15 Ide Konten Tiktok Untuk Bisnis Terbaik, Dijamin Gampang Viral!

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Ide konten tiktok untuk bisnis viral
Isi Artikel

Ide konten TikTok untuk bisnis– Seperti yang kita ketahui, saat ini sosial media merupakan salah satu alat promosi bisnis yang paling efektif. TikTok merupakan salah satunya. Nah, apakah Anda sudah menyiapkan ide konten TikTok untuk bisnis?

Jika belum, KitaLulus akan membagikan beberapa ide konten TikTok untuk bisnis yang menarik dan tips membuat konten TikTok agar bisa mendapatkan fyp, di bawah ini.

Sekilas Tentang TikTok

tiktok adalah sosmed bagus untuk jualan

Diluncurkan pada September 2016, kini TikTok merupakan salah satu sosial media populer dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 800 juta di berbagai penjuru dunia.

TikTok merupakan platform sosial media dan berbagi video musik yang memungkinkan penggunanya untuk mengekspresikan ide dalam bentuk video pendek. Kemudian pengguna bisa membagikan video tersebut kepada pengguna TikTok lainnya dari seluruh belahan negara.

Tidak hanya itu, saat ini TikTok hadir dengan beberapa fitur canggih. Termasuk salah satunya adalah TikTok Ads Manager yang bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis secara online.

Tidak heran jika kini banyak digital marketer perusahaan yang mengunggah banyak ide konten TikTok untuk bisnis. Mulai dari pemesanan barang hingga pelacakan pengirimannya.

Ide Konten TikTok untuk Bisnis

ide konten tiktok untuk bisnis

Nah, sebagai pengusaha, apakah Anda sudah mencoba untuk melakukan promosi di sosial media ini? Jika belum, Anda harus segera melakukannya. Sebab saat ini kepopuleran TikTok terus meroket dan memiliki jangkauan audiens yang luas.

Lalu, apa saja kira-kira yang bisa menjadi ide konten TikTok untuk bisnis Anda? Berikut beberapa contoh konten TikTok untuk usaha yang perlu Anda coba:

1. Produk Launching

Ide konten TikTok untuk bisnis yang bisa Anda coba pertama adalah produk launching. Dalam hal ini, Anda harus mengenalkan produk kepada audiens melalui sebuah video singkat.

Isinya cukup tentang menjelaskan deskripsi produk, keunggulan produk, cara pemakaian produk, hingga cara pemesanan. Anda juga bisa memberikan alasan kepada audiens mengapa harus memilih produk tersebut dibandingkan produk sejenis lainnya

2. Katalog

Ide konten TikTok untuk bisnis selanjutnya adalah katalog. Setiap usaha pasti memiliki katalog produk yang ingin ditawarkan kepada pelanggan. Biasanya katalog tersebut dibuat dalam bentuk tabel atau daftar.

Tapi sekarang, Anda bisa membuat ide konten TikTok tanpa wajah untuk mengenalkan katalog tersebut. Anda bisa membuat video pendek dengan seorang model yang menggunakan baju berganti-ganti. Jangan lupa berikan nama dan deskripsi produknya agar pelanggan bisa mengenalinya.

3. Workspace Tour

Salah satu contoh konten TikTok untuk usaha yang bisa Anda buat adalah workspace tour. Dalam hal ini Anda akan mengajak audiens untuk berkeliling tempat kerja atau tempat produksi produk secara langsung.

Dalam video, Anda juga bisa menjelaskan bagaimana alur produksi yang dilakukan, lalu jumlah stok barang, gudang tempat penyimpanan barang, hingga proses pengiriman ke pelanggan. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yaitu video dengan durasi satu menit atau lakukan secara live.

4. BTS (Behind The Scene)

BTS atau behind the scene juga bisa menjadi ide konten TikTok untuk bisnis. Jika sebelumnya Anda mengajak audiens untuk berkeliling tempat kerja, maka kali ini Anda bisa mengajak audiens untuk melihat seperti apa proses dibalik layar.

