Apa Itu Annual Report? Komponen, Fungsi, dan Cara Membuat

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Annual report adalah laporan tahunan yang berisi informasi penting mengenai pencapaian suatu perusahaan. Laporan ini memiliki banyak fungsi, baik untuk memotivasi tim internal dan menentukan target, serta memberikan insight kepada pihak luar atau calon mitra bisnis.

Laporan tahunan menjadi tanda bahwa sebuah perusahaan bertanggung jawab atas operasional yang berjalan.

Bagaimana cara membuat annual report yang baik? Yuk pelajari selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Annual Report?

Annual report adalah laporan yang merangkum keuangan dari kegiatan perusahaan selama satu tahun. Laporan ini berisi tinjauan manajemen terhadap kondisi keuangan perusahaan dan target di masa depan.

Biasanya, annual report (AR) ditulis pada akhir tahun fiskal untuk pengguna eksternal (pihak di luar perusahaan yang tidak memiliki peran atau pengaruh langsung pada perusahaan) guna memberikan informasi keuangan mengenai kegiatan internal perusahaan dan target yang ingin dicapai.

Komponen dalam Annual Report

AR memiliki sejumlah komponen yang membantu investor dan kreditur dalam memahami kegiatan di perusahaan. Adapun komponen annual report adalah sebagai berikut.

  1. Surat kepada pemegang saham
  2. Sorotan dari tahun ke tahun terkait laporan keuangan dan kondisi keuangan perusahaan
  3. Analisis dan diskusi manajemen
  4. Catatan manajemen laporan keuangan dan pengendalian internal
  5. Pernyataan auditor atas laporan keuangan
  6. Laporan keuangan, meliputi:
  • Neraca (laporan posisi keuangan)
  • Laporan laba rugi
  • Ekuitas untuk pemegang saham
  • Asersi arus kas
  • Catatan laporan keuangan
  • Daftar direksi dan komisaris

Baca Juga: Contoh Laporan Neraca: Pengertian, Komponen, Cara Membuat

Perbedaan Annual Report dan Laporan Keuangan

Perbedaan Annual Report dan Laporan Keuangan

Laporan keuangan dan annual report adalah dua hal yang sekilas terlihat mirip. Namun, ada perbedaan antara keduanya.

Laporan tahunan memberi wawasan yang jauh lebih komprehensif  tentang status keuangan perusahaan kepada pengguna eksternal. Ini menjelaskan kepada pengguna eksternal tidak hanya tentang situasi keuangan organisasi, tetapi juga keunggulan kompetitif dan tujuan di masa depan.

Annual report adalah laporan yang mampu memberikan informasi lebih efektif kepada konsumen eksternal dibandingkan laporan keuangan komparatif. Tampilan AR memiliki ciri khas yang meliputi gambar, foto, ilustrasi, dan skema. Bentuk seperti ini ternyata lebih menarik dibandingkan laporan keuangan.

Dengan kata lain, annual report adalah laporan di mana manajemen menggambarkan pencapaiannya dan upaya untuk menarik investor tambahan. AR mengandung komponen pemasaran, tetapi fungsi utamanya adalah menyampaikan informasi keuangan kepada pengguna eksternal.

Fungsi Annual Report

Beberapa fungsi annual report di antaranya:

  • Memberikan informasi mengenai posisi keuangan dan kinerja perusahaan.
  • Menunjukkan pencapaian manajemen atas sumber daya yang andal.
  • Sebagai instrumen pemasaran dalam format tertulis.
  • Sebagai dokumen yang memuat informasi tentang kinerja perusahaan dan laba rugi dalam satu tahun.
  • Sebagai informasi bagi calon investor di perusahaan.
  • Menjelaskan tanggung jawab, tugas, dan pekerjaan masing-masing bidang perusahaan.

