5 Ide Campaign 17 Agustus 2023, Ampuh Tingkatkan Penjualan!

Rabbani Haddawi
Seorang penulis dan editor profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Memiliki keahlian dalam penulisan konten bidang keuangan, investasi, serta asuransi.
ide campaign 17 agustus
5 Ide Campaign 17 Agustus 2023, Ampuh Tingkatkan Penjualan!

Sebagai perusahaan yang ingin tetap relevan dan menarik perhatian di tengah persaingan bisnis yang ketat, penting bagi kita untuk merencanakan campaign yang efektif dan tepat waktu. Salah satunya adalah campaign 17 Agustus yang sebentar lagi akan segera terselenggara di seluruh penjuru Indonesia.

Salah satu momen penting di Indonesia yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan eksposur bisnis adalah peringatan hari kemerdekaan RI. Dalam artikel ini, KitaLulus akan membagikan lima ide campaign 17 Agustus yang bisa Anda terapkan untuk membuat bisnis lebih ramai dan menjangkau lebih banyak audiens.

Apa Itu Campaign?

Campaign adalah serangkaian strategi dan kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam jangka waktu yang terbatas.

Dalam konteks pemasaran, campaign dapat berupa rangkaian iklan, promosi, atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk atau layanan baru, atau mencapai tujuan pemasaran lainnya.

Campaign biasanya memiliki tema atau pesan khusus yang diarahkan kepada target audiens tertentu. Selain itu, campaign juga dapat menggabungkan berbagai saluran komunikasi, seperti iklan di media cetak, televisi, radio, campaign digital melalui media sosial, email, atau campaign melalui kegiatan acara dan bakti sosial.

Penting untuk merencanakan campaign dengan matang dan mempertimbangkan segmen pasar yang akan dituju, tujuan yang ingin dicapai, serta anggaran yang tersedia. Dengan begini, campaign dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan visibilitas dan keberhasilan bisnis atau organisasi.

Baca Juga: 11 Tips Jitu Membuat Marketing Campaign yang Efektif

Ide Campaign 17 Agustus yang Menarik

contoh campaign 17 agustus
Sumber: Productnation

Ingin meningkatkan penjualan bisnis? Yuk, coba buat campaign bertemakan 17 Agustus berikut ini!

1. Flash Sale Spesial 17 Agustus

Siapa sih yang tidak suka diskon? HUT RI adalah momen yang tepat untuk memberikan diskon kepada pelanggan. Buatlah flash sale pada produk tertentu khusus untuk hari kemerdekaan. Dengan flash sale, penjualan Anda bisa meningkat drastis dan menjangkau lebih banyak audiens.

Anda dapat membuat flash sale spesial 17 Agustus terasa lebih kental dengan mengatur harga diskon menjadi identik dengan angka 17.

2. Giveaway Khusus 17-an

Mengadakan giveaway juga menjadi salah satu ide campaign Agustus yang ampuh untuk membuat bisnis ramai. Rayakan hari kemerdekaan bersama para followers Anda dengan mengadakan giveaway dan berikan hadiah menarik.

3. Promo Diskon Selama Bulan Agustus

Ide campaign berikutnya adalah mengadakan promo diskon sepanjang bulan Agustus. Misalnya promo buy 1 get 1, diskon 17%, atau memberikan promo khusus bagi orang yang memiliki nama Agus.

4. Jingle Agustusan

Sebagai salah satu upaya memperkenalkan brand Anda kepada masyarakat luas, tak ada salahnya Anda mencoba membuat jingle khusus Agustusan. Buatlah jingle spesial kemerdekaan dengan lirik yang unik. Dengan begitu, brand Anda akan lebih  Mudah diingat oleh setiap audiens yang mendengarkannya.

5. Video Kemerdekaan

Ide campaign Agustus lainnya yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah membuat video spesial hari kemerdekaan. Selain bisa meningkatkan rasa nasionalisme, membuat video seputar hari kemerdekaan juga bisa meningkatkan citra baik untuk brand Anda. 

Jangan lupa juga untuk mengajak audiens berpartisipasi dalam konten tersebut agar bisa menarik pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan lama.

Baca Juga: 13 Cara Mempromosikan Produk Agar Penjualan Meningkat

Manfaat Campaign untuk Bisnis

Manfaat Campaign untuk Bisnis

Campaign memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Ketahui daftarnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan mengadakan campaign yang kreatif dan menarik, bisnis dapat meningkatkan kesadaran tentang brand mereka di kalangan target audiens. Campaign yang efektif dapat membantu mengenalkan produk atau layanan kepada lebih banyak orang, sehingga membuat brand menjadi lebih dikenal dan diingat oleh konsumen potensial.

2. Meningkatkan Penjualan

Campaign yang berhasil dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan. Dengan menghadirkan promosi menarik, diskon, atau penawaran spesial, bisnis dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian, terutama saat momen-momen khusus seperti peringatan hari kemerdekaan, Natal, atau perayaan lainnya.

3. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Manfaat campaign bagi bisnis berikutnya yaitu bisa meningkatkan keterlibatan konsumen, sehingga dapat menciptakan koneksi emosional antara bisnis dan audiens.

4. Meningkatkan Otoritas Industri

Campaign yang berfokus pada konten edukatif dan informatif dapat membantu meningkatkan otoritas bisnis dalam industri tertentu. Dengan memberikan informasi yang berharga kepada audiens, bisnis dapat dianggap sebagai ahli dalam bidangnya, sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat lainnya yaitu bisa membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang merasa dihargai dan diperlakukan istimewa, cenderung akan tetap setia dan bahkan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

6. Meningkatkan Keberlanjutan Bisnis

Berikutnya tentu saja campaign yang baik dapat meningkatkan keberlanjutan bisnis. Dengan menunjukkan komitmen terhadap isu-isu sosial dan lingkungan, bisnis dapat menarik perhatian konsumen yang lebih sadar akan lingkungan dan mendukung tujuan-tujuan bisnis yang lebih besar.

7. Meningkatkan Diferensiasi dari Pesaing

Campaign yang unik dan kreatif dapat menjadikan sebuah bisnis berbeda dari pesaingnya. Dengan menonjolkan keunikan dan keistimewaan produk atau layanannya, bisnis dapat menarik perhatian calon konsumen dan menciptakan nilai tambah yang membedakan dirinya dari bisnis lain yang sejenis.

Baca Juga: A/B Testing: Pengertian & Fungsinya dalam Digital Marketing

Itu dia beberapa ide campaign 17 Agustus yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda. Dengan mengadopsi strategi-strategi ini, diharapkan bisnis Anda dapat meraih target pemasaran yang ada.

Semoga ide-ide ini memberikan inspirasi dan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. Selamat merencanakan dan menjalankan campaign 17 Agustus yang mengesankan!

Jika Anda kesulitan merancang campaign sehingga membutuhkan bantuan ahli di bidang marketing, cari dan rekrut kandidat pegawai marketing terbaik melalui KitaLulus.

Bersama KitaLulus, Anda bisa menemukan kandidat terbaik hanya dalam hitungan hari. Prosesnya mudah dan cepat, sehingga akan menghemat proses rekrutmen Anda. Yuk pasang loker di KitaLulus sekarang, gratis!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
pasang loker