riset akan sangat membantu saat proses wawancara. Baik itu menjawab pertanyaan, atau jika kamu bertemu langsung dengan manajemen perusahaan.

Cara ini juga bisa membuat HRD yakin bahwa kamu adalah kandidat yang tepat karena sudah mengenal perusahaan dengan baik.


5. Bangun Kesan Positif di 5 Menit Pertama

Sssst, tahukah kamu, ada studi yang mengatakan bahwa perusahaan biasanya sudah menentukan keputusan menerimamu atau tidak di lima menit pertama. 

Menit berikut mereka hanya akan mencari poin-poin yang mendukung keputusan mereka. 

Jadi pastikan kamu memberikan energi positif di 5 menit pertama saat wawancara. Tunjukan bahwa kamu bersemangat untuk dapat bergabung, keluarkan keramahanmu.



Bagaimana, sekarang kamu sudah semakin siapkan menghadapi pertanyaan interview kerja? Yuk, lebarkan kesempatan kamu untuk mendapatkan tawaran interview dengan melamar melalui KitaLulus.

Di KitaLulus, ada berbagai posisi pekerjaan yang bisa kamu lamar dengan aman bebas dari penipuan. Aplikasinya juga tersedia gratis di Play Store. Jadi tunggu apalagi, download KitaLulus dan temukan titik cerah karirmu sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!