Selain itu, salah satu fungsinya adalah memberitahu publik tentang ide-ide dan tujuan perusahaan di masa depan. Oleh karena itu, laporan tahunan berfungsi sebagai media untuk menyebarluaskan informasi yang tepat tentang suatu perusahaan kepada pihak eksternal.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Laporan Penjualan Perusahaan, Jenis, dan Contohnya

Tahapan Membuat Annual Report

Tahapan Membuat Annual Report

Setiap tahun, perusahaan wajib menyampaikan laporan tahunan. Namun, ada perusahaan baru yang belum memahami proses pembuatan laporan ini. Berikut beberapa langkah dalam pembuatan annual report adalah:

1. Membuat Company Profile

Tahap pertama dalam menyusun annual report adalah membuat profil perusahaan atau company profile. Setelah profil dibuat, manajemen dapat menambahkan ide-ide kreatif untuk menyempurnakan tampilan laporan. Ide-ide kreatif ini akan membuat laporan tahunan menarik dibaca oleh khalayak luas.

2. Memperbarui Data, Metode Penulisan, dan Tampilan

Jika dalam satu tahun terjadi pergantian direksi atau manajemen, maka laporan tahunan harus menjelaskan alasan perubahan tersebut, siapa yang diganti, serta siapa yang menggantikannya.

Kemudian, penulisan AR juga perlu disesuaikan dengan substansial dari isi laporan. Jika ada jumlah data yang berlebihan, sebaiknya disajikan sebagai infografis. Namun, jika dirasa kurang, sebaiknya disajikan dalam bentuk teks yang panjang.

3. Copywriting Menentukan Kualitas Laporan Tahunan

Cara selanjutnya untuk membuat annual report adalah membuat copywriting atau penulisan yang bagus, apalagi jika ditulis dalam banyak bahasa. Tujuannya agar tidak ada informasi menyesatkan bagi investor.

Copywriting yang baik membuat laporan tahunan dapat dipahami oleh masyarakat umum. Sebelum laporan dicetak, semua aspek harus ditinjau secara menyeluruh guna memastikan tidak ada kesalahan ketik yang dapat merusak reputasi perusahaan.

4. Membuat Cetakan Percobaan Sebelum Publikasi Massal

Sebelum mencetak dalam jumlah banyak, sebaiknya cetak laporan tahunan satu atau dua eksemplar. Tujuannya untuk melihat hasil cetak dari desain dan warna yang dirancang.

Apabila cetak percobaan selesai, silakan periksa kembali informasi yang tertulis untuk memastikan bahwa laporan dapat dicetak tanpa kesalahan.

5. Memastikan Distribusi Laporan Tahunan Berjalan Baik

Terakhir, cara menyusun annual report adalah memastikan distribusinya berjalan baik. Ketika melalui proses pencetakan massal, mungkin terdapat ketidakakuratan pada AR perusahaan Anda.

Maka dari itu, pastikan semua laporan yang dikirim dalam keadaan baik, tidak rusak, cacat, dan sebagainya. Selain itu, pengiriman laporan tahunan juga tidak boleh terlalu lama, agar tidak merusak reputasi perusahaan.

Pilih cara pengiriman terbaik agar paket annual report yang dikirimkan ke investor tidak rusak.

Demikian penjelasan lengkap annual report mulai dari pengertian, komponen, hingga tahapan membuatnya. Biasanya, tugas-tugas membuat laporan tahunan ini dilakukan oleh divisi keuangan dengan persetujuan direksi.

Apakah Anda sudah memiliki staf yang ahli di bidang keuangan? Kalau belum, segera rekrut karyawan terbaik melalui KitaLulus. KitaLulus hadir sebagai platform untuk membantu Anda merekrut karyawan dengan mudah dan cepat.

Hingga saat ini, lebih dari 1 juta pelamar dan 50 ribu perusahaan telah mempercayai platform KitaLulus. Cukup isi formulir untuk memposting iklan lowongan kerja, selanjutnya tim KitaLulus akan membantu proses editing hingga penayangan.

Yuk segera pasang loker Anda secara gratis di KitaLulus!

Baca juga: Cara Menghitung Laporan Perubahan Modal, Tujuan, dan Isinya

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd