Endorse Adalah: Manfaat, Keuntungan, Strategi, Prosesnya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memasarkan produk Anda, strategi endorse adalah salah satunya. Terutama di zaman yang serba digital seperti saat ini, endorsement adalah strategi ampuh yang dapat mendongkrak brand dan penjualan dengan cepat.

Pada dasarnya, endorse adalah kesepakatan memasarkan produk, campaign, atau kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan/penyelenggara kegiatan dengan sosok terkenal atau influencer. Kegiatan meminta endorsement disebut endorse, dan perusahaan pelaku endorsement disebut endorser

Tertarik menjadi endorser tapi tidak tahu caranya? Simak bahasan lengkap tentang apa itu endorsement, strategi, proses, dan cara melakukannya dalam artikel ini.

Apa Itu Endorse?

Apa Itu Endorse?

Jika diartikan secara bahasa, arti endorse adalah dukungan, pengesahan, atau persetujuan atas segala sesuatu pelaksanaan. Namun dalam dunia bisnis, kegiatan ini merupakan bagian dari promosi iklan suatu produk maupun jasa yang akan dipasarkan.

Endorse adalah bagian dari digital marketing. Sebab, kegiatan ini dilakukan di media sosial atau media digital lainnya. Terlebih lagi cara dan bentuk penyampaiannya juga harus mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Tidak semua orang bisa melakukan endorsement. Seperti yang disebutkan di atas, kegiatan ini dilakukan oleh para artis, selebgram, influencer, hingga orang ternama.

Mengapa? Selain karena mereka memiliki jumlah followers banyak, mereka juga memiliki jangkauan audiens yang luas. Terutama jika mereka memiliki angka engagement rate (ER) yang tinggi.

Hal ini bisa membantu meningkatkan angka penjualan produk dan jasa yang di-endorse. Maka dari itu, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan kembali sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa endorsement.

Baca juga: Pentingnya Engagement Rate Bagi Bisnis, Faktor, dan Cara Hitungnya

Manfaat Endorse

Berikut beberapa manfaat endorse adalah:

1. Membangun Awareness

Manfaat endorsement yaitu untuk membangun brand awareness. Dengan begitu, produk Anda bisa dikenal oleh banyak orang. Setelah mendapatkan awareness, barulah Anda bisa melanjutkan strategi pemasaran lainnya.

2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Ketika melakukan endorsement, maka kesempatan Anda menjangkau pasar yang lebih luas akan semakin terbuka lebar. Terlebih jika influencer yang Anda pilih memiliki ratusan ribu bahkan jutaan followers.

3. Membangun Kredibilitas

Berikutnya manfaat endorse adalah membangun kredibilitas perusahaan. Ini dikarenakan biasanya orang-orang menilai bahwa suatu produk akan dipercaya dan dinilai memiliki kualitas tinggi jika digunakan oleh public figure.

Keuntungan Endorse

Keuntungan Endorse

Endorse adalah salah satu cara efektif untuk melakukan pemasaran produk secara online. Cara ini bisa membantu Anda meningkatkan penjualan. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari meng-endorse selebgram, berikut di antaranya:

1. Media Promosi

Keuntungan endorse yang pertama adalah sebagai media promosi. Artinya, ketika Anda meminta orang-orang yang memiliki influence untuk mempromosikan produk, maka produk dan/atau jasa Anda akan dikenal lebih luas lagi.

Hal ini terjadi karena para followers dari akun tersebut sering memperhatikan produk dan/atau jasa yang di-endorse. Hasilnya? Akun Instagram Anda akan mendapatkan banyak pengikut baru, jumlah like, hingga permintaan pembelian.

2. Menekan Biaya Pemasaran

Banyak orang beranggapan bahwa keuntungan melakukan endorse adalah bisa menekan biaya pemasaran. Hal ini karena tarif endorse selebgram lebih terjangkau dibandingkan dengan mempromosikan melalui iklan di media cetak atau tv.

Namun hal yang harus Anda perhatikan di sini adalah rate card endorsement dari akun terkait. Sebab mereka menetapkan tarif yang berbeda-beda berdasarkan jumlah followers, angka ER, hingga jangkauan audiensnya.

3. Meningkatkan Penjualan

Satu lagi keuntungan endorse adalah bisa meningkatkan penjualan. Hal ini bisa terjadi karena umumnya seorang public figure adalah panutan atau trendsetter para followersnya.

Sehingga ketika ada public figure yang mempromosikan produk dan/atau jasa Anda, para followers tersebut akan penasaran dan mencoba membelinya. Salah satu keuntungan inilah yang harus Anda pertimbangkan untuk melakukan endorsement.

Baca juga: Ini Tugas dan 8 Cara Memilih Brand Ambassador yang Tepat

Hal yang Harus Dipertimbangkan

Meski tergolong strategi pemasaran paling efektif, jika tidak tepat eksekusinya, endorsement bisa menimbulkan gagal balik modal atau istilahnya “boncos”. Agar strategi endorse Anda tidak boncos, berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Budget Promosi

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum endorse adalah budget promosi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rate care endorsement setiap public figure berbeda-beda.

Ada empat jenis influencer yang bisa Anda gunakan, yaitu mega, macro, micro, dan nano. Tarif yang dikenakan berbeda-beda. Jika Anda memiliki modal yang cukup dan ingin melakukan endorsement secara besar-besaran, Anda bisa menggunakan mega influencer.

2. Jumlah Followers

Selanjutnya, Anda juga harus mempertimbangkan jumlah followers dari public figure yang akan diajak kerjasama. Hal yang harus Anda perhatikan di sini adalah banyak followers belum tentu bisa menempatkan produk dan/atau jasa Anda tepat sasaran.

Artinya, jumlah followers yang banyak bukanlah jaminan bahwa public figure tersebut bisa melakukan endorsement pada produk dan/atau jasa Anda. Sebab saat ini followers pun bisa dibeli. Jadi Anda juga harus memperhatikan keaslian dan interaksi antara public figure tersebut dengan followers-nya.

3. Engagement rate

Jika ada public figure yang memiliki angkat engagement rate yang tinggi, maka Anda harus memilihnya. Mengapa? Sebab umumnya, angka ER yang tinggi bisa menjadi patokan keberhasilan endorsement yang dilakukan.

Terutama jika public figure tersebut dekat dengan pengikutnya. Semakin tinggi angka ER yang dimiliki, maka semakin tinggi pula peluang keberhasilan strategi endorse Anda.

4. Persona

Satu lagi hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan strategi endorse adalah persona dari public figure tersebut. Artinya, Anda harus memperhatikan bagaimana public figure tersebut bersikap dalam kesehariannya.

Anda bisa melihat dari beberapa konten yang diunggah ke feed, story, reels, dan video. Persona di sini bisa menjadi panduan Anda dalam mempromosikan produk. Misalnya, Anda ingin mempromosikan produk kecantikan, maka public figure yang Anda incar adalah yang mengetahui seluk beluk tentang make up.

Baca juga: Strategi Promosi Kreatif, Cara, Ide, dan Contoh Ampuh yang Bisa Diterapkan

Cara Meminta Endorse

Cara Meminta Endorse

Setelah mengetahui keuntungan endorse dan hal yang harus dipertimbangkan, sekarang kita akan membahas bagaimana proses dari kegiatan ini berlangsung. Umumnya, setiap public figure memiliki proses endorsement yang berbeda-beda.

Mulai dari rate card, media yang digunakan, bentuk konten yang dipromosikan, jumlah konten yang diunggah, hingga cara mereka menyampaikan konten tersebut.

Selengkapnya tentang cara meminta endorse adalah sebagai berikut:

  • Lakukan riset selebgram yang cocok dengan produk, target market, serta strategi dan budget pemasaran yang disediakan perusahaan.
  • Hubungi contact person yang bertanggung jawab untuk mengurus segala bentuk kerjasama dengan selebgram terpilih.
  • Setelah dikontak, umumnya pihak public figure akan memberitahukan sejumlah ketentuan terkait kontrak endorsement yang dilakukannya. Mulai dari rate card, produk apa saja yang diterima, dan estimasi waktu untuk melakukan endorsement.
  • Jika dari pihak perusahaan atau Anda menyetujui beberapa ketentuan yang diberikan, maka Anda bisa membayar rate card pada selebgram terpilih.
  • Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan beberapa ketentuan atau semacam kontrak kerjasama terkait kegiatan endorsement ini. Mulai dari bentuk konten, materi konten, cara penyampaian, kata-kata atau bahasa yang digunakan, call to action yang digunakan, estimasi waktu endorsement, dan hal lainnya terkait promosi.
  • Selanjutnya, apabila selebgram ingin memilih produknya sendiri, Anda bisa memberikan beberapa pilihan. Namun jika tidak, Anda cukup memberitahukan beberapa produk dan/atau jasa yang harus di-endorse.
  • Ketika pemilihan produk dan/atau jasa sudah mencapai kesepakatan, Anda bisa mengirimkan produk ke pihak public figure.
  • Terakhir, Anda tinggal menunggu public figure untuk mengunggah konten endorsement sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.
  • Setelah proses endorse rampung, selesaikan pembayaran rate card selebgram secepatnya.

Hal yang harus Anda perhatikan dan tanyakan di sini adalah apakah pihak public figure mengambil endorsement dari brand lain. Jika iya, maka kemungkinan besar promosi produk dan/atau jasa Anda tidak langsung diunggah. Sebab harus mengantri dengan brand lain tersebut.

Jika dalam waktu yang ditentukan pihak public figure tidak kunjung mengunggah konten yang diminta, maka Anda bisa menuntut pengembalian uang dan produk yang sudah dikirimkan.

Strategi Melakukan Endorse Agar Makin Sukses

Selanjutnya kita akan membahas beberapa strategi endorsement yang bisa Anda terapkan agar mencapai hasil yang maksimal dan diinginkan.

1. Sesuaikan dengan Target Pasar

Strategi endorsement pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan public figure dengan target pasar Anda. Artinya, Anda harus memperhatikan public figure yang dipilih menguasai produk dan/atau jasa yang akan dipasarkan.

Misalnya, Anda ingin mempromosikan bumbu dapur. Maka public figure yang sesuai adalah mereka yang bisa memasak atau koki selebriti. Sehingga Anda tidak salah dalam menyasar target pasar.

2. Rencanakan Konten yang Berkualitas

Strategi kedua adalah menentukan konten yang berkualitas. Dalam hal ini Anda harus memperhatikan bagaimana cara public figure tersebut mengunggah konten dalam kesehariannya.

Untuk melakukan ini, Anda bisa melihatnya dari cara mereka mengunggah konten terkait kehidupan pribadi mereka. Dari sini, Anda bisa melihat bagaimana cara mereka menyampaikan konten. Apakah sesuai dengan citra brand perusahaan Anda atau tidak.

3. Lihat Riwayat Endorsement

Melihat riwayat endorsement juga menjadi strategi yang harus Anda persiapkan. Anda bisa bertanya kepada brand lain yang sebelumnya menggunakan jasa promosi dari public figure terkait.

Jika hasilnya memberikan ulasan positif, maka Anda bisa melanjutkan proses kerjasama. Namun jika sebaliknya, lebih baik mencari public figure lainnya yang bisa memberikan citra baik terhadap brand Anda.

Itulah penjelasan mengenai apa itu endorse, manfaat, kelebihannya, hingga strategi yang harus Anda persiapkan.

Endorse adalah salah satu cara pemasaran yang efektif jika Anda ingin mendongkrak penjualan produk atau jasa. Anda pun harus melakukannya secara rutin dan konsisten agar masyarakat bisa tetap mengingat produk yang dipasarkan.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan karyawan dalam waktu dekat ini, Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus. Sebagai salah satu platform pencarian kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Cukup dengan isi formulir yang tersedia untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis. Dapatkan kandidat berpotensi dan berkualitas dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Berlangganan informasi tentang rekrutmen dan dapatkan penawaran terbaik kami
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd
Close Pop up