7 Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Cara membuat artikel— Salah satu cara untuk memasarkan produk adalah dengan membuat artikel. Melalui artikel, Anda bisa menjelaskan terkait produk dan/atau jasa yang akan dipasarkan. Tapi, apakah Anda sudah tahu cara membuat artikel?

Mungkin sekilas terlihat mudah, tapi nyatanya cara membuat artikel pun tidak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel. Mulai dari isi, bahasa yang digunakan, struktur kalimat, dan lainnya.

Pelajari selengkapnya terkait cara membuat artikel dan hal-hal penting yang harus Anda cantumkan di dalamnya bersama bahasan dari KitaLulus berikut.

BACA JUGA: 9 Contoh Desain Daftar Menu Kekinian dan Tips Membuatnya

Sekilas tentang Artikel

tips membuat artikel yang menarik pembaca

Sebelum kita membahas cara membuat artikel, apakah Anda sudah memahami apa itu artikel? Sebagian besar mengartikan artikel sebagai karya tulis, sumber informasi, dan masih banyak lagi.

Tapi apa itu artikel? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, artikel adalah sebuah karya tulis lengkap berupa laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Sementara itu, ada ahli yang menyebutkan bahwa artikel merupakan karya tulis yang berisikan opini si penulis terkait masalah atau objek, yang tujuannya adalah untuk memberitahu, menghibur, mempengaruhi, dan meyakinkan pembacanya.

Singkatnya, artikel merupakan karya tulis yang tidak ditentukan panjangnya berapa, dengan tujuan menyampaikan opini atau fakta untuk menghibur, mendidik, dan meyakinkan pembacanya.

Maka tidak heran jika kebanyakan artikel berisi tentang informasi dari sebuah objek yang akan dibahas. Bahkan banyak orang yang teredukasi dan terpengaruh hanya karena melalui artikel.

Ciri-ciri Artikel

ciri ciri artikel

Tahukah Anda bahwa, tidak semua tulisan panjang bisa disebut sebagai artikel? Sebab ada beberapa jenis karya tulisan lainnya yang memiliki tujuan sama, namun bukan dalam bentuk artikel.

Agar tidak tertukar, berikut ini beberapa ciri artikel yang membedakannya dengan karya tulis lainnya:

1. Isi Artikel

Ciri artikel yang pertama bisa Anda lihat dari isinya. Umumnya, sebuah artikel ditulis berdasarkan kejadian nyata. Artinya, isi artikel tersebut bukanlah mitos, fiksi, atau hal yang direkayasa oleh penulis.

2. Faktual dan Informatif

Isi artikel haruslah bersifat faktual dan informatif. Artinya, harus mengandung kebenaran dan memberikan informasi kepada pembaca berdasarkan riset yang dilakukan.

3. Adanya Opini yang Subyektif

Ciri-ciri artikel selanjutnya adalah adanya opini yang bersifat subyektif. Artinya, meskipun isi artikel ditulis berdasarkan opini atau pemikiran penulis, hal ini harus berdasarkan riset yang sudah dilakukan untuk mendapatkan fakta yang sebenarnya.

4. Singkat, Padat, dan Jelas

Isi artikel haruslah singkat, padat, dan jelas. Sebisa mungkin, jangan membuat artikel yang terlalu banyak bertele-tele dan tidak komunikatif. Hal ini bisa membuat pembaca bingung dan merasa malas untuk membacanya.

5. Penulisan Sistematis

Satu lagi ciri-ciri artikel adalah ditulis dengan penulisan yang sistematis. Cara penulisan ini bisa dengan mudah membantu pembaca untuk memahami isi artikel.

BACA JUGA: 5 Contoh Laporan Kegiatan dan Struktur Penulisannya

Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca

cara membuat artikel blog

Setelah Anda mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri artikel, selanjutnya kita akan membahas mengenai cara membuat artikel. Hal yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel adalah mengetahui jenis yang akan ditulis.

