Platform Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis hingga Contohnya

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
platform
Platform Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis hingga Contohnya

Platform adalah hal yang mungkin sudah bukan hal baru yang Anda dengar. Baik itu di dunia teknologi serta bisnis, istilah ini sering sekali kita kenal.

Tapi sebenarnya, apa fungsi dan apa saja jenisnya? Pernahkah Anda mengetahuinya? Jika belum mari simak artikel KitaLulus berikut ini!

Apa Itu Platform

Arti platform menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah rencana kerja atau sebuah program. Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, apa itu platform adalah cara untuk memberi tahu publik mengenai suatu pemikiran atau pendapat.

Istilah platform sendiri sangat umum kita temukan dalam dunia teknologi informasi, di mana hal ini mengacu kepada suatu sistem atau fondasi yang menyediakan infrastruktur pengembangan dan pelaksanaan aplikasi, layanan, maupun juga produk tertentu.

Sebuah platform menyediakan berbagai komponen dan layanan yang bisa dimanfaatkan para pengembang untuk membangun aplikasi atau layanan tanpa harus membangun semuanya dari awal. Umumnya, setiap platform memiliki seperangkat pengaturan, standar, fitur, serta batas-batasannya tersendiri.

Tidak hanya di dunia teknologi, dunia bisnis juga memiliki pengertian tersendiri mengenai platform. Di dalam bisnis, platform adalah sebuah model bisnis baru yang praktiknya menggunakan teknologi untuk menghubungkan individu, organisasi, dan sumber daya dalam suatu ekosistem interaktif, yang menjadi pertukaran nilai antara konsumen dan produsen.

Platform juga digunakan sebagai wadah melakukan berbagai aktivitas pemasaran, ini mengacu pada platform digital marketing yang mencakup tools yang memungkinkan bisnis melakukan berbagai kegiatan pemasaran berbasis online dengan komunikasi interaktif.

Fungsi Platform

Platform memiliki dungsi sebagai wadah untuk merencanakan atau melakukan pekerjaan tertentu dengan sistem yang telah terancang. Adapun beberapa fungsi lainnya dari platform dalam bidang teknologi antara lain:

1. Memberikan Infrastruktur Dalam Bidang Teknologi

Platform menyediakan berbagai pilihan alat, software development kit, dan lingkungan pengembangan yang dapat memudahkan para pengembang dalam merancang, mengembangkan, serta melakukan pengujian aplikasi atau layanan.

2. Mendukung Segala Aktivitas Distribusi Dan Suplai

Fungsi kedua adalah memungkinkan aplikasi yang telah dibuat untuk didistribusikan dan diakses oleh pengguna akhir melalui berbagai saluran, seperti aplikasi seluler, website, atau lainnya.

3. Memfasilitasi Pengembangan Aplikasi Sampai Dengan Layanan

Platform menyediakan infrastruktur yang mendasari, mulai dari database, cloud, keamanan, sampai dengan jaringan, sehingga pengembang tidak perlu lagi membangun semua dari awal.

4. Membantu membangun API (Application Programming Interface)

Di dalam platform telah tersedia antarmuka pemrograman aplikasi yang memungkinkan aplikasi lain untuk berinteraksi dan menggunakan layanan atau data yang disediakan oleh platform tersebut.

5. Meningkatkan Dan Memperkuat Suatu Keamanan Sistem

Umumnya sebuah platform memiliki mekanisme keamanan bawaan yang akan melindungi aplikasi, data, dan pengguna dari berbagai ancaman keamanan.

6. Efisiensi Biaya Pengembangan

Karena Anda tidak perlu mengembangkan dari awal, maka Anda dapat menghemat waktu serta biaya untuk membangun seluruh infrastruktur. Biaya, tenaga, waktu yang digunakan pun bisa lebih efisien.

Selain itu, dalam bidang digital marketing, platform memiliki beberapa fungsi penting seperti:

1. Meningkatkan Kehadiran secara Online

Platform digital marketing seperti website atau akun media sosial akan membantu bisnis untuk dapat ditemukan dan dijangkau oleh customer dengan mudah. Hasilnya, semakin terbangun brand awareness Anda.

2. Mendapatkan Hasil Berbasis Data

Ketika Anda menggunakan platform digital marketing maka Anda akan mendapatkan hasil yang terukur berdasarkan data. Misalnya Anda bisa mengetahui campaign yang Anda jalankan di media sosial.

3. Memaksimalkan Laba

Ketika perusahaan telah berhasil menjalankan campaign dengan baik, maka akan berpengaruh pada penghasilan mereka. Jumlah leads dan konversi akan meningkat, ROI pun bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Apa Itu ROI (Return on Investment)? Ini Pengertian, Rumus, & Cara Hitungnya

Jenis Platform

Bila dilihat secara umum, platform memiliki dua jenis yaitu platform satu manufaktur dan lintas manufaktur. Berikut ini penjelasannya:

1. Platform Satu Manufaktur

Jenis platform satu manufaktur adalah sebuah bahasa pemrograman yang khusus dipakai untuk perangkat yang sama, tidak bisa digunakan untuk perangkat jenis lainnya.

Contohnya adalah IoS, di mana platform ini hanya bisa digunakan oleh Iphone saja.

2. Platform Lintas Manufaktur

Platform lintas manufaktur berkebalikan dengan jenis satu manufaktur di mana dapat digunakan untuk banyak perangkat berbeda. Contoh platform ini bisa kita lihat pada java.

Di dalam dunia bisnis, juga terdapat beberapa jenis platform, yang dibedakan sesuai dengan cara kerja, cara menciptakan nilai. Adapun beberapa jenis platform bisnis antara lain:

1. Marketplace

Jenis ini didasarkan pada hubungan penjual dan pembeli. Di mana melalui marketplace mereka bisa melakukan transaksi sesuai dengan harga yang ditetapkan atau melalui negosiasi.

Contoh platform ini adalah Amazon, Tokopedia, Shopee, Bukalapak.

2. Ekonomi

Platform jenis ini memungkinkan pengguna untuk berbagai atau juga menyewakan aset mereka seperti rumah, mobil, atau peralatan lainnya.

3. Kolaboratif

Jenis platform kolaboratif memungkinkan penggunanya untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam tim. Umumnya, platform ini dilengkapi dengan tool untuk berbagi dokumen serta melakukan manajemen proyek. Beberapa contoh dari Asana, Slack, Dropbox, dan Trello.

4. Aggregator

Ini adalah jenis platform yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan menyajikannya kepada pengguna dalam format yang sudah dikompresi. Contohnya bisa ditemukan dalam situs perbandingan belanja, atau situs aplikasi berita.

Itulah hal yang perlu Anda ketahui mengenai platform yang kehadirannya sudah tidak bisa dipisahkan lagi dalam aktivitas harian kita termasuk dalam bisnis. Termasuk juga untuk aktivitas mencari karyawan terbaik.

Sekarang Anda bisa menggunakan platform KitaLulus untuk menemukan kandidat dengan cepat dan tepat. Didukung dengan jangkauan pengguna yang luas, proses menemukan kandidat terbaik bisa selesai dalam hitungan hari.

Selain itu pasang loker di KitaLulus juga gratis, yuk gabung sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top