5 Peluang Bisnis Skincare yang Menjanjikan untuk Dijalani

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
bisnis skincare
5 Peluang Bisnis Skincare yang Menjanjikan untuk Dijalani

Apakah Anda sedang tertarik untuk memulai sebuah bisnis, tapi masih bingung bisnis apa? Bagaimana jika Anda menengok peluang bisnis skincare yang belakangan ini sedang banyak diminati?

Seiring dengan sadarnya masyarakat akan pentingnya merawat kulit, bisnis skincare pun menjadi peluang baru yang dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Mari lihat selengkapnya seperti apa peluang bisnis perawatan kulit dalam artikel KitaLulus berikut ini!

Seperti Apa Peluang Bisnis Skincare saat Ini?

Saat ini, bisnis skincare semakin subur berkembang dan menjadi salah satu bisnis dengan transaksi penjualan cukup besar di marketplace. Mengutip dari Okezone.com tercatat transaksi penjualan skincare mencapai 46,8%.

Permintaan masyarakat untuk produk perawatan kulit memang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Di sisi lain, semakin banyak juga pengusaha yang mengambil peluang ini dan menciptakan produk yang semakin beragam.

Maka tidak heran menurut laporan pasar global skincare, industri ini diproyeksikan mencapai nilai US$ 180 miliar pada tahun 2024.

Data ini tentu membuka mata Anda tentang seberapa besar peluang bisnis skincare untuk dijalankan.

Penggunaan produk perawatan kulit pun saat ini tidak terbatas pada wanita saja, tapi juga sudah merambah untuk pria yang semakin sadar akan pentingnya merawat kulit.

Dengan pasar yang besar dan terus berkembang, Anda memiliki peluang besar untuk memulai bisnis ini dan menjangkau banyak konsumen.

Apalagi saat ini jenis produk skincare yang dijual pun semakin variatif, mulai dari pembersih wajah, sunscreen, toner, serum, pelembab, dan banyak lainnya.

Cara Menganalisis Peluang Bisnis Skincare

Sebelum Anda membuka bisnis skincare ada baiknya terlebih dulu Anda melakukan analisis peluang bisnis.

Dengan melakukan analisis peluang bisnis, Anda dapat mengidentifikasi dan menilai segala potensi yang ada.

Proses ini akan melibatkan beberapa faktor, seperti ukuran dan pertumbuhan pasar skincare, persaingan pasar, target pasar, kemampuan bisnis, SDM.

Analisis ini akan menjadi pemandu Anda dalam menentukan strategi sehingga bisa menghindar dari risiko kerugian.

Ada beberapa cara dalam melakukan analisis peluang bisnis skincare ini, antara lain:

1. Segmentasi Pasar

Menganalisis segmentasi pasar di dalam industri perawatan kulit bukan hanya mengetahui kepada siapa produk akan dipasarkan.

Lebih dari itu, melakukan analisis segmentasi pasar dapat membantu dalam mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka terkait produk.

Salah satu cara melakukan segmentasi pasar dalam bisnis skincare adalah dengan membagi mereka ke beberapa jenis kulit, usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis.

2. Analisis Perilaku Konsumen

Analisis ini akan membantu Anda memahami pola pembelian konsumen terhadap produk Anda. Ini akan membantu dalam melakukan penyesuaian produk perawatan kulit yang dijual dengan strategi pemasaran.

Sebagai contoh, misalnya konsumen lebih menyukai membeli produk secara online, maka Anda perlu melakukan optimasi website, membuat konten media sosial, dan menggunakan platform e-Commerce.

3. Analisis Kompetitor

Anda bisa melakukan analisis kompetitor langsung dan tidak langsung. Jika Anda memilih analisis kompetitor langsung maka Anda akan ,menganalisis kompetitor yang menawarkan produk sejenis dengan Anda.

Sebaliknya, analisis kompetitor tidak langsung dilakukan dengan melibatkan produk yang menargetkan audiens yang sama tapi memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Misalnya, produk skincare memiliki kompetitor tidak langsung produk kosmetik.

Melakukan analisis kompetitor ini akan membantu mengetahui apa keunggulan produk Anda.

4. Analisis Produk dan Layanan yang Melengkapi

Ini adalah analisis yang dilakukan untuk melihat kinerja produk dan layanan yang saling melengkapinya.

Cotohnya, Anda dapat memertimbangkan melihat tren produk yang melengkai seperti makeup atau suplemen kecantikan.

Peluang Bisnis Skincare yang Bisa Dijalankan

Ada banyak peluang bisnis perawatan kulit yang bisa Anda jalankan, berikut ini di antaranya:

1. Produk Organik dan Alami

Peluang bisnis skincare pertama yang bisa Anda mulai adalah membuat skincare dari bahan organik dan alami.

Belakangan, tren menggunakan bahan-bahan organik dan alami semakin diminati oleh masyarakat, terutama untuk produk-produk kulit.

Produk organik dan alami ini banyak diminati bukan hanya karena khasiatnya yang terasa nyata tapi juga tidak merusak lingkungan.

Anda dapat mengembangkan peluang bisnis ini dengan membuat produk yang ramah lingkungan dari bahan-bahan alami.

2. Produk untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya tidak bisa menggunakan produk perawatan kulit sembarangan. Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda untuk membuat produk perawatan kulit yang secara khusus kulit sensitif.

Beberapa produk skincare untuk kulit sensitif yang biasanya dicari masyarakat adalah mengatasi kulit kemerahan, atau juga jerawat.

3. Skincare untuk Pria

Belakangan pria juga semakin sadar jika mereka membutuhkan skincare. Tentu saja ini membuka peluang baru bagi Anda untuk menghadirkan produk skincare yang dikhususkan untuk pria.

Anda dapat mengembangkan produk perawatan kulit pria yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit mereka.

4. Menjadi Konsultan Skincare

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang perawatan kulit, Anda bisa menjadi konsultan skincare.

Anda dapat membantu orang lain untuk memilih produk skincare yang tepat dan memberikan tips untuk merawat kulit mereka.

5. Menjadi Reseller atau Dropshipper Produk Skincare

Jika Anda ingin cara yang mudah dalam memulai bisnis skincare, menjadi reseller atau dropshipper adalah jawabannya.

Anda hanya perlu mencari supplier yang terpercaya dan memasarkan produk mereka kepada konsumen. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini pun tidak terlalu besar.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Kecantikan yang Bisa Datangkan Cuan

Tips Memulai Bisnis Skincare

Melihat peluang bisnis skincare yang terus berkembang, apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini? Jika iya, ada beberapa tips berharga yang bisa Anda ikuti, berikut ini:

1. Tentukan Konsep Bisnis

Pertama, cobalah untuk menentukan konsep bisnis yang ingin Anda mulai. Apakah ingin menggunakan brand sendiri bekerja sama dengan maklon, atau sekadar menjadi reseller.

Di dalam menentukan konsep ini, pertimbangkan juga segmen pasar yang ingin ditargetkan, seperti perawatan untuk kulit sensitif.

Memahami dan mengidentifikasi hal ini dapat membantu memahami kebutuhan pasar.

2. Lakukan Riset Pasar

Menjalankan bisnis skincare membutuhkan pengetahuan mengenai produk dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Untuk mengetahui hal ini, cobalah lakukan riset secara menyeluruh mengenai bahan yang digunakan, manfaat dan efek samping yang ditimbulkan.

Lakukan juga riset kompetitor langsung sehingga Anda bisa memikirkan apa yang menjadi kelebihan dari produk kecantikan Anda.

3. Buat Desain Kemasan Menarik

Kemasan produk menjadi salah satu daya tarik seorang konsumen dalam membeli produk. Maka dari itu, pastikan Anda membuat desain kemasan yang menarik minat mereka serta membedakan Anda dari pesaing.

4. Cari Sumber Modal

Untuk dapat membangun bisnis skincare dengan brand Anda sendiri, tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit, bisa dari jutaan hingga ratusan juta.

Modal bisnis ini bisa Anda dapatkan dari tabungan pribadi, pinjaman, atau juga investor. Agar Anda dapat menggunakan modal dengan tepat, cobalah untuk buat rencana bisnis secara menyeluruh.

5. Pilih Supplier yang Terpercaya

Kualitas produk skincare Anda akan sangat ditentukan dari supplier yang dipilih. Oleh karena itu, pastikan memilih supplier terpercaya yang dapat menjamin kualitas dan keamanan.

Jika ada suatu hal yang masih Anda ragukan, cobalah untuk menanyakan secara langsung terkait bahan-bahan yang digunakan. Pastikan juga bahwa supplier telah memiliki standar keamanan dan regulasi yang ditetapkan oleh BPOM.

6. Jual Produk di e-Commerce

Agar produk dapat mudah ditemukan oleh pelanggan, cobalah untuk menjual produk Anda di e-Commerce. Manfaatkan e-Commerce sebagai channel untuk menjual produk secara online. Apalagi sekarang behavior masyarakat lebih senang berbelanja secara online.

Nah, sekarang Anda telah memiliki pengetahuan yang cukup untuk memulai bisnis skincare.

Selain pengetahuan bisnis, Anda juga perlu didukung oleh karyawan-karyawan yang kompeten di bidangnya. Temukan kandidat terbaik dengan mudah, pasang loker di KitaLulus sekarang!

Jangkauan luas, pemasangan loker mudah!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
pasang loker