Pada dasarnya ada lima jenis artikel yang bisa Anda tulis, yaitu:

  • Artikel deskripsi: isi artikel yang menjelaskan suatu objek secara detail agar pembaca bisa memahami apa yang dijelaskan.
  • Artikel narasi: isi artikel umumnya berupa cerita fiksi yang menghubungkan sebab dan akibat.
  • Artikel persuasi: isi artikel menjelaskan topik tertentu yang ditulis dengan tujuan pembaca bisa menyetujui apa yang ditulis oleh penulis.
  • Artikel eksposisi: isi artikel ditulis dengan tujuan untuk mengedukasi, memberikan informasi, menjelaskan topik, hingga menjawab pertanyaan dengan tujuan untuk menambah dan memperluas wawasan pembaca.
  • Artikel prosedur: isi artikel berupa tata cara urutan pemakaian suatu produk.

Nah, setelah Anda mengetahui jenis artikel apa yang akan dibuat, mari kita simak cara membuat artikel agar disukai banyak pembaca:

1. Tentukan Ide Tulisan

Cara membuat artikel yang pertama adalah dengan menentukan ide tulisan. Umumnya, masalah utama yang dialami penulis adalah tidak memiliki bahan atau ide yang akan ditulis. Maka dari itu, cara ini menjadi langkah awal yang sangat penting.

Anda bisa mencari ide tulisan dengan mengamati kondisi di sekitar atau yang sedang terjadi saat ini. Sebaiknya, cari ide yang sederhana saja. Jangan lupa untuk menuliskan ide-ide kecil yang muncul.

2. Buat Kerangka Artikel

Dengan membuat kerangka artikel, Anda jadi busa mengetahui garis besar atau topik utama yang akan dibahas. Selain itu, cara membuat artikel yang satu ini juga membantu Anda agar tidak kehilangan arah saat menulis.

3. Cari Rujukan yang Dapat Dipercaya

Saat membuat artikel, Anda harus mencari rujukan sumber data yang dapat dipercaya. Tujuannya adalah agar isi artikel yang Anda tulis bisa dipercaya karena berdasarkan fakta. Anda bisa mencari melalui buku-buku, penelitian terdahulu, atau rujukan dari sumber yang dapat dipercaya.

4. Perhatikan Isi Artikel

Hal yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel adalah isinya. Pastikan isi artikel yang Anda tulis singkat, jelas, dan padat. Sehingga pembaca bisa memahami tulisan Anda dengan mudah.

5. Tambahkan Data Pendukung

Cara membuat artikel lainnya adalah dengan menambahkan data pendukung. Bisa berupa gambar, ilustrasi, grafik, tabel, dan lainnya yang bisa membantu menjelaskan isi artikel yang Anda tulis.

6. Buat Judul yang Menarik

Judul yang menarik adalah salah satu cara membuat artikel Anda bisa dilirik banyak orang. Selain menarik, judul juga harus menggunakan kalimat dan bahasa yang jelas. Usahakan untuk tidak membuat judul yang terlalu panjang.

7. Tentukan Target Pembaca

Satu lagi cara membuat artikel yang perlu Anda ketahui adalah menentukan target pembaca. Cara ini sangat penting karena bisa mempengaruhi gaya dan pemilihan bahasa yang Anda gunakan.

Misalnya, untuk pembaca profesional Anda bisa menggunakan gaya bahasa formal. Sementara untuk target pembaca yang lebih muda, Anda bisa menggunakan bahasa informal namun tetap sopan.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu artikel, ciri-ciri artikel, jenis-jenisnya, dan cara membuat artikel yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk selalu membaca ulang keseluruhan artikel sebelum di-publish ke umum, ya!

Perusahaan Anda sedang mencari seorang content writer? Pasang saja lokernya di KitaLulus! Saat ini, KitaLulus, sudah beroperasi di di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis dan dapatkan content writer terbaik dengan #LebihMudah mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd