Sales Representative: Apa Itu, Keahlian, Tugas, dan Kualifikasi

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
Sales representative adalah
Sales Representative: Apa Itu, Keahlian, Tugas, dan Kualifikasi

Sales representative adalah posisi yang tidak asing lagi di perusahaan. Hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga kerja ini. Ujung tombak sebuah bisnis yang dijalankan bergantung kepada keahlian sales representative

Untuk itu, penting sekali apalagi bagi seorang HRD untuk tahu luar dalam mengenai dunia sales representative, agar bisa memilih kandidat terbaik. Anda bisa mempelajarinya di artikel ini. 

Apa Itu Sales Representative?

Apa Itu Sales Representative

Setiap bisnis digerakan oleh profit yang berhasil didapatkan dari produk atau jasa yang mereka tawarkan. Salah satu faktor terpenting penentu profit adalah kehadiran sales representative atau perwakilan penjualan.

Sales representative adalah istilah mengacu pada seorang profesional dalam perusahaan yang bertugas untuk menjual. 

Tapi berbeda dengan salesman, seorang sales representative tidak tergantung pada target penjualan saja.

Sales representative bertanggung jawab secara langsung terhadap proses branding, meningkatkan omzet penjualan, update perubahan trend pasar, dan menjaga komunikasi dengan konsumen.

Kehadiran sales representative adalah jembatan kerja sama antara pihak perusahaan dengan konsumen.

Baca juga: Sales Counter Adalah: Ketahui Pengertian, Tugas, Kualifikasi hingga Gaji, Di Sini!

Keahlian yang Harus Dimiliki Sales Representative

Ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang sales representative. Tentunya keahlian ini menunjang bidang penjualan untuk meraih pencapaian yang tinggi.

1. Memahami Product Knowledge

Pemahaman produk yang mendalam merupakan salah satu skill yang membedakan sales representative senior dan junior. 

Seorang sales representative berarti harus bisa menjelaskan secara rinci mengenai produk yang dimiliki perusahaan mulai dari kegunaan produk, nilai yang terkandung di dalamnya, dan kemampuan persuasif kenapa customer membutuhkan produk tersebut.

2. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Ketertarikan calon konsumen untuk mendengarkan presentasi seorang sales sampai selesai, ditentukan oleh bagaimana sales mengkomunikasikan pesannya.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, calon konsumen akan merasa lebih nyaman berkomunikasi.

3. Manajemen Waktu yang Baik

Untuk menjadi produktif, seorang sales representative harus memiliki manajemen waktu dan memaksimalkan setiap waktunya dengan baik.

Ia harus bisa melihat peluang bisnis mana yang lebih besar dan memfokuskan waktunya lebih banyak ke sana.

4. Objection Handling

Memiliki skill yang handal dalam mengatasi penolakan yang diberikan oleh calon konsumen adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang sales representative.

Seorang sales representative yang profesional akan mencari tahu permasalahan mengapa ia mendapatkan penolakan dari calon konsumen.

Baca juga: Tugas Medical Representative, Jenjang Karir, dan Gajinya

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

tugas sales representative

Ada banyak sekali tugas dan tanggung jawab sales representative. Tapi tentu ini kembali lagi pada kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan. Berikut daftar tugasnya secara umum.

1. Pengenalan Produk pada Konsumen

Tugas sales representative yang pertama adalah harus mampu mengenalkan produk pada konsumen. Ia harus bisa mensosialisasikan kepada target pasar secara terperinci mengenai spesifikasi produk perusahaan.

Ia juga harus memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkannya bisa dikenal oleh calon konsumen. Sehingga suatu saat mereka akan melakukan pembelian terhadap produk tersebut.

2. Membuka Pasar Baru

Seorang sales representative harus bisa memastikan bahwa produk-produk yang dimiliki perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuka pasar baru. Bisa dengan cara konvensional yaitu door to door, metode canvassing, dan bisa juga menggunakan media sosial.

3. Menjual dan Mencapai Target

Ini merupakan tugas paling utama dan harus dicapai oleh sales representative. Mereka bertanggung jawab untuk menjual produk baik itu kepada pelanggan lama atau juga pelanggan baru sesuai target yang telah ditetapkan perusahaan.

Sales representative juga diharapkan dapat meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu.

4. Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Sales menjadi jembatan antara konsumen dengan perusahaan. Oleh karena itu, salah satu tanggung jawab tim sales representative adalah harus selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Sebab, pelanggan adalah sumber profit perusahaan.

Menjaga hubungan baik ini juga berguna untuk membantu agar konsumen merekomendasikan produk perusahaan kepada rekan atau teman temannya.

5. Sebagai Pengendali Komplain

Tidak hanya fokus pada penjualan untuk mencapai target, fungsi sales representative adalah pengendali komplain dari konsumen. 

Sama halnya seperti penolakan, komplain juga hal yang biasa terjadi. Agar tidak meluas komplain harus segera ditangani dengan memberikan solusi terbaik yang membuat konsumen kembali senang.

Baca juga: Sales Promotion Adalah: Tujuan, Contoh, Strategi Menyusun

Kualifikasi yang Harus Dimiliki Sales Representative

Jika Anda mencari seorang sales representative,  Anda dapat memilih kandidat yang punya latar belakang pendidikan lulusan SMK Pemasaran atau S1 Ekonomi. Tapi tidak menutup kemungkinan semua kualifikasi pendidikan juga bisa menempati posisi ini.

Kualifikasi lainnya adalah mereka harus punya kemampuan bekerja dengan target dan tekad yang kuat.

Tidak lupa juga kemampuan komunikasi yang baik, mulai dari mempersuasi, supel, ramah, dan cepat beradaptasi dengan lingkungan.

Tips Memilih Kandidat Sales Representative

HRD juga mempunyai peran dalam kesuksesan memilih kandidat sales representative yang tepat. Berikut ini beberapa tips untuk Anda.

1. Identifikasi Keterampilan

Langkah pertama ini sering kali dilewati oleh para staf HRD hanya karena dianggap tidak perlu. Padahal tanpa adanya identifikasi keterampilan yang dibutuhkan kantor, risiko kurang efektifnya tenaga kerja semakin besar terjadi.

Ketidakcocokan ini juga akan berpengaruh pada meningkatnya tingkat pergantian karyawan. Akibatnya perusahaan perlu mengeluarkan biaya mahal.

2. Strategi Wawancara

Posisi lowongan yang berbeda tentu harus berbeda pula strategi wawancaranya. Saat kamu mewawancarai sales representative, penting untuk menilai kemampuan mereka dalam beradaptasi, berpikir cepat dan kritis, serta memberikan respons yang cepat dan tepat.

3. Memasang Lowongan di Tempat yang Tepat

Tips satu ini sangat menentukan bagaimana kamu mendapatkan kandidat yang tepat. Tempat kamu memasang lowongan juga menjadi penentu, apalagi saat ini ada berbagai situs pencari kerja online

Jika kamu memilih memasang lowongan kerja di situs pencari kerja, pilih yang punya kekhususan tertentu. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk menyaring atau menemukan kandidat potensial yang sesuai dengan profil sales representative ideal.

Bagi Anda yang sedang mencari kandidat, Anda bisa menaruh lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus. KitaLulus beroperasi di beberapa kota besar seperti, Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya. Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik mulai dari sekarang!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top