Singkatnya, ajak audiens untuk melihat seperti apa ‘dapur’ produksi Anda. Contoh konten TikTok untuk usaha ini cocok digunakan jika Anda membuka usaha di bidang fotografi, souvenir, kuliner, dan lainnya.

5. Tutorial

Salah satu ide konten TikTok untuk bisnis yang paling populer adalah video tutorial. Dalam video singkat yang diunggah, Anda bisa menginformasikan terkait cara penggunaan produk, cara merawat produk, cara menyimpan produk, dan lainnya.

Atau Anda juga bisa memberikan konten DIY atau do it yourself dengan menggunakan produk Anda. Tutorial juga bisa menjadi salah satu ide konten TikTok tanpa wajah jika produk Anda bukan produk kecantikan atau perawatan kulit.

6. Packaging and Shipping

Sebagai penjual, Anda bisa mengunggah video singkat terkait packaging and shipping untuk menjawab rasa penasaran pelanggan. Tentu banyak pelanggan yang bertanya-tanya terkait pesanan mereka.

Dalam video ini, Anda bisa menunjukan proses packaging and shipping terkait pesanan pelanggan. Ide konten TikTok untuk bisnis ini diyakini bisa meningkatkan rasa percaya pelanggan kepada bisnis Anda.

7. FAQ

Contoh konten TikTok untuk usaha selanjutnya adalah FAQ. Tahukah Anda bahwa, saat ini banyak sekali audiens yang penasaran dengan topik tertentu? Nah, untuk mendengarkan permintaan audiens, Anda bisa melakukan video FAQ.

Anda bisa mengajak audiens untuk memberikan pertanyaan dan menampungnya untuk dijawab kemudian. Untuk menjawabnya, Anda bisa memberikan video singkat atau live video. Jika Anda menginginkan adanya interaksi, maka disarankan untuk melakukan live video.

8. Hashtag Challenge

Ada lagi nih ide konten TikTok untuk bisnis yang sedang tren, yaitu hashtag challenge. Caranya pun cukup mudah. Anda bisa mulai dengan mengajak orang tertentu seperti public figure untuk meramaikan hashtag yang diinginkan.

Nantinya, public figure tersebut akan meminta pada pengikutnya untuk meramaikan hashtag challenge. Salah satu kelebihan dari contoh konten TikTok untuk usaha ini adalah Anda bisa mendapatkan user generated content oleh para pengguna yang menggunakan hashtag.

Singkatnya, hashtag challenge ini bisa membantu Anda untuk mempromosikan produk dan/atau jasa tanpa harus melakukan promosi besar-besaran. Bahkan beberapa dari audiens ada yang memberikan ide konten menarik.

ie konten tiktok vial

9. Kisah Sukses

Kisah sukses Anda dalam menjalani bisnis juga bisa dijadikan ide konten TikTok untuk bisnis. Contoh konten ini sangat cocok bagi audiens yang masih ragu dalam membangun bisnis mereka.

Di dalam video, Anda juga bisa memberikan tips, pesan, hingga motivasi. Selain itu, kisah sukses yang inspiratif ini bisa dijadikan alat untuk meningkatkan branding produk. Sehingga pelanggan bisa mengingat produk Anda. Menarik, bukan?

10. Company Profile

Setiap orang suka mendengarkan cerita. Selain mengisahkan kisah sukses bisnis, Anda juga bisa menceritakan terkait motivasi dan alasan mengapa ingin berkecimpung di dunia bisnis tersebut.

Anda juga bisa memberikan beberapa portofolio atau meminta orang-orang yang sudah membantu Anda mendirikan bisnis untuk memberikan sepatah dua kata. Siapa tahu bisa menginspirasi orang lain untuk membangun bisnis di bidang yang sama.

11. A Day in My Life

Banyak yang penasaran terkait apa yang dikerjakan seseorang dalam satu hari kerja. Nah, untuk menjawabnya, Anda bisa mengunggah video terkait a day in my life atau satu hari dalam hidupku.

Isinya Anda bisa memperlihatkan rutinitas pekerjaan yang dilakukan. Mulai dari jam kerja hingga selesai. Cara ini diyakini bisa membuat Anda lebih terhubung dengan audiens dan pelanggan.

12. Meet the Team

Tahukah Anda bahwa, perusahaan yang mengapresiasi karyawannya adalah hal penting di mata pelanggan? Maka dari itu, Anda bisa membuat ide konten TikTok untuk bisnis, meet the team.

Anda bisa memperkenalkan satu per satu anggota tim yang terlibat dan menjelaskan apa yang mereka kerjakan. Sehingga audiens dan pelanggan bisa melihat hubungan yang erat antara Anda dengan seluruh anggota tim.

13. Announcement

Ide konten TikTok untuk bisnis selanjutnya adalah announcement atau pemberitahuan. Contoh konten TikTok untuk usaha yang satu ini adalah jika Anda ingin memberitahukan ada perubahan jam kerja, ada keterlambatan dalam pengiriman, dan lain sebagainya.

Singkatnya, Anda bisa menggunakan ide konten ini untuk memberikan informasi seputar bisnis kepada audiens dan pelanggan. Sehingga mereka menjadi lebih aware dan menantikan berita terbaru dari bisnis Anda.

14. Shoutout Bisnis Lain

Shoutout bisnis lain bisa dijadikan ide konten TikTok untuk bisnis jika Anda melakukan kolaborasi dengan brand lain. Bahkan Anda juga bisa melakukannya jika tidak sedang berkolaborasi.

Tujuannya adalah untuk membantu sesama pengusaha untuk mempromosikan bisnis mereka. Tidak hanya itu, contoh konten TikTok ini juga bisa memperluas jaringan bisnis Anda dan memperluas cakupan pasar.

15. Ucapan Terima Kasih

Satu lagi ide konten tikto untuk bisnis Anda adalah video ucapan terima kasih. Tentunya video ini ditujukan untuk para pelanggan setia bisnis Anda. Dengan cara ini Anda bisa membuat mereka merasa dihargai. Jangan lupa berikan reward seperti potongan harga, gratis ongkir, free gift, dan lainnya.

Tips Membuat Konten TikTok Agar FYP

Cara buat konten viral

Setelah Anda sudah memutuskan mau membuat ide konten TikTok untuk bisnis yang mana, sekarang saatnya KitaLulus membagikan tips membuat konten dan mendapatkan fyp di konten TikTok:

1. Selalu Melakukan Interaksi

Tips mendapatkan fyp di konten TikTok yang pertama adalah selalu melakukan interaksi dengan audiens. Anda bisa menanggapi komentar yang diberikan oleh audiens hingga mengajak ngobrol audiens melalui video live.

2. Jangan Lupakan Hashtag

Tips membuat konten TikTok selanjutnya adalah jangan melupakan hashtag. Selain itu, pastikan caption atau deskripsi video yang Anda buat lengkap. Tips ini membuat Anda berpeluang untuk mendapatkan fyp di konten TikTok.

3. Gunakan Musik Terkini

Seperti yang disebutkan sebelumnya, TikTok adalah platform video musik singkat. Jika Anda perhatikan, setiap video yang diunggah di TikTok pasti menggunakan musik terkini. Nah, tips mendapatkan fyp di konten TikTok adalah dengan menggunakan musik terkini sebagai backsound video Anda.

4. Ikuti Konten Populer

Satu lagi tips mendapatkan fyp di konten TikTok adalah dengan mengikuti konten yang populer. Umumnya, tren video di sosial media ini cenderung berganti-ganti. Agar konten yang Anda unggah tidak tertinggal, Anda bisa mengikuti video dengan mengikuti isi dari konten yang sedang populer tersebut.

Demikianlah penjelasan terkait beberapa ide konten TikTok untuk bisnis dan beberapa tips mendapatkan fyp di konten TikTok yang bisa Anda lakukan. Optimalkan promosi dengan menggunakan sosial media untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas dan optimal.

Jika Anda membutuhkan seorang talent untuk membuat konten TikTok, maka Anda bisa menaruh informasinya di KitaLulus. Sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis. Dapatkan kandidat terbaik dan berpotensi dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus, mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok