Prospek Adalah: Pengertian, Cara Menemukan dan Melakukannya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah prospek. Prospek adalah kemampuan untuk menemukan calon pembeli atau pelanggan.

Kemampuan pengusaha untuk menentukan prospek menjadi penentu sebuah bisnis bisa berjalan lancar, sukses, dan meraup keuntungan. Sistem manajemen pelanggan merupakan sarana untuk mendorong prospek bisnis yang baik.

Pelajari bagaimana cara menemukan prospek pada artikel berikut, yuk!

Apa Itu Prospek?

Singkatnya, prospek adalah konsumen yang berpotensi melakukan pembelian, sehingga diharapkan bisa memberikan keuntungan bagi suatu bisnis.

Finding prospect atau prospecting adalah istilah untuk tindakan yang bertujuan mendapatkan klien atau pembeli baru. Kegiatan ini dilakukan pebisnis agar mereka dapat bertahan dalam persaingan pasar.

Cara Menemukan Prospek atau Calon Konsumen

Cara menemukan prospek bisa dilakukan melalui beragam metode, di antaranya seperti berikut.

1. The Endless Chain (Referensi)

Menemukan mitra bisnis dari rekan kerja atau jaringan pertemanan adalah cara tercepat untuk mengidentifikasi prospek atau klien potensial. Misalkan seorang sales meminta referensi dari mitra bisnisnya guna menarik pelanggan baru yang potensial.

Cara ini disebut sebagai the endless chain atau referensi. Sebaiknya Anda menemukan rekan kerja yang dapat berkolaborasi dengan baik dan memiliki jiwa kepemimpinan kuat untuk memaksimalkan peluang kerjasama.

2. Bekerjasama dengan Influencer

Orang-orang yang memiliki pengaruh di dunia maya dikenal sebagai influencer. Biasanya setiap ucapan yang mereka sampaikan akan menjadi panutan oleh warganet.

Maka dari itu, cara menemukan prospek adalah Anda dapat bekerjasama dengan para tokoh atau influencer tersebut, karena saran dari mereka umumnya banyak diikuti oleh masyarakat.

3. Melakukan Demonstrasi Produk

Langkah selanjutnya dalam menemukan prospek adalah melakukan demonstrasi produk. Untuk teknik ini, biasanya sales melakukan kunjungan ke suatu lokasi dan kemudian mengiklankan atau mendemonstrasikan barang yang dijual.

Temukan lokasi yang strategis dan ramai sehingga mudah untuk mendapat perhatian dan menjual produk atau layanan setelah demo selesai. Tentu cara ini akan menarik pelanggan potensial.

4. Berkeliling atau Canvassing

Beirkutnya cara menemukan prospek adalah melalui kegiatan berkeliling atau canvassing. Menurut hukum probabilitas, canvassing yang lebih sering akan menghasilkan lebih banyak komunikasi dan kemungkinan penjualan yang lebih tinggi.

Dengan pendekatan ini, produk bisa langsung ditawarkan dengan pamflet atau langsung didemonstrasikan di depan calon prospek.

5. Pengamatan Pribadi

Pengamatan pribadi adalah praktik memperhatikan suatu area terus-menerus untuk menemukan peluang potensial yang dapat menghasilkan calon pelanggan. Pendekatan ini dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, seperti saat bertemu dengan teman, pergi ke suatu acara, atau bepergian ke suatu tempat.

Baca juga: Target Penjualan: 6 Cara Meningkatkan dan Rumus Perhitungannya

Langkah-Langkah Melakukan Prospek

Langkah-Langkah Melakukan Prospek

Cara melakukan prospek yang tepat yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut.

1. Mencari Rekan Kerja Yang Ideal

Menemukan mitra bisnis untuk membantu perusahaan adalah salah satu cara melakukan prospek yang tepat. Kegiatan ini disebut sebagai kolaborasi antara dua bisnis. Namun, untuk mencapai hasil terbaik, Anda perlu mencari rekan kerja yang memiliki kualitas kepemimpinan serta mampu berkolaborasi dengan efektif.

2. Memulai Komunikasi yang Baik

Hubungan pertama yang terjalin dengan prospek adalah melalui komunikasi. Komunikasi yang efektif akan menarik pelanggan potensial dan bisa membangun kepercayaan mereka.

Selain kontak email dan telepon, komunikasi dapat dilakukan melalui platform media sosial. Jika Anda telah menghubungi calon klien, Anda harus menjalin hubungan yang kuat dengan mereka melalui percakapan.

3. Membangun Koneksi Pribadi

Pelaku usaha perlu membangun interaksi pribadi dengan pelanggan. Prospek tidak akan berjalan sesuai rencana jika Anda hanya berkonsentrasi pada hubungan formal antara kedua pihak, yaitu sebagai penjual dan pembeli.

Salah satu cara melakukan prospek yang baik adalah berbicara langsung dengan calon klien. Contohnya, Anda dapat menanyakan tentang keinginan klien, meminta pendapat calon pelanggan, menghafal nama lengkap, mengadakan pertemuan online, atau mengatur pertemuan tatap muka.

4. Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen bisa didapat ketika Anda bisa menjelaskan dengan baik mengenai layanan, memiliki produk berkualitas tinggi, dan membangun hubungan baik dengan mereka.

Hal ini akan membuat konsumen yakin pada semua produk dan layanan Anda, sehingga prospecting bisa berhasil.

5. Rajin Follow-up

Salah satu komponen prospek adalah menindaklanjuti atau follow-up. Untuk memastikan bahwa prospek ini mendapat hasil terbaik, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Menghubungi pelanggan dan memperkenalkan diri. Tahap ini akan membantu pelanggan mengingat brand Anda. Jika pelanggan mengingat percakapan sebelumnya, tentu akan lebih mudah untuk membuat penawaran bahkan closing.
  • Berikan kesan kepada pelanggan bahwa Anda menghubungi mereka untuk memberikan jawaban terbaik atas kebutuhan mereka.
  • Jangan memulai transaksi jika keadaan tidak memungkinkan. Cobalah untuk mengulangi beberapa prosedur follow-up, seperti menulis email atau menelepon agar pelanggan tertarik untuk closing.
  • Sebisa mungkin, jangan follow-up klien terus menerus dalam waktu dekat. Jika cara Anda salah, calon pelanggan akan merasa tidak nyaman. Akibatnya akan berdampak negatif bagi perusahaan.

6. Membuat Postingan Blog

Selain teknik yang disebutkan di atas, cara melakukan prospek adalah Anda juga bisa memanfaatkan akun media sosial atau halaman blog. Menulis artikel blog adalah strategi paling praktis untuk menarik prospek baru.

Contohnya, jika menjual produk pakaian, maka artikel yang cocok adalah artikel seputar dunia fashion.

7. Membangun Brand Awareness

Transaksi penjualan akan lebih dapat terjadi jika pembeli memiliki keyakinan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Kepercayaan ini akan lebih mudah didapat jika brand Anda banyak dikenal masyarakat.

Dengan kualitas yang baik serta pelayanan yang menarik, produk Anda akan mendapatkan kepercayaan sehingga akhirnya prospek memutuskan untuk membeli.

Baca Juga: Brand Awareness: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengembangkannya

Evaluasi Calon Konsumen

Untuk meningkatkan efektivitas kegiatan prospecting ini, lakukan evaluasi calon konsumen seperti berikut.

1. Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan Terhadap Produk

Pelajari keinginan dan kebutuhan pelanggan terhadap suatu produk. Apabila produk Anda sesuai dengan kebutuhan mereka, maka tawarkan.

Tak sedikit pula konsumen yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka membutuhkan produk Anda, namun mereka menganggap bahwa permasalahan mereka merupakan hal wajar.

2. Cek Daya Beli

Anda juga harus memperhatikan daya beli calon klien. Mungkin saja mereka membutuhkan produk Anda tetapi daya beli mereka rendah, tentu dalam hal ini mereka bukan pelanggan potensial.

Sebaiknya jangan menghabiskan waktu dengan calon pembeli yang kurang potensial. Anda bisa melanjutkan prospecting pada individu lain yang daya belinya cukup tinggi.

3. Kunjungan

Poin penting lain dalam evaluasi calon konsumen adalah terkait kunjungan. Akan menjadi percuma apabila calon konsumen Anda sulit ditemui. Maka dari itu, alangkah baiknya bila Anda menghapus daftar calon prospek yang sulit ditemui maupun dihubungi.

Itulah penjelasan mengenai apa itu prospek dalam hal pemasaran dan mencari calon pelanggan. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa prospek adalah bagian penting dalam menentukan kesuksesan suatu bisnis.

Anda sedang mencari tim sales terbaik untuk meningkatkan penjualan? Anda dapat merekrut kandidat terbaik melalui KitaLulus. Hingga saat ini, lebih dari 1 juta pencari kerja telah melamar melalui KitaLulus.

Lebih dari 50ribu perusahaan juga telah mempercayai KitaLulus sebagai platform pencarian kerja paling aman di Indonesia.

Cukup isi formulir pendaftaran untuk memposting iklan lowongan kerja. Posting iklan ini gratis lho, yuk coba sekarang juga!

Baca juga: 10 Cara Mempromosikan Produk Perusahaan Anda, Terbukti Ampuh!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd