Jasa Maklon Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Biaya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
jasa maklon
Jasa Maklon Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Biaya

Di dalam dunia bisnis, jasa maklon kerap menjadi pilihan sebagai upaya untuk membangun brand atau juga menekan biaya produksi. Maklon bertindak sebagai pihak ketiga yang menangani permintaan perusahaan atau pemilik merek.

Pengguna jasa akan bekerja sama dengan maklon untuk memproduksi suatu barang dengan spesifikasi tertentu. Untuk mengerti lebih jauh, mari simak artikel KitaLulus berikut ini!

Pengertian Jasa Maklon

Istilah maklon sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu makloon yang memiliki arti “biaya produksi”, yang lalu diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi maklon.

Ketentuan jasa maklon tertuang dalam UU Pajak Pertambahan Nilai (PPN), UU Pajak Penghasilan (PPh), Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 32/PMK.010/2019, dan PMK Nomor 141/PMK.03/2015.

Mengacu pada Pasal 2 ayat 4 dalam PMK/141/PMK.03/2015, yang dimaksud jasa maklon adalah:

Pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa (dikontrakkan), yang spesifikasi, bahan baku, barang setengah jadi, dan/atau bahan penolong/pembantu yang diproses sebagian atau seluruhnya disediakan oleh pengguna jasa, dan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa jasa maklon adalah layanan yang menyediakan ditawarkan oleh perusahaan atau fasilitas produksi kepada pihak lain yang ingin memproduksi produk tertentu, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk produksi sendiri atau ingin mengurangi beban produksi mereka sendiri.

Ciri-ciri Jasa Maklon

Jasa maklon memiliki dua ciri utama. Pertama, sebagai pengguna jasa harus menyediakan spesifikasi, bahan baku, barang setengah jadi, dan/atau bahan penolong/pembantu yang akan diproses baik sebagian atau seluruhnya. Hal ini karena jasa maklon hanya menawarkan jasa produksi saja.

Kedua, kepemilikan barang setelah diproduksi akan menjadi milik pengguna jasa. Artinya hak penjualan sepenuhnya akan dipegang oleh pengguna jasa. Jasa maklon tidak dapat menjual atau mendistribusikan barang tanpa adanya kesepakatan.

Aspek Perpajakan dalam Jasa Maklon

Jasa maklon merupakan salah satu jenis jasa kena pajak (JKP). Di mana artinya atas penyerahannya dikenakan pungutan PPN. Sebagai badan usaha, penyedia jasa maklon juga memiliki kewajiban membayar PPh Pasal 23.

1. PPN

Sesuai dengan peraturan terbaru dalam perpajakan, yaitu UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan, maka tarif PPN adalah 11%. Namun, bagi jasa maklon yang hasil produksinya digunakan untuk keperluan ekspor memiliki kekhususan.

Fasilitas PPN yang diberikan untuk ekspor jasa maklon adalah PPN 0%, dengan syarat:

  • Spesifikasi dan bahan baku atau setengah jadi disediakan oleh penerima barang/pengguna jasa.
  • Bahan baku atau setengah jadi diproses untuk menghasilkan BKP.
  • Kepemilikan atas BKP ada pada pengguna jasa.
  • Pengiriman BKP yang dihasilkan oleh pengusaha jasa maklon dilakukan ke luar daerah pabean.

Layanan jasa maklon yang ditujukan kepada penerima ekspor atau wajib pajak luar negeri.

Tarif PPN 0% ini berbeda dengan fasilitas PPN dibebaskan atau fasilitas tidak dikenakan PPN. Perbedaan utamanya adalah PPN 0% penyerahan BKP dan/atau JKP oleh pengusaha kena pajak (PKP) tetap terutang PPN.

Maksudnya, penyerahannya tetap akan dikenakan PPN, namun diberikan fasilitas berbentuk pengenaan tarif 0%. PKP tetap harus membuat faktur pajak, serta melaporkannya dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Masa PPN.

Jasa maklon yang mendapatkan fasilitas PPN 0%, wajib membuat faktur pajak bernama surat pemberitahuan ekspor JKP.  Surat tersebut wajib disertai dengan lampiran invoice, di mana invoice ini akan menjadi dokumen yang perlakuannya dipersamakan dengan faktur pajak.

2. PPH 23

Pembayaran jasa maklon oleh pengguna jasa akan dipotong PPH sebesar 2% dari jumlah bruto, ini tidak termasuk PPN.

Jumlah bruto yang dimaksud di sini adalah seluruh jumlah penghasilan dengan nama dan dalam bentuk apapun yang dibayarkan, disediakan untuk dibayarkan atau yang telah jatuh tempo pembayarannya.

Jenis Jasa Maklon

Di dalam dunia bisnis, terdapat banyak jenis jasa maklon sesuai dengan jenis barang atau produk yang akan dihasilkan. Berikut ini beberapa jenis yang umum ditemukan.

1. Jasa Maklon Kosmetik

Perusahaan maklon dalam industri ini dapat membantu pemilik merek mengembangkan dan memproduksi produk kosmetik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal yang perlu dilakukan adalah mendiskusikan spesifikasi produk yang ingin dihasilkan, lalu jasa maklon akan merangkai formula dan melakukan produksi secara masal.

2. Jasa Makanan dan Minuman

Perusahaan maklon dalam industri makanan dan minuman dapat memproduksi makanan siap saji, minuman, camilan, bumbu, atau produk makanan lainnya sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh pemilik merek.

Contoh produk makanan yang sering dimaklonkan termasuk sereal, saus, kue, dan minuman kemasan.

3. Jasa Maklon Farmasi

Jasa ini memproduksi obat-obatan dan produk-produk farmasi lainnya, termasuk suplemen makanan, vitamin, dan produk kesehatan. Mereka biasanya harus mematuhi peraturan ketat yang berlaku dalam industri farmasi.

4. Jasa Maklon Konveksi

Jasa maklon satu ini memproduksi pakaian, tekstil, dan produk tekstil lainnya sesuai dengan desain dan spesifikasi pemilik merek. Ini mencakup pembuatan pakaian siap pakai, seragam, tekstil rumah tangga, dan lainnya.

5. Jasa Maklon Elektronik

Contoh jasa maklon dalam industri elektronik dapat membantu dalam perakitan dan produksi komponen elektronik, perangkat elektronik konsumen, papan sirkuit cetak, dan lainnya.

Ini sering digunakan oleh perusahaan yang ingin memproduksi perangkat elektronik dengan merek mereka sendiri tanpa harus memiliki fasilitas produksi sendiri.

Baca Juga: Pengertian Faktor Produksi, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Cara Kerja Jasa Maklon

Di dalam praktiknya, cara kerja dari jasa maklon akan melibatkan berbagai pihak. Pertama, tentu saja pabrik maklon itu sendiri sebagai penyedia fasilitas yang memiliki kapabilitas produksi.

Sebagai pihak penyedia, maka bertanggung jawab atas pelaksanaan produksi sesuai dengan instruksi dan spesifikasi dari pengguna jasa selaku pemilik merek. 

Selanjutnya, pengguna jasa yang juga pemilik merek akan memberikan detail produk sesuai keinginan, hal ini termasuk spesifikasi, kuantitas, sampai dengan tenggat waktu produksi.

Setelah semua instruksi diterima, maka maklon akan melakukan produksi barang sesuai dengan persyaratan dan ketentuan.

Proses produksi ini mencakup proses formulasi dan sampel produk, pengadaan bahan baku, proses produksi, sampai tahap pengemasan dan pengiriman produk kepada pemilik merek.

Istilah dalam Jasa Maklon

Dalam jasa maklon, terdapat beberapa istilah yang umum sekali digunakan. Istilah ini juga penting karena berkaitan dengan proses kerja sama. Adapun istilah ini mencakup:

Tool vs Contract vs Fully Fledged Manufacturing

Istilah ini adalah proses ketika melakukan riset dan mencari penyedia maklon terbaik. Maka Anda akan menemukan istilah ini.

Toll Manufacturing

Toll manufacturing adalah perusahaan maklon yang hanya memiliki fasilitas pembuatan produk saja, tanpa menyediakan bahan baku produk.

Sehingga Anda harus memilih dan menyediakan berbagai bahan baku yang akan digunakan dalam produksi. Anda juga harus menentukan spesifikasi dan jumlah produknya.

Contract Manufacturing

Ini adalah istilah yang merujuk pada maklon yang menyediakan layanan yang lengkap. Tidak hanya memfasilitasi proses produksi, tapi juga menyediakan bahan baku.

Fully Fledged Manufacturing

Istilah ini merujuk pada jasa maklon dengan layanan yang lengkap. Meliputi penyedia bahan baku, proses produksi massal, penanggung jawab risiko dan pemasaran produk. Jasa maklon ini dikenal juga dengan sebutan one stop makloon.

OEM (Original Equipment Manufacturer)

Sebuah perusahaan yang memproduksi produk untuk pemilik merek atau pemilik produk, seringkali dengan merek pemilik merek atau merek pribadi.

Biaya Jasa Maklon

Biaya jasa maklon sebenarnya akan sangat berkaitan dengan jenis produk dan spesifikasi yang diinginkan dari pengguna. Setiap perusahaan maklon tentu saja juga menawarkan biaya yang berbeda-beda. Maka dari itu, sangat sulit untuk membicarakan secara eksplisit besaran biaya maklon.

Untuk mengetahui biaya jasa maklon, Anda bisa memperkirakannya dengan menghitung harga satuan produk, contohnya mulai dari 30 sampai 50 ribu per produk, lalu Anda bisa kalikan dengan jumlah produk yang ingin diproduksi.

Penggunaan jasa maklon menjadi alternatif bagi pemilik merek untuk melakukan produksi secara massal dengan biaya yang relatif lebih terjangkau.

Selain mengandalkan jasa maklon, untuk menjalankan bisnis dengan sukses juga diperlukan karyawan yang kompeten di bidangnya. Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memilih job portal yang mampu mengakomodir hal tersebut.

Beruntungnya, saat ini Anda bisa menggunakan KitaLulus untuk pasang lowongan secara gratis dan mendapatkan kandidat terbaik dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Tim KitaLulus pun siap membantu Anda dalam proses pemasangan lowongan.

Ayo, daftarkan perusahaan Anda sekarang dan dapatkan karyawan kompeten lebih cepat